Cara Merawat Mobil Avanza dengan Baik Untuk Performa Optimal

Minggu, 06 Juni 2021

Cara merawat mobil avanza sebenarnya sama dengan merawat mobil pada umumnya. Dibutuhkan kedisiplinan kamu untuk memberikan perawatan terbaik. Selain itu, peka terhadap kenyamanan ketika berkendara juga membantu kamu merasakan apakah ada yang salah dengan mobil tersebut atau tidak.


Jika kamu menemukan masalah atau kendala pada mobil, maka segera periksa dan jangan mengulur waktu. Hal tersebut tentunya untuk mengantisipasi ketika terjadinya kerusakan tidak sampai merembet ke komponen yang lain.


Cara merawat mobil


Cara Merawat Mobil Avanza dengan Mudah


Avanza sendiri merupakan jenis mobil yang tidak terlalu rewel. Mobil keluaran Toyota ini merupakan salah satu mobil keluarga yang banyak menjadi pilihan. Jika dilihat dari tampilan desain body yang sangat modern, serta memiliki ukuran kabin yang cukup luas. Tentu membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman.


1. Avanza Segala Usia


Cara merawat mobil Avanza sangatlah mudah, namun jangan sampai kamu melewatkan hal-hal kecil. Sebab jika dibiarkan tentunya akan dapat berakibat fatal.Banyaknya populasi mobil Toyota Avanza di jalanan Indonesia ini bisa dikatakan bahwa mobil ini adalah mobil sejuta umat. Mulai dari generasi pertama hingga Avanza usia paling muda sudah ada di jalanan.


Salah satu alasan kenapa mobil ini banyak dijadikan pilihan adalah karena perawatannya yang mudah. Namun, meski tergolong mudah kamu juga tidak boleh menyepelekannya. Tetap lakukan perawatan rutin serta servis berkala untuk menjaga mobil selalu dalam kondisi prima.


Setiap jenis dan merek mobil tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan. Sehingga sebagai pemilik, tentu sangat perlu selalu mengamati keadaan mobil. Agar jika terjadi kerusakan pada mesin atau komponen yang lain, dapat segera dilakukan tindakan. 


Toyota Avanza yang sudah berumur lebih dari 5 tahun biasanya akan mengalami akselerasi yang terhalang disebabkan mesin tersendat oleh pedal gas pada saat diinjak. Bisa juga karena injektor bahan bakar kotor, karena busi yang aus atau juga karena kebocoran intake manifold.


Bisa juga disebabkan oleh oli yang tidak sesuai dengan yang standar pabrik. Hal lainnya adalah terkadang lampu indikator oli yang menyala tanpa disadari oleh pengguna mobil, sebab sudah merasa jika penggantian olinya dilakukan secara teratur. Penyebab dari menyalanya lampu indikator oli adalah saringan oli yang kemungkinan aus.


2. Perawatan  mobil avanza yang Mudah


Beberapa kekurangan dari mobil Avanza di atas tentu harus menjadi perhatian khusus untuk kamu semua. Untuk mengurangi resiko kerusakan yang ada tentu harus dengan perawatan yang efektif. Berikut ini adalah beberapa cara merawat mobil avanza yang dapat kamu lakukan.


3. Perawatan Mesin 


Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa salah satu kekurangan dari Avanza terletak pada bagian mesin yang sulit dihidupkan pada pagi hari atau ketika cuaca sedang dingin. 


Hal tersebut tentunya membutuhkan perhatian lebih terutama pada komponen seperti terminal aki yang memerlukan pembersihan, bisa juga karena mengendur atau mengalami penumpukan karat. 

Mesin sebagai salah satu fungsi penting dalam sebuah komponen kendaraan yang dapat menggerakan kendaraan, tentu akan menjadi masalah besar jika mengalami kendala mesin tidak berfungsi. 


4. Membersihkan Filter Udara AC


Salah satu hal yang sering luput adalah AC. Terkadang memang terdengar sepele sehingga sering diabaikan. Padahal filter udara AC jika dilihat secara dekan ada banyak sekali kotoran yang menumpuk dan dapat menyebabkan efek buruk pada kesehatan. Salah satu penyebab AC sudah tidak terasa sejuk bisa juga berasal dari filter udara yang kotor. Sehingga jangan sampai kamu lupa untuk mengecek setiap komponen secara berkala beserta detailnya.


5. Jadwal Mengganti Oli


Fungsi oli adalah sebagai pelumas pada setiap komponen yang ada di dalam mobil, agar ketika bergesekan tetap halus. Pastikan kamu menggunakan oli berkualitas sesuai standar pabrik. Memang mungkin sedikit lebih mahal, akan tetapi tentu sudah berkualitas yang sudah menjalani tes uji kelayakan. Penggantian oli sendiri juga harus secara rutin beberapa bulan setelah pemakaian. Biasanya untuk mobil baru sudah ada jadwal ganti oli tersendiri. Jika menurut kamu memang sudah waktunya untuk mengganti oli, maka segera untuk diganti.


6. Mencuci Mobil


Cara merawat mobil avanza selanjutnya adalah dengan sering mencucinya. Selain membersihkan bagian eksterior mobil, ternyata dengan mencuci juga dapat mengurangi dampak korosi. Terlebih jika kamu tinggal di daerah pinggir pantai, tentu korosi akan sangat mudah timbul jika kamu tidak sering mencuci mobil. Terkena air hujan pun juga dapat menimbulkan korosi atau karat pada mobil jika tidak segera dicuci. Dalam jangka panjangnya, tentu berdampak pada kerusakan komponen yang lain jika cara merawat mobil avanza kamu kurang baik.


Memilih Bengkel Perawatan


Memilih bengkel perawatan mobil tidak bisa sembarangan. Otoklix adalah tempat yang paling tepat. Selain itu ada pula event menarik berupa lomba blog Otoklix yang bisa kamu ikuti dan raih kesempatan memenangkan hadiah senilai jutaan rupiah. Mengusung tema "Otoklix sebagai partner servis dan perawatan mobil terpercaya". Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan hingga 30 Juni 2021.


Otoklix merupakan sebuah platform yang dapat membantu kamu untuk melakukan booking service maupun perawatan untuk mobil kamu. Ada banyak hingga 1000+ bengkel yang bermitra dengan Otoklix di daerah Jabodetabek.Sehingga kamu dapat memilih bengkel yang bermitra dengan Otoklix. Biaya yang perlu adan keluarkan pun sudah dirinci secara transparan di awal booking. Harganya pun lebih hemat hingga 50% dari bengkel resmi, namun meskipun harga murah tetap ada garansi 30 hari untuk kamu. Kunjungi segera website https://otoklix.com/ untuk segera booking perawatan mobil kamu.

 

1 komentar on "Cara Merawat Mobil Avanza dengan Baik Untuk Performa Optimal"
  1. memang perawatan rutin mobil perlu ay agar mesin tetap bagus

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9