Menilik Pentingnya Investasi Sejak Dini

Kamis, 01 April 2021


Banyak yang salah kaprah untuk memahami pentingnya investasi sejak dini. Karena tidak jarang yang beranggapan bahwa investasi harus dimulai dengan modal besar, karier sukses dan saat penghasilan besar. 

Memang tidak salah juga bila terdapat sebagian orang yang memiliki jalan pikiran seperti itu. Karena tentunya setiap orang memiliki referensinya masing- masing. Sehingga membuat sudut pandang terhadap investasi dini itu berbeda.

Namun perlu diketahui bahwa para pengusaha sukses dalam dunia investasi, sebagian besar adalah mereka yang berpengalaman sudah lama. Mungkin sudah tidak terhitung usaha jatuh bangunnya hingga sukses. Sehingga bisa dikatakan investasi sejak dini adalah hal yang penting untuk pembelajaran dan pengalaman.

Nah, sebelum ngomongin alasan kenapa investasi sejak dini itu penting, Anda juga harus tahu pengertian dari investasi guna menyamakan visi agar tidak salah pemahaman. 

Apa yang Dimaksud Investasi?




Menurut Wikipedia, Investasi adalah  suatu kegiatan menanamkan modal, baik langsung maupun tidak, dengan harapan ada waktu pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut. 

Jadi jika saya simpulkan, penanam modal atau investor ini sebenarnya tidak harus memiliki modal besar untuk berinvestasi karena dengan modal sedikit pun jika dia paham alur investasi, pastinya akan menghasilkan. 

Lagipula si investor di sini ibaratnya menitipkan keuangan mereka yang mungkin sengaja dijadikan Passive income sebagai tabungan di masa tua untuk dikelola ahlinya. Cukup menarik, kan? 

Alasan Pentingnya Investasi Sejak Dini 


Muda sukses, tua pensiun dan mati masuk surga adalah impian dari kebanyakan orang di Indonesia. Apalagi saat muda sudah terjun dalam dunia bisnis dan memiliki aset di mana- mana. Sehingga ketika masa tua adalah masa di mana dirinya menikmati bersama keluarga tercinta hasil dari jerih payah saat muda. 

Semua itu seperti layaknya impian yang terus diusahakan bagi setiap orang yang berjibaku dengan urusan bisnis dan keuangan. Namun tentunya hal tersebut bisa digapai oleh setiap orang dan bukan hanya sekadar impian belaka. 



Sukses di usia muda adalah salah satu yang tidak langka di zaman ini. Karena bila berkaitan dengan kesuksesan seseorang, maka erat kaitannya dengan kerja keras tanpa henti. Oleh karena itu, salah satu untuk menggapai impian itu adalah berinvestasi sejak dini.

Nah, jika Anda penasaran dengan investasi dan kenapa harus melakukan investasi sejak dini, saya coba mengambil sumber dari investbro.id tentang alasan pentingnya di masa muda untuk melirik investasi. 

Kenapa demikian? 

Ketahuilah, investasi sejak dini adalah langkah awal di mana kita akan belajar menemukan aliran uang kita sendiri. Memang yang namanya dunia investasi itu selalu susah ditebak. Apalagi bila kita bukanlah seorang analisator handal di dunia investasi. 

Namun tentunya seorang ahli sekalipun akan mengalami masa- masa pembelajaran. Karena di masa- masa pembelajaran itulah seseorang ditempa akan keseriusan dan kegigihannya, sebelum nanti dirinya memetik buah dari hasil kerja kerasnya.

Maka contoh kecil yang bisa kita lakukan adalah memulainya tanpa banyak pikiran. Karena bila kita terlalu berpikir berlebihan, maka kesempatan pun akan hilang dan sirna. Hal inilah yang harus diimplementasikan kepada pola pikir di dunia investasi.

Maka bagi siapapun yang hendak terjun dalam dunia investasi, setidaknya harus belajar untuk membuka pola pikir seluas- luasnya. Terutama memulai langkah sejak dini, dengan tujuan bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan saja. 

Berikut adalah hal- hal penting saat kita hendak memulai investasi sejak dini:

1. Merasakan Asam Garam Dunia Investasi


Dunia investasi merupakan dunia yang tidak bisa dianggap remeh. Karena setiap individu yang terjun dalam dunia investasi sangatlah keras. Dalam artian bahwa setiap orang yang terjun dalam dunia investasi adalah orang- orang serius akan masa depannya.

Sehingga tidak ada waktu untuk main- main karena investasi akan terus berkaitan dengan perpacuan waktu, ekonomi, sosial dan budaya. Sehingga kita tidak pernah mengetahui dunia investasi itu seperti apa, bila kita tidak mencobanya semenjak dini. 

Ketika kita mencobanya maka kita akan dipertemukan oleh kesempatan, peluang, kerugian dan keberuntungan. Semua itu adalah untuk mencari pengalaman akan dunia investasi.


2. Investasi Tidak Selalu Bermodal Besar


Pola pikir kebanyakan terhadap sebuah investasi adalah modal besar. Sehingga banyak yang mengurungkan niatnya untuk memulai investasi. Padahal memulai investasi tidak selalu harus memakai modal yang tinggi. 

Kita sejatinya dapat memulai sebuah investasi kecil- kecilan. Banyak sekali peluang investasi kecil yang terdapat di sekitar kita tanpa kita sadari. Bahkan pedagang asongan sekalipun memiliki nilai investasi yang baik bila kita jeli.

Bermain dalam dunia investasi kecil- kecilan sangatlah penting untuk pengalaman. Karena sejatinya investasi akan selalu terkait dengan transaksi jual beli dan investasi kecil maupun besar akan tidak jauh berbeda. Sedangkan yang membedakannya adalah nominal.


3. Membentuk Mental Dan Peluang




Memulai investasi semenjak dini sangat penting untuk membentuk mental seorang investor. Bila sudah terbiasa berinvestasi, maka mental pun akan terbentuk dengan seiring berkembangnya pengalaman.

Bila bertanya kepada investor senior, maka mereka selalu memberatkan kepada kata “mental” di samping sebuah nominal atau modal. Beberapa investor senior selalu menitikberatkan kepada pengalaman dan sikap.

Tentunya berinvestasi semenjak dini ini akan membentuk mental dan menimbulkan peluang. Peluang sendiri akan terbentuk karena sepak terjang kita dalam dunia investasi. 


4. Jangan Ragu Untuk Memulai


Seperti yang telah dibahas di atas, bahwa hal penting yang harus dimiliki calon investor adalah pembentukan mental investor sukses. Karena pembentukan mental adalah hal dasar yang harus dimiliki seorang investor.

Jangan ragu untuk memulai investasi dari nilai yang kecil. Karena berangkat dari situlah kita akan mengetahui pahit manisnya saat memulai investasi. Sehingga pentingnya investasi sejak dini akan menentukan kecerahan masa depan seorang investor sukses.

Kesimpulan


Tak perlu mempunyai banyak uang atau modal besar untuk berinvestasi. Anda cukup jeli dalam mengambil peluang dan bentuk mental dengan baik.

Ketika gagal berinvestasi, Anda tidak bisa langsung mengatakan telah gagal. Coba lagi dan coba lagi, lalu belajarlah dari pengalaman. 

Selamat mencoba!
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9