Bingung Modal untuk Bisnis? Begini Cara Pinjaman Uang Online Mudah

Sabtu, 06 Maret 2021


 

Pinjaman uang secara online saat ini sepertinya bukan hal yang asing lagi. Semakin banyak tempat pinjaman online yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan dana atau modal untuk bisnis. Pinjaman online dinilai lebih efektif karena persyaratan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Proses pencairan dananya pun cepat dan mudah.

Jenis pinjaman yang diberikan biasanya beragam, bergantung pada kebutuhan dan kemampuan peminjam dana. Jasa pinjaman yang diberikan biasanya juga diberikan tambahan biaya yang disebut sebagai bunga utang. Begitu pula dengan batas waktu, biasanya tiap pinjaman memiliki batas waktu tertentu sesuai perjanjian yang telah disepakati.

Kenapa Harus Meminjam Uang untuk Modal Bisnis? 




Tak dimungkiri, bisnis apa pun tak lepas dari butuh modal. Bisnis digital pun, sedikit banyak harus ada modal yang dikeluarkan. Namun bagaimana jika ingin bisnis, sementara modal belum ada? 

Jawaban masuk akal adalah menabung. Jadi, menabunglah terlebih dahulu. Hanya saja, Anda membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan budget bisnis sesuai yang diinginkan. Terus gimana dong? 

Solusi kedua, karena menabung membutuhkan waktu yang cukup lama, sementara bisnis ingin segera dijalankan. Maka cara lain adalah dengan mencari pinjaman. Anda bisa mencari bantuan pinjaman kepada kerabat atau teman dekat.

"Duh, kalau pinjam sama keluarga sendiri itu, nggak enak. Takut bermasalah di kemudian hari. Kalau pinjam teman, risikonya sama aja deh."

Nah, jika cara kedua dengan meminjam keluarga atau teman dekat bukan solusi yang tepat. Anda bisa mencoba cara yang ketiga, yakni mencoba layanan pinjaman online. Namun, sebelum memutuskan memakai layanan pinjaman online, Anda harus mempelajari detail prosedur maupun persyaratan cara meminjam dengan benar. Agar tak ada masalah di kemudian hari. 

Cara Mengajukan Pinjaman Uang Online di CekAja




Banyak aplikasi pinjaman yang melayani pinjaman online, salah satunya adalah melalui aplikasi CekAja. 

Aplikasi ini mulai banyak digunakan karena memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya adalah sifatnya yang praktis serta tidak membutuhkan waktu yang lama. Lalu bagaimana cara mengajukan pinjaman uang di CekAja? berikut tata caranya:


1.Berstatus Sebagai Warga Negara Indonesia


Syarat mutlak yang harus dipenuhi saat mengajukan pinjaman online adalah harus terdaftar sebagai warga negara Indonesia. 

Sebagian besar, baik itu bank atau lembaga keuangan yang lain keberatan menerima pengajuan dari orang asing. Penyebabnya warga negara asing berpotensi besar tidak melakukan pengembalian dana. Status WNI ini harus dibuktikan dengan kepemilikan KTP.


2. Usia Minimal 21 Tahun dan Maksimal 60 Tahun


Sama halnya dengan pinjaman biasa, pinjaman online meskipun peraturannya lebih longgar, batasan usia juga diberlakukan. Batas minimal untuk dapat mendapatkan pinjaman uang secara online adalah berusia 21 tahun. Sedangkan batas maksimalnya adalah 60 tahun.

3. Memiliki Pendapatan Tetap


Syarat lain yang harus dipenuhi ketika mengajukan pinjaman online adalah memiliki pendapatan tetap.  Setidaknya calon peminjam harus sudah bekerja minimal 3 bulan pada perusahaan tertentu. Sebagai bukti, saat mengajukan harus melampirkan bukti gaji. Pinjaman online pun biasanya menetapkan batas pendapatan minimum. Jika pendapatan dibawah minimum, maka otomatis akan ditolak.


4. Memenuhi Segala Persyaratan yang Dibutuhkan


Sebagai langkah awal dalam mengajukan pinjaman uang di CekAja adalah dengan menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan. Misalnya saja kartu identitas diri, slip gaji, SIUP, kartu keluarga dan yang lainnya. Pastikan bahwa persayaratan yang disiapkan telah sesuai dengan permintaan agar tidak ada kesalahan pada saat proses pengajuan dilakukan.


5. Memeriksa Kembali Dokumen dan Data yang Akan Diberikan


Apabila semua persyaratan telah terpenuhi dan lengkap, pastikan dahulu bahwa Anda memeriksa ulang dokumen tersebut. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kesalahan , pasalnya segala dokumen yang disiapkan nantinya akan melalui proses verifikasi secara digital. Akan lebih baik jika Anda tidak memalsukan dokumen apapun karena jika terjadi, maka akan dianggap sebagai calon peminjam yang berisiko.

6. Perhatikan Skor Kredit


Jika Anda termasuk orang yang memiliki skor kredit buruk, sebaiknya harus waspada. Sebab layanan pinjaman online akan sulit memberikan pinjaman kendati syarat yang dibutuhkan termasuk mudah. Begitu pula dengan prosesnya.

Banyak kasus yang terjadi, calon nasabah yang memiliki skor kredit buruk dan dinyatakan lolos pada saat verifikasi, kemungkinan besar kelak akan bermasalah. Seperti terjadi kredit macet dan yang lainnya. 

Untuk itu sebelum layanan pinjaman memverifikasi masalah tersebut, ada baiknya Anda menilai sendiri tentang tanggung jawab terhadap sebuah pinjaman.  Tanggungjawab kedisiplinan yang harus dinilai mulai dari pembayaran tagihan, kemampuan bayar dan kemampuan keuangan dalam menanggung hutang yang baru.

7. Memiliki Rekening Sesuai dengan KTP


Karena pinjamannya berbentuk online, sudah pasti calon peminjam harus memiliki rekening untuk menerima dana. Rekening yang diminta sebagai syarat adalah rekening yang memiliki nama sesuai dengan KTP calon peminjam.


8. Pilih Jasa Pinjaman yang Kredible


Sebagai orang awam dan pemula dalam pinjaman online, pengetahuan tentang tata cara dan seluk beluk pinjaman online pasti belum terlalu banyak. Banyaknya layanan pinjaman online juga harus Anda waspadai karena tidak semua layanan tersebut dapat dipercaya.

Untuk itulah, sebaiknya sebelum mengajukan pinjaman lakukan survei terlebih dahulu. Mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan layanan pinjaman dari berbagai sumber saat ini bukanlah hal yang sulit. Jika memungkinkan Anda bisa bertanya pada orang yang pernah menggunakan jasa layanan pinjaman online tersebut.

CekAja merupakan aplikasi pinjaman uang online yang mudah dan praktis sekali, yang pastinya calon peminjam bisa memenuhinya. Tidak hanya pinjaman online, di CekAja Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dan layanan terkait pinjaman dan informasi keuangan lainnya.

Nah, salah satu pinjaman online di CekAja yang paling laris dan sangat disarankan untuk pelaku bisnis adalah kredit tanpa agunan. Anda bisa cek di sini https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan. Kenapa recommended? Karena selain bunganya kompetitif (Bunga 0 persen), prosedur pengajuan praktis dan pencairan dana relatif cepat. Yuk, kepoin segera!
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9