Apa Itu Canker Sore dan Cara Mengobati Sariawan?

Sabtu, 11 Juni 2022

Saat membahas kesehatan, pastinya selalu berkaitan dengan pola hidup yang sehat. Walaupun ada banyak penyakit karena keturunan, namun yang paling sering dikenal sebagai penyakit mematikan adalah kanker. 



Nah, kamu juga perlu tahu, ternyata ada juga namanya canker sore. Apa itu canker sore dan  bagaimana cara mengobatinya?


Mungkin tidak terlalu banyak orang yang mengetahui penyakit ini, namun ternyata berbahaya. 


Kebanyakan hanyalah mengenal beberapa jenis kanker saja, seperti kanker paru, otak, dan kulit. Lalu bagaimanakah dengan canker sore ini? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.


Apa Itu Canker Sore?


Canker sore juga dikenal dalam bahasa medis sebagai recurrent aphthous stomatitis and aphthous ulcers, tetapi masyarakat umum lebih mengenalnya sebagai sariawan.


Ini termasuk masalah kesehatan yang paling sering dialami, tetapi efeknya lumayan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.


Kondisi ini bisa muncul di mana pun, di mulut, langit-langit mulut, atau bagian dalam pipi dan bibir. Kadang kala ini juga disertai oleh rasa nyeri. Sebagai akibatnya, Anda menjadi kesulitan untuk berbicara, makan, dan bahkan tidur.


Canker sore atau sariawan sendiri berbentuk luka kecil layaknya lepuhan yang akan muncul pada jaringan lunak di mulut Anda, namun juga tidak menutup kemungkinan muncul di lidah dan gusi.


Terdapat tiga macam canker sore yang mungkin Anda alami, seperti:


  • Sariawan kecil, jenis sariawan paling umum, luka dangkal, dan bisa hilang sendiri dalam jangka waktu 4-14 hari.
  • Sariawan besar, ukuran lebih besar dan perlu waktu penyembuhan lebih lama, kira-kira sekitar 6 minggu.
  • Herpetiform, sariawan yang kecil namun muncul dalam jumlah lebih banyak dan akan hilang dalam waktu yang kurang dari 30 hari.


Begini Cara Mengobati Sariawan


Supaya kembali pulih sepert seua, maka sariawan pun memerlukan waktu, tetapi tidak terlalu lama jika sariawannya tidak parah.


Meskipun demikian, Anda tetap harus mendapatkan pengobatan untuk tidak memperparah sariawan yang diderita secara alami, agar gejalanya mereda dan proses penyembuhan pun lebih cepat.


Berikut beberapa cara mengobati sariawan secara alami yang dapat diterapkan.


Berkumur dengan Air Garam


Pada dasarnya, garam memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi alami yang akan membantu mencegah terjadinya infeksi dalam mulut.


Anda hanya perlu mencampurkan dua sendok teh garam dapur saja ke dalam segelas air hangat. 


Setelah itu, kumur-kumur dengan air garam. Cara ini dapat diulangi hingga beberapa kali dalam sehari supaya sariawannya mengecil.


Mengoleskan Madu


Sama halnya dengan garam, madu pun juga terbukti mempunyai sifat antibakteri dan antiinflamasi yang siap untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul. 


Selain itu, sekaligus akan mempercepat proses pemulihan sariawannya.


Memberikan Es Batu


Dinginkan es batu di dalam kulkas rumah Anda. setelah itu sentuhkan es batu ke bagian yang nyeri. Dinginnya es batu ini akan membuat rasa nyeri jadi lebih berkurang.


Menggunakan Obat Kumur (Mouthwash)


Sebaiknya Anda memilih obat kumur yang tidak ada kandungan alkoholnya, namun mempunyai khasiat sebagai anti inflamasi dan antimikroba.


Carilah obat kumur yang efektif untuk melawan bakteri di mulut Anda, tetapi tetap memberikan rasa nyaman di dalam mulut. 


Tentu saja, mouthwash ini sangat cocok untuk sariawan di tempat yang sensitif seperti lidah.


Jika dengan cara di atas, rasa nyeri yang Anda alami tidak kunjung berkurang atau justru ukurannya malah bertambah semakin besar. Segeralah untuk menghubungi dokter.


Sekarang apakah Anda sudah paham apa itu canker sore dan cara mengobati sariawan? 


Selama Anda mengalami penyakit ini, jangan lupa untuk tetap menerapkan pola makan yang seaht dan tetap cukupi nutrisi harian dengan zat besi serta vitamin B12.




Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9