Jakarta Bird Land, Wisata Baru Ancol: Bisa Masuk Wish List Liburan!

Jumat, 11 November 2022


Kota Jakarta tentu sudah tidak asing terdengar di telinga kita, bukan?

Yups, Jakarta merupakan kota yang terkenal sibuk 24 jam, alur lalu lintas yang macet, orang-orang sibuk yang menenteng tas, stasiun dan terminal yang selalu ramai orang dan berbagai fenomena lain yang mengisi Jakarta.

Eits, tapi Jakarta juga terkenal dengan berbagai destinasi wisata yang beragam dan ikonik, lho.

Ada Monas dan Ancol yang wajib banget kamu kunjungi ketika berada di Jakarta. Ancol selalu identik dengan puncak tugu emas, pemandangan dari atas yang bisa dilihat dengan teropong, napak tilas sejarah, hingga mengabadikan spot instagramable.

Tapi nggak hanya itu saja tentunya, mari melihat wisata yang lain yang tak kalah indah, Ancol. Hayo, sudahkah kamu mengunjungi Ancol? Ancol punya beragam wisata yang beragam, kamu bisa bermain di Dufan, Atlantis, Ocean Dream Samudra dan SeaWorld.

Ada yang baru juga di Ancol juga, lho! Yuk, aku temani untuk mengekspor lebih jauh wisata baru Ancol yang diberi naman Jakarta Bir Land. Kapan lagi bisa menyapa berbagai jenis spesies burung yang beragam? Lets Go, deh!

Baca juga: DP Mall, Mall Terlengkap di Semarang 

Let's Go Eksplor Lebih Jauh Jakarta Bird Land Ancol

Sekilas informasi dalamrangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh setiap tanggal 5 November, Taman Impian Jaya Ancol menyelenggarakan kegiatan Eksplorasi Ragam Satwa Burung di wisata rekreasi terbarunya yaitu Jakarta Bird Land. 

Nah,letaknya sendiri ada di depan pintu masuk Sea World, kalau kamu memakai kendaraan pribadi bisa langsung parkir di dekatnya dan lanjut jalan kaki menujupintu Sea World. Kamu juga bisa mampir ke Samudera Ocean Dream karena letaknya berdekatan dengan Sea World. Nah, kalau kamu ke sini dengan kendaraan umum langsung saja turun di depan pintu masuk Ancol dan nanti bisa melanjutkan dengan bus yang telah disediakan disini. Gratis kok, tenang saja. 

Jakarta Bird Land merupakan wisata edukasi sekaligus menjadi tempat konservasi bagi berbagai jenis spesies burung dari Indonesia dan berbagai negara lain di dunia. Tak hanya melihatnya, kamu juga bisa memperoleh pengalaman unik seperti memperoleh pengetahuan,  berinteraksi hingga memberi makan burung dengan kuaci, jagung dan biji ketapang. Jangan lupa bawa topi dan kaca mata karena cuacanya lumayan panas lho saat musim kemarau.

Kamu juga bisa mengunjungi danau, air terjun buatan (Water fall), Sky Bridge, Amphitheater, Tribun Kecil dan masih banyak lagi yang masih satu kawasan dengan Jakarta Bird Land. Tunggu apalagi, masukin wish list liburanmu sekarang juga, ya!

Selain bersenang-senang, aku juga mememperoleh berbagai wawasan terkait spesies burung yang hampir punah di Indonesia maupun mancanegara. Di sini terdapat Pusat Breeding dan Research yang khusus menangani berbagai spesies burung di sini.

Salah satu tempat yangakurekomendasikan yakni Sky Bridge dimana kamu bisa berinteraksi langsung dengan berbagai burung yang terbang bebas di kawasan ini. Salah satu burung yang mencuri perhatian yakni Elang Laut Dada Putih dan Jalak Bali yang hampir punah. Jakarta Bird Land telah berhasil mengembangkan anakannya, lho. 

