Motivasi Menjadi Blogger untuk Apa Sih?

Rabu, 15 September 2021

"Bu, saya mau resign bulan depan. Fokus sama anak dan ngeblog saja di rumah."


Kalimat di atas adalah kalimat yang saya ucapkan pada ibu. Tepatnya tahun 2019, ketika saya memilih resign dari kantor dan ingin mengoptimalkan penghasilan dari blog. 


Sebenarnya ibu sempat mempertanyakan tentang berapa sih penghasilan dari ngeblog? Kok saya rela melepas pekerjaan utama dan memilih ngeblog? Padahal dulu, ibu pernah meminta saya resign tetapi saya menolak keras. Jadi wajar ibu bertanya-tanya, apa yang memotivasi saya resign dan ingin menekuni dunia blogging. 



Motivasi Menjadi Blogger untuk Apa Sih? 


Sama halnya dengan ibu yang penasaran kenapa saya memilih ngeblog, mungkin pembaca blog saya juga ingin tahu jawaban apa enaknya menjadi blogger, kan?

Sejujurnya motivasi saya ngeblog berasal dari saran seorang teman. Dia membuka mindset saya jika dunia blogging itu jangkauannya sangat luas. Tak sekadar menulis, tetapi kita bisa mengasah banyak skill selain menjadi blogger. 

Contohnya, bagi yang suka membaca dan meresensi buku, kita bisa memfokuskan ngeblognya dengan menjadi reviewer. Jika kita suka memasak, maka kita bisa fokus menjadii food blogger atau misal kita suka dengan dunia traveling, maka kita bisa memilih menjadi travel blogger. 

Nah, dari pemetaan profesi blogger tersebutlah saya tertarik menyelam ke dunia blogging lebih.

Selain itu, motivasi ngeblog lainnya tentu saja saya ingin menjadikan profesi blogger ini sebagai jalan ninja untuk berpenghasilan dari rumah. Sejak lama saya ingin bisa menjadi Single mom produktif dari rumah sembari momong anak-anak. 

Kalau ditanya yakin atau tidak mengambil keputusan menjadi blogger dua tahun lalu? 

Jelas saya akan menjawab,"Tidak yakin." Tetapi saya berusaha menyakinkan diri dengan mengharap bahwa ngeblog menjadi jalan ninja saya nantinya. Di samping itu, saya berusaha menanamkan mindset positif bahwa saya bisa produktif ngeblog. Saya bisa menghasilkan dari blog. Entah bagaimana caranya, saya harus bisa.

Nekad banget, ya? Emang.

Ya, gimana ya. Memang saat itu saya nggak punya modal selain NEKAD dan NIAT. Jadi, saya harus yakin dengan kenekadan dan niat tersebut. Siapa tahu Allah rida dan memberikan kemudahan untuk ngeblog sehingga saya bisa mewujudkan target impian dari uang hasil ngeblog. Bisa saja, kan? Apa yang tidak mungkin? 

Selain motivasi di atas, motivasi lainnya kenapa saya ingin menjadi blogger adalah, sama halnya dengan penulis yang bisa menebar manfaat lewat tulisan. Seorang blogger juga bisa berbagi lewat tulisannya. 

Apalagi katanya, blog yang dibangun secara profesional dengan menggunakan domain berbayar akan lebih berpeluang mendapatkan trust dari google. Nama lainnya di dunia blogging adalah teknik SEO. Di mana seorang blogger menulis artikel berkualitas dengan teknik SEO friendly supaya tulisannya bisa berada di halaman pertama google. 

Nah, ini ilmu baru buat saya.  Sebelumnya, saya tidak pernah mendapatkan ilmu terkait SEO di dunia kepenulisan fiksi dan cerita anak yang lebih dulu saya geluti sejak tahun 2017. Oleh karena itu, saya pun tertantang untuk mempelajari ilmu SEO tersebut supaya tulisan-tulisan saya bisa berada di halaman pertama.  

