Cara Menghitung Indeks S&P 500: Indeks Saham Terbesar AS yang Bisa Ditemukan di Pluang!

Jumat, 03 Desember 2021

Indeks saham S&P 500 merupakan kumpulan indeks atau portofolio sekuritas, terdiri dari 500 lebih perusahaan terbesar berbasis di Amerika Serikat, yang bergerak di berbagai sektor.




S&P 500 sendiri merupakan singkatan dari Standard & Poor’s, yaitu sebuah perusahaan jasa keuangan dari Amerika Serikat dikenal dengan indeks pasar saham yang diterbitkan pada 1957, yaitu S&P 500.


Indeks ini secara umum menjadi portofolio sekuritas dari 500 perusahaan yang masuk ke dalam S&P 500. Pengukuran dari S&P dilakukan berdasarkan nilai kapitalisasi pasar dari perusahaan yang masuk ke dalam indeks. Perusahaan yang memiliki efek signifikan, akan menjadi gambaran terkait pasar saham di Amerika Serikat.


Dari tahun ke tahun, indeks S&P 500 memperlihatkan penguatan pasar dari tahun ke tahun, yang menjadi pedoman kinerja secara umum pasar ekuitas AS beberapa tahun ke belakang. Di Indonesia sendiri, Pluang menjadi platform pertama penyedia pembelian saham di indeks S&P 500, yang mana Anda hanya perlu membeli satu unit indeks S&P 500 Pluang untuk melakukan diversifikasi portofolio karena telah melakukan investasi pada 500 perusahaan terbesar di AS.


Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara melakukan cek harga index S&P500 Pluang.com?


Sebelum lanjut lebih dalam ke teknis dari transaksi investasi di S&P 500 Pluang, mari simak beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum berinvestasi di S&P 500 Pluang.


Perusahaan Terdaftar S&P 500

Perusahaan yang dapat masuk ke dalam indeks S&P 500 merupakan perusahaan yang memenuhi beberapa syarat dan kualifikasi, meliputi: kantor pusat yang berbasis di Amerika Serikat, memiliki laporan laba positif dalam kurun waktu empat kuarter terakhir, memiliki kapitalisasi pasar paling sedikit bernilai $3,7 Miliar (ditetapkan Juni, 2019), telah terdaftar sebagai IPO atau menjadi perusahaan publik selama minimal satu tahun.

Perusahaan publik memiliki arti yaitu perusahaan memiliki saham perdagangan terbuka yang dapat dibeli maupun dijual oleh publik, serta melaporkan keuntungan atau menghasilkan lama pada tahun sebelumnya.

Perusahaan yang masuk ke dalam 10 konstituen terbesar di S&P 500 apabila dihitung berdasarkan bobot meliputi perusahaan yang bergerak di sektor Teknologi Informasi, Kebijakan Konsumen, Jasa Telekomunikasi, Servis Komunikasi, Keuangan, Finansial, dan Kesehatan. Perusahaan yang masuk dalam 10 konstituen pemegang saham terbesar dalam S&P 500, diantaranya: Microsoft (MSFT), Apple (AAPL), Amazon (AMZN), Facebook (FB), Berkshire Hathaway Inc. (BRK.B), Google (GOOGL), Google (GOOG), JP Morgan Chase & CO (JPM), Johnson Johnson (JNJ), dan Visa.

Apabila di total, hampir dari 30% saham pada S&P 500 bergerak pada sektor Teknologi Informasi, dan lebih dari 50% saham S&P 500 bergerak dalam berbagai bidang industri besar di Amerika Serikat.

Cara Investasi S&P 500 di Pluang

Sekarang, investasi saham di indeks S&P 500 sudah bukan menjadi hal sulit. Pluang menjadi platform aplikasi investasi pertama yang dapat menjadi penghubung antara Anda ke pasar saham Amerika Serikat, yaitu S&P 500.

Pluang dapat melacak harga indeks S&P 500, sehingga ketika Anda berinvestasi di S&P 500 Pluang, secara otomatis Anda telah melakukan diversifikasi portofolio di S&P 500.

Kepemilikan saham S&P 500 melalui Pluang juga telah terdaftar di Chicago Mercantile Exchange (CME), sehingga Anda akan memiliki imbal hasil dari indeks S&P 500 dan jaminan investasi didukung oleh Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

Agar dapat melakukan pengecekan harga indeks S&P 500, Anda dapat memulai investasi dengan membeli micro e-mini S&P 500 index futures pada laman aplikasi Pluang.

Apabila Anda merupakan pengguna baru, Anda perlu melakukan pengisian data pengguna terlebih dahulu. Apabila Anda telah memiliki akun, tahap yang perlu dilakukan meliputi:

  • Masuk ke menu “Home” dan klik bagian “S&P 500”
  • Melakukan analisa harga indeks S&P 500, kemudian klik “Buy/Beli” untuk membeli unit S&P 500
  • Pilih pembayaran pembelian indeks, dengan menggunakan saldo IDR atau USD. kemudian, klik “Continue/Lanjut”
  • Masukkan minimal unit yang ingin dibeli, kemudian lakukan peninjauan dengan klik “Review purchase/tinjau pembelian”
  • Pastikan saldo mencukupi kebutuhan transaksi. Anda dapat melakukan penambahan saldo dengan klik “Top Up” untuk mengisi saldo
  • Lakukan penyelesaian transaksi
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9