Cara Membuat Bisnis Plan Makanan yang Mudah Dipraktikkan

Rabu, 07 Juli 2021

Tertarik untuk membuat bisnis makanan saat pandemi seperti ini?


Seperti yang telah diketahui bahwa bisnis makanan adalah jenis bisnis yang tidak pernah mati, walau sedang pandemi sekalipun. Namun, sebelum melakukan aksi tersebut terlebih dahulu Anda harus membuat bisnis plan makanan. Lalu apa yang dimaksud bisnis plan itu?



Bisnis plan adalah pernyataan resmi yang dibuat pemilik bisnis tentang bagaimana nantinya menentukan arah tujuan dari bisnis tersebut dan cara mencapainya.


Bisnis plan sebaiknya dibuat sebelum bisnis dimulai dengan berbagai pertimbangan dan perhitungan yang matang. Dengan demikian saat bisnis telah berjalan tidak akan merasa bingung dengan langkah apa yang diambil selanjutnya.


Komponen Penting Dalam Bisnis Plan


Dalam membuat bisnis plan terdapat komponen penting yang tidak boleh diabaikan. Komponen ini pula yang akan menentukan berhasil tidaknya bisnis plan tersebut dijalankan.


Beberapa komponennya antara lain adalah gambaran bisnis, cara pemasaran produk, analisa terhadap pesaing produk, planing desain dan pengembangan produk, keuangan, manajemen dan rencana operasional, pemantauan serta evaluasi produk.


Bisnis Plan yang Baik itu Seperti Apa?


Ada bisnis plan yang dibuat asal demi memenuhi syarat. Ada pula yang dibuat dengan cukup lama, tapi tidak membuahkan hasil yang maksimal. Sebenarnya kategori bisnis plan yang baik itu seperti apa sehingga nantinya dapat menunjang jalannya bisnis dengan lancar, cek ulasannya berikut ini:




Mengenal Bisnis yang Akan Dijalankan


Sebelum benar-benar menuliskan rencana bisnis, sebaiknya kamu telah mengenal baik dengan bisnis yang akan dijalani. Pelajari dan pahami secara menyeluruh dan mendalam baik itu tentang bentuk, potensi atau tantangan yang mungkin akan terjadi.


Memiliki Visi


Setelah kamu mengenal dengan baik bisnis yang akan dirintis, langkah berikutnya adalah menentukan visi dari bisnis tersebut. Visi ini berupa tujuan dan sasaran bisnis yang terarah. Dengan adanya visi tersebut kamu tidak akan kesulitan dalam merancang alur rencana bisnis tersebut.


Memiliki Target Market yang Jelas


Bisnis dan target market adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Tanpa adanya target market yang jelas, tentu bisnis tidak akan bisa berkembang. Target market ini pula yang akan membantu membesarkan bisnis. Oleh sebab, itu mencari target market tepat adalah hal wajib yang harus dilakukan.


Alasan Kenapa Bisnis Plan Penting Dibuat Bagi Para Pebisnis 


Bagi pebisnis, bisnis plan ibarat blue print dari usaha yang akan didirikan. Sebab dari rancangan bisnis plan akan ada detail informasi terkait visi dan misi bisnis, langkah-langkah mencapai bisnis tersebut, hingga apakah bisnis dapat memenuhi target atau belum. 

Menurut Hisrich dan Peter, orang yang ahli dalam bidang kewirausahaan juga menyebutkan bahwa bisnis plan ibarat dokumen sebelum memulai bisnis karena di dalamnya terdapat aspek internal dan eksternal terkait operasional usaha. 

Berikut alasan kenapa bisnis plan itu penting, termasuk untuk pebisnis makanan atau kuliner. 

1. Membuktikan bisnis yang dijalankan adalah bisnis yang serius
2. Memiliki bisnis plan bisa menjadi modal menarik pendanaan dari investor yang tertarik dengan bisnis Anda
3. Membuat bisnis lebih fokus dan terarah sesuai target yang diinginkan
4. Dengan memiliki bisnis plan bisa digunakan sebagai tolok ukur bisnis Anda di masa depan. Baik untuk bisnis jangka pendek maupun jangka panjang
5. Untuk menaikkan level bisnis agar dipandang lebih berkualitas dan terpercaya


Bagaimana Cara Membuat Bisnis Plan? 




Setelah mengetahui tentang pengertian, ciri bisnis plan yang baik, serta alasan kenapa pebisnis wajib memilikinya. Maka langkah selanjutnya adalah cara membuat dokumen bisnis plan yang baik. 


Berikut adalah cara paling efektif untuk bisa dilakukan:


1. Riset Pasar


Yang wajib ada dalam bisnis plan adalah kegiatan riset pasar untuk melakukan penelitian terhadap target pasar. Melakukan hal tersebut membuat kamu mengetahui siapa yang jadi target market ideal saat bisnis plan mulai dijalankan.


2. Menentukan Tujuan


Tujuan juga menjadi komponen bisnis plan yang harus diperhatikan. Anda harus memiliki target yang bisa diukur sehingga nantinya bisnis bisa berkembang dengan baik. Tanpa adanya tujuan dan target, jelas tidak akan tahu bagaimana bisnis tersebut dapat mencapai goals secara maksimal.


3. Profil Perusahaan


Membuat profil perusahaan akan lebih memudahkan Anda dalam mengenalkan produk kepada customer. Mereka akan mengenal lebih jelas tentang latar belakang serta tujuan yang ditetapkan.


4. Pelajari Behaviour dan Kebiasaan Pelanggan


Jika sudah diketahui siapa target pasar Anda, maka langkah selanjutnya adalah mengenali kebiasaan pelanggan. 

Nah, karena bisnis yang akan dijalankan adalah makanan misalnya. Maka penting bagi Anda untuk tahu di mana mereka suka nongkrong, gaya mereka berinteraksi, suka makanan sehat atau instan, dan lain-lain. Tulis secara detail. Bila perlu Anda melakukan survei kebiasaan di media sosial. 


5. Tuliskan Kategori Perencanaan


Setelah beberapa poin di atas Anda lakukan, tahap selanjutnya adalah buat analisa kategori perencanaan bisnis. Anda bisa menggunakan teori SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) yang sudah terbukti ampuh untuk analisa pertumbuhan bisnis. Selain SWOT, Anda juga bisa menggunakan teori PEST (Political, Economic, Social, Technological) 


Dua teori ini akan sangat membantu Anda memahami seluk beluk bisnis, termasuk peluang dan risiko bisnis yang bakal Anda hadapi di masa depan. 


6. Siapkan Seluruh Dokumen yang Dibutuhkan


Untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan profil saja tidak cukup. Nantinya tetap memerlukan beberapa dokumen penting yaitu laporan keuangan, arus kas, lisensi dan lain sebagainya.


Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana


Berikut contoh bisnis plan makanan sederhana yang bisa Anda coba dan kembangkan sesuai bisnis yang dijalankan. 


Contoh Bisnis Plan Makanan Ringan


Tentang pengertian bisnis plan telah dijabarkan dengan jelas di atas berikut cara membuatnya. Nah, sekarang saatnya Anda praktik membuat contoh bisnis plan makanan ringan. Berikut adalah contohnya:

Nama Perusahaan : Tiga Juara Snack

Jenis Usaha : Makanan Ringan

Bentuk Usaha: usaha Tiga Juara Snack adalah bentuk kegiatan usaha yang dilakukan berupa CV dan bergerak dalam bidang manufaktur.

Alamat Usaha : Jl. Raya Daendles No 55, Lamongan, Jawa Timur

Visi Perusahaan : menjadi pelopor bisnis makanan ringan di Indonesia yang dapat memberikan snack sehat untuk anak-anak dan memberikan lapangan kerja baru bagi masyarakat Lamongan khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Misi Perusahaan : menghasilkan produk dari bahan berkualitas dengan jaminan halal. Untuk dapat memberikan cita rasa terbaik dan tidak berbahaya bagi anak-anak, maka bahan baku yang digunakan telah mendapat uji kualitas.


Bisa ditambahkan sesuai dengan bisnis Anda plus gunakan tips di atas, ya.


Contoh Bisnis Plan Makanan Tradisional


Sekarang saatnya membuat contoh bisnis plan makanan tradisional, contohnya adalah sebagai berikut:

Nama Perusahaan : Putu Ayu Nudis

Jenis Usaha : Makanan Tradisional

Bentuk Usaha: kegiatan usaha yang bergerak dalam produksi makanan tradisional, utamanya putu ayu.

Alamat Usaha : Jl. Kemuning No 55, Lamongan, Jawa Timur

Visi Perusahaan : Menjadikan makanan tradisional sebagai salah satu makanan bernilai jual tinggi dan banyak diminati.

Misi Perusahaan : Senantiasa melakukan inovasi produk tradisional terutama kue-kue yang telah jarang diproduksi, berupaya meningkatkan kualitas makanan tradisional dan lebih mengutamakan kualitas pelayanan agar pelanggan selalu merasa puas


Kesimpulan 


Semoga penjelasan terkait apa yang dimaksud bisnis plan sudah Anda pahami dengan baik. Jika ingin segera membuka usaha makanan pada saat pandemi ini, segera lakukan tindakan dengan membuat bisnis plan terlebih dahulu. 

Apabila bisnis plan sudah terkonsep dengan baik, maka siapkan alat promosi yang tepat yang bisa membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang.

Dalam hal ini Anda bisa menjadikan Sahabat Hosting sebagai partner ideal dalam membuat website khusus untuk bisnis online makanan atau kuliner. Anda bisa mencoba paket hosting murah dan berkualitas dari Sahabat Hosting dengan garansi 30 hari yang kembali, gratis SSL dan customer support 24 jam. 

Ayo, tunggu apalagi? Lejitkan bisnis makanan Anda sekarang. #Goonline terasa makin mudah dengan memilih partner bisnis yang tepat. Sahabat Hosting siap membantu Anda kapan saja. 

1 komentar on "Cara Membuat Bisnis Plan Makanan yang Mudah Dipraktikkan"
  1. Baca ini jadi ingat, dulu kadang ikut lomba bisnis plan tapi belum pernah tembus jadi finalis 😁

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9