Berat Badan Susah Turun? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

Selasa, 31 Januari 2023
Memiliki berat badan ideal merupakan impian banyak orang. Agar mendapatkan berat badan itu, kita perlu melakukan beberapa hal atau usaha agar berat badan tubuh bisa berkurang. 



Namun, ada juga beberapa orang yang melakukan banyak usaha namun berat badannya tidak kunjung berkurang, atau kurangnya tidak signifikan.

Hal-hal yang membantu menurunkan berat badan ada banyak, mulai dari berolahraga, menjaga pola makan, hingga menjaga waktu tidur. 

Namun, masih banyak orang yang sudah mengikuti langkah tersebut dan belum mendapatkan efeknya. 

Nah, jika kamu berada di situasi yang sama, simak beberapa hal berikut ini yang dapat menjadi penghalang dalam menurunkan berat badan.


1. Kurang Tidur


Iya, kamu ga salah baca. Saat tubuh kita mengalami kurang tidur atau kurang istirahat, hormon dalam tubuh tidak seimbang. 

Hormon ghrelin yang dapat memberikan rasa lapar akan meningkat, sehingga mendorong kamu untuk memiliki keinginan mengkonsumsi makanan dalam porsi yang banyak.

Apalagi jika kamu sering begadang. Kamu akan merasa lapar dan memesan atau menyantap makanan yang kurang sehat. Padahal, malam hari adalah waktu yang tepat untuk beristirahat, termasuk organ tubuh kamu, nih. 

Selain berdampak kepada berat badan, kurang tidur juga bisa mengganggu metabolisme tubuh kamu. Sehingga, saat kamu terbangun, kamu malah merasa lelah dan tidur pun tidak berkualitas. Yuk, perbaiki jam tidur kamu!


2. Stress


Stress juga merupakan salah satu alasan terbesar gagalnya menurunkan berat badan. Stress tidak hanya berdampak buruk kepada psikis saja, lho. Walaupun stress merupakan gangguan dalam pikiran kita, namun memiliki efek domino kepada keseluruhan sistem kesehatan kita, termasuk berat badan.


Alasannya, stress dapat mengganggu jadwal makan kamu. Tidak jarang lho orang yang sedang dilanda stress melewatkan waktu makan dengan berdiam diri. 

Atau sebaliknya, ada juga beberapa orang yang memilih untuk menyantap makanan dalam porsi banyak.

Selain itu, saat stress, tubuh kamu akan mengatur fungsi-fungsi seperti sistem pencernaan untuk tidak aktif terlebih dahulu, dan mendahulukan fokus kamu kepada hal yang membuat kamu stress. 

Hal seperti inilah yang membuat banyak orang melewatkan jam makan dan memilih untuk bekerja terlebih dahulu. 

Dengan begitu, stress dapat menghasilkan dua hal, menaikkan berat badan atau menurunkan berat badan. Yang penting, jangan sampai telat makan, ya!


3. Salah Pola Diet


Saat ini, kamu bisa mendapatkan banyak saran dan pola diet melalui media sosial. Apakah hal itu buruk? tidak juga, jika memang terbukti secara ilmiah dan disarankan oleh tenaga profesional. 

Sayangnya, ada beberapa pola diet yang justru dapat menaikkan berat badan dan malah mengganggu proses menurunkan berat badan kamu.

Secara garis besar, diet merupakan salah satu cara mengatur pola makan dengan memilih makanan dengan kandungan gizi seimbang. 

Selain itu, diet juga mengatur porsi makan yang perlu kamu santap agar bisa menurunkan berat badan. 

Salah satu kandungan yang sering disalah artikan saat memilih menu diet adalah menu rendah karbohidrat dan rendah kalori. Dengan begitu, banyak pola diet yang menghindari makanan dengan kandungan tersebut.

Padahal, kandungan karbohidrat dan kalori tetap dibutuhkan oleh tubuh sebagai bahan bakar atau sumber energi. 

Sebaiknya, jika kamu ingin menjalankan program diet, kamu bisa berkonsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan menu yang sesuai dengan tujuan kamu yaitu menurunkan berat badan.


4. Mengkonsumsi Makanan Manis


Makanan atau minuman manis juga dapat menghambat penurunan berat badan, lho! 

Makanan atau minuman manis yang dimaksud tidak hanya berasal dari produk kemasan saja, namun juga berasal dari makanan atau minuman yang kita buat sendiri.

Jika ingin tetap menikmati rasa manis, kamu bisa beralih menggunakan gula diabetes yang lebih aman.

Rasa manis tidak memberikan energi yang cukup untuk tubuh, sehingga sangat baik untuk membatasi konsumsi makanan atau minuman manis.


5. Tidak Memilih Makanan


Hal terakhir yang dapat menghambat penurunan berat badan adalah tidak memilih makanan yang disantap secara teliti. 

Kandungan dalam makanan yang kamu santap sehari-hari bisa saja membuat berat badan kamu tidak mudah turun.

Untuk itu, kamu perlu memilih makanan sehat. Nah, sekarang kamu bisa memilih makanan sehat berupa mie instan. Lho, memangnya ada? Ada, dong! nama mie instan sehat ini adalah Mie Jiwa Pagi

Mie Jiwa Pagi merupakan mie tanpa MSG alias makanan tanpa MSG. Selain itu, Mie Jiwa Pagi tidak mengandung pewarna dan juga pengawet, serta diproses dengan cara dipanggang. Bentuk mie ini keriting dan juga kenyal. 

Mie Jiwa Pagi juga mengandung vitamin serta dilengkapi dengan kebaikan sayuran. Selain sehat, harga Mie Jiwa Pagi juga sangat terjangkau, lho!

Walau tergolong sebagai makanan sehat, Mie Jiwa Pagi tetap mempertahankan rasa lezat selayaknya sebuah mie instan. Selain mengenyangkan, Mie Jiwa Pagi juga dapat menambah semangat, energi, serta nutrisi kamu. 

Kamu bisa mencicipi tiga varian rasa Mie Jiwa Pagi, yaitu rasa Mie Goreng, rasa Soto Segeer, dan rasa Ayam Bawang. Untuk menikmati Mie Jiwa Pagi, kamu bisa beli Mie Jiwa Pagi dengan mudah dari rumah melalui aplikasi e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan juga Lazada. 


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9