Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi

Jumat, 04 Juni 2021



Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi - Khanza memang anak perempuan yang cukup kritis. Ketika apa yang dia lihat cukup mengundang penasaran, di situ dia tidak segan untuk bertanya. Seperti beberapa bulan lalu ketika saya meminta tolong dia untuk mengambilkan pembalut di almari. Karena saat itu, kebetulan si merah datang mendadak tanpa diundang. Hehehe

Setelah saya keluar dari kamar mandi, Khanza mencerca saya dengan banyak pertanyaan.

 “Ibu, itu tadi buat apa?” 

Ketika pertanyaan satu terjawab, dia akan menanyakan hal lainnya yang sekiranya bikin dia kepo parah. 

“Ibu, kata ibu keluar darah, kok bisa? Darimana?“ 

Tak hanya itu, saat saya tidak ikut puasa di bulan Ramadan kemarin. Dia juga bertanya alasannya kenapa. Sementara ibu nggak puasa, kenapa dia dan kakaknya tetap puasa?

Dia juga sempat protes. “Ibu enak ya nggak puasa. Aku sama Mas Arya disuruh puasa. Besok aku kalau gede juga ikutan berdarah nggak?” 

Jujur, anak usia 5 tahun itu bikin saya tertawa terpingkal-pingkal, sekaligus saya berpikir bahwa mengenalkan anak tentang menstruasi sejak dini itu memang wajib. Hanya saja, Ibu bisa menyesuaikan dengan bahasa anak di usianya. 

Saat Ibu Ditanya Soal Menstruasi, Ibu Jawab Apa?


Tidak hanya Khanza yang menuntut penjelasan. Anak perempuan teman saya pun demikian. Kami sempat chat di WhatsApp untuk saling berdiskusi bagaimana menjelaskan ke anak soal menstruasi dengan tepat. 

Beruntung saya sempat ikut acara sharing online bersama Ibu-Ibu doyan Nulis dan 1000 perempuan Indonesia yang diadakan dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi.

Webinar bertema 'Sehat dan Bersih Saat Menstruasi' bertujuan untuk meningkatkan kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya manajemen kebersihan menstruasi (MKM) masih sangat rendah.

Padahal MKM penting dipelajari guna menghindari risiko keputihan, gatal, bau tidak sedap dan infeksi saat periode menstruasi. 

Pada saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena keberadaan darah haid. 



Bagaimana sih Edukasi Anak Apa Itu Menstruasi?


Menurut data Indonesia, nyatanya 1 dari 2 anak perempuan tidak tahu apa yang harus dilakukan saat mengalami menstruasi untuk pertama kali. 1 dari 3 anak perempuan mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut, dan 1 dari 3 anak perempuan mengganti pembalutnya setiap 4-12 jam. Sisanya mengganti pembalut 2 kali sehari. 



Dari data di atas, kita sebagai seorang ibu wajib tergerak untuk mengedukasi anak perilah apa itu menstruasi sejak dini. Bukan hal tabu untuk dibicarakan bukan? karena dampak dari kurangnya ilmu tentang menstruasi ini juga tidak bagus untuk kesehatan wanita, seperti kanker serviks misalnya. 

Menurut Prof. Dr. dr Dwiana Ocviyanti, SpOG (K), MPH yang menjadi salah satu narasumber di acara webinar “Sehat dan Bersih Saat Menstruasi yang diadakan oleh Betadine Indonesia kolaborasi dengan Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) dalam rangka memperingati hari Kebersihan Menstruasi 28 Mei bulan lalu. Beliau menjelaskan menstruasi adalah keluarnya darah selama beberapa hari (3-7 hari) dari organ intim perempuan, satu periode setiap bulannya (Setiap 28, atau 21-35 hari).

Beliau juga menjelaskan jika anak bertanya kenapa darah bisa keluar dari organ intim perempuan. Ibu bisa memberikan jawaban bahwasanya darah yang dikeluarkan sebetulnya merupakan lapisan dalam rongga Rahim yang dipersiapkan sebagai tempat menempelnya sel telur yang sudah dibuahi, yang selanjutnya akan berkembang menjadi janin. 

Tak hanya menuturkan tentang menstruasi, Dr. Dwiana juga memaparkan terkait sistem reproduksi wanita serta manajemen kebersihan menstruasi (MKM). Mengenai MKM ini, ada 3 poin yang perlu diperhatikan, yakni:


1.Pengelolaan Kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi
2.Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi 
3.Memiliki akses untuk pembuangannya, serta dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga




Masalah Kesehatan Akibat Penjagaan Kebersihan di Masa Menstruasi 


Bukan tanpa alasan kenapa seorang perempuan wajib menjaga kebersihan selama menstruasi. Karena jika hal itu tidak dilakukan, maka akan berdampak pada masalah berikut:

1.Infeksi Saluran Reproduksi
2.Infeksi Saluran Kemih
3.Infeksi Jamur 
4.Peningkatan Risiko Kanker Serviks 

Tips Menjaga Kebersihan Masa Menstruasi 


Setelah Anda tahu dampak masalah akibat tidak adanya penjagaan kebersihan saat menstruasi, tentu Anda tidak akan menutup mata bukan? Sebab faktanya, risiko paling fatal adalah Anda akan terjangkit masalah kanker serviks. Nggak mau begini, kan? Meski Anda tahu jika penyebab kanker serviks ada beragam. Hanya saja tidak ada salahnya jika waspada lebih awal. Bagaimanapun mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Bener nggak? 

Tips Menjaga Kebersihan Masa Mestruasi Anti Repot


Berikut 6 Tips anti repot untuk menjaga kebersihan saat menstruasi. Anda bisa praktikkan, ya. 

1.Cuci bersih pembalut yang sudah dipakai dan masukkan ke dalam kantong plastik
2.Buanglah pembalut yang sudah dipakai ke tempat sampah
3.Apabila menggunakan pembalut cuci ulang, cuci pembalut tersebut setelah digunakan
4.Pembalut sebaiknya diganti setiap 4-5 jam sekali
5.Mandi 2 kali sehari untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh
6.Selalu cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah mengganti pembalut

Betadine, Teman Ideal Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan 




Organ kelamin perempuan memiliki fungsi yang sangat penting. Sebagai jalan lahir, untuk berhubungan seksual, juga sebagai saluran keluarnya darah menstruasi. Banyak ancaman yang bisa mengganggu kesehatannya. 

Oleh karena itu, kaum perempuan perlu pemahaman yang benar agar tidak menerapkan perlakuan keliru pada organ tersebut. Salah satunya adalah menjaga kebersihan organ intim dengan Betadine Feminine Hygiene. 

Betadine feminine hygiene merupakan cairan pembersih (antiseptik) area kewanitaan bagian luar yang diproduksi oleh Mahakam Beta Farma. Cairan ini dapat digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan pada kondisi-kondisi tertentu. 

Kenapa Harus Menggunakan Betadine Feminime Hygiene? 

Karena Produk ini memiliki kandungan antiseptik untuk mengatasi kuman saat terdapat risiko infeksi, terutama saat menstruasi.

Tak hanya itu, BETADINE Feminine Hygiene juga dilengkapi kandungan prebiotik dan formula alami, sehingga kandungan-kandungan yang ada di dalamnya tersebut, menjadi ‘makanan’ untuk bakteri baik yang bisa meningkatkan kualitas dan pertumbuhan bakteri tersebut di area kewanitaan.

Kesimpulan


Memberikan edukasi pada anak terkait menstruasi itu sangat penting. Hindari menganggap topik menstruasi adalah hal tahu. Karena faktanya, tak hanya anak perempuan saja yang butuh edukasi soal menstruasi ini, tetapi anak laki-laki juga penting untuk dikenalkan guna menghindari persoalan bully-an saat mereka menjelang remaja kelak. 

Dan jangan lupa, mulailah kenalkan anak pada pentingnya menjaga kesehatan organ intim sejak dini agar mereka lebih aware akan bahaya atau risiko jika abai pada kebersihan. 




28 komentar on "Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi"
  1. Punya anak apalagi anak cewek harus siap menjelaskan yaa dik hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak. Harus benar2 diingatkan dan diedukasi

      Hapus
  2. Penting nih info ttg menjaga kebersihan saat menstruasi. Juga info lbh dini untuk anak perempuan kita, supaya pas dpt menstruasi pertama tdk bingung. Makasi mb...infonya lengkap dan detil...

    BalasHapus
  3. Kadang mau sharing sama anak soal menstruasi itu kayak aneh gitu ya mbak, padahal edukasi sejak dini kan penting banget ya biar anak paham saat dia nanti mengalami menstruasi juga jadi dia udah sedikit paham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Aku juga awalnya gitu. Gimana gitu waktu jelasin ke anak. Tapi lama kelamaan anak juga paham kalau kita pelan2 kasih tahu mbak

      Hapus
  4. Mbak trims tipsnya ya bermanfaat sekali nih menambah pengetahuan tentang kebersihan disaat menstruasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak. Alhamdulilah kalau bermanfaat

      Hapus
  5. Sampai sekarang aku masih nggak nyaman pas mens ketika puasa. Pernah dulu, ditanyain adek bungsu. Mbak kok nggak puasa. Udah gedhe padahal.

    Sementara dia cowok. Tahu sendiri di desa seperti tabu ngomongin mens ke anak cowok.

    Tapi ya mau nggak mau kudu dijelaskan. Biar nggak ngejekin cewek yang ketahuan tembus pas mens sih maksudku waktu itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cowok sebenarnya harus diedukasi loh soal menstruasi ini. Kan dia nanti bakal jadi suami dan ayah juga. Jadi nggak salah jelasin menstruasi ke cowok juga

      Hapus
  6. Aku punya dua anak perempuan.. Nah suatu hari si kakak pernah nanya, kenapa bunda nggak solat, libur apa? Dll.
    Dari situ akubsadar, masih minim cara untuk edukasi anak perempuanku.

    Pas banget nggak berapa lama ada webinar bersama Betadine, dan alhamdulillah jadi tercerahkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga bersyukur banget mbak dapat ilmu dari webinar bersama IIDN. Jadi tercerahkan

      Hapus
  7. Pas banget buat bekal saya yg punya anak gadis. Bakal dipraktekin klo dia nanya2 soal menstruasi. Nice info kaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kak. Alhamdulillah kalau bermanfaat ya

      Hapus
  8. Harus banget sih menurutku ortu punya keberanian mengedukasi anaknya sendiri soal ini karena klo masih ditabu-tabuin, sampai remaja si anak bakal kebingungan, malu, insecure sendiri. Dikira mens itu kaya dosa yg ditampakkan.

    Aku kudu ancang2 ini... Kayanya udah perlu yg sulung. Pakai gambar anatomi tubuh paling bener ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sepakat banget nih. Ngomongin menstruasi saat ini bukan hal tabu lagi

      Hapus
  9. Bener Mbak, ibu jadi kamus pertama anak mengenal menstruasi ya.

    BalasHapus
  10. Bener banget ini. Anak sekarang ya, umur 5-6 tahun udah tanya2 mengenai menstruasi. Eh, si shofa malah kadang kalo lagi malas sholat, dia bilang lagi haid. Hahaha tapi emang sih edukasi ini penting banget danbharus dijelaskan secara gamblang ya mba. Tips nya oke banget ini. Makasih ya mba. Semangat buat kita para ibu yang punya anak perempuan kritis...

    BalasHapus
  11. Keren nih artikelnya.. berguna buat anak klo uda nanya2 soal menstruasi. Thank u kaka ��

    BalasHapus
  12. Wah.. ibu atau orang tua harus siap dengan pertanyaan seputar menstruasi, ya? Wait.. bahkan jika anak laki2 kita bertanya, wah .. iya juga ya, kelak biar dia peduli dengan saudara perempuannya, istrinya, lalu anaknya

    BalasHapus
  13. Bener banget mbak pentingnya menjaga organ kewanitaan apalagi pas menstruasi. Soalnya bisa menyebabkan keputihan abnormal dan masalah lainnya.

    BalasHapus
  14. Whaa pas banget, Mbak, kemarin saya berhalangan ikut webinarnya. Terima kasih, Mbak Malica, saya jadi dapat pencerahan juga 💝

    BalasHapus
  15. Penting bgt edukasi buat ibu, anak-anak remaja plus buat laki-laki juga kan soal menstruasi.
    semoga makin banyak yang teredukasi soal menstruasi ya

    BalasHapus
  16. Belum punya anak perempuan sih tapi pastinya tetap butuh edukasi seperti ini biar gak tabu bahas soal menstruasi dengan anak nanti. Apalagi terkait manajemen kebersihan menstruasi ini penting banget diperhatikan ya Mbak

    BalasHapus
  17. Wah penting sekali ini informasi menyeluruh tentang kebersihan saat menstruasi karena ternyata itu bisa berdampak pada kesehatan reproduksi ya kak. Terimakasih sharingnya

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9