Alat Reproduksi Wanita, Kenali Organ dan Fungsinya

Kamis, 15 September 2022

Dalam tubuh manusia terdapat sistem reproduksi yang memiliki peranan penting khususnya dalam hal reproduksi.




Alat reproduksi wanita dan pria tentunya berbeda, namun sama-sama terdiri dari bagian luar dan bagian dalam.


Alat reproduksi wanita berada di tubuh manusia tepatnya pada panggul. Alat reproduksi wanita terdiri atas dua jenis yakni bagian luar (genitalia ekstema) dan bagian dalam (genitalia interna). 


Tentu, keduanya memiliki peranan yang berbeda dan saling terikat satu sama lain. 


Kenali Alat Reproduksi Wanita dan Fungsinya


Alat reproduksi wanita memiliki peranan yang penting dalam hal siklus menstruasi, konsepsi, kehamilan, hingga persalinan. 


Nah, untuk memahami lebih jauh berikut ini sederet alat reproduksi wanita beserta fungsinya yang telah kami rangkum.


Alat Reproduksi Wanita Bagian Luar


1. Labia Majora



Labia majora merupakan bagian terluar dari alat reproduksi wanita. Labia majora juga disebut bibir besar karena memang berfungsi melindungi alat reproduksi bagian luar.


Nah, pada masa pubertas ini labia majora akan menunjukkan perubahan yakni ditumbuhi rambut yang juga mengandung kelenjar minyak. 


2. Labia Minora


Labia minora atau disebut bibir kecil merupakan alat reproduksi dengan berbagai ukuran dan terletak di dalam labia majora.


Tepatnya berada mengelilingi bukaan ke vagina dan uretra atau saluran pembawa urine. Labia minora memiliki kulit yanh halus, mudah teriritasi dan bengkak.


3. Kelenjar Bartholin


Kelenjar bartholin berada pada kedua sisi lubang vagina. Kelenjar bartholin memiliki fungsi untuk melumasi area vagina. Cairan ini berbentuk lendir.


4. Klitoris


Klitoris merupakan organ reproduksi wanita berupa tonjolan kecil dan sensitif. Klitoris ini ditutupi oleh lapisan kulit yang disebut preputium, hampir sama dengan kulup pada ujung penis.


Klitoris merupakan bagian yang paling sensitif terhadap rangsangan terutama pada saat berhubungan intim dan menjadi area untuk ereksi. 


Oleh sebab itu, bagian ini merupakan salah satu titik rangsang pada wanita.


Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam



Setelah mengetahui alat reproduksi wanita bagian luar beserta fungsinya, berikut ini penjelasan terkait alat reproduksi bagian dalam beserta fungsinya.


1. Vagina


Vagina merupakan alat reproduksi dalam yang menghubungkan rahim dengan bagian luar tubuh. Vagina terletak di dalam tubuh tepatnya di belakang kandung kemih dan di bawah rahim.


Vagina memiliki beragam fungsi, diantaranya menjadi jalan keluar darah menstruasi, jalan lahir bayi, dan menjadi jalan masuk sperma menuju rahim.


2. Ovarium


Ovarium atau indung telur merupakan organ dalam reproduksi wanita yang berada di kanan dan kiri rongga panggul tepatnya berada bersebelahan dengan rahim.


Ovarium atau indung telur memiliki fungsi memproduksi hormon estrogen, progesteron dan sel telur.


3. Tuba Falopi


Tuba falopi atau oviduk merupakan saluran berbentuk corong yang membentang dari kanan dan kiri rahim hingga ujung ovarium.


Tuba falopi berfungsi membawa sel telur menuju infundibulum hingga bermuara pada rahim.


Tuba falopi juga menjadi tempat pembuahan sel telur dan sperma. Selanjutnya, sel telur yang telah dibuahi akan dibawah menuju rahim.


4. Rahim atau Uterus


Rahim merupakan organ wanita yang berongga dan berbentuk mirip buah pir. 


Rahim merupakan tempat bagi bayi berkembang. Rahim memiliki dua bagian penting, yakni serviks yang merupakan leher rahim dan korpus yang merupakan area fleksibel untuk bayi berkembang.


5. Leher Rahim


Leher rahim juga disebut dengan serviks, organ ini menghubungkan antara vagina dengan rahim. 


Serviks ini terdiri dari dua bagian yakni ektoserviks (dinding luar leher rahim) dan endoserviks (bagian dalam leher rahim). Serviks memproduksi lendir dan akan berubah pada saat menstruasi.


Nah, sekarang jadi lebih memahami alat reproduksi wanita bukan? 


Pemahaman ini diperlukan agar Anda lebih mengenal fungsi setiap organ reproduksi. Tentunya, hal ini juga bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan organ reproduksi dengan pola hidup yang sehat.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9