Kenapa Harus Berkomunitas di Bloggercrony Community?

Minggu, 13 Maret 2022

Ada sebuah ungkapan,” Saat kamu berusaha menjadi orang yang berkualitas, maka kau juga akan membangun pertemanan dengan orang-orang berkualitas.”



Dari kalimat tersebut menggiring saya untuk mencari sebuah komunitas ketika awal terjun menjadi blogger. Saya tidak mau tersesat, begitulah kurang lebih alasannya. 


Bagaimanapun, blogging adalah aktivitas baru yang saya lakoni setelah memutuskan terjun di dunia literasi tahun 2017. Okelah, untuk urusan menulis masih bisa saya pelajari sendiri. Tetapi bagaimana dengan urusan HTML, SEO, Blogwalking dan sebagainya? Apakah saya tahu semua itu?

 

Jelas tidak. Saya sangatlah awam, terlebih soal teknologi, jujur saya gaptek sekali. Itulah kenapa saya mencari komunitas blogger. Yang tak lain sebagai support system supaya proses ngeblog saya terarah dengan baik. Tujuannya ngeblog untuk apa sekaligus seperti apa proses mencapai penghasilan sebagai blogger. 


Akhirnya, setelah berkelana dari satu grup ke grup lainnya, saya pun diipertemukan dengan grup facebook Bloggercrony. Grup ini menjadi ajang promosi karya atau tulisan yang dipublikasikan di blog. Selain itu, ada juga instagram walking terkhusus bagi blogger yang ingin melakukan personal brading di media sosial. 


Melihat Bloggercrony tampak eye catching dengan logonya berwarna hijau dan orange, saya terkesima dan ingin sekali menjadi bagian keluarga di komunitas tersebut.


Dalam hati saya percaya, komunitas ini nantinya akan mampu membuat saya menjadi blogger berkualitas. 


Lantas, kesan apa yang dirasakan saat pertama kali mengenal komunitas bloggercrony?


Jatuh Cinta Pandangan Pertama pada Logo Bloggercrony


Kedua netra saya berbinar saat melihat warna hijau dan orange saat berselancar di instagram @bloggercrony. Entah karena saya menyukai warna hijau yang selalu memberi kesan sejuk atau lainnya. Namun yang pasti, logonya sudah mencuri hati saya saat pandangan pertama.




Nah, karena saya tipikal orang yang kadang suka sok-sokan analisa sebelum ikut berkecimpung di dalam sebuah grup. Maka saya pun tak tanggung-tanggung untuk mencari tahu filosofi dari warna hijau dan orange yang dipakai sebagai warna utama komunitas bloggercrony. 


Hijau memang identik dengan alam. Siapapun yang memandang, hanya ketenangan yang dirasakan. Bahkan menurut mitologi kuno, warna hijau ini juga melambangkan kesuburan wanita. Sementara jika dimaknai dari sisi psikologi, warna hijau ini melambangkan optimisme dan kreativitas. 


Saya percaya, andai saya bisa mendapatkan kesempatan masuk menjadi bagian di komunitas bloggercrony, tentu saya akan lebih optimis menekuni profesi blogger. Lalu, kreativitas saya sebagai blogger pun lebih terasah. Yes, i can do it! 


Sementara warna orange memberi kesan kreatif, bahagia, kebebasan dan kepercayaan diri. Bloggercrony, sebuah komunitas blogger yang menurut saya kreativitasnya sudah teruji sekalipun saya belum masuk menjadi anggotanya kala itu. 


Akan tetapi dengan melihat kreativitas para timnya dalam mengelola komunitas, saya melihat ada sesuatu yang berbeda dari yang lain. Cara team menyapa di grup Facebook, bagaimana team mengingatkan hastag postingan, juga kegiatan sosial seru yang diadakan selalu menginspirasi. Salah satunya yang saya kepoin di website bloggercrony.com adalah tentang Endeus Festival 2021 Empowering UMKM to Elevate Their Business.


Nah, menyoal logo, emang kenapa hal pertama yang saya sorot dari komunitas blogger ini dari logonya dulu? 


Well, mungkin bagi sebagian blogger, ikut gabung di komunitas adalah ingin mendapat ilmu dan bersilaturahmi untuk memantik penghasilan ngeblog. Sementara untuk analisa sebuah logo, itu ditempatkan nomor sekian. Tetapi bagi saya tidak demikian. 


