Upgrade Rumah Menjadi Smart Home, Manfaatkan Pinjaman KTA

Kamis, 09 Februari 2023
Rumah berkonsep smart home semakin diminati sejak beberapa tahun belakangan. Banyak pemilik rumah yang ingin meng--upgrade huniannya menjadi smart home. 



Smart home memberikan kemudahan karena semua sistem dalam rumah Anda terkoneksi dalam satu perangkat yang mudah dijangkau. 

Semua keperluan rumah dapat Anda kendalikan secara mudah bahkan dari jarak jauh, seperti menyalakan lampu, mengunci pintu, dan lainnya.

Namun untuk upgrade hunian Anda menjadi smart home membutuhkan modal yang cukup besar karena mengaplikasi teknologi canggih. 

Jika Anda memang serius ingin memiliki smart home, Anda bisa mengajukan pinjaman KTA di bank untuk tambahan dananya.

Pinjaman KTA adalah layanan kredit tanpa agunan yang disediakan pihak bank untuk membantu nasabah yang membutuhkan dana untuk berbagai kebutuhan. 

KTA banyak diminati karena Anda bisa mendapatkan pinjaman dana tanpa perlu menyerahkan agunan atau jaminan. Bahkan Anda bisa meminjam dana hingga Rp300 juta.

Dengan memanfaatkan pinjaman KTA, keinginan Anda untuk membuat rumah berkonsep smart home pun tidak akan tertunda lagi. Namun sebelum itu, Anda perlu tahu perlengkapan wajib yang harus ada di smart home.

Apa itu Smart Home?


Smart home adalah rumah berbasis teknologi canggih yang bisa dikontrol secara otomatis dengan internet. 

Sistem smart home menjadikan segala komponen yang ada di rumah saling terhubung dalam satu perangkat dan dapat dikendalikan secara remote.

Sistem smart home memungkinkan pemilik hunian mengontrol berbagai fungsi di rumahnya dari jarak jauh, seperti keamanan, pencahayaan, suhu, CCTV, dan lainnya. 

Kehadiran sistem ini membuat Anda bisa mengatur rumah secara lebih mudah. Berbagai peralatan listrik hingga elektronik bisa dikontrol menggunakan perangkat seluler Anda. 

Konsep smart home merupakan hasil integrasi dari teknologi Internet of Things (IoT). 

Sistem ini diaplikasikan untuk menghadirkan pengalaman rumah tangga yang lebih efisien. 

Memiliki smart home membuat Anda bisa menghemat tenaga dan waktu karena berbagai keperluan rumah bisa dilakukan secara praktis.

Kelebihan Rumah Smart Home


Konsep smart home banyak diminati karena memiliki berbagai kelebihan bagi pemilik rumah. Smart home sangat mendukung mobilitas Anda di era sekarang. Berikut sejumlah kelebihannya:

Efisien


Rumah berkonsep smart home memberikan efisiensi dalam urusan rumah. 

Berbagai keperluan rumah bisa Anda lakukan secara praktis karena dapat dikendalikan secara remote menggunakan satu perangkat. 

Cukup lewat smartphone, Anda bisa menyalakan AC, TV, lampu, CCTV, mengunci pintu, dan lainnya.

Bagaimana, sangat menghemat waktu dan tenaga Anda kan? 

Anda sudah tidak perlu menyentuh saklar lampu, mengambil remot AC, memutar kunci pintu, dan sebagainya. Semua aktivitas tersebut bisa Anda jalankan sambil tiduran bahkan dari jarak jauh.

Fleksibel


Kelebihan lain dari rumah smart home adalah lebih fleksibel. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, segala keperluan rumah bisa Anda kendalikan dari jarak jauh atau remote.

Kemudahan ini sangat menguntungkan bagi Anda yang sibuk bekerja, tidak sempat pulang ke rumah, atau sedang bepergian ke luar kota.

Jadi Anda tidak perlu cemas ketika lupa mengunci pintu atau mematikan lampu. Anda bisa mengatasinya dari kantor atau saat di luar kota. 

Cara penggunaan perangkat smart home pun sangat mudah. Bagaimana, sangat fleksibel bukan?

Meningkatkan Keamanan Rumah


Penerapan smart home juga berguna untuk meningkatkan keamanan rumah. Smart home akan memudahkan Anda menjalankan berbagai keperluan yang berkaitan dengan keamanan rumah karena menerapkan sensor di pintu atau gerbang rumah Anda. 

Pintu hanya bisa terbuka dengan sensor wajah atau password. Jadi, tidak sembarang orang bisa masuk ke rumah Anda.

Selain itu, smart home juga mengaktifkan kamera CCTV yang terpasang di beberapa sudut rumah Anda. 

Dengan kamera pengintai ini, Anda bisa mengawasi lingkungan atau setiap sudut rumah Anda.

Mengontrol Penggunaan Energi


Kelebihan lain dari smart home adalah membantu Anda mengontrol penggunaan energi. 

Smart home menghubungkan berbagai perangkat listrik dan elektronik dalam jaringan internet. Misalnya saat Anda lupa mematikan lampu, Anda bisa melakukannya dari jarak jauh. 

