Tips Merawat Bunga agar tetap Subur dan Tidak Cepat Layu untuk Pemula

Sabtu, 04 September 2021
Dari judulnya saja sudah bisa ditebak bahwa saya sedang mencari tips merawat bunga di rumah agar subur dan tak cepat layu. Adakah teknik khusus agar sukses berkebun?




Menurut orang Jawa, bunga subur tergantung dari tangan si penanam bunga. Kalau bunganya awet alias tidak cepat layu atau mati. Maka si penanam bunga ini memiliki tangan dingin sehingga bunga bisa tumbuh dengan baik. 

Sebaliknya, jika bunga cepat mati setelah ditanam, orang yang menanam mendapat cap 'tangan panas.'

Apakah benar demikian? Mitos atau fakta nih? 

Gagal Merawat Bunga karena Tangan Panas, Mitos atau Fakta? 


Bercocok tanam sudah menjadi tren selama pandemi. Tidak sedikit masyarakat Indonesia memanfaatkan waktu stay at home dengan memulai aktivitas berkebun. 

Meski bisa dikatakan ilmu berkebun masih minim. Beberapa penyuka berkebun tidak patah semangat. Mereka akan memanfaatkan tutorial berkebun yang ada di YouTube maupun dengan membaca artikel di website atau buku.

Dan saya salah satu perempuan yang memanfaatkan masa pandemi ini untuk bercocok tanam semata-mata sebagai healing agar tidak cepat bosan menjalankan aktivitas di rumah yang itu-itu saja setiap harinya.

Sayangnya, Mbah suka meledek jika tangan saya itu panas. Makanya bunga yang saya tanam nggak tahan lama di potnya. Kesel banget jadinya!

Nah, karena muncul kalimat 'tangan panas' tersebut, saya jadi penasaran. Apakah benar pepatah ini? Atau cuma mitos? 

Dari beberapa artikel yang saya baca, saya belum menemukan kebenaran pasti terkait tangan dingin dan tangan panas dalam hal bercocok tanam bunga. 

Ini mitos. Karena tangan dingin dan panas tidak berpengaruh dengan kesuburan tanaman atau Bunga. 

Hingga saat ini pun tidak ada penjelasan secara ilmiah maupun logika tentang mitos tersebut yang memang sudah dipercaya oleh orang Jawa. 

Ketahuilah, bercocok tanam merupakan ilmu bosains. Sehingga dalam proses meraih kesuksesan berkebun adalah dibuktikan dengan banyak praktik. 


Jadi, bukan karena tangan dingin dan panas ya. Ini salah pemahaman sekali. Nah, karena itulah saya ingin berbagi apa saja sih yang berpengaruh merawat bunga agar tumbuh dengan baik dan tidak cepat layu? 


Panduan Dasar dan Mudah tentang Cara Merawat Bunga untuk Pemula 


Merawat bunga di rumah susah-susah gampang, selain ketelatenan dan kesabaran, juga ada seni tersendiri agar bunga tumbuh subur. 

Kamu tentu juga tidak mau jika bunga kesayangan atau bunga dengan harga lumayan mahal tiba-tiba layu dan mati. Berikut ini ulasan mengenai cara merawat bunga di rumah.

1. Memilih Media Tanam yang Tepat




Media tanam memiliki peranan penting karena menjadi tempat bertumpu tanaman. Di dalamnya terkandung unsur air, udara dan hara. 

Media tanam harus disesuaikan dengan jenis bunga, ada yang bersifat kering dan lembab. Selain itu, jenis pot dan peletakan tanaman (indoor atau outdoor) memengaruhi media tanam.

2. Intensitas Penyiraman


Semua makhluk hidup membutuhkan air, termasuk bunga. Namun, yang perlu dipahami ada bunga yang harus disiram secara teratur dua kali sehari, saat pagi dan sore, ada juga yang hanya perlu disiram sekali seminggu. 

Kamu hanya perlu memastikan kadar air untuk tanaman cukup, tidak kekurangan dan tidak berlebihan.

3. Sinar Matahari


Tidak semua bunga bisa mendapatkan intesitas cahaya matahari yang banyak. Beberapa jenis bunga justru memerlukan sedikit cahaya matahari, seperti sanseviera, begonia, dan hydrangea.



Pangkas tanaman yang tidak sehat
Dalam satu pohon bunga, mungkin ada satu atau dua daun yang kuning dan layu. 

Lebih baik kamu segera memangkasnya. Tujuannya agar penyakit atau hama tidak menyebat ke bagian lain. Selain itu, agar nutrisi dapat diserap dengan baik oleh bagian tanaman yang sehat.

4. Mengganti Pot secara Berkala


Sebaiknya segera ganti pot ketika bunga sudah cukup rimbun dan terlihat penuh. Pindah bunga di pot yang lebihg besar atau pecahkan bunga ke beberapa pot. 

Hal ini dilakukan agar akar tanaman memiliki ruang untuk tumbuh dan media tanam cukup memberikan nutrisi untuk bunga.

Cleanipedia, Gudang Tips Bersih-Bersih dari Ahlinya


Tak perlu bingung lagi jika mengalami masalah perihal berkebun atau merawat kebersihan rumah. Cleanipedia hadir sebagai sahabat yang akan memberikan solusi. 

Saya mengenal situs Cleanipedia saat berselancar mencari referensi tentang perawatan bunga. Eh, nggak tahunya saya menemukan banyak informasi yang edukatif dan solutif terkait masalah rumah tangga semua ada. 

Kenapa saya bilang SEMUA ADA di Cleanipedia? 

Sebab Cleanipedia ini merupakan sumber informasi terbaik yang memberikan berbagai tips berguna yang akan sangat membantu emak-emak seperti saya. 

Tak hanya tentang tips merawat bunga yang super duper simple. Cara merawat kebersihan dapur, cara membersihkan karpet, sepeda motor, mencuci pakaian dan masih banyak lagi. Pokoknya ahlinya gudang bersih-bersih deh. Kamu juga wajib kepoin, ya!

Kesimpulan


Akhir kata dari artikel kali ini, saya cuma mau bilang, ketika memutuskan untuk memiliki bunga di rumah, itu artinya kamu mempunyai tanggung jawab untuk merawat dan memastikannya tumbuh. Pastikan kamu menjaganya dengan penuh kesabaran, cinta dan kasih sayang, ya. 

Dan jangan lupa, rajin-rajin membaca artikel di Cleanipedia sebagai support system yang menumbuhkan moodboster kamu supaya lebih semangat beberes rumah, ya!




Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9