Tahukan, logo bagi saya adalah sebuah identitas sebagai ciri khas. Dengan memiliki logo yang unik dapat menonjol dibanding yang lain. Serta juga memberikan kesan pertama yang menguntungkan bagi si penglihat. 


Layaknya saya, pertama kali menyoroti logo BloggerCrony sudah mendapatkan chemistry empower menjadi blogger perempuan berdaya. Banyak harap andai suatu ketika saya bisa masuk menjadi anggota. 


Namun pertanyaannya, kapan itu? 


Menyesap Manfaat Berkomunitas dengan Bloggercrony




Emang istimewanya apa berkomunitas? Enaknya apa bergabung di komunitas? Emang harus banget ya blogger itu bergabung di komunitas? 

Di awal artikel ini, saya sudah menyinggung jika untuk menjadikan profesi kita berkualitas, maka bergabunglah dengan orang-orang yang berkualitas. 

Demikian juga saya, ada beberapa harapan masuk di grup komunitas blogger, antara lain: 


1. Kita Butuh Orang Lain Buat Menjaga Fisik dan Mental yang Sehat


Berkomunitas tidak harus kok. Tapi ingat, kita adalah makhluk sosial yang sejatinya butuh banget untuk berinteraksi dengan orang lain. Sekalipun online, setidaknya dengan adanya teman berbincang dan diskusi di sebuah grup, mental dan fisik kita lebih sehat. Why? Bagaimana bisa? 

Bisa banget. 

Sebagai seorang Single mom, ada kalanya diri merasakan kesepian dan sendirian. Kadang, tanpa disadari rasanya hidup saya hampa tanpa adanya teman yang bisa diajak diskusi atau berbincang mencari solusi saat masalah menghampiri. 

Nah, dengan bergabung di komunitas, jujur membantu saya merasakan sense of purpose, apa sih tujuan saya hidup? Apa tujuan saya ngeblog? Bagaimana bisa menjadi blogger berpenghasilan yang tetap bisa merawat anak di rumah? Yes, saya lebih optimis. 

Saat saya ada masalah, saya bisa lari di komunitas dengan menyimak celoteh para anggota grup. Terlebih, saat saya sudah resmi ditarik menjadi anggota BloggerCrony tahun 2020 dan masuk di grup WhatsApp, aura semangatnya memancar banget. 

Apalagi waktu salah satu admin sharing tentang bloggerpreneur yang menjadi bagian dari Bloggercrony. Adalah sebuah gerakan yang khusus dibentuk guna memberi wadah para blogger yang sambil berbisnis. 



Sejujurnya saya salut ada komunitas yang memberi perhatian penuh pada membernya dengan cara mendukung bisnis yang dijalankan. 


2. Dapat inspirasi dan ilmu baru


Mau naik kelas? Ya, harus berani investasi leher ke atas, dong! 


Salah satu pesan dari mentor menulis saya, jika ingin naik kelas harus investasi ilmu leher ke atas. Sayangnya, urusan investasi ilmu ini, tak sedikit yang mengeluh soal dana yang tidak terjangkau oleh dompet. Apalagi saat pandemi, tentu memenuhi kebutuhan pokok menjadi prioritas utama. 


Nah, di Bloggercrony, jika kita ingin mengembangkan skill ngeblog, ada kegiatan virtual yang memberikan dukungan. Dan enaknya, acara ini gratis tisss, lho. 


Contohnya, tahun lalu, ada kelas mentoring tentang 'Mentoring Layout Blog Ciamik' by kak Langit Amaravati yang diadakan oleh bloggerhangout, yang juga bagian dari Bloggercrony. 


Tak hanya itu, ada juga #Bloggerhangout dengan mengusung tema 'Bisnis Kuliner New Normal'. Sebuah tips tentang membangun bisnis kuliner dengan trend baru di masa pandemi. Keren, kan? 


Saya yakin, dua kegiatan di atas memberikan insight positif pada para blogger. Juga membuka wawasan baru sehingga terinspirasi untuk membuat inovasi baru. 


Yang bikin takjub blogger pemula seperti saya, dengan mengikuti acara daring blogger seperti di atas, tentunya memberi efek semangat karena ketemu orang-orang keren yang bisa ngajarin kita hal baru sekaligus memberi inspirasi untuk terus berkarya. 


Tidak mustahil juga, suatu saat BloggerCrony membuat kita menjadi lebih melek peluang ngeblog karena lingkungan komunitas yang supportif. 