6 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi di Jakarta Bird Land

Ada berbagai tempat menarik yang wajib kamu kunjungi saat berada di Jakarta Bird Land. Beberapa diantaranya yang aku rekomendasikan, yakni :

1. Makau Area

Dari namanya saja pasti kamu sudah tahu bahwa di tempat ini kita akan berjumpa dengan jenis burung American Makau seperti Blue and Gold Macaw, Scarlett Macaw dan Green-winged Macaw.

Hal identik yang akan kamu jumpai yakni burung jenis makau memeliki warna yang beragam, mulai dari hijau, merah, kuning dan biru. Kamu bisa berinteraksi dengan burung di sini karena jenisnya sangat jinak.

Selain berinteraksi, aku juga terlibat langsung untuk memberi makan sembari mendengarkan penjelasan dari petugas terkait burung di sini. Nggak lupa juga, aku mengabadikan momen.

2. Area Hornbill Family

Kalau kamu belum pernah melihat burung Hornbill atau Rangkong, maka tempat ini wajib untuk kamu kunjungi. Keunikan burung Rangkon yakni terletak pada bentuk paruhnya yang melengkung dan berwarna terang. Di sini kamu bisa berinteraksi dan bermain langsung dengan si Hornbill.

3. Indonesain Cockatoo

Kalau dengar namanya pasti kamu sudah tahu kalau di sini banyak sekali spesies kakaktua. Ada Kakaktua Jambul Kuning, Kakaktua Raja, Kakaktua Galah dan Kakaktua Alba. Hal paling menyita perhatianku yakni adanya burung kakaktua besar hitam yang diberi nama Kakaktua Raja atau biasa disebut Goliath Cockato.

Ukurannya yang besar menjadikan burung ini sebagai jenis kakaktua terbesar di Indonesia. aku juga sempat memberi makan saat berinteraksi dengan burung ini. Keunikan lain juga terdapat pada jambulnya yang berwarba hitam pekat. Terlihat gaga sekali.

4. Water Bird ( Warung Burung Perairan)

Wah, kali ini kita akan menyambangi berbagai jenis burung yang bertempat di perairan, lho. Kamu akan menjumpai ebek Mandarin, Angsa Hitam, Pelikan, Pecuk/Komoran, Pecuk Ular Asia, hingga Bangau Bluwok. Pastinya cuma di Jakarta Bird Land kamu akan bertemu dengan keunikan berbagai burung perairan. 

5. Aviary Exhibit & Free Range Bird Area

Hal paling mengesankan juga aku dapatkan ketika berkunjung ke Aviary Exhibit & Free Range Bird Area dimana bisa berinteraski langsung dengan aneka jenis burung dari ukuran kecil, sedang hingga besar, lho.

6. Mini Show

Kalau belum ke Mini Show rasanya liburanmu ada yang kurang, lho. Di tempat ini terdapat 4 mini show yang digelar setiap hari, dimana kamu bisa melihat pertunjukan berbagai jenis burung yang cerdas dan lucu. bahkan, ada yang bisa mengucapkan beberapa kata, lho.

Adapun jadwal mini show di sini, yakni

  • Pukul 10.00 WIB: pertunjukan berbagai jenis burung makau, pelikan, bebek, mandarin, dan lainnya. Dilangsungkan di area Water Bird dan American Macaw


  • Pukul 13.00 WIB: pertunjukan aneka rangkong, triton, alba, dan jambul kuning. Dilangsungkan di area Rangkong dan Kakaktua

  • Pukul 14.30 WIB: pertunjukan beo, betet, dan sun conure. Dilangsungkan di area Aviary

  • Pukul 16.00 WIB: pertunjukan crowned pigeon dan merak. Dilangsungkan di Free Range Bird

Nah, kapan nih kamu juga ikut merasakan keseruanku selama di Jakarta Bird Land? Agendakan mulai dari sekarang, ya. Jangan lupa aja orang terkasih!





Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9