Resep Ayam Berantakan Super Crispy, Lezatnya Bikin Nagih

Rabu, 22 Desember 2021

Dari sekian banyak resep memasak ayam, mulai dari ayam penyet, ayam geprek, ayam krispi, dan lain-lain. Sekarang ini sedang heboh varian resep baru bernama “Ayam Berantakan”.




Seperti namanya, bentuk dari masakan ini memang cukup berantakan. Walau sebenarnya ini merupakan varian baru dari olahan ayam tepung dengan bentuk lapisan tepungnya tidak terlalu menempel erat di ayam dan cukup berantakan dilihat karena saking renyahnya.


Karena rasanya yang sangat krenyes di mulut, banyak sekali orang yang menyukai ayam jenis ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi kalau sudah dicocol dengan sambal. Pastinya lebih mantap!


Tips Membuat Ayam Berantakan Anti Gagal


Karena banyaknya orang yang menyukai jenis masakan ini, Anda pasti ingin membuatnya juga. Terutama untuk dijadikan sarapan buat anak atau hanya sekadar ingin memuaskan hobi memasak saja.


Namun, biasanya dalam membuat ayam tepung terutama agar menghasilkan tekstur yang super krispi pasti tidaklah mudah. Kebanyakan di antaranya gagal, mulai dari tepungnya yang terlalu lembek, hingga hasilnya yang tidak krispi ketika digigit.


Nah, kali ini kami akan membagi tips untuk membuat varian ayam tepung ini anti gagal.


1. Memastikan Takaran Tepung Pas 


Pertama, Anda harus pastikan bahwa takaran tepung yang dibuat pas. Biasanya untuk membuat varian ayam tepung harus selalu menggunakan 2 jenis adonan, yaitu adonan basah dan adonan kering.


Nah, untuk basah, usahakan jangan terlalu encer ataupun terlalu kental. Secukupnya saja agar dapat melumuri daging ayam dengan baik. Sedangkan untuk adonan kering usahakan menggunakan tepung menyelimuti permukaan adonan basah sepenuhnya sehingga dapat mengembang ketika digoreng nantinya.


2. Memastikan Banyaknya Minyak dan Suhunya Cukup 


Untuk membuat varian ayam tepung, yang diperhatikan selanjutnya adalah banyaknya minyak dan suhu yang cukup. Mengapa demikian?


Hal ini karena tepung pada permukaan ayam dapat mengembang dengan sempurna apabila suhunya stabil pada 100 derajat celcius.


Untuk mendapatkan suhu yang stabil, biasanya dibutuhkan banyak minyak agar ayam dapat tercelup dengan sempurna.


Resep Membuat Ayam Berantakan


Setelah tahu tips agar tidak gagal ketika memasak ayam yang satu ini, kali ini kita kan membahas resep pembuatannya.


Seperti ayam tepung pada umumnya, bahan-bahan pembuatan ayam berantakan ini terbuat dari beberapa bahan di bawah ini.


  1. Daging ayam (bisa menggunakan paha bagian atas atau bawah dan bagian dada ayam. Ada juga yang menggunakan bagian lain).

  2. Lada bubuk (di sini kami menggunakan lada bubuk dari Kobe).

  3. Saus tiram sesuai selera (kami menggunakan saus tiram dari Kobe).

  4. Tepung bumbu crispy (bisa menggunakan Kobe Kentucky Super Crispy).

  5. Air

  6. Minyak goreng yang cukup.


Cara Membuat Ayam Berantakan dengan Kobe Super Crispy Kentucky




Setelah mengetahui bahan-bahan yang sudah disebutkan sebelumnya, kita akan mulai membuat ayam berantakan ini. Langsung saja cek caranya berikut ini.


  1. Cuci bersih daging ayam yang akan dimasak.

  2. Taburkan lada bubuk dan saus tiram secukupnya pada daging ayam untuk dimarinasi selama 10 – 60 menit (boleh juga dilakukan semalaman). Kemudian disimpan terlebih dulu di kulkas.

  3. Buat adonan basah dari tepung Kobe Kentucky Super Crispy sebanyak 1 sdm dan dicampur dengan air sebanyak 4 sdm. Apabila kurang bisa ditambah sesuai selera.

  4. Masukkan daging ayam yang sudah dimarinasi ke dalam adonan basah yang telah disiapkan. Lumuri permukaan daging secara merata.

  5. Lalu balurkan ayam pada adonan kering atau sisa tepung Kobe yang ada. Balurkan secara merata sambil dicubit-cubit tepungnya ya agar menempel dengan sempurna.

  6. Panaskan minyak dengan api kecil sampai sedang, kemudian masukkan ayam hingga warnanya kuning kecoklatan. Usahakan ayam tenggelam dalam minyak secara sempurna.

  7. Apabila sudah matang, Anda bisa menambahkan saus sambal atau mayonaise untuk menemani hidangan tersebut.


Keunggulan Kobe Super Crispy Kentucky



Kali ini saya akan bercerita bagaimana happy memasak menggunakan tepung Kobe Super Crispy Kentucky untuk membuat hidangan spesial ayam berantakan.


Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa harus menggunakan tepung ini? Apa tepung terigu pada umumnya tidak bisa digunakan?


Resep yang saya tulis sebelumnya merupakan resep cepat pembuatan ayam berantakan. Sehingga tepung Kobe cocok digunakan sebagai bahan utama untuk menghindari proses ribet. Contohnya seperti penggunaan soda kue, perendaman air dingin, pembuatan bumbu, dan lain-lain.


Selain itu, tepung Kobe Super Crispy Kentucky ini memiliki beberapa keunggulan seperti berikut.


  1. Sudah terdapat bumbu sehingga tidak perlu repot-repot membuat racikan bumbu tepung yang pas di lidah.

  2. Tepung ini diracik dengan formula khusus agar dapat menghasilkan ayam kentucky yang crunchy dan krispi.

  3. Rasa renyahnya tepung tahan mencapai 8 jam.

  4. Tepung tersebut diproses melalui teknologi modern.

  5. Tidak memakai bahan pengawet maupun pewarna buatan.


Lalu, Kobe sendiri sudah berdiri sejak 1979 di Kota Semarang. Sehingga memiliki pengalaman dan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi dalam pembuatan tepung bumbunya. Apalagi Kobe ini merupakan pionir industri tepung bumbu pertama di Indonesia.


Varian Tepung Kobe


Selain tepung Kobe Super Crispy Kentucky, Kobe juga menyediakan varian tepung bumbu lainnya, seperti:


  1. Kobe Tepung Tempe Kriuk

  2. Kobe Tepung Bumbu Putih

  3. Kobe Tepung Serbaguna

  4. Kobe Tepung Bakwan dan Perkedel

  5. Kobe Tepung Pisang Goreng


Lima varian tepung di atas bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko maupun mini market terdekat. Atau Anda juga bisa langsung mendapatkannya melalui toko official Kobe di beberapa marketplace. Dan untuk cek resep dapurkobe lainnya selain ayam berantakan, Anda bisa cek di sini http://www.dapurkobe.co.id/


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9