Gimana nggak jatuh cinta sama Bloggercrony? Semua kegiatannya super duper keren. Bahkan saya bisa bilang Bloggercrony mampu membangun jiwa kita untuk tidak menyerah lebih cepat sekalipun pandemi. 


3. Berkomunitas Adalah Jalan Membangun Networking


Emang penting, ya, blogger membangun networking? 


Penting banget!


Justru blogger wajib membangun networking. Dan salah satu jalannya adalah dengan berkomunitas.


Di WAG komunitas bloggercrony, saya bisa kenal dengan banyak blogger dari berbagai daerah di Indonesia lewat online. Dari sini, tidak menutup kemungkinan bahwa orang baru yang hadir dalam kehidupan kita akan membuka peluang baru juga. 


Kita bisa berkolaborasi sesuai dengan skill yang dimiliki. Dengan begini, ada dan tidak adanya pandemi, kita bisa bertahan karena membuka kran rezeki baru dengan berani membangun networking. 


4. Mengajarkan Empati Kepada Sesama


Kita memang terlahir sebagai makhluk sosial. Namun, tak jarang dari kita belum bisa memaknai apa arti dari sosial itu sendiri.


Bagi saya, sosial tak sekadar berinteraksi dengan baik. Lebih dari itu, makna makhluk sosial adalah mengasah empati terhadap sesama.


Dan di Bloggercrony, saya menemukan bagaimana mengasah empati terhadap sesama, yakni melalui program bloggerCare dari Bloggercrony community.




BloggerCare adalah wadah untuk para donatur untuk menyisihkan sebagian rezeki yang mereka miliki untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. 


Seperti contoh, penggalangan dana untuk para keluarga yang terdampak COVID, bencana alam, gempa, banjir dan sebagainya. 


Nah, kamu ingin menemukan kegiatan seperti ini di komunitas blogger lain? Jelas belum ada. 


Makanya saya bisa bilang, bloggercrony ibarat sajian makanan paket lengkap. Mulai dari urusan pengembangan skill, asah empati, maupun perluas networking, semuanya bisa kita dapatkan di sini. Gimana nggak jatuh cinta coba?


Tapi ingat ya, sebuah komunitas bisa menciptakan inovasi, tentu tidak lepas dari team yang solid, juga bagaimana founder mengonsep pengembangan komunitas. 


Salut sama Mbak Wardah Fajri selaku Founder Bloggercrony community yang mampu membawa timnya untuk bertumbuh bersama. Lalu mengajak pula para anggotanya untuk berkembang. 


Karena buat saya pribadi, sebuah komunitas bermutu itu tidak dilihat dari banyak member di dalamnya. Melainkan, kualitas anggotanya.


Soal kualitas ini, pun dibuktikan dengan adanya perayaan Bloggerday setiap tahun guna memperingati ulang tahun Bloggercrony community. 


Ingin tahu gimana keseruannya berkomunitas di Bloggercrony community saat hari lahirnya?


Jejak Rasa 7 Tahun BloggerCrony Community 




Rasa bangga menyeruak ketika saya mendapat email undangan menjadi 100 peserta terpilih memeriahkan acara bloggerday 2022, 7 tahun jejak rasa Bloggercrony community. 

Komunitas blogger yang memiliki tagline Blogging – Networking – dan Empowering ini kreativitasnya kece parah. Tak heran jika acara sudah dibuka pukul 10.00 dan berakhir pada sore hari, tepatnya pukul 17.00 WIB. 

Acara yang diselenggarakan penuh kreativitas. Mulai dari pemandu acara yang luwes, sambutan dari founder beserta tim Bloggercrony yang kece parah. 

Yang bikin saya terkesan dan makin jatuh cinta sama komunitas ini, adanya duet maut kak Melly dan Kak Uwan yang cukup menghibur, juga lain daripada yang lain. 

Tak cukup itu saja, bertabur hadiah mulai dari  souvenir kantor, seminar kit kantor, dan lainnya yang membuat suasana perayaan bloggerday secara daring ini tidak membosankan.  Justru semakin seru dong! 

Nah, keseruan pun terbaca saat mulai adanya webinar dari para narasumber yang expert di bidangnya. 




Webinar yang bertajuk #ScaleUpYourSkill ini memang khusus dihadirkan untuk 100 peserta pilihan, yang mana temanya meliputi Metaverse dan Kejahatan Berbahasa yang disampaikan oleh Anwari Natari dan Tuhu Nugraha. 

Metaverse, sebuah pembahasan yang menarik dan viral menuju era digital yang semakin berkembang ke depan. 

