8 Fakta Memiliki Anak Perempuan itu Seru dan Asyik

Minggu, 01 Agustus 2021

Fakta Memiliki Anak Perempuan - “Memiliki anak perempuan itu seru dan asyik.” Itulah kalimat pertama yang terucap saat salah seorang teman bertanya ketika saya sedang hamil anak pertama.



Meski saya tahu, memiliki anak perempuan atau laki-laki pastinya ada kekurangan dan kelebihan. Yang terpenting mereka lahir dalam keadaan sehat, itu saja sudah sangat membahagiakan, bukan?


Namun tak dimungkiri jika aura anak perempuan lebih memesona dibandingkan anak laki-laki. Selain itu, anak perempuan sangat menggemaskan dan lucu jika dikaitkan dengan busana. Baju-baju anak perempuan cenderung banyak pilihan. Tidak sedikit para Mom terkesan dengan keunikan model baju anak perempuan. 


8 Fakta Memiliki Anak Perempuan


Anak adalah anugerah Tuhan. Saya yakin setiap anak memiliki keunikan masing-masing. Seperti halnya anak perempuan yang ternyata banyak keistimewaan. Nah, di artikel ini saya akan bercerita tentang 8 fakta memiliki anak perempuan seperti si Khanza yang ternyata seru, juga kadang mengundang dilema emaknya. 


1. Anak Perempuan adalah Peniru Ulung


Moms jangan kaget ketika anak perempuannya banyak bertanya tentang apa saja yang dilakukan.Dan tak lama, Moms juga akan melihat banyak perubahan pada anak perempuan.



Yang bikin kaget dan nggak nyangka itu saat Moms melihat anak perempuan menjadi sangat mirip dengan ibunya,inilah yang disebut peniru ulung. Tak jarang Khanza mengamati semua aktivitas saya, lalu dia pun menirunya. 


Contoh kecil perkara make up. Setiap kali saya bersolek, mata kecilnya tidak pernah lepas memandang. Khanza juga banyak bertanya ini dan itu. Alhasil besoknya, taraaa… lipstik sudah menghiasi bibir imutnya. Bedak, alis, dan sejenisnya sudah jadi lukisan paling keren di wajahnya.


Nah, jika Moms mendapati anak perempuannya seperti deskripsi di atas. Harap maklum. Ada sebuah riset menunjukkan tentang keistimewaan anak perempuan sebagai peniru ulung bahwa sejak lahir anak perempuan memiliki kemampuan meniru dengan gerakan jari lebih cepat dibandingkan dengan anak laki-laki. Saat pertumbuhan lainnya, seperti proses berjalan pun, anak perempuan akan mengalami perkembangan pesat. 


2. Menjadi Pendengar yang Baik



Itulah kenapa anak perempuan sangat cocok menjadi teman curhat. Sebab dia memiliki keistimewaan menjadi pendengar yang baik. Saya seringkali bercerita pada Khanza tentang apa saja aktivitas yang sudah saya kerjakan. Tak jarang dia akan memberi masukan receh khas anak kecil usia 6 tahun. “Makanya, ibu jangan suka begadang. Matanya jadi item tuh.” Begitu nasihat dia. Hahaha… keren nggak tuh?

 

3. Terampil Membaca Ekspresi


Jangan main-main saat galau maupun sedih, lalu dekat-dekat anak perempuan. Dijamin, dia bakal menebak ada apa dengan hatimu?


Pernah suatu ketika, tepatnya di sore hari saya sedang mellow banget. Tanpa sengaja saya juga meneteskan air mata. Kemudian anak perempuan mendekat dan dengan cepat saya menghapus air mata tersebut. Tahu nggak, apa yang dia bilang?


“Ibu, inget nggak pesennya kemarin ke Khanza. Stop, jangan cengeng. Nanti ibu nggak punya teman.” Tak lama dia pun mencium pipi sembari memeluk saya erat.


Ah, so sweet banget, Nak. Batin saya dalam hati. Begitu juga saat saya marah. Hanya cukup menunjukkan ekspresi diam dan mata melotot saat ucapan saya diabaikan. Dia lebih perasa. Dia juga lebih berempati sehingga dia tampak lebih perhatian daripada kakak laki-lakinya. Anda pernah merasakan begini? 


4. Cocok Menjadi Asisten Cilik


Alasan memiliki anak perempuan itu seru, salah satunya dia lebih ringan tangan. Khanza suka membantu saya sebelum saya memintanya. Justru, ketika dia melihat saya repot memasak di dapur, mencuci baju, atau mencuci piring. Dia akan menawarkan diri. Jadi, tak dimungkiri jika anak perempuan bakal ngebantu profesi kita sebagai ibu. 


5. Cerewet Tapi Menyenangkan


Kenapa memiliki anak perempuan itu asyik dan seru? Karena dia menggemaskan saat berbicara dan terampil saat berbicara apa pun. Dengan kata lain anak perempuan menurut penelitian itu lebih cepat membentuk kalimat kompleks dan menguasai 300 kosakata dibanding anak lelaki. Ini terbukti pada Khanza yang ketika berbicara atau menjelaskan sebuah kejadian secara kronologi, gaya bahasa dia lebih jelas dan mudah dicerna oleh saya. Selain itu, penjelasan dia bakalan sepanjang kereta api.


6. Keuntungan Memiliki Anak Perempuan adalah Lebih Berempati


Saya nggak menyangka jika anak perempuan yang 6 tahun lalu masih manja dalam gendongan, ternyata tangan mungilnya dengan ringan menghapus air mata ibunya saat menangis sendirian.



Yup. Kejadiannya belum lama saat saya mengalami ujian hidup, sakit hati, dan masa sulit yang saya coba untuk tutupi. Tetapi nyatanya, hal yang saya sembunyikan tertangkap basah olehnya. Hingga saya menyadari, anak perempuan saya penuh empati.


Terkait fakta empati anak perempuan lebih kuat juga ternyata telah ditinjau lebih dari 100 studi, bahwasanya sejak masa bayi anak perempuan lebih baik dalam mencari tahu emosi seseorang berdasarkan ekspresi wajah dibanding anak laki-laki. 


7. Menjadi Asisten Cilik yang Teliti


Ketika kami bertiga hendak melakukan traveling ke sebuah kota. Gadis kecil saya sangat cekatan menyiapkan beberapa barang yang akan kami bawa pergi. Bahkan sempat saya terlupa membawa handuk untuk dipacking ke dalam ransel. Si Khanza ini yang mengingatkan. 


Selain itu, bibir mungilnya yang cerewet itu enteng sekali mendekte barang-barang apa saja yang wajib untuk dibawa dan jangan sampai terlupa. Yes, dia benar-benar asisten cilik saya yang bisa diandalkan. Hehehe 


Seringkali anak perempuan saya ini juga menyimpan beberapa barang saya yang luput dari perhatian. Maksudnya, saya lupa menyimpan di tempat semestinya. Dan Khanza yang lebih sigap menyimpan. Inilah fakta memiliki anak perempuan yang patut saya syukuri. Thanks God.


8. Anak Perempuan Suka Drama


Siapa yang anak perempuannya drama banget? 


Toss dulu deh sama saya. Putri saya Khanza juga cukup banyak drama di rumah. Drama yang paling lucu dan menggemaskan adalah ketika dia mulai cemburu dengan masnya. Sepele banget. Hanya perkara uang jajan yang berbeda. 


Sebagai seorang ibu, memang saya nggak boleh pilih kasih. Namun penting untuk dipahami bahwasanya adil itu nggak harus sama kan? 


Jadi saya memberikan uang jajan si mas lebih besar karena memang dia sudah kelas 3 SD. Beberapa iuran di sekolah jelas agak berbeda jumlahnya dibanding adiknya. Ternyata, tindakan saya ini membuat Khanza cemburu pada si mas. 


Nah, karena saya tidak mau ada salah paham sesama saudara, saya pun menjelaskan alasan kenapa dia harus menerima uang jajan lebih sedikit dibanding si kakak. Alhamdulilah rasa cemburunya mereda. Duh, genduk! 


Kesimpulan 

 

Mengetahui 8 fakta menarik tentang anak perempuan membuat saya bersyukur. Ternyata putri kecil saya bisa menjadi teman yang diandalkan. 


Tetapi saya juga nggak boleh lupa, dalam hal apapun pasti ada plus dan minus. Namun bukan masalah besar, sebab dari 8 fakta menarik tentang anak perempuan di atas, sebagai orang tua saya bisa lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk mendidiknya agar kelak memiliki karakter yang baik. 


      


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9