Banjir Cuan! Begini 30+ Cara Membuat Blog yang Menarik

Kamis, 30 Juni 2022

Bagaimana membuat blog yang menarik dan banjir cuan? 


Saya yakin, inilah pertanyaan yang acapkali ditanyakan oleh para blogger pemula ketika mereka memutuskan terjun ke dunia blogger. 


Saya kasih tahu faktanya sebelum kamu benar-benar mau memulai ngeblog. Bahwasanya, cara membuat blog menarik itu mudah. Tapi untuk konsisten ngeblog, itu bukan hal mudah. 


Tidak sedikit blogger pemula yang cepat menyerah setelah tahu proses ngeblog itu panjang sekali. 


Bahkan, ada yang cuma bertahan kurang dari 3 bulan loh. Dan katanya, ngeblog itu berat. Benarkah? 


Jika kamu merasakan hal yang sama. Maka kamu berada di artikel yang tepat. Karena di sini saya akan berbagi rahasia tips membuat blog menarik. 


Receh sih. Tapi bermanfaat pastinya. So, kamu harus baca artikel ini sampai habis, ya!







Mempunyai blog yang menarik dapat menjadi sumber penghasilan tidak terbatas jumlahnya. Kreativitas seorang pengelola blog bisa menarik pembaca dan pihak lain untuk bekerja sama. Bukan hanya dengan pemasangan iklan, banyak cara mendapat uang jika bisa membuat blog yang menarik

Konten yang bagus dan pemahaman algoritma Google merupakan bekal untuk berkarir sebagai blogger. Hal tersebut dapat dipelajari sendiri karena banyak tutorial gratis sebagai pemandu. Untuk menjadikan blog sebagai mesin uang tidak bisa instan, perlu kerja keras dan konsisten.

Platform Ngeblog untuk Menghasilkan uang 

Terdapat dua platform untuk membuat blog, yaitu blogspot dan WordPress. Keduanya mempunyai keunggulan dan kekurangan. Jika ingin belajar dan memahami seluk-beluk dunia blog, bisa mencoba membuat pada kedua platform tersebut secara gratis.

Namun jika ingin profesional sebaiknya membeli domain dan hosting. Domain adalah alamat dari blog. Sedangkan hosting merupakan space penyimpanan data semua isi blog. Dua hal yang berkaitan dengan dunia blog berikut perlu untuk diketahui:

  1. Blogger 

Blogger adalah orang yang bekerja mengelola blog. Jenis pekerjaan ini bisa menjadi sumber penghasilan utama maupun sampingan. Seorang blogger profesional bukan hanya harus mempunyai kemampuan menulis dengan baik, namun juga menghadirkan visualisasi terbaik di blog agar pembaca semakin tertarik. 

Sebagai blogger, pengelola bekerja tanpa terikat waktu. Bisa mengerjakan pekerjaannya kapan saja dan dari mana saja. Karena fleksibel, banyak yang tertarik dengan pekerjaan satu ini. Dari mana blogger mendapatkan penghasilan? Sumber penghasilan dari blog cukup banyak, antara lain:

  • Iklan

  • Afiliasi

  • Marketing online

  • Lomba

  • Jasa kepenulisan

  • menjual produk di platform

  1. WordPress.org

Sebagai seorang blogger, pengetahuan tentang WordPress cukup penting. WordPress merupakan sistem manajemen konten sehingga dapat membuat blog dengan cepat dan mudah. Langkah untuk membuat akun WordPress sangat mudah dan cepat, hanya perlu beberapa menit saja.

WordPress sendiri ada dua jenis, yaitu .org dan .com. Pihak WordPress juga selalu melakukan inovasi sehingga semakin menarik dan bermanfaat. Sampai saat ini setidaknya tersedia lebih dari 5.000 tema dan 50.000 plugin yang dapat digunakan untuk membuat blog semakin bagus. Ada yang gratis maupun berbayar.

Jenis pertama, WordPress.com, merupakan fasilitas gratis yang tersedia dengan banyak fitur. Pengguna hanya tinggal mengubah sesuai keinginan pada tema, background maupun huruf. Dapat juga menambahkan plugin gratis yang tersedia.

Sedangkan WordPress.org merupakan jenis self hosted dimana pemilik dapat mengelola sendiri blog atau websitenya. Pengelola hanya membutuhkan domain dan hosting saja. 

