Apa Itu Software ERP dan Kegunaannya Dalam Kegiatan Bisnis?

Minggu, 05 Juni 2022

Proses dari sebuah bisnis dari hulu ke hilir sangatlah kompleks dan melibatkan banyak pihak di dalamnya, mulai dari perencanaan, pengadaan, produksi, hingga pengiriman ke konsumen. Segala kompleksitas bisnis itu kini dapat diringkas dengan adanya teknologi berupa software atau perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning).


Software ERP


Singkatnya, software ERP yaitu sebuah perangkat lunak yang difungsikan untuk mengelola dan mengintegrasikan beragam kegiatan operasional di dalam suatu bisnis. Bagi perusahaan, penerapan sistem ERP ini bisa jadi salah satu upaya masif yang memakan waktu sangat lama hingga bertahun-tahun. Akhirnya hanya sedikit perusahaan yang tertarik dan mampu menggunakan sumber dayanya untuk mengembangkan sistem ERP akibat kompleksitas dan skala tersebut.


Dilihat dari fungsinya, sistem ERP ini dapat meningkatkan efektivitas perusahaan dan memberikan pelayanan optimal bagi konsumen. Sehingga mampu menghasilkan nilai tambah dan memberikan keuntungan maksimal bagi seluruh pihak yang berkepentingan (stake holder).


Pada awalnya ERP adalah sebuah sistem yang banyak digunakan hanya pada perusahaan-perusahaan berskala besar (enterprise). Namun, seiring perkembangan waktu ERP makin populer dan dapat digunakan di kalangan UKM.


Mengenal Apa Itu ERP Software


Software ERP yaitu paket sistem atau software yang berguna untuk untuk mengelola kegiatan bisnis harian, mulai dari pengelolaan keuangan, pengadaan barang, produksi, manajemen proyek, dan lain-lain. 


Kehadiran sistem ini mampu memfasilitasi bisnis dengan beragam informasi yang akurat dan real-time. Dengan begitu, Anda dapat terbantu dalam mengambil sebuah keputusan bisnis dengan baik dan terencana berdasarkan data yang telah dihasilkan. Alhasil, ERP dapat mencegah kemungkinan terjadinya duplikasi data.


Ada beberapa sektor perusahaan sudah banyak yang menerapkan sistem ERP, diantaranya adalah:


  • Konstruksi
  • Pertambangan
  • Transportasi
  • Ekspor
  • Pemerintahan
  • Jasa
  • Konsultasi
  • Pendidikan
  • Perkebunan
  • Real Estate
  • Rumah Sakit
  • Pariwisata


ERP memungkinkan perusahaan dari berbagai sektor industri untuk bisa mengintegrasikan dan mengelola seluruh fungsi dasar, seperti mengelola karyawan, pembelian produk atau jasa, penjualan dan pendistribusian, serta mencatat keuangan bisnis.


Kegunaan Sistem ERP Dalam Bisnis


Sebenarnya apa sih yang dibutuhkan perusahaan dari ERP? Tentunya ada keuntungan yang diberikan dari sistem ini, jika tidak mereka tidak akan menerapkan sistem ERP.


Berdasarkan data statistik tahun lalu, sebanyak 81 persen perusahaan telah memilih menerapkan dan mengimplementasikan aplikasi ERP. Berikut ini beberapa manfaat dari menggunakan perangkat lunak ERP bagi perusahaan, diantaranya adalah:


1. Lebih Efisien


Manfaat pertama dari penggunaan perangkat lunak ERP untuk kegiatan bisnis yaitu dapat mengoptimalkan efisiensi. Sistem ERP memiliki fungsi menyederhanakan kegiatan operasional agar tidak membuang waktu dan tenaga.


Nantinya tugas-tugas seperti pengecekan inventaris, memonitor jam kerja, penggajian, hingga pembuatan laporan keuangan dapat dilakukan secara otomatis. Dengan kata lain, software ini membantu mengurangi pekerjaan yang biasa dikerjakan manual sebelumnya.