Ada hal yang membuat saya bersyukur bisa menyimak materi ini. Selain melek tentang Metaverse, ternyata Bahasa tidak bisa mati sekalipun teknologi tetap berkembang. Bagaimanapun, sebuah bahasa dalam seni berbicara tetap harus dipatuhi. 

Apalagi kita sebagai seorang blogger, yang lebih fasih dalam persoalan writing, kan? 

Tentu dalam permainan bahasa harus tetap dijaga supaya terhindar dari kejahatan bahasa di dunia Metaverse.

Jika kebahasaan ini dipahami dengan benar, tentu yang namanya BULLY dunia maya ini lebih berkurang. 

Selanjutnya, disusul oleh dua narasumber yang tak kalah kece untuk urusan "Blogging: Organik vs Monetize" oleh Matahari Timoer dan Joe Chandra. Keduanya membuka mata bahwa peluang blogging itu sangatlah banyak. Tergantung bagaimana blogger menentukan tujuan mereka di awal ngeblog. 

Lalu di sesi webinar yang ketiga, ada Tsurayya Syarif Zain, seorang pakar dan praktisi Psikologi dan Pendidikan yang akan membawakan tema tentang Gali Potensi Menjadi Pribadi Terbaikmu. 


Di sini beliau membahas terkait mental health yang menjadi perhatian akhir-akhir ini. Bahwasanya mental health sebagai bekal produktif kreatif yang positif. 

Maka, dalam materinya juga menekankan pentingnya mengenali sekaligus membedakan antara bakat dan minat. 


Bagaimana, keseruan bloggerday tahun ini meriah dan sangat membekas kan? 

Tak heran kenapa #7thBloggercrony  di hari lahirnya ini dinamakan jejak rasa. Karena bagi saya pribadi keseruan bloggerday 2022 ini sangatlah berkesan yang nantinya akan terus terkenang.  

Terlebih, saat saya tahu jika salah satu sponsor dari acara ini adalah Cera Production. 

Ah, siapa lagi tuh Cera Production?

Lagi-lagi saya dibikin kepo dan akhirnya pun mencari tahu. Siapa sih Cera Production yang menjadi sponsor pendukung meriahnya bloggerday tahun ini? 


Cera Production merupakan perusahaan yang bergerak dalam production service (layanan produksi) untuk kantor swasta dan instansi yang memproduksi Premium Gift Set, Souvenir, seragam kerja dan kebutuhan cetak (percetakan). 

Selama lebih dari 10 tahun, Cera telah dipercaya oleh lebih dari 350 kantor perusahaan dan instansi. Saat ini Cera dapat dijumpai di 13 kota di Indonesia.

Bayangkan, sponsor pendukungnya saja tersebar di seluruh Indonesia. Betapa berkualitasnya Komunitas Bloggercrony Indonesia ini kan?

Yang bikin nggak nyangka lagi, saya terpilih sebagai 5 peserta best feed juga, lho. Dapat hadiah souvernir era production yang kekinian banget lho. Nah, makin jatuh cinta dong. Rasanya tak sabar ikutan lagi tahun depan deh acara ultah Bloggercrony.  Hehehe... kamu juga pasti mupeng kan? Hayoo... 

Souvenir Kece kiriman Bloggercrony community untuk pemenang "Favorit Best Feed Instagram" 

Kesimpulan 


Pada akhirnya, saya menutup artikel yang bercerita tentang komunitas blogger yang bikin saya jatuh cinta pertama kali dengan dunia blogging ini, dengan kalimat bijak dari Henry Ford :

Bersama-sama adalah awal; menjaga kebersamaan adalah kemajuan; bekerja sama adalah sukses." - Henry Ford

Bagi saya, Bloggercrony community tak sekadar komunitas blogger. Lebih dari itu, komunitas ini adalah tempat saya bertumbuh menjadi seorang blogger. 

Bloggercrony yang lebih mengedepankan kebersamaan layaknya kata bijak Henry Ford di atas, tentunya tidak akan berjalan sendiri agar komunitasnya menjadi besar. Justru sebaliknya, komunitas tercinta ini akan menggandeng para blogger untuk bekerja sama meraih kesuksesan. 

Sukses buat BCC. Love you banget pokoknya. Kamu sudah bergabung? 



1 komentar on "Kenapa Harus Berkomunitas di Bloggercrony Community?"
  1. Ya Allah aku suka banget sama quote di awal tulisan kak... Lanjutkannnnnn!!!!

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9