Bagi yang ingin mengelola blog secara profesional, WordPress.org mempunyai banyak keunggulan. Selain dapat mengelola sendiri secara mudah, kelebihan lainnya adalah:

  1. Mudah merubah alamat

Pemilik blog dapat dengan mudah mengubah alamat website atau blog. Sebagai contoh jika sebelumnya mempunyai alamat rumahkita.com kemudian bisa menggantinya dengan rumahidekita.com atau lainnya.

  1. Blog tidak akan terhapus

WordPress mempunyai aturan yang cukup ketat, jika melanggar, maka blog dapat terhapus. Namun hal tersebut tidak terjadi apabila menggunakan WordPress.org karena kendali sepenuhnya ada pada pemilik. 

  1. Mudah untuk monetisasi Adsense

Salah satu sumber penghasilan blogger adalah penayangan iklan dari Adsense. Sebelumnya blog harus terdaftar dan dimonetisasi. Tidak semua pengajuan akan mendapat persetujuan. Dengan menggunakan WordPress kemungkinan disetujui besar. 

Cara Membuat Blog Keren di Blogspot 

Blogspot merupakan salah satu platform untuk membuat blog yang ramah bagi pemula karena sangat mudah, hanya memerlukan beberapa langkah saja. Cara penggunaan dan pengaturan fiturnya pun cukup simpel. Agar tampilannya lebih keren dapat melakukan beberapa poin berikut:

  1. Pemilihan huruf yang sesuai

Jenis huruf dan keterbacaannya adalah hal penting dalam sebuah blog. Jangan asal memilih. Huruf yang bagus menurut pemilik blog belum tentu mudah dibaca oleh pengunjung. Pasti tidak mau kan, pembaca kabur karena merasa kurang nyaman dengan tampilan huruf pada setiap postingan?

  1. Atur beranda

Beranda dapat menciptakan kesan pertama bagi pengunjung. Karena itu harus membuatnya semenarik mungkin. Pemilik blog bisa memilih jenis dinamis atau statis.

Banyak cara untuk membuat pembaca tetap bertahan di blog yang dikunjunginya. Antara lain menambahkan gambar, animasi, slide sampai kuis. Dengan penambahan kuis, selain berpotensi membuat pengunjung untuk lebih lama membuka blog, juga menjadikannya penasaran sehingga berkunjung kembali.

  1. User friendy

Blog yang baik akan menampilkan informasi yang mudah didapatkan pengunjung. Dengan pengaturan yang user friendly, pembaca pun berpotensi akan membuka halaman atau artikel lain sehingga durasi kunjungan bertambah. 

Cara Membuat Blog yang Menarik di WordPress

Membuat blog di WordPress juga sangat mudah. Setelah masuk ke akun WordPress tinggal mengikuti langkahnya saja. Semua instruksi sangat jelas sehingga siapa saja bisa membuatnya.

Setelah mempunyai blog WordPress bagaimana agar terlihat menarik? Pemilik harus memolesnya sehingga selain tampilannya Ok. Pengunjung pun mudah untuk mengaksesnya. Berikut yang bisa dilakukan:

  1. Menggunakan tema yang tepat

WordPress sudah memberikan pilihan tema yang beragam. Namun agar terlihat profesional dan lebih menarik bisa memesan secara custom atau membeli yang sudah jadi. Pastikan tema tersebut tidak membuat loading blog menjadi lama yang dapat menyebabkan pengunjung enggan untuk membaca.

  1. Warna yang sesuai

Blog profesional akan menggunakan warna yang nyaman bagi mata sehingga pengunjung betah lama membaca artikel. Pemilik juga bisa memilih jenis warna sesuai karakter atau isi konten. Sebaiknya hindari tipe kontras karena kurang nyaman bagi mata.

  1. Tambahkan plugin yang mendukung

Plugin dapat membuat performa blog menjadi semakin menarik. Untuk mendapatkannya bisa memilih yang gratis maupun berbayar sehingga terlihat semakin profesional.

Cara Membuat Blog Menarik Pengunjung 

Tujuan dari pembuat blog ketika mempublikasikan tulisan adalah berharap banyak yang tertarik dan kemudian membaca tulisannya. Bahkan jika mungkin merekomendasikannya pada yang lainnya. Membuat blog menjadi menarik cukup mudah bisa dengan melakukan poin berikut:

  1. Buat judul yang keren

Kekuatan judul dapat menarik pembaca untuk terus melanjutkan ke paragraf pertama, kedua dan seterusnya. Jika dari awal sudah tidak menarik maka, pasti akan langsung meninggalkan halaman tersebut.

