15 Peluang Kerja dari Rumah yang Nggak Bikin Mati Gaya

Senin, 23 Maret 2020
peluang kerja rumahan

Akhir-akhir ini, seluruh dunia dibuat heboh dengan hadirnya virus Corona atau Covid-19. Virus yang bermula di kota Wuhan ini, ternyata tidak hanya membuat banyak orang harus waspada. Tetapi juga mengundang kepanikan berlebih yang kerap bikin pikiran down

Tak hanya itu saja, Virus Corona juga bikin orang mati gaya jika menyangkut pekerjaan. Sebagian dari kita sempat berpikir tidak bisa memanfaatkan peluang kerja dari rumah selama pandemik covid-19 belum ditemukan solusinya. Padahal jika dikaji kembali, saat ini kita sudah hidup di era digital yang dari hari ke hari semakin ngetren. Jadi perihal pekerjaan, bukankah bisa dikerjakan dari rumah?

Memang sih tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah, seperti pedagang kaki lima misalnya. Tetapi tidak lantas membuat Anda pesimis apalagi mati gaya, kan?

Saya pribadi adalah mantan pekerja offline. Namun karena sebuah pilihan, saya pun memutuskan bekerja dari rumah dengan menjadi tenaga freelancer. Hal ini tidak hanya memudahkan saya sebagai seorang single parent dengan dua anak yang masih balita dalam menghemat waktu, tetapi juga menantang saya untuk terus produktif. 

Nah, berikut bocoran peluang kerja dari rumah yang patut Anda coba segera. Dan tidak hanya berlaku selama virus corona sedang booming. Namun Anda bisa menjadikan pekerjaan secara online ini sebagai profesi jangka panjang, lho. 

1. Content Writer


Peluang kerja dari rumah


Sebelum ada kebijakan work from home akibat virus corona. Sebenarnya sejak tahun 2017, saya sudah memanfaatkan peluang kerja online dari rumah dengan menjadi seorang content writer. Sebuah profesi menulis dengan membuat tulisan artikel untuk sebuah website. 

Nah, bagi Anda yang hobi menulis, saya sangat menyarankan untuk menekuni profesi sebagai content writer ini. Meski gaji yang ditawarkan tidak banyak, yaitu sekitar 20 ribu hingga 25 ribu tiap artikel. Tetapi seiring dengan banyaknya jam terbang menulis, kualitas Anda tidak akan diragukan lagi. Juga tidak menutup kemungkinan jika gaji di atas akan naik. Pokoknya, nikmati saja. Proses menulis akan menjawabnya.

Baca juga : Resep Single Parent Tangguh dan Produktif dari Rumah

2. Penulis Buku


peluang kerja online dari rumah
www.unsplash.com

Anda yang memiliki kemampuan sangat baik dalam menulis. Tidak ada salahnya untuk mencoba menulis buku. Dimana gagasan Anda nantinya akan diterbitkan oleh penerbit, dan bisa dinikmati banyak orang.

Namun, ada kalanya menjadi penulis buku harus sabar. Butuh proses panjang dalam menghasilkan sebuah karya yang layak baca sehingga Anda harus benar-benar mumpuni. 

Nah, menjadi penulis buku ini pun memiliki banyak jalan. Jika ingin karya yang diterbitkan tanpa biaya dan tembus penerbit besar, maka mulailah uji nyali untuk mengajukan naskah ke penerbit mayor sekelas Gramedia, Elexmedia, Bentang Pustaka, Penerbit Andi, dan lain-lain. 

Yang perlu diingat, untuk nangkring di penerbit besar tersebut Anda butuh proses cukup panjang, sebab naskah yang masuk harus melalui seleksi terlebih dahulu. 

Akan tetapi jika Anda ingin karyanya cepat dinikmati pembaca tanpa antre naskah, Anda bisa mencoba menerbitkan secara indie publishing. Yang jadi pertanyaan, lebih menguntungkan yang mana? 

Keduanya sama menguntungkan. Hanya saja berbeda proses. Pun menjadi penulis buku ini apabila karyanya tembus ratusan hingga ribuan eksempler. Tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan penghasilan yang menggiurkan. Mau coba? 

