9 Tips Liburan ke Jogja Bagi Pemula

Senin, 26 September 2022



Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri sehingga selalu menjadi salah satu tujuan destinasi wisata liburan andalan untuk masyarakat. 


Supaya trip liburan ke Yogyakarta semakin menyenangkan, ini tips liburan ke Jogja bagi pemula.


Bukan hanya turis lokal saja, melainkan kamu juga bisa menemukan banyak turis mancanegara yang sedang berlibur di Jogja.


Jogja memiliki banyak tujuan wisata yang menyenangkan, ada wisata sejarah, wisata alam, sampai wisata kuliner dan surganya belanja batik.


Ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan sebelum pergi liburan ke Yogyakarta. Salah satunya mempersiapkan proteksi diri sendiri saat berlibur.


Salah satu produk yang bisa kamu andalkan adalah produk asuransi kecelakaan diri yang bisa dicari tahu melalui SimasInsurtech.com.


Selain itu, ada 9 tips liburan ke Jogja bagi pemula yang perlu kamu perhatikan supaya trip liburan kali ini benar-benar meninggalkan kesan dan healing maksimal.


Tips Liburan ke Jogja


Simak baik-baik tips liburan ke Jogja berikut ini agar kamu tidak nyasar dan aman.


1. Mendengarkan pendapat anggota rombongan lain


Apabila kamu trip pertama liburan ke Yogyakarta ini dilakukan bersama beberapa teman atau anggota keluarga, maka saat melakukan perencanaan trip liburan kamu perlu mendengar seluruh pendapat anggota rombongan lainnya.


Dikarenakan ini liburan bersama, jadi kesenangan satu rombongan yang diutamakan dibandingkan kesenangan satu dua pihak saja.


Oleh karena itu, dengarkan pula pendapat anggota rombongan lainnya dan setiap keputusan yang diambil harus disepakati oleh semua anggota rombongan.


2. Menentukan tempat wisata


Tentukan terlebih dulu tujuan destinasi wisata di Yogyakarta yang akan kamu datangi.


Beragamnya wisata yang ada di Yogyakarta jangan sampai membuat kamu pusing menentukan destinasi wisata mana yang menjadi tujuan.


Apabila berangkat bersama rombongan maka diskusikan tempat mana saja yang menjadi tujuan.


Cari tahu informasi mengenai tempat wisata tersebut, seperti biaya tiket masuk, wahana atau fasilitas apa saja yang bisa dinikmati, dan transportasi menuju tempat wisata.


3. Mengatur jadwal liburan


Setelah mengetahui beberapa tempat wisata di Yogyakarta, termasuk informasi pendukung lainnya tentang atraksi atau event-event khusus di tanggal-tanggal tertentu yang biasa diselenggarakan di tempat wisata tersebut.


Selanjutnya, kamu bisa mengelompokkan tempat wisata tersebut berdasarkan jarak terdekatnya. Dengan begitu, kamu bisa menghemat uang transportasi karena tujuan wisata yang berdekatan.


Buat jadwal trip liburan mulai dari pemberangkatan, sampai di penginapan di Yogyakarta, sampai jam berapa kamu datang ke masing-masing tempat wisata.


4. Menentukan transportasi selama di tempat liburan


Tips liburan ke Jogja bagi pemula selanjutnya adalah menentukan transportasi yang digunakan selama trip liburan di Yogyakarta.


Selain mencari tahu cara murah ke Jogja dari Jakarta, cari tahu juga transportasi yang efisien dan murah yang bisa digunakan selama liburan di Yogyakarta.


Ada banyak pilihannya, bisa dengan menyewa kendaraan seperti sewa motor atau mobil, bisa menggunakan transportasi publik, atau layanan ojek online.


Akan tetapi, biaya liburan ke Jogja dengan naik mobil akan jauh lebih murah dibandingkan harus menggunakan transportasi publik atau sewa kendaraan.


Trik untuk menekan biaya liburan ke Jogja 3 hari 2 malam atau supaya budget liburan ke Jogja 2 hari 1 malam jadi lebih murah, kamu bisa memanfaatkan kendaraan pribadi seperti mobil yang kamu miliki.


5. Menentukan penginapan


Disarankan untuk memesan penginapan jauh-jauh hari sebelum melakukan trip liburan, terlebih bila kamu berangkat liburan di saat high season seperti bulan Desember atau hari libur nasional.


Keuntungan memesan penginapan jauh-jauh hari di antaranya kamu bisa memilih hotel atau penginapan yang harganya murah dan potensi mendapatkan promo atau diskon dibandingkan mencari penginapan di waktu-waktu mendesak.


Cari tahu informasi banyak penginapan melalui semua platform produk perjalanan atau melalui situs-situs di Google.


6. Pertimbangkan budget liburan yang dibutuhkan


Bagian terpenting dari trip liburan adalah matang dalam mempersiapkan budget liburan ke Jogja.


Setelah menentukan tempat wisata, transportasi yang akan digunakan, dan tempat penginapan, maka kamu sudah bisa merinci berapa estimasi biaya liburan yang dibutuhkan.


Yang terpenting dari semua tips liburan ke Jogja bagi pemula ada biaya liburan. Apabila kamu berselancar di internet, ada banyak trik mempersiapkan budget liburan ke Jogja 3 hari 2 malam, budget liburan ke Jogja berdua, atau cara murah ke Jogja dari Jakarta.


Supaya perjalanan trip liburan ini berjalan dengan lancar tanpa meninggalkan beban keuangan tambahan, kamu perlu menyisipkan biaya asuransi kecelakaan diri sebagai proteksi tambahan saat kamu berada di kota orang selama beberapa hari.


7. Meminimalisir pengeluaran kurang penting


Dari estimasi budget trip liburan ke Yogyakarta yang sudah dibuat, seleksi kembali apakah ada pengeluaran yang sekiranya kurang penting atau pengeluaran yang bisa berkurang nominalnya.


Misalnya saja semula kamu memperkirakan estimasi hotel untuk satu malam sebesar Rp600 ribu.


Biaya penginapan untuk satu malam tersebut bisa ditekan karena ada banyak hotel dan penginapan yang nyaman di Yogyakarta yang harganya jauh lebih murah, bahkan hanya Rp200 ribu sampai Rp300 ribu saja.


8. Mempersiapkan barang bawaan


Buat list barang pribadi atau kelompok yang akan dibawa. Lalu, seleksi kembali list tersebut dengan cermat.


Apakah ada barang yang kurang penting untuk dibawa atau apakah ada barang yang bisa digunakan bersama-sama oleh anggota rombongan lainnya. 


Dengan begitu, tak ada barang bawaan yang kurang penting dibawa dan memakan tempat.


9. Membagi tugas kepada anggota rombongan


Tips liburan ke Jogja bagi pemula yang terakhir adalah dengan membagi tugas kepada anggota rombongan lainnya.


Tips ini bisa berlaku bila kamu melakukan trip liburan minimal dua orang. Tujuannya adalah untuk membagi tugas ke seluruh anggota sehingga terjalin kerja sama yang baik dan menghasilkan liburan yang menyenangkan.


Itulah 9 tips liburan ke Jogja bagi pemula yang perlu diperhatikan dan diterapkan agar liburan ke Yogyakarta kali ini berkesan dan kamu bisa maksimal saat healing di Yogyakarta nanti.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9