Pembaca akan senang dengan judul yang singkat, padat namun informatif, bisa mencerminkan isi tulisan secara keseluruhan. Untuk dapat membuatnya, bisa dengan melihat artikel terkait, bagaimana penulis lain membuatnya menarik.

  1. Konten lengkap

Ketika mengunjungi blog, pembaca tidak mau mendapatkan artikel yang setengah-setengah dalam menyampaikan informasi. Semua harus tertulis jelas, ringkas dan to the point. Kekuatan konten sangat penting untuk membangun branding suatu blog sehingga menarik pembaca lebih banyak.

  1. Pilih isi konten yang selalu dibutuhkan

Artikel viral hanya akan dicari pada saat sekarang saja. Berbeda dengan jenis tips, tutorial atau referensi hampir setiap waktu dibutuhkan. Meskipun pembacanya tidak langsung banyak namun karena masa tayangnya panjang berpotensi untuk memberikan kontribusi viewer yang besar. 

  1. Perbaiki link lama

Pemilik blog bisa melakukan analisa, artikel mana yang pengunjungnya sedikit kemudian memperbaikinya. Tujuannya adalah agar kualitasnya meningkat sehingga mudah ditemukan pembaca dalam mesin pencarian dan dapat meningkatkan trafik. Cara ini cukup ampuh dilakukan saat belum mempunyai ide untuk tulisan baru. 

Cara Membuat Blog yang Menarik dan Menghasilkan Uang 

Menjadi blogger bisa menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama. Caranya pun sangat simpel, cukup memanfaatkan situs yang dimiliki dan mengoptimalkannya. 

Namun jika berniat untuk serius menjadi blogger, sebaiknya dari awal sudah mengatur dan membuat perencanaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah langkah dalam menghasilkan uang secara maksimal. Berikut yang perlu dilakukan:

  1. Memilih niche

Niche adalah tema atau spesifikasi isi tulisan dalam blog. Banyak niche yang bisa dibidik, misalnya tutorial, fashion, lifestyle, otomotif dan lainnya. Dengan fokus pada hal tersebut maka memudahkan pengunjung untuk mengenal dan mengingat blog tersebut. Sistem pada Google juga bisa lebih optimal untuk mengenalkan pada pembaca.

  1. Pilihan domain terbaik

domain atau nama blog merupakan identitas yang harus mudah diingat oleh pembaca. Jika terlalu sulit, maka kemungkinan pembaca untuk mengingat dan mengunjunginya kembali kecil. 

Nama domain sebaiknya juga mencerminkan isi. Jadi ketika membacanya sudah terbayang kira-kira informasi apa yang akan diperoleh jika mengunjungi blog tersebut. 

  1. Buat artikel SEO friendly

Artikel SEO friendly adalah tulisan yang memenuhi kaidah sehingga Google lebih mudah merekomendasikan pada calon pembaca. Teknik ini terbukti ampuh dan cepat menaikkan trafik 

Satu hal yang tidak kalah penting adalah pemilihan keyword atau kata kunci? Kata kunci akan memandu pembaca untuk menemukan blog dan mulai membaca konten yang dicari di dalamnya. 

  1. Melibatkan pembaca

Sebagus apapun isi blog jika pemiliknya tidak pernah berinteraksi dengan pembaca, bisa ditinggalkan. Karena itu melibatkan pembaca seperti menjawab komentar, atau mengadakan giveaway dapat membuatnya tertarik dan tetap mengunjungi blog tersebut.

  1. Mempromosikan di media sosial

Teknik ini juga sangat ampuh. Dengan mempromosikan link tulisan semenarik mungkin, maka akan banyak yang penasaran untuk membacanya. Awal artikel yang bagus bisa menjadi magnet agar mereka tetap melanjutkan membaca sampai selesai.

Membuat blog yang menarik cukup mudah. Dengan pengelolaan yang tepat blog dapat menjadi sumber penghasilan dan tempat berbagi inspirasi serta informasi. Tidak sedikit blogger yang sukses dan mendapatkan popularitas dari dunia blogging.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9