3. Bloger


Peluang kerja dari rumah
www.pinterest.com

Masih seputar menulis, ya. Tetapi kali ini tentang peluang kerja rumahan yang cukup ngehits. Walaupun sebenarnya profesi sebagai bloger ini sudah lama muncul, akan tetapi berkembangnya era digital membuat peluang menjadi bloger semakin diminati. 

Dengan menjadi bloger, Anda bisa berpenghasilan dari menekuni sebuah blog. Rata-rata pekerjaan seorang bloger bisa didapatkan melalui iklan Google Adsense, tawaran content placement, guest post, endorse, review produk maupun jasa, juga sebagai influencer di media sosial. Nah, berniat untuk mencoba? 

4. Resensor 


Peluang bekerja di rumah
www.pinterest.com

Untuk peluang pekerjaan satu ini bisa dibilang tidak mudah mendapatkannya. Sebab, Anda harus bersaing dengan beberapa resensor lainnya agar karya bisa diterbitkan di media cetak sekelas Koran Jakarta, Lampung Post, dan lain sebagainya. Meski demikian, Anda tetap bisa mencobanya. Siapa tahu nih, karya yang Anda kirim berkali-kali menemukan jodoh media cetak yang sesuai. 

5. Ghost Writer 


peluang kerja dari rumah 2018
www.pinterest.com

Peluang bekerja di rumah dengan mengambil profesi sebagai ghost writer bisa menjadi pilihan yang tepat, jika kemampuan menulis Anda tak diragukan lagi. 

Sebab profesi menulis ini cukup menjanjikan, tetapi juga banyak tantangan. Ghost writer bisa dibayar jutaan hingga puluhan juta hanya membuat satu karya buku. Akan tetapi, gaji yang diberikan bergantung pada kualitas tulisan serta penulisnya, ya. 

Apalagi untuk menjaga kepercayaan klien bahwa nanti karya tersebut akan menjadi tulisan layak jual, maka ghost writer harus memiliki bukti portofolio yang tidak sedikit alias buku yang pernah dia tulis berjumlah banyak. 

Oh ya, emang ghost writer apaan? Disebut ghost writer tersebab posisi penulis di sini sering tidak disebutkan di bagian cover buku setelah karya resmi diterbitkan. Karena posisi seorang ghost writer di sini hanya membantu menuliskan sebuah karya, sementara nama pengarang adalah seseorang yang menyewa jasa ghost writer disebut.

Selain itu, Ghost Writer harus melakukan perjanjian khusus dengan si penggagas ide, yaitu pengarang. Bahwa nanti karya yang sudah ditulis oleh GW ini memang berdasarkan pemikiran pengarang dan juga gaya tuturan pengarang. 

6. Copywriter


peluang kerja dari rumah 2019
www.unsplash.com

Anda jago membuat iklan? Profesi sebagai copywriter ini cukup memiliki peluang besar akhir-akhir ini. Dengan banyaknya pengusaha online yang menekuni dunia bisnis secara online, tentu mereka membutuhkan tulisan iklan yang menjual. Nah, di sinilah kesempatan Anda untuk membuktikan bahwa Anda mampu menjadi seorang copywriter Andal. Copywriter yang mampu meramu tulisan iklan, tapi orang yang baca iklannya berasa tidak diiklanin. 

7. Web Developer


peluang bisnis kerja dari rumah
www.pinterest.com

Sebenarnya menciptakan peluang bisnis kerja dari rumah itu tidaklah sulit. Modal yang Anda butuhkan hanyalah keahlian, laptop, dan data internet. Jika ketiga modal ini sudah Anda miliki, selanjutnya adalah memperluas networking. Kemudian tahap lanjutan adalah action secara konsisten. Seperti profesi web developer ini. Salah satu profesi yang bisa dikerjakan sangat nyaman secara online. Bahkan gaji yang diterima di rumah, web developer bisa mengaturnya sendiri. Kok bisa?  

