Meningkatkan Bonding Time Ibu dan Anak dengan Membaca Buku

Minggu, 05 September 2021

Sering terjadi kendala berupa komunikasi yang buruk antara ibu dan anak. Hal itu bisa terjadi karena renggangnya hubungan dengan anak atau terputusnya kelekatan (bonding) dengan anak. Padahal komunikasi dan bonding antara ibu dan anak dapat mempererat hubungan dan berpengaruh pada perilaku, kepribadian, dan pertumbuhan anak.



Bonding adalah sebuah ikatan emosional yang terjalin dengan baik antara ibu dan anak. Ikatan ini akan menumbuhkan kasih sayang rasa bahagia kau merasa aman, rasa cinta, dan kehangatan antara ibu dan anak. Kelekatan ini harus terjaga hingga anak dewasa karena akan berpengaruh dengan pola asuh yang akan ditanamkan pada anak.


Apa itu Bonding Time?


Bonding time adalah waktu yang digunakan oleh orang tua untuk membangun kedekatan emosi dengan anak. Bonding time dapat dilakukan sejak anak masih dalam kandungan dengan mengajak bayi berbicara saat ia melalukan gerakan atau tendangan. 


Bonding time paling kuat ialah saat ibu menyusui karena dilakukan dengan sentuhan kulit. Semakin besar anak maka bonding time dilakukan dengan melakukan aktivitas bersama seperti mengajak anak mengobrol menjadikan anak sahabat dengan melakukan banyak kontak mata saat berbicara, memandikan anak, menemani anak saat belajar atau bermain, memasak bersama, dan membacakan buku cerita.


Pentingnya Bonding Time untuk Tumbuh Kembang Anak


Hubungan antara orang tua dan anak sangat penting bagi tumbuh kembang mereka karena akan membantu perkembangan motorik dan perkembangan emosional anak. 


Sehingga bonding time memiliki peranan penting untuk memperkuat hubungan tersebut hingga anal dewasa. Selain itu bonding time akan mempererat komunikasi antar ibu dan anak, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman atau perasaan tidak aman dan tidak nyaman saat berbicara dengan orang tua


Cara Mudah Meningkatkan Bonding Time Melalui Membaca Cerita


Aktivitas membaca buku cerita merupakan hal yang menyenangkan bagi anak, karena mereka suka mendengar cerita yang ada di dalamnya. 


Selain itu buku cerita menyampaikan nilai-nilai moral pada anak. Membacakan buku cerita sebelum tidur dapat membantu meningkatkan bonding time dengan anak.


Ibu dapat menjelaskan sifat dari karakter yang ada dalam buku atau pesan yang ingin disampaikan dari buku. Akan terjalin komunikasi antara ibu dan anak yang dapat mempererat bonding.


Manfaat membacakan buku cerita pada anak sejak kecil dapat mempererat bonding, melatih konsentrasi dan fokus anak, meningkatkan kerja otak, membangun perkembangan emosi anak, dan menumbuhkan kebiasaan membaca pada anak. 


Irish Bella dan Buku Cerita BunBun Karya Watiek Ideo


Mama Choice secara khusus menyajikan produk khusus Irish Bella's Baby Essensial Kit, berupa produk untuk bayi yang aman, natural, dan halal sehingga dapat dipakai oleh si kecil yang memiliki kulit sensitif. 


Kelebihan menggunakan produk Irish Bella's Baby Essential Kit ialah harga yang terjangkau dan hemat budget, produk ini aman untuk kulit sensitif karena tidak mengandung sulfat yang umumnya terdapat pada shampo atau sabun bayi dan bebas dari toksin.


 Saya menyukai wanginya yang lembut karena tidak mengandung parfum atau bahan kimia tambahan. Selain itu produk ini berukuran sedang sehingga mudah dibawa saat bepergian dan disimpan dalam tas perlengkapan bayi.


Bagi 100 pembeli pertama Irish Bella's Baby Essential Kit, akan mendapatkan buku cerita anak Dunia Bunbun karya Watiek Ideo.

Buku ini dapat Anda bacakan untuk membangun bonding time bersama anak untuk mengenalkan tentang proses transfer informasi dan nilai positif pada cerita di dalam buku. 

Mama's Choice berharap aktivitas ini dapat menciptakan kehangatan dan ikatan yang kuat antara ibu dan anak sehingga anak lebih tenang dan aman walaupun hanya di rumah.

Buku cerita anak Dunia Bunbun menghadirkan cerita yang ringan dengan nilai-nilai positif yang dapat diajarkan pada anak sedari kecil, gambar pada buku sangat menarik dan tidak akan bosan dilihat oleh anak, ada bonus stiker lucu yang dapat dipakai untuk berbagai kegiatan anak, dan ada dua seri buku cerita yaitu seri bermain aman dan seri kebiasaan baik.

Terus tingkatkan hubungan anak dan orang tua dengan melakukan bonding time berupa membacakan buku bagi anak dengan gambar yang menarik dan nilai moral yang positif.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9