2. Hemat Biaya Operasional


Salah satu alasan banyak perusahaan yang menggunakan software ERP adalah karena selain fungsional, software ini mampu menghemat biaya operasional. Adanya software ini jika ada kendala ataupun kerusakan dapat diantisipasi dengan baik.


Terlebih perangkat tersebut dapat membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat sehingga mengurangi lead-time. Dengan demikian, perusahaan dapat mengurangi pegawai karena sudah terbantu oleh sistem yang terintegrasi dan otomatis.


3. Meningkatkan Kolaborasi


Dengan menggunakan sistem ERP, perusahaan dapat meningkatkan kolaborasi. Ini akan sangat menguntungkan apabila di dalam perusahaan terdapat beberapa divisi atau departemen.


Dalam dunia bisnis, kolaborasi antar departemen atau divisi sangat penting dan perusahaan membutuhkan itu agar bisnis berjalan dengan lancar. Inilah yang dibutuhkan perusahaan dari software enterprice resource planning mampu jadi pemisah dinding pembatas antar departemen.


Selain itu, kehadiran perangkat ERP membuat satu departemen dapat mengakses data milik departemen lainnya.


4. Keamanan Data Meningkat


Sistem ERP ini juga berguna untuk meningkatkan keamanan data perusahaan karena dilengkapi firewall dan kontrol pembatas. Tujuannya agar mencegah adanya pelanggaran data, sehingga seluruh data tersimpan dalam satu sistem yang terpusat.


Data-data penting yang hanya sebagian orang bisa melihatnya dapat disembunyikan oleh HR. Admin juga dapat memberikan hak akses kepada karyawan baru dan dengan cepat menghentikan akses karyawan yang sudah resign atau diberhentikan.


Melalui ERP, aktivitas penggunanya dapat diperlihatkan. Dengan demikian, admin dapat dengan mudah mengidentifikasi jika ada tindakan yang tidak sah atau pola aktivitas yang mencurigakan pada sistem.


5. Membuat Prediksi Bisnis yang Akurat


Salah satu hal yang paling vital dalam kemajuan bisnis yakni membuat prediksi atau perkiraan (forecast) yang tepat. Para pemangku kepentingan di dalam perusahaan tergantung pada laporan untuk membuat prediksi yang akhirnya mempengaruhi keputusan yang akan mereka ambil.


Oleh karena itu, perangkat ERP sangat mendukung untuk bisa menjadi sarana dalam memperoleh laporan secara real-time, lengkap, dan konsisten. Selain itu, laporan yang ada pada ERP memakai filter dan analitik canggih sehingga dapat menyaring apabila ada data yang tidak konsisten dan memastikan data bisa didapatkan di waktu yang tepat.


Kesimpulan


Supaya bisnis Anda terus berjalan di tengah persaingan yang semakin ketat, perlu untuk mengikuti perkembangan teknologi. Sudah saatnya meninggalkan metode lama agar bisnis Anda tidak tertinggal.


Disinilah peran ERP hadir untuk menyederhanakan beragam kegiatan operasional bisnis yang kompleks. Berbagai skala bisnis dapat menggunakan software ini, mulai dari skala kecil atau UKM, menengah, hingga besar (enterprise).


Setelah Anda tahu kegunaan dari perangkat lunak ERP, selanjutnya Anda harus dapat mengidentifikasi beragam tantangan dan menemukan solusinya. Anda bisa mengandalkan software RedERP untuk mengelola aktivitas bisnis Anda jadi lebih sederhana. RedERP menyediakan modul-modul yang dibutuhkan dalam bisnis.


Tak perlu ragu untuk bertanya kepada penyedia solusi ERP yang terpercaya, handal, dan tepat. RedERP menyediakan konsultasi gratis untuk Anda yang berencana mengimplementasikan sistem ERP dalam bisnis Anda.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9