Begitu juga ketika ingin mematikan AC, TV, dan lainnya. 

Dengan kemudahan ini, Anda bisa mengontrol penggunaan energi sehingga tidak boros.

Perlengkapan Wajib untuk Merancang Smart Home 




1. Kunci pintu


Rumah berbasis smart home sudah tidak menggunakan engsel pintu dengan kunci biasa. 

Smart home menerapkan engsel pintu canggih tanpa kunci manual. Alat ini disebut smart door lock.

Smart door lock memiliki sistem penguncian dan buka pintu tanpa memakai kunci. 

Perangkat ini memungkinkan Anda membuka dan mengunci pintu menggunakan 4 cara, yaitu pakai password, sidik jari, aplikasi smartphone, atau kartu RFID.

Dengan smart door lock, Anda tidak perlu lagi mencemaskan ketinggalan atau kehilangan kunci. Selain itu, tidak semua orang bisa masuk ke rumah Anda. Jadi rumah Anda bisa lebih aman.

2. Samsung Family Hub 2.0


Barang lain yang diperlukan dalam smart home Anda adalah Samsung Family Hub 2.0. Family Hub 2.0 adalah kulkas dengan sistem pintar. 

Produk ini digunakan sebagai lemari pendingin untuk menyimpan berbagai bahan makanan seperti pada umumnya. 

Di samping itu, kulkas ini dilengkapi dengan fitur canggih, yaitu layar sentuh dan sistem internet.

Teknologi dalam kulkas ini dapat terkoneksi ke smartphone Anda. Fitur touch screen dan sistem internet tertempel di kulkas pintar ini. 

Anda bisa menggunakan fitur layar sentuh untuk mengatur pendingin, mencari resep, berbagi jadwal di kalender, mengirim pesan, dan lainnya. 

Bahkan Anda bisa menonton menggunakan layar di kulkas ini. 


3. Samsung Smart EcoBubble Washer


Smart home Anda juga perlu dilengkapi dengan mesin cuci pintar untuk memudahkan keperluan mencuci pakaian. 

Salah satu produk mesin cuci pintar yang bisa Anda beli seperti Samsung Smart EcoBubble. Mesin cuci ini dapat dioperasikan secara fleksibel.

Di mesin cuci ini terdapat tombol-tombol untuk mengatur pencucian. Selain itu terdapat pula AI Pattern yang dapat mengatur setting mesin cuci dari awal. 

Mesin cuci ini dapat dijalankan melalui aplikasi SmartThings di smartphone. Jadi Anda bisa mengoperasikan mesin cuci secara remote atau dari jarak jauh.


4. Google Home Assistant


Produk lain yang harus ada di smart home adalah Google Home Assistant. Produk ini memiliki kegunaan yang multifungsi sehingga memudahkan dalam banyak aktivitas. 

Produk ini terkoneksi langsung dengan sistem Google di internet.

Google Home Assistant menyediakan berbagai fitur, di antaranya dapat memberikan informasi cuaca, jadwal pribadi harian, memutar lagu, dan lainnya. 

Alat ini juga dapat digunakan untuk menyalakan dan mematikan berbagai produk elektronik di rumah, seperti menyalakan lampu dan menutup tirai jendela. Bahkan Anda dapat menjalankannya melalui suara atau voice.


5. Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop


Bersih-bersih rumah menjadi aktivitas yang cukup merepotkan. Dengan menerapkan smart home Anda sudah tidak perlu lagi capek mengepel dan menyapu lantai. 

Anda bisa memanfaatkan robot pembersih untuk mengerjakan itu semua. Misalnya dengan menggunakan Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop.

Robot pembersih ini bisa dijalankan untuk menyapu, mengepel, hingga menyedot debut. 

Anda bisa mengoperasikan robot pembersih ini dari jarak jauh atau remote menggunakan aplikasi di smartphone.

Mengajukan KTA untuk Merealisasikan Smart Home


Pinjaman KTA cepat cair bisa membantu mewujudkan impian Anda memiliki smart home sesegera mungkin. 

Anda dapat mengajukan pinjaman KTA untuk mendapat tambahan modal membeli berbagai perangkat penunjang smart home. Salah satu produk pinjaman tanpa agunan yang mendukung kebutuhan keuangan Anda adalah PermataKTA.

PermataKTA adalah layanan pinjaman dana tanpa agunan dari PermataBank. Anda bisa mengajukan KTA ini secara online melalui mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. 

PermataKTA menyediakan pinjaman dana hingga Rp300 juta sehingga akan membantu kebutuhan upgrade hunian Anda menjadi smart home.

Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan PermataKTA. 

Selain pinjaman dana hingga Rp300 juta, sejumlah kelebihan lain yang bisa Anda nikmati di antaranya tenor hingga 5 tahun, bunga rendah dan kompetitif mulai dari 0.88%, besar angsuran tetap hingga akhir masa pinjaman, pembayaran secara autodebet, serta syarat dan cara pengajuannya yang mudah.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman https://www.permatabank.com/id/kta-retail/permatakta.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9