Inner Child, Menghambat dan Menghebat Masa Dewasa

Kamis, 11 Agustus 2022

Inner Child saat ini menjadi sebuah kata yang banyak menarik perhatian. Bukan hanya psikolog, pemerhati anak, bahkan konsultan perkawinan pun menganggapnya sesuatu yang pantas untuk dikaji. Ternyata istilah yang mewakili kondisi psikologis khusus pada masa kecil ini cukup merugikan. Trauma ini menghambat dan menghebat pada masa dewasa. 

Maksudnya apa sih? Nah kajian tentang hal ini ternyata sangat menarik. Ruang Pulih, sebuah ruang untuk belajar dan konsultasi pengembangan diri bagi wanita dan anak-anak mengangkat tema tersebut dalam rangkaian Parade Happy Inner Child.



Di parade pertama happy innerchild saya diajak untuk memahami innerchild, lalu sesi kedua hadir dengan pembahasan soal reparenthing menuju dewasa yang lebih baik. Maka, pada sesi ketiga ini hadir sebagai pembicara Dr. Dr. Adi W. Gunawan, ST., MPd, CCH (R), Ketua Umum Asosiasi Hipnoterapi Klinis Indonesia dan Drs. Asep Haerul Gani, seorang psikolog, human capital coach dan master trainer.

Inner child menjadi konsen banyak orang karena dampak negatifnya yang terbawa sampai dewasa. Namun di sisi lain ternyata ada sisi positif yang juga dapat berkembang dari kejadian buruk masa kecil tersebut.

Ingin terlepas dari Inner Child? Cintai diri sendiri

Trauma masa kecil pada sebagian orang akan melekat dan menjadikan seseorang mempunyai pribadi yang susah dimengerti. Ada juga yang tidak mau peduli dengan orang lain dan cenderung menyalahkan pihak lain pada saat menghadapi masalah, namun yang lebih parah adalah ketika seseorang tersebut selalu menyalahkan diri sendiri.

Kejadian traumatik ini dapat menyebabkan seseorang tersebut tidak bisa menerima pengaruh positif dari lingkungan. bahkan cenderung pasif. Hal ini yang membuatnya susah untu berprestasi.

Kejadian dari sejak dalam kandungan sampai dengan 10 tahun merupakan masa yang rentan menyisakan trauma atau inner child. Ini selaras dengan ilmu parenting bahwa usia anak-anak merupakan masa membentuk karakter. Oleh karena itu, sangat tidak boleh berlaku kasar karena dapat membekas sampai dewasa.

Cara terlepas dari bayangan tersebut adalah dengan menanamkan keyakinan bahwa kamu hebat, kuat dan pasti berhasil melewati semua tantangan perlu terus ditanamkan. Untuk bisa menghilangkan dampak negatif inner child lebih besar berasal dari dirinya sendiri. Sedangkan pihak lain hanya membantu dan memberikan lingkungan yang kondusif saja.

Sifat Trauma dan Fobia menghambat pencapaian seseorang

Dalam parade Happy Inner Child sesi ke-3 pak Adi mengangkat sebuah kasus tentang seseorang yang belum juga memilih pasangan. Sedangkan dari berbagai sisi banyak orang menilai bahwa si A tersebut sudah mampu dan cukup untuk berumah tangga. Apalagi dari usia juga sudah mendekati kepala 4.

Setelah digali informasinya secara detail, klien bukan tidak pernah jatuh cinta atau tidak ada yang suka. Melainkan justru over protektif dalam melindungi dirinya sendiri. Trauma kegagalan rumah tangga orang tuanya yang ditandai dengan pertengkaran, bahkan kekerasan terekam dalam ingatan sampai dewasa.

Sejak usia 4 tahun sudah menyaksikan hal yang kurang nyaman dalam pernikahan kedua orang tuanya. Trauma menyaksikan kejadian tersebut tidak hilang sampai dewasa. Hal yang dilakukan ketika menjalin hubungan adalah keraguan, apakah akan bahaya, apakah yang terjadi pada orang tua, tidak akan menerimanya.

Over protektif inilah yang menyebabkan permasalahan tidak juga memasuki jenjang pernikahan. Kembali, cara mengatasi dengan mengajaknya untuk mengenali diri sendiri dan mencintai. Membukakan pikiran bahwa tidak semua kejadian buruk akan terulang.

Cara mengatasinya adalah menumbuhkan rasa cinta pada diri sendiri bahwa kita hebat, kita berarti dan kita bisa berprestasi. Seseorang yang mengalami trauma pada masa lalu cenderung untuk over protektif pada diri sendiri.

Sedangkan pembicara kedua mengangkat contoh kasus yang cukup unik. Pak Asep menyampaikan apa yang dialami kliennya. Seorang suami yang setiap akan melakukan sesuatu selalu meminta tanggapan istrinya. Hal ini membuat pasangan merasa kurang nyaman.

Ketik sesi hipnoterapi terungkaplah penyebabnya. Suami tersebut ketika masa kecil mendapat perlakuan beda dari kedua orang tuanya. Saat diajak ke pasar misalnya, adik-adiknya akan mendapat pertanyaan, ingin beli apa. Sedangkan si suami ini tidak ditanya.

Mungkin dianggap anak yang paling besar atau cukup anteng, ibunya tidak perlu membujuk dengan iming-iming sesuatu. Sikap manisnya di masa kecil, justru menimbulkan karakter kurang bagus baginya.

Ternyata sikap orang tua yang lembut pada anak pun bisa salah jika tidak berimbang. Sedangkan karena kejadian tersebut sudah sangat lama, bahkan mungkin orang tua sudah tidak ada, maka mau tidak mau harus berusaha untuk sembuh sendiri sangat penting.

Kenapa Inner Child menghambat?

Inner child menghambat seseorang untuk maju karena selalu menahan dengan perasaan khawatir yang berlebihan. Agar bisa mengatasinya, maka harus mengundang rasa bahagia. Menghadirkan kembali memori menyenangkan yang pernah dirasakan pada masa kecil.

Meski hal ini tidak dapat menghilangkan trauma secara keseluruhan, namun akan mengurangi kekhawatiran. Cemas, was-was menyebabkan potensi yang dimiliki tidak dapat tereksplor secara keseluruhan. Bahkan terlalu over protektif pada hal tertentu.

Masalah lain, innerchild yang belum selesai bisa menuntun seseorang untuk melakukannya pada orang lain. Sebagai contoh seseorang yang pada waktu kecil mendapat perlakuan kasar, bisa melakukannya pada anaknya tanpa sadar.

Agar sifat negatif tersebut hilang perlu melakukan beberapa upaya. Sebagian orang dapat menghilangkan trauma ataupun rasa sakit di waktu kecil tanpa bantuan siapa pun. Namun ada juga yang harus mendapat pendampingan dari profesional untuk dapat mengendalikan perasaan.

Agar cepat pulih, seseorang perlu mengosongkan hati dan memahami innerchild penuh kesadaran. Tujuannya agar sugesti yang bagus untuk menghilangkan inner child bisa datang dan akhirnya secara pribadi mempunyai kekuatan untuk mengembangkan diri. 

 

 

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9