Dan ini juga motivasi saya ngeblog. Siapa tahu semakin banyak konten saya  yang berada di halaman pertama pencarian google, maka semakin banyak orang juga yang menikmati sekaligus mengambil manfaat dari tulisan positif yang saya buat. 

Seperti tulisan saya yang berjudul sosok Single mom inspiratif yang saya tulis hanya modal pengalaman pribadi. Tetapi siapa yang menyangka, dari tulisan receh ini, banyak Single mom seperjuangan yang DM ke Instagram, Facebook maupun kirim pesan lewat email dan WhatsApp untuk saling berbagi. 

Nah, kan? Hal yang sederhana, tetapi memotivasi saya untuk semangat ngeblog. 

Sukses itu Berpola, Jadi Motivasi Ngeblog Nggak Cuma Gitu Aja


Motivasi ngeblog



"NGEBLOG itu nggak semudah yang dibayangkan. Yang udah lama ngeblog saja, sampai sekarang cuma gitu-gitu aja. Penghasilan juga nggak drastis amat naiknya. Standar. Jadi jangan berharap banget dari ngeblog bisa menghasilkan."

Mendengar celetukan kalimat di atas di salah satu grup whatsapp komunitas blogger, sejujurnya bikin nyali saya ciut. Benarkah sesulit itu menembus kesuksesan di dunia blogger? 

Hingga tak dimungkiri sebagai blogger pemula, sontak muncul kekhawatiran,  apakah pilihan saya menjadi blogger ini salah?

Kalaupun salah, saya sudah terlanjur mengambil pilihan. Jadi mau nggak mau, saya harus tetap maju ke depan walaupun nanti akan ada banyak tantangan. 

Karena saya tipikal perempuan yang memiliki rasa penasaran cukup tinggi, bukan suka kepo, lho, ya. Mohon dicatat.Hahaha ...

Akhirnya, saya mencoba untuk berpikir realistis, sekaligus berusaha mencari solusi cerdas dari celetukan terkait ngeblog tak semudah dibayangkan.

Lagipula, sepertinya sudah tugas blogger juga untuk tidak menelan mentah-mentah sebuah kalimat. Setidaknya, sebelum memberikan opini, kita harusmencari sumber valid terlebih dahulu. Baru setelahnya,  kita membuktikan dengan action. 

Dan tahu tidak, apa hasil saya kepo tentang ngeblog? 

Eng... Ing ... Eng ... 

Saya menemukan tulisan mbak Ningsih di portal online mojok.co yang berjudul "5 Alasan Kenapa sebaiknya Kamu Tidak Menjadi Blogger Untuk Cari Uang".  Hmmm ... dari judulnya saja, saya langsung berpikir keras. Kenapa tidak boleh menjadi blogger? 

Saya pun melanjutkan membaca artikel tersebut. Dan di sana, saya mendapati beberapa keluhan yang secara tidak langsung disampaikan oleh Mbak Ningsih lewat tulisannya. 

Selama 5 tahun, Mbak Ningsih sudah mulai ngeblog, tetapi sayangnya hasilnya masih gitu-gitu saja. Sehingga si Mbak Ningsih menarik kesimpulan jika ngeblog bukan cara cari duit di internet. 

Saya pun menggarisbawahi beberapa poin dari tulisan Mbak Ningsih tersebut. Pada artikel di atas disebutkan jika ngeblog malas update, maka konsekuensinya adalah tulisan di blog tenggelam alias kalah saing dengan blog-blog lainnya. 

Selain itu, pernyataan dunia ngeblog itu rawan hacker. Jadi harus berhati-hati.  Karena kadang sebab musabab dari iri hati melihat temannya sukses ngeblog sehingga muncullah jalan pintas, yakni meretas alamat blognya. 

Jika itu terjadi, maka blog kita tidak bisa lagi diakses. Ini pernah terjadi pada Mbak Ningsih tersebut. 

Akhirnya, saya menarik kesimpulan, bahwasanya bukan ngeblognya yang tidak bisa dijadikan jalan ninja untuk cari duit. Tetapi ini tentang si blogger, apakah dia bisa menciptakan pola ngeblog yang unik dan berbeda? Pola  ngeblog yang kelak bisa mengantarkannya pada kesuksesan menjadi blogger.  

Tak cukup dari tulisan Mbak Ningsih saja untuk menguatkan motivasi saya menjadi blogger. Selanjutnya, saya mencari referensi artikel sebagai tulisan pembanding. Nah, ketemulah dengan tulisan Kang Darmawan Aji di pandunim.com berjudul "Bagaimana mendapatkan penghasilan dari blog hingga Ratusan Juta bahkan Milyaran Per Bulan." 

Mata saya langsung berbinar membaca Ratusan Juta dan Milyaran. Dalam hati membatin, "Nih, kok ada tips ngeblog begini?" Padahal artikel Mbak Ningsih tadi justru mengulas ngeblog dari sisi nggak enaknya. Alhasil dua artikel tersebut bikin saya semakin merenung. 

Nah, lantas bagaimana peluang ngeblog versi Mas Darmawan Aji? 

Pada poin pertama artikel yang ditulis oleh Mas Darmawan Aji, dia juga menekankan bahwa ngeblog bukan cara cepat menghasilkan uang. Hanya saja setelahnya, Mas Darmawan memberikan saran sekaligus solusi yang menurut saya sangatlah cerdas. Plus cukup sulit dipraktikkan.  

Tak cukup itu saja, Mas Darmawan Aji juga menyarankan blogger untuk memiliki motivasi sekaligus mengubah mindset blogger. 

Dari situ, jujur saya mendapatkan insight luar biasa terkait ngeblog. Mungkin benar jika ngeblog bukan cara cepat menghasilkan uang karena proses kelola blog berpenghasilan cukuplah panjang. Meski demikian bukan berarti ngeblog tidak bisa dijadikan jalan ninja untuk sukses. 

Saya rasa, semua tergantung bagaimana si blogger memiliki motivasi SUPER, juga cara-cara ngeblog yang membuat blogger nyaman. Sehingga ngeblog bukanlah beban melainkan aktivitas yang sudah dijadikan hobi yang menghasilkan. 

Mungkin Anda bisa melihat ilutrasi dari artikel di panduanim.com berikut: 
 




Dari data di atas terbaca, sebenarnya yang menjadikan ngeblog itu terasa beban, blog sulit menghasilkan adalah 90% blogger lebih banyak membayangkan "Susahnya ngeblog" di awal memulai. Sehingga banyak alasannya, banyak kekhawatirannya dibanding action yang seharusnya dilakukan gila-gilaan. 

Nah, jadi motivasi baru buat saya nih bahwasanya  untuk menjadi blogger sukses, sejatinya dia harus mengonsep pola untuk sukses. Yes, SUKSES ITU BERPOLA, bukan cuma konsep seadanya. Catat, ya! Hehehe ...


Begini Cara Menjadi Blogger Super dengan Penghasilan Moncer di Masa Pandemi


Mau sukses ngeblog? 

Kuncinya, motivasi ngeblog harus dibenahi di awal jika ingin berhasil menjadi blogger. 

Lalu, Anda ataupun saya tidak harus menelan mentah-mentah pendapat maupun artikel yang sudah bertebaran di internet terkait sukses ngeblog atau gagal ngeblog. 

Ingat, setiap orang memiliki jatah rezeki berbeda. Setiap orang juga berbeda cara suksesnya. Ketika yang lain gagal, bukan berarti kita juga akan gagal, bukan? Jadi nggak ada salahnya dicoba dulu. 

Kalau saya pribadi, saya akan mencari cara dengan menemukan pola sukses versi saya dulu, kemudian baru saya akan melakukan action. Kalau bisa actionnya gila-gilaan dulu. Tak masalah jika saya harus mengurangi jatah jam tidur. 

Ya, mau nggak mau saya memang harus banyak berkorban di awal. Apalagi, saat memulai ngeblog di tahun 2019, tak lama pandemi datang. Bisa dibayangkan, betapa resahnya hati saya waktu itu.

Saya sudah terlanjur resign dari pekerjaan utama. Otomatis cari duitnya cuma ngandalin dari ngeblog. Dan pandemi meluluhlantakkan semuanya. Termasuk yang tadinya saya bisa mendapatkan penghasilan ngeblog dari event blogger offline. Lalu, penghasilan menipis akibat adanya larangan untuk tetap di rumah saja agar kesehatan terjaga. 

Nggak mau bermuram durja. Saya pun mulai memutar otak lagi supaya motivasi ngeblognya nggak luntur. Juga, saya lebih cerdas mencari peluang ngeblog. Dan begini cara saya bangkit. Menjadi blogger optimis dalam keadaan apapun. 


1. Tujuan dan Niat Ngeblog Harus Jelas 


Cara bangkit menjadi blogger super pertama adalah mengingat kembali niat dan tujuan di awal ngeblog. Karena saya tahu, membangun niat untuk memulai sesuatu itu sangat penting. 

Dengan niat dan tujuan yang jelas akan mengarahkan ke mana saya harus menjemput sukses. 

Selain itu, konsistensi dapat dipupuk melalui niat yang baik serta tujuan yang jelas. Sehingga tak ada lagi rasa malas maupun mentok untuk merawat blog supaya menghasilkan. 

2. Membangun Mindset Blogger 


Langkah kedua supaya tetap menjadi blogger super di tengah pandemi adalah membangun mindset blogger yang benar.

Setidaknya, saya wajib menanamkan mindset menjadi blogger butuh proses. 

Artinya, jika saya ingin menghasilkan dari ngeblog sesuai saran  di artikel Mas Darmawan Aji, maka banyak hal yang harus saya pelajari terkait ngeblog. 

Nggak cukup menulis konten berkualitas, tetapi saya juga harus memikirkan pembaca supaya betah di blog, belajar SEO, meningkatkan page view dan banyak lagi. 

3. Bangun Blog Layaknya Bisnis Sendiri 


Teman saya pernah berkata, blog adalah investasi. Kok bisa? 

Karena faktanya, blog yang dirawat dengan baik hingga menghasilkan, sekalipun Anda nanti sudah tua dan tidak lagi mampu kelola blog. Anda bisa mewariskannya kepada anak hingga cucu untuk melanjutkan mengelola blog. Sementara Anda bisa menikmati hasilnya. 

Tapi perlu diingat, untuk membuat blog menjadi investasi, maka berpikirlah jika ngeblog tidak sekadar hobi. Ngeblog adalah bisnis yang bisa diinvestasikan. Sepakat? 


4. Upgrade Skill


Ngeblog erat kaitannya dengan dunia internet. Sementara internet semakin hari mengalami kemajuan. Maka, Anda yang menjadi blogger pun harus menantang diri untuk terus upgrade Skill. 

Jangan cuma puas dengan paham SEO atau cara menulis artikel berkualitas. Tetapi pahamilah ilmu lainnya juga yang sedang viral saat pandemi ini. Misal, ilmu digital marketing yang harus dikuasai oleh blogger atau lainnya.

Intinya, upgrade Skill dilakukan dengan tujuan supaya Anda tidak menjadi blogger yang tertinggal. 


5. Cobalah untuk Ternak Blog


Tidak semua blogger mengambil jalan ternak blog untuk menghasilkan. Karena bagaimanapun, kelola satu blog saja butuh effort. Apalagi banyak blog? Begitu, kan? 

Tapi bagi seorang blogger yang jeli peluang dan mengamati persaingan dunia blogging semakin sengit. TERNAK BLOG bisa menjadi peluang jitu mendapat cuan di masa pandemi. 

Saya sendiri sebenarnya tidak hanya mengelola satu blog saja di malicaahmad.com. Ada beberapa blog lain yang saya kelola supaya bisa menghasilkan dari banyak kran. 

Yah, meski saya tahu, bahwa ternak blog bikin saya harus mengurangi jatah tidur. Tetapi saya ingin mengambil peluang dengan tanpa mengabaikan kesehatan. Ternaak blog juga saya jadikan sebagai jalan ikhtiar. Nggak salah bukan? 


6. Berani Investasi untuk Blog 


Saya masih menemui blogger yang katanya ingin sukses ngeblog. Tetapi sekadar mengeluarkan uang buat mengubah domain gratisan menjadi domain berbayar saja, kok masih eman? (Mikir-mikir)

Kalau begini, mau dapat cuan darimana? Toh nyatanya, saat ini persaingan ngeblog semakin gila. Dimana agensi akan lebih memilih blog yang sudah memiliki domain berbayar daripada gratisan.

Jadi, mulailah berani investasi dari sekarang demi masa depan ngeblog yang menjanjikan. Hehehe


7. Konsisten Ngeblog


Last but not least, cara terkahir yang saya lakukan adalah konsisten. Rasanya, semua tips di atas tidak ada artinya jika kita tidak konsisten melakukan pengelolaan di blog. Setidaknya, blog saya harus update artikel dalam sebulan, walaupun itu hanya konten receh. Hehehe

Yang penting kan tidak sampai banyak laba-laba bersarang di blog, kan? 

Nah, dari 7 tips di atas, manakah yang akan Anda praktikkan terlebih dahulu? 

Pengalaman Ngeblog yang Bikin Semangat Terbakar 


Pasti Anda akan bertanya, pengalaman apa yang saya dapat setelah melakukan perencanaan menjadi blogger super di atas, kan? 

Bercerita pengalaman ngeblog sejak tahun 2019 sampai sekarang, sejujurnya antara percaya dan tidak bahwa saya bisa menghasilkan dari blog. 

Meski saya sadar betul, penghasilan dari blog ini belumlah seberapa dibanding prestasi para blogger senior di luar sana. Tetapi apa pun itu, saya bersyukur. Inilah hasil nyata dari ngeblog yang bisa saya buktikan sama ibu setelah dua tahun lalu memilih resign. 

Dan dengan membangun sukses berpola, saya mempercayai jika blog bisa menghasilkan. Tentu semua tergantung niat dan action yang dilakukan blogger itu sendiri. Nah, berikut sedikit pengalaman ngeblog yang ingin saya bagikan kepada pembaca Malica. 

Tahun 2020, kali pertama saya lolos nominasi juara favorit di lomba blog yang diadakan oleh Ibu-Ibu Doyan Nulis x Indosat

Lomba pertama  yang ternyata membakar semangat saya untuk ikut kompetisi kembali. Dan tak disangka, akhirnya saya mendapat juara lagi di lomba kompetensi mini SEO. Kali ini, saya berhasil menjadi juara ketiga lomba blog yang diadakan oleh organic Lombok yang bertema " Skincare Alami Anti Jerawat." 

Karena menang lomba SEO adalah pengalaman pertama, maka saya pun ketagihan mencoba lagi. Kebetulan waktu itu, salah satu mentor SEO saya menantang untuk kompetisi SEO dengan tema "Sewa Mobil Belitung." Meski saingan pesertanya tidak sebanyak lomba-lomba biasanya, saya tetap bersyukur bisa berhasil menyabet juara pertama. 


Selanjutnya, saya menjajal lagi ikut lomba yang bertema masak dan makanan. Awalnya tidak percaya diri karena saya nggak bisa memasak. Tetapi faktor lucky masih berpihak sama saya. Alhamdulillah, saya pun lolos menjadi juara satu di lomba yang diadakan oleh Ibu-Ibu Doyan Nulis dan Mondelez. 

Dan terakhir di tahun 2021, saya pun dibikin takjub berkali-kali bisa lolos di urutan 10 juara favorit pilihan juri di lomba "parenting" yang diadakan oleh IBUPEDIA. Barakallah. Rezeki ngeblog saya mengalir deras. 

Nah, itulah sekelumit pengalaman lomba yang saya dapat selama memutuskan untuk konsisten ngeblog.

Selain itu, ada lagi pengalaman ngeblog yang tak terlupakan dan terus membekas dalam ingatan. Yakni, dari ngeblog saya bisa berkeliling ke beberapa tempat di Indonesia. 

Belum banyak, tapi semoga semakin banyak acara  travel blogger yang bisa saya ikuti di tahun-tahun berikutnya, ya. Hehehe ... simak keseruannya pada foto di bawah ini. 


Ekplor keindahan Kawah Ijen Banyuwangi bersama travel blogger dari Semarang, Jakarta, Lamongan, Malang, dan Jember

Kolaborasi blogger dan pemuda Jember di acara Jelajah Jember di Air Terjun Tancak


Foto di bukit Merese, Lombok, setelah mengikuti acara adat BAU NYALE 


Nah, kan? Ternyata ngeblog itu seru. Tak hanya bisa menghasilkan uang dan menjadi Single mom produktif di rumah. Tetapi saya juga bisa bersilaturahmi dengan banyak blogger dari berbagai kota

Kendala Menjadi Blogger yang Wajib Kamu Tahu


Setelah saya bercerita cukup panjang tentang perjalanan ngeblog saya dari pertama sampai sekarang. Kini saya akan berbagi apa saja sih kendala menjadi blogger yang saya alami? 




Ada 5 kendala menjadi blogger, di antaranya:

  • Manajemen waktu belum terstruktur dengan baik
  • Sering online bikin paket data internet cepat habis
  • Perempuan gampang moody. Saat moody, maka untuk menulis di blog bikin malas 
  • Tinggal di desa bikin resah. Saya acapkali harus manjat kursi supaya sinyal lancar untuk ngeblog
  • Parahnya, kalau sudah saking seriusnya ngetik di depan laptop, saya suka lupa belanja kebutuhan pokok di rumah. Apalagi pandemi gini, untuk belanja ke luar rumah, saya mikir dua kali. 

Nah, dari kelima kendala tersebut, yang sangat mudah dicari solusinya adalah ketika saya mengalami masalah paket data internet cepat habis. Maka, saya memanfaatkan aplikasi super sebagai solusi tercepat dan paling solutif. 

Tak hanya urusan paket data. Saya juga tertarik dengan layanan super retail dan super grosir di aplikasi super. Layanan super lengkap yang menyediakan berbagai bahan pokok yang saya butuhkan. Jadi saya nggak repot lagi berbelanja kebutuhan pokok karena bisa dipesan online di aplikasi super, lho

Kalau malas berbelanja ke luar karena sudah capek dikejar deadline ngeblog atau saat nggak bisa ninggalin anak buat berbelanja keluar rumah. Saya tinggal klik layanan super retail atau grosir untuk memilih produk apa saja yang akan saya beli. Enaknya lagi, meski saya tinggal di Lamongan dan agen aplikasi Super ini berdomisili di Surabaya. Tetapi barang pesanan bisa diantar ke Lamongan, lho.


Belanja Banyak Untung di Aplikasi Super


Terbaru, yang sedang viral saat ini adalah munculnya aplikasi super yang memudahkan siapa saja yang ingin berbelanja sembako, kebutuhan rumah tangga serta paket data internet secara online. 

Mungkin belum banyak yang tahu, apa itu aplikasi super? 

Aplikasi super adalah sebuah aplikasi untuk kulakan barang kebutuhan pokok dengan lebih murah dan mudah. Aplikasi ini juga menawarkan kenyamanan kulakan berbagai macam kebutuhan pokok serta barang digital hanya dalam satu aplikasi. Harga yang ditawarkan relatif lebih miring dan tidak dipungut biaya pengiriman.

Hadirnya aplikasi ini pun bukan tanpa sebab karena tujuannya adalah untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Baik itu toko kelontong yang sering berbelanja kebutuhan pokok hingga para agen dan masyarakat. Harga barangnya yang terjangkau terbukti sangat membantu.

Nah, kenapa saya merekomendasikan aplikasi super buat Anda yang ingin mendapatkan banyak untung saat berbelanja kebutuhan pokok ibu rumah tangga? Simak di sini!


Kelebihan Aplikasi Super Apa Saja Sih? 


Sebagai aplikasi yang baru muncul, kehadirannya telah disambut dengan antusias oleh para agen dan toko kelontong yang butuh kulakan barang dalam jumlah banyak.

Antusiasme ini tidak terlepas dari adanya beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi super diantaranya adalah:

1. Kulakan Barang Menjadi Lebih Mudah


Dahulu sebelum adanya aplikasi ini, para agen dan pemilik toko kelontong harus menelpon banyak sales ketika barang kebutuhan yang ada di toko habis. Tentunya hal ini sangat menyita waktu, biaya dan tenaga. Belum lagi jika stok di satu sales habis harus berputar lagi mencari sales yang lain.

Berbeda kondisinya sejak kemunculan aplikasi super ini, mereka tidak perlu repot menelpon para sales langganan atau grosir hanya untuk kulakan barang. Cukup dengan menekan satu aplikasi, semua kebutuhan barang yang ada di toko, utamanya sembako dapat dengan mudah didapatkan. Tidak menghabiskan banyak tenaga, biaya dan waktu. Lebih praktis dan efisien.


2. Harga Bersaing


Kelebihan selanjutnya dari aplikasi ini adalah Anda bisa mendapatkan harga grosir yang lebih murah dibandingkan membeli barang langsung di grosir. Dengan harga beli murah, sementara Anda menjualnya mahal, akan mendapatkan banyak keuntungan.


3. Free Ongkir


Keunggulan satu inilah yang membuat banyak orang menggunakan aplikasi ini. Setiap toko saat berbelanja pasti banyak sekali. Umumnya semakin banyak barang kulakan, maka ongkirnya akan semakin mahal. 

Nah, hal tersebut tidak akan Anda temui ketika kulakan barang menggunakan aplikasi super karena menyediakan fasilitas free ongkir. Barang pun akan langsung dikirim setelah masa pemesanan.


4. Lebih Cepat dan Mudah


Kelebihan selanjutnya yang akan Anda dapatkan saat menggunakan aplikasi ini adalah prosesnya yang sangat cepat dan mudah. 

Anda hanya perlu memasang aplikasi ini di Hp, lakukan pemesanan dan barang akan dikirim setelah dilakukan pembayaran. Cepat dan mudah, bukan?


5. Barang yang Dijual Kualitasnya Sama dengan di Grosir


Anda tidak perlu khawatir ketika kulakan barang dan sembako di aplikasi super ini. Hampir semua barang kulakan yang disediakan berkualitas baik. Sama halnya barang yang ada di grosir. Dengan harga murah, barang berkualitas siapapun tentu akan tertarik dan akhirnya menjadi pelanggan tetap aplikasi ini.


Begini Cara Daftar Aplikasi Super


Setelah membaca ulasan tentang aplikasi super, pastinya Anda tertarik untuk belanja atau kulakan barang bagi para sales atau grosir. 

Jika tertarik ingin mendapatkan keuntungan maksimal karena kulakan dengan harga murah, maka Anda harus mendaftar lebih dulu baru dapat kulakan barang dan sembako.

Buka Playstore


Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka playstore karena aplikasi super telah tersedia di sana. Ketik aplikasi ini di kolom pencarian dan akan muncul ikon yang dapat Anda klik untuk memulai mendaftar.

Install


Begitu berhasil mendapatkan aplikasi yang dibutuhkan, instal aplikasi tersebut. Tunggu hingga proses instal aplikasi usai. Setelah muncul notifikasi tentang aplikasi tersebut, artinya penginstalan berhasil dilakukan. Setelah instal selesai, Anda bisa mendaftar dengan mengisi data diri, yakni nama Anda, nama toko Anda, alamat lengkap, lokasi, kemudian  upload KTP.  Setelah itu, Anda resmi menjadi agen aplikasi super, rek! horray .... 

Pakai Aplikasi


Proses instal telah selesai dan aplikasi siap untuk digunakan. Apabila Anda berniat untuk belanja atau kulakan, aplikasi ini dapat Anda gunakan sesegera mungkin dan belanja sepuasnya.

Bagaimana?Seru bukan menggunakan aplikasi super ini. 

Kini, kulakan barang akan semakin mudah,cepat dan hemat berkat adanya aplikasi ini. Dengan adanya kemudahan yang ditawarkan tak heran para pengguna aplikasi ini semakin meningkat dari hari ke hari. 



Kesimpulan 


Motivasi blogger itu perlu dipupuk setiap saat. Bahkan bila perlu setiap waktu supaya semangat ngeblognya nggak kendor. 

Memang sih memulai di awal akan terasa berat. Saya pun sudah merasakannya sendiri. Dan tentang proses ngeblog yang cukup menguras tenaga tersebut, saya sudah merangkumnya di artikel berjudul jangan jadi blogger. Meski demikian, jika memang ngeblog sudah menjadi ikhtiar mendapatkan penghasilan, insyaAllah Allah akan memudahkan jalannya.

Nah, jika terjadi kendala ngeblog seperti yang saya sebutkan di atas, misal tentang paket data yang cepat habis atau berbelanja kebutuhan pokok nggak mau ribet. Untuk area Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Madura, Lamongan, Malang, Pasuruan dan Batu. Silakan mendaftar menjadi agen aplikasi super. Dijamin, urusan kebutuhan pokok tak perlu diresahkan. Ngeblog pun bisa lebih optimal sebab barang diantar ke rumah. 




7 komentar on "Motivasi Menjadi Blogger untuk Apa Sih? "
  1. Memang butuh belajar terus sih agar konsisten nulis dan tetap "dianggap" sebagai blogger. Aku sering juga up and down

    BalasHapus
  2. Kok sama sih, saya juga tinggal di desa, sinyalnya kadang ngeselin banget. Nggak enaknya kalo nggak berlangganan WiFi, paket data cepat habis. Malah lebih boros ya.

    BTW, kalo awal ngeblog niatnya cuma buat cari duit, pasti akan kecewa saat nggak dapat duit atau nggak sesuai ekspektasi awal.

    Tapi kalo ngeblog karena hobi, insha Allah akan terasa ringan dan happy terus. Rezeki akan datang sendiri, tanpa dikejar.

    Keren banget prestasinya Mba Malica... Keren super duper

    BalasHapus
  3. Panduanim.com juga tulisannya bagus lengkap juga isinya. Saya juga pernah berilmu ke situs tersebut.

    Motivasi org ngeblog pastinya beda2 ya kak. Ada yg sekedar nulis dan berbagi bahkan ada yg pengen dapet cuan. Itu tergantung orangnya.

    Btw ada aplikasi super jadi gampang ya mau beli sembako dll. Instal dihape bagus tuk belanja sembako.

    BalasHapus
  4. Aku juga jadi member SUPER nih mba kebetulan aku punya warung sembako. CS nnya juga ramah dan barang datang tepat waktu

    BalasHapus
  5. Pasti awal awal ketika memutuskan resign itu berat. Beberapa temanku yang akhirnya memutuskan jadi jurnalis freelance ataupun blogger juga demikian. Resign dari kerjaan yang gajinya udah terjamin, tapi alhamdulillah setelah perjalanan panjang bisa sampai ke tahap yang lebih profit seperti sekarang ini..

    BalasHapus
  6. Pengen belajar sama kamu mbk tentang blog biar monetize hehe aku jg sering paket data kehabisan, apps super boleh juga ya mom

    BalasHapus
  7. Memang kebanyakan orang akan berpikiran demikian, terlebih lagi kalau kerja dikantoran dengan gaji lumayan tapi lebih memilih resign. Tapi semua ada pada jita keputusannya ya mba, asal terus mengasah kemampuan menulis, Insya Allah.

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9