4 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Selasa, 26 Juli 2022

Manfaat daun sirih untuk kesehatan sudah lama dikenal oleh masyarakat. Bahan herbal saat ini menjadi alternatif terbaik untuk mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit. 


Manfaat daun sirih


Selain ampuh, dan murah juga tidak menjadikan ketergantungan serta tanpa bahan kimia yang berbahaya.


Tanaman sirih tumbuh merambat dengan daun yang berada di kanan kiri setiap ruasnya. Karena cepat tumbuh, untuk mendapatkannya sebagai obat alami cukup mudah. Nenek moyang menggunakannya sebagai campuran mengunyah tembakau yang dalam bahasa jawa terkenal dengan nama “nginang”


Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut


Kebiasaan nginang membuat gigi orang zaman dulu kuat sampai mereka tua. Khasiat inilah yang kemudian menjadikan ilmuwan memanfaatkannya dalam bentuk ekstrak untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.


Sedangkan untuk kesehatan gigi dan mulut sendiri, manfaat daun sirih sampai sekarang masih dipercaya. 


Rebusan daun sirih dapat menjadikan rongga mulut sehat. Cara menggunakan dengan meminumnya atau untuk berkumur. Berikut manfaat daun sirih:


Mengobati sariawan


Sariawan merupakan penyakit pada bagian mulut yang sangat tersiksa. Penyebabnya adalah karena kekurangan vitamin C dan banyaknya bakteri dalam mulut. 


Dengan berkumur menggunakan rebusan daun sirih dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri sehingga sariawan yang ditandai luka kecil segera sembuh.


Penyakit ini dapat menyebabkan gangguan pada fungsi organ lain karena rasa sakit saat makan menyebabkan seseorang kurang asupan gizi. Meski hanya berupa luka kecil namun ketika mengkonsumsi sesuatu akan sangat terasa perih. Apalagi ketika makan makanan yang asin atau pedas.


Membuat nafas segar


Bau mulut tak sedap bukan hanya bisa mengganggu aktivitas tetapi juga menghilangkan rasa percaya diri. 


Jika parah, lawan bicara dapat sangat terganggu karena aromanya yang kurang sedap. Kuman yang bersarang di mulut merupakan penyebab utama.


Cara menyikat gigi yang kurang benar dan menyisakan makanan yang menempel pada celah mulut dapat menjadi penyebabnya. Agar terhindar dari hal tersebut, salah satunya dengan memanfaatkan daun sirih. 


Untuk mendapatkan manfaatnya bisa dengan meminum rebusan, berkumur atau makan makanan yang mengandung ekstrak sirih.


Meningkatkan kesehatan gusi


Kesehatan gusi berpengaruh pada kuat atau tidaknya gigi yang tumbuh. Jika gusi bermasalah, maka bisa menyebabkan gigi mudah rusak dan tanggal.


Kondisi gusi bengkak karena banyaknya kuman dapat menyebabkan infeksi. Bahkan jika parah mungkin saja menjalar ke bagian tubuh lain sehingga tidak boleh disepelekan.


Kondisi gusi berpengaruh pada kualitas hidup seseorang. Karena itu jika terasa sakit tidak boleh diremehkan. 


Pasien bisa melakukan tindakan mandiri menggunakan rebusan daun sirih, dengan meminum atau menggunakannya untuk berkumur beberapa kali.


Meringankan sakit gigi


Bagi yang pernah sakit gigi, tentu tidak mau mengalaminya lagi. Lubang pada gigi dapat menjadi sarang kuman yang menyebabkan rasa nyeri, bahkan infeksi. Kandungan bahan antibakteri dalam sirih bisa mengatasinya.


Sebaiknya menggunakan daun sirih bukan hanya ketika sakit saja, tetapi secara rutin agar kuman tidak datang. 


Sebagai obat kumur, tidak ada batasan penggunaan karena tanpa efek samping. Cukup merebus beberapa lembar dengan air secukupnya. 


Setelah mendidih, matikan kompor dan biarkan sampai dingin. Obat herbal siap untuk digunakan.


Manfaat daun sirih untuk kesehatan sangat banyak, bukan hanya mulut saja tetapi juga mata dan organ lain. 


Saat ini untuk mendapatkan manfaat tersebut sangat mudah. Kita bisa menggunakan Pepsodent Action Herbal yang mengandung ekstrak sirih. Dengan pemakaian secara teratur dan benar, gigi serta gusi akan menjadi sehat terlindungi.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9