Alasan Kenapa Harus Mencari Beasiswa Double Degree

Kamis, 24 Februari 2022

Informasi tentang beasiswa double degree, sekarang ini memang banyak dicari terutama oleh mereka yang ingin mengambil programnya. Pilihan program studi memang semakin beraneka ragam. Ini tidak mengherankan, karena memang adanya perkembangan dinamika masyarakat dan daya nalar manusia.





Jika dibandingkan dengan 10 atau 20 tahun yang lalu, jumlah pilihan jurusan kuliah sekarang ini memang jauh lebih banyak. Ini menandakan bahwa ilmu pengetahuan senantiasa berkembang. Jadi, seseorang bisa saja mengambil lebih dari satu jurusan ketika mengambil kuliah.

Salah satu istilah yang akrab di telinga para pelajar sekarang ini adalah double degree. Banyak siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya dengan mengikuti program ini. Apa sebenarnya dan dimana informasi beasiswa double degree bisa diperoleh? 

Pengertian Double Degree


Sebelum membahas mengenai apa saja alasan harus mencari beasiswa double degree, terlebih dahulu akan dibahas mengenai pengertiannya. Double degree merupakan program perkuliahan yang memungkinkan seorang mahasiswa memperoleh dua gelar akademis dalam satu masa studi. 

Dua gelar tersebut diperoleh dari kampus yang ada di dalam negeri dan dari kampus mancanegara yang bekerja sama dengannya. 

Dengan kata lain, anda yang ingin mengikuti program ini diharuskan untuk mengecek ke universitasnya terlebih dahulu. Alasannya, tidak semua kampus mempunyai program double degree.

Pada mulanya, double degree bertujuan untuk mempercepat penyetaraan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia agar bisa memiliki standar internasional. Program ini didesain sedemikian rupa supaya saya punya kompetensi tingkat dunia dan tentu untuk segmen siswa tertentu. 

Sasarannya adalah siswa yang ingin berkuliah di luar negeri tapi tidak ingin lama-lama di sana. Serta, siswa yang punya cita-cita untuk berkarir di mancanegara. Kedua hal tersebut bisa diakomodasi dalam program double degree ini.

Apa Alasan Harus Mengambil Kuliah Double Degree ?


Sekarang ini banyak tersedia beasiswa double degree yang bisa menjadi tempat anda mengikuti programnya. Berbagai sumber media informasi bisa dimanfaatkan. Berikutnya, ada juga beberapa alasan mengapa harus ikut program ini :

1. Memiliki Dua Gelar

Sesuai dengan namanya, double degree akan memberikan Anda kesempatan memperoleh dua gelar sekaligus. Anda bisa mendapatkan gelar sarjana di dalam negeri serta sarjana internasional. Contohnya, Anda mengikuti program double degree jurusan sains. Maka, gelar yang akan diperoleh adalah S.Si., B.Sc atau merupakan singkatan dari sarjana sains dan bachelor of science. Cukup mengesankan bukan?

2. Merasakan Bagaimana Sistem
Pendidikan Luar Negeri

Selama anda mengikuti program double degree, tentunya akan ada waktu kuliah di universitas yang bekerjasama dengan kampus dalam negeri. Umumnya, akan menghabiskan waktu beberapa semester. Ini menjadi kesempatan bagi anda untuk merasakan bagaimana kualitas dan sistem pendidikan di sana. Pengalaman berharga ini sangat jarang dimiliki mahasiswa lain.

3. Mempermudah Karir

Alasan lainnya kenapa harus kuliah dengan beasiswa joint degree yaitu akan memudahkan anda untuk bekerja di perusahaan multinasional. Dengan memiliki pengalaman di luar negeri serta pembahasan materinya adalah dari sudut pandang global, maka akan semakin peka dengan isu mancanegara. 

Selanjutnya, bisa melahirkan analisa strategis dan relevan seputar masalah yang dihadapi tersebut. Ini akan sangat membantu dan membuat Anda spesial di mata perusahaan multinasional. Alasannya, karena memiliki pandangan global dan dapat beradaptasi dengan masalah yang dihadapi perusahaan.

4. Semakin Mahir Bahasa Asing

Manfaat yang ini menjadi sebuah keniscayaan bagi mereka yang mengambil beasiswa joint degree. Menguasai bahasa asing menjadi sebuah keharusan dan disesuaikan dengan bahasa negara tujuan. Misalnya jika programnya di negara Perancis, maka anda mau tidak mau harus fasih berbahasa Perancis. Tentunya ini menjadi nilai lebih bagi diri sendiri.

5. Mempunyai Jejaring Pertemanan Luas

Dengan menempuh pendidikan di 2 kampus berbeda negara, tentunya pergaulan anda akan lebih luas. Anda akan sering bertemu dengan banyak orang entah itu yang ada di lingkup kampus maupun di luar. Relasi akan semakin banyak dan bisa saja di masa depan akan sangat bermanfaat untuk urusan pekerjaan maupun bisnis.

Hal yang penting, carilah relasi yang memiliki aura positif dan satu visi dengan anda. Berbagai karakter manusia dari negara yang berbeda bisa anda ketahui dari menempuh pendidikan selama di luar negeri. Wawasan dan pergaulan akan semakin luas lintas negara..

Mencari informasi seputar beasiswa double degree, sekarang ini banyak tersedia di internet. Sebelum mengikuti program ini, akan lebih baik juga ikut bimbingan kuliah luar negeri terbaik. Salah satu yang paling direkomendasikan sekarang ini adalah Schoters. 

Berbagai alasan harus mengikuti program beasiswa joint degree di atas, tentu akan semakin memotivasi anda. Agar semakin mempermudah jalan mengambil program ini, anda bisa bergabung ke Schoters. Dengan dukungan mentor profesional di bidangnya, siap membantu anda mewujudkannya.



Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9