Bagaimana Sih Cara Hidup Agar Aman? Ikuti Tips Ini

Minggu, 02 Oktober 2022

(Foto oleh monicore: https://www.pexels.com/id-id/foto/papan-tanda-kamar-istirahat-gender-pria-hijau-dan-putih-134065/)

Menjamin kehidupan yang aman bagi warga negaranya adalah sebuah kewajiban yang harus dipenuhi oleh pemerintah yang memimpin sebuah negara.

Oleh karena itu, didirikanlah berbagai institusi yang berfungsi untuk menjaga keamanan, seperti institusi keamanan, hukum, hingga kesehatan.

Namun, pihak yang paling wajib untuk melindungi keselamatan dan keamanan adalah diri Anda sendiri.

Oleh karena itu, Anda juga harus bertanggung jawab dengan selalu menerapkan tips hidup aman untuk melindungi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda yang belum sadar tentang cara menjaga keselamatan diri sendiri, seperti anak-anak.

Baca juga: Aplikasi Investasi untuk Pemula 

Tips Hidup agar Aman


Alih-alih sebagai impian, memiliki kehidupan yang selalu aman dan terlindungi adalah suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap manusia di muka bumi.

Negara menjamin hak ini dengan mengadakan institusi keamanan, kesehatan, dan hukum.

Namun, Anda juga punya kewajiban untuk menerapkan cara hidup agar aman demi keamanan diri dan keluarga sendiri!

1. Selalu Waspada pada Potensi Kebakaran

Detektor asap dan pemadam kebakaran dapat mencegah timbulnya luka dan kematian ketika api membakar rumah Anda. 

Uji kinerja detektor asap setidaknya sebulan sekali dan ganti baterainya sebanyak dua kali dalam setahun.

Pastikan semua orang tahu di mana titik temu ketika terjadi kebakaran dan ajarkan anak-anak untuk memberi tahu siapa nama mereka dan cara menghubungi layanan darurat 112 ketika terjadi situasi darurat.

Untuk mencegah api timbul di dalam rumah, pastikan semua perlengkapan elektronik, kabel listrik, dan stop kontak dalam keadaan baik.

2. Cegah Risiko Tersedak pada Anak

Kehabisan udara adalah penyebab utama dari kematian anak di bawah usia 4 tahun pada kebanyakan rumah tangga. 

Selalu tidurkan bayi dan anak di usia yang rentan tersebut di kasur yang keras, alih-alih di permukaan yang lembut, seperti bantal atau selimut.

Pastikan untuk menjauhkan mainan atau benda dengan tali yang panjang dari jangkauan anak-anak.

Perkenalkan juga makanan baru dengan hati-hati karena anak akan cenderung tersedak saat mengonsumsi makanan yang keras dan berbentuk bulat, seperti popcorn, kacang, anggur, dan permen yang keras.

Baca juga: 6 Poin Kenapa Asuransi Kesehatan Cashless Penting Setelah Pandemi

3. Waspada di Dekat Air

Lebih dari 3000 orang tenggelam dalam setahun dan anak-anak hingga usia 4 tahun rentan mengalami hal ini.

Jadi, jangan pernah meninggalkan anak di usia rentan tersebut sendirian di kolam, pantai, atau bathtub.

Jika Anda memiliki fasilitas kolam renang di hunian Anda, pagari area di sekitar kolam, pasang pintu yang bisa menutup sendiri di lorong yang menjadi akses menuju kolam, dan jauhkan mainan yang tidak gunakan dari area-area berbahaya.

4. Cegah Keracunan

Orang-orang dengan risiko keracunan tertinggi berada pada rentang usia 25 hingga 44 tahun.

Substansi utama yang menjadi penyebab keracunan tidak disengaja biasanya adalah obat, tanaman hias beracun, produk pembersih, hingga pestisida.

Jauhkan obat-obatan dari jangkauan tangan-tangan yang penuh ingin tahu dan kencangkan semua tutup botol obat.

Pindahkan juga produk pembersih yang sudah tidak lagi digunakan ke lemari yang memiliki kait pengaman serta simpan nomor layanan pengendali racun di kota Anda di dekat buku telepon atau di nomor darurat di ponsel Anda.

Baca juga: Tips Memilih Deposito Bank Terbaik Untuk Pemula

5.Periksa Keamanan Jendela

Tirai di jendela dirancang untuk mencegah serangga agar tidak masuk ke dalam rumah, bukannya untuk memerangkap anak di dalam rumah.

Jika Anda memasang pengaman di jendela untuk mencegah anak keluar dari jendela, pastikan pengaman itu mudah dilepas ketika terjadinya kebakaran.

Anda juga harus memeriksa jendela secara berkala untuk mencegah kemungkinan terjadinya macet atau jendela yang terpaku tanpa sengaja.

Selain memastikan keamanan dalam kehidupan sehari-hari, Anda juga harus menunjang keamanan keluarga Anda dengan memiliki produk asuransi. Salah satu produk asuransi yang berguna untuk keluarga Anda adalah asuransi mobil.

Asuransi ini penting untuk melindungi mobil Anda dari risiko kerusakan akibat kecelakaan, bencana alam, kerusuhan, hingga pencurian. Biasanya agen asuransi akan menawarkan dua jenis produk asuransi mobil, yakni asuransi TLO atau all risk.

Cekpremi adalah salah satu portal penyedia asuransi nomor satu di Indonesia yang menawarkan kedua jenis produk tersebut kepada pelanggan.

Di Cekpremi, Anda akan diberikan penawaran dengan harga terjangkau dan dibantu oleh mitra asuransi yang terpercaya serta berpengalaman.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9