5 LANGKAH CERDAS SEBELUM SEWA RUMAH IDEAL

Senin, 09 Maret 2020

Langkah Cerdas Sebelum  Sewa Rumah yang Ideal - Ingin memiliki hunian nyaman permanen tapi terkendala modal? Solusi cerdas, Anda bisa mengawalinya dengan sewa rumah. Meski kenyataannya, mencari rumah yang disewakan sesuai impian itu melelahkan dan penuh dengan rintangan. Misalnya kasus yang seringkali dihadapi adalah tentang ketidakcocokan terhadap kondisi rumah, harga terlalu tinggi, lokasi tidak strategis, dan beberapa hal yang membuat ragu. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena setiap masalah, pasti ada solusi yang tepat. Begitupun dengan menemukan sewa rumah yang Anda impikan. Sebaiknya, jangan terlalu terburu-buru. Penting bagi Anda untuk melakukan beberapa persiapan supaya proses sewa rumah berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. 

Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak ingin menyesal kemudian hari dalam hal sewa rumah, penting juga Anda mengetahui beberapa tips bagaimana menyewa rumah yang benar demi mendapatkan hunian yang nyaman, serta terhindar dari masalah di kemudian hari. 

  1. Harga Terjangkau Sesuai Kemampuan



Pertama kali yang perlu Anda lakukan adalah menghitung berapa budget yang dimiliki untuk menyewa rumah sesuai harapan. Bila perlu sesuai dengan kemampuan Anda. Nggak perlu terlalu ngoyo demi mendapatkan rumah impian, sementara budget yang dikeluarkan modal berutang, ya.

Untuk prosesnya, memilih rumah sewa itu memiliki sistem per bulan maupun per tahun. Nah, Anda bisa melakukan negoisasi dengan pemilik rumah tentang sistem pembayaran disesuaikan dengan kondisi finansial Anda. 

2. Survei Rumah Itu Penting


Harga harus sesuai dengan kualitas. Jangan sampai kebalik, ya. Jangan sampai Anda menginginkan rumah sewa mewah dengan fasilitas lengkap, sementara budget keuangan yang Anda keluakan pas-pasan. Tentu hal tersebut sangat jarang ada. 

Jadi, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah survey keadaan rumah terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya dengan bertanya kepada orang-orang di sekitar rumah yang akan disewa tersebut. 

Adapun beberapa hal yang wajib Anda tanyakan adalah tentang bagaimana keadaan lingkungannya, bagaimana sistem sewa rumah, serta fasilitas apa saja yang akan didapatkan. Nah, jika hal tersebut sudah Anda lakukan, langkah selanjutnya adalah memantapkan niat. 

3. Selaraskan Antara Lokasi Rumah dengan Kebutuhan


Perlu diingat, hindari menyewa rumah hanya karena desain arsitektur rumah bagus. Karena hal utama yang dijadikan pertimbangan untuk memutuskan menyewa rumah adalah dilihat dari segi lokasinya. Kira-kira, sudahkah lokasi rumah menyesuaikan dengan aktivitas yang Anda lakukan? Misal, jarak ke kantor, kampus, maupun tempat sekolah anak cukup strategis dan mudah dalam mencari transportasi umum. 

4. Periksa Kelayakan Rumah dengan Teliti


Jika Anda sudah menemukan rumah sewa yang nyaman dan klik di hati. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memeriksa dengan teliti, apakah rumah tersebut layak untuk ditempati? 

Anda bisa memeriksa bagian-bagian rumah, mulai dari tampilan arsitektur, kondisi interior rumah, maupun kondisi air lancar atau tidak. Kenapa? 

Sebab, hal-hal di atas bisa meminimalisir kesalahpahaman sekaligus penyesalan di kemudian hari. Jadi ketika Anda meneliti kondisi rumah sebelum menyewanya, lalu ketika ada atap bocor, kran air rusak, atau jendela rusak. Maka Anda bisa mendiskusikaannya dengan pemilik rumah sebelum menandatangani kontrak. 


5. Pahami dan Cermati Isi Surat Kontrak Rumah 


Dalam menyewa rumah juga sangat penting bersikap profesional, yaitu mintalah surat perjanjian kontrak resmi sewa rumah pada pemilik rumah. 

Nah, apabila Anda sudah mendapatkan surat kontrak resmi tersebut, maka pahami dan cermati poin-poin apa saja yang sudah tertulis dalam surat kontrak sewa rumah. 

Jika ada poin yang tidak dipahami, Anda punya hak untuk bertanya. Tentu, tujuannya selain agar menempati hunian nyaman tanpa masalah, baik Anda maupun pemilik rumah tidak merasa dirugikan di kemudian hari. 

Bagaimana, keren sekali bukan tipsnya? Anda bisa mempraktikkannya sebelum memutuskan untuk sewa rumah, ya. Tak lain tujuannya supaya penyewa rumah nyaman, pemilik rumah pun senang. Oh ya, untuk referensi sewa rumah, Anda bisa kunjungi situs www.sewarumah.net sebagai bahan pertimbangan yang matang dalam memilih rumah yang akan disewakan. 

Atau mungkin Anda tertarik memiliki hunian nyaman di sekitar daerah Bintaro? Kabarnya, Bintaro merupakan kawasan pencarian perumahan dengan harga terjangkau. 

Sewa rumah di Bintaro juga kerap dilengkapi fasilitas yang menunjang kehidupan sehari-hari, seperti fasilitas kesehatan, pendidikan, perbelanjaan, dan pusat hiburan yang tidak sedikit. Wah, pasti sangat menyenangkan bukan? Yuk, selamat berburu hunian nyaman yang menjadi impian ya! 
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9