5 Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Lapangan Futsal

Kamis, 28 April 2022

Bisnis olahraga merupakan salah satu usaha yang tidak ada matinya. Setiap hari orang membutuhkan jasa ini. Tidak heran jika jasa pembuatan lapangan futsal, salah satu jenis olahraga yang banyak penggemarnya, menjanjikan banyak keuntungan.




Memulai bisnis sewa lapangan futsal cukup mudah. Modal yang dikeluarkan besar pada awal usaha saja. Selebihnya tinggal biaya maintenance. Sedangkan pemasukan dapat terus berlanjut selama pemilik masih menyewakan lapangan tersebut.


Apa saja yang mempengaruhi biaya pembuatan lapangan futsal


Investasi dalam bidang olahraga masih mempunyai potensi yang tinggi, termasuk futsal. Dalam satu hari pemilik bisa menyewakan ke beberapa klub sekaligus. Tinggal mengatur jadwalnya saja. Bahkan jika klub sudah merasa cocok mempunyai kesempatan untuk mendapat sewa secara long term atau dalam jangka panjang.


Untuk membuat lapangan dapat menyesuaikan dengan ketersediaan modal. Semakin besar, tentu pemilik bertambah leluasa dalam merencanakan dan mendesain unit usaha tersebut. Agar tidak keliru dan menyesal, sebaiknya menggunakan jasa kontraktor lapangan futsal. Besarnya biaya untuk satu unit tergantung dari:


1. Jenis lapangan


Berdasarkan tempat, terdapat dua jenis lapangan futsal, yaitu indoor dan outdoor. Untuk membuat lapangan outdoor biaya yang harus tersedia tidak sebesar indoor. Anda tidak perlu memperhatikan jenis atap dan dinding ruangan. 


Ketika membangun lapangan futsal outdoor, Anda hanya cukup memperhatikan biaya  persiapan lahan, gawang, pembatas dan bahan lantai. Semua dapat menyesuaikan dengan konsep dan besar dana yang diinvestasikan. 


Sedangkan untuk lapangan futsal indoor, sebelum membuatnya, langkah pertama adalah membangun gedung. Dana yang tersedia harus cukup besar. Bahan dan kualitas bangunan sangat berpengaruh pada kuat atau tidaknya gedung tersebut. 


2. Materi atau bahan


Berikutnya, biaya yang perlu mendapat perhatian adalah untuk membeli bahan seperti gawang, pembatas, lantai. Meski lebih mahal, sebaiknya pilih bahan yang kuat. Dengan demikian, Anda tidak perlu segera menggantinya. 


Salah satu faktor penentu besar biaya adalah bahan lantai. Ada banyak pilihan antara lain: kayu, karpet plastik, rumput sintetis, semen dan taraflex. Sedang untuk lapangan outdoor, opsinya bertambah dengan rumput asli. Bahan tersebut mempunyai kualitas dan harga yang bervariasi.


Lem perekat lantai juga merupakan biaya yang perlu mendapatkan perhatian. Gunakan yang berkualitas dan mempunyai daya lekat tinggi. Intensitas penggunaan lapangan dapat menyebabkan bahan lantai mudah bergeser, karena itu memerlukan lem dengan kualitas tinggi.


3. Kondisi lahan


Kondisi lahan turut berpengaruh pada besarnya biaya. Jika berupa persawahan atau perbukitan, maka sebelumnya harus memadatkan dan meratakannya terlebih dulu.  Besarnya dana tergantung kondisi awal. Semakin banyak bahan untuk meratakan, tentu membutuhkan biaya yang lebih besar.


4. Lokasi


Letak lapangan futsal berpengaruh pada bisnis dan pemasukan setelah siap untuk disewakan. Semakin ramai tentu menghasilkan keuntungan yang besar. Namun investasi berupa lahan pada area ramai tentu harganya jauh lebih mahal. Tergantung pasaran harga tanah daerah tersebut.


Untuk meminimalkan, dapat dengan menyewa lahan. Resikonya, jika masa sewa habis maka Anda tidak punya hak lagi terhadap lapangan di atasnya. Sayangkan, jika sudah ramai dan menghasilkan kemudian masa kontrak lahan habis, pemilik tidak menyewakannya kembali. Bahkan bisa untuk usaha pemilik lahan sendiri.


5. Jasa kontraktor


Poin ini sangat penting. Membangun lapangan futsal untuk berbisnis beda dengan membuat rumah atau bangunan lain. perlu ketelitian dan keahlian. Untuk mengatasi, Anda dapat menggunakan jasa kontraktor lapangan futsal. Besarnya biaya berbeda tergantung pelayanan dan lokasi jasa tersebut.


Keuntungan menggunakan jasa kontraktor adalah Anda tidak perlu repot untuk memikirkan bahan dan tenaga kerja. Cukup sebutkan budget dan kualitas yang diinginkan. Kontraktor akan menghitungkan estimasi biaya dan perkiraan waktu pengerjaan proyek.


Selain itu, jasa kontraktor biasanya akan memberikan tips perawatan sehingga lapangan futsal lebih awet dan tidak perlu sering melakukan renovasi. Kontraktor biasanya sudah mempunyai skema anggaran sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan keinginan. 


Bisnis persewaan lapangan futsal sampai sekarang masih menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Terlebih kesadaran masyarakat untuk berolahraga semakin tinggi. Dengan konsep marketing yang benar, bisnis ini akan terus memberi keuntungan lumayan.


Jasa pembuatan lapangan futsal dapat membantu Anda mewujudkan keinginan untuk mempunyai usaha persewaan. Dengan sekali investasi, berpotensi mendapatkan penghasilan dalam jangka panjang. 

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9