Mengambil hikmah dari cerita seorang teman yang ahli di bidang internet telekomunikasi. Bahwa seiring dengan perkembangan dunia digital, tidak sedikit para pebisnis memanfaatkan website sebagai toko online, landing page, maupun blog personal untuk memperluas networking bisnis. Di sinilah seorang web developer mulai bekerja membantu menemukan solusi para pebisnis, yaitu membantu bagaimana membuat blog sekaligus cara optimasi web dengan benar. 


8. Marketing Online 


peluang usaha bekerja dari rumah
www.unsplash.com

Marketing online adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang mana lebih mudah dijangkau konsumen secara tepat waktu dan relevan. Jadi untuk peluang kerja satu ini sebenarnya tidak terlalu sulit. 

Intinya, Anda hanya membutuhkan modal data internet, mampu mengolah konten dengan sangat cerdas sehingga iklan yang ditawarkan terasa lebih ngalir dan menghipnotis pelanggan, memiliki sosial media, dan paham tentang teknik SEO. 

Sementara untuk peluang usaha bekerja dari rumah di bidang marketing online ini, di antaranya adalah admin media sosial, endorser, buzzer, influencer, graphic desainer, affiliater, marketer, dropshipper, account manager, dan lain-lain. 

Nah untuk menjalani profesi marketing online memang tidak mudah, tapi Anda boleh mencobanya.  Yang terpenting, Anda menjadi pribadi yang luwes ketika melakukan penawaran di media sosial. Meracik kalimat dengan sangat elegan, sehingga iklan yang dibuat nggak garing dan monoton. Tertarik?

Baca juga : Menyikapi Social Distance Bagi Pekerja di luar rumah 

9. Editor Lepas


peluang bekerja dari rumah
www.unsplash.com

Bagi Anda yang hobi menyalin, memeriksa, memperbarui, serta mengatur konten dengan menarik sesuai kaidah bahasa Indonesia, maka menjadi Editor lepas adalah pilihan yang tepat sekali. Seiring melambungnya dunia literasi saat ini, Editor lepas merupakan salah satu profesi yang cukup digemari dan menjanjikan. 

Berdasarkan survey, Editor lepas bisa bekerja dari rumah dengan penawaran gaji yang cukup memuaskan. Tapi ingat, untuk menekuni profesi Editor lepas ini, biasanya sebagai langkah awal diberlakukan sistem magang untuk pemula. 

10. Vlogger


peluang kerja dari rumah 2020
www.freepik.com

Apakah Anda adalah seorang yang kreatif dan pintar dalam membuat video secara online? Misal, Anda mampu membuat tips hobi fashion tapi bisa belanja yang low budget tanpa bikin dompet kering.

Anda bisa membuat tips dan trik tentang fashion dan belanja tadi dikemas dengan video unik yang cukup mengundang banyak subscriber. Dipastikan profesi vlogger ini menjadi peluang kerja dari rumah dengan gaji menggiurkan.

Tugas Anda sebagai vlogger hanya memiliki akun channel youtube, mengisi video dengan konten yang menarik, konsisten, dan bagikanlah ke media sosial. Yup, hingga akhirnya menjadi seleb vlogger layaknya artis, pun tidak sekadar impian.

11. Penjual Online


peluang kerja rumahan
www.argiaacademy.com

Tidak sedikit  ibu rumah tangga yang tadinya berkarir di luar rumah memutuskan menjadi full time mom dengan berjualan secara online. Mereka  berbisnis disela kesibukan mengurus keluarga. Dan bisnis yang dijalani pun cukup beragam, seperti bisnis fashion, kuliner, produk kesehatan dan kecantikan, buku edukasi, accesoris, agen travel, dan masih banyak lagi. Intinya menjadi penjual online harus kuat mental serta membangun branding demi dapur terus mengepul. 

12. Translator atau Penerjemah


peluang bekerja di rumah
www.unsplash.com

Jika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing atau bahasa lokal daerah, maka pekerjaan sebagai penerjemah bisa dijadikan profesi yang ditekuni. 

Di luar sana, banyak peluang kerja di bidang ini, hanya disayangkan cukup minim informasi. Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang ini, jangan segan berburu job secara online. Carilah informasi melalui google dengan sumber terpercaya. Dan pastikan, Anda tidak takut untuk mencoba. 

13. Gamer


peluang kerja dari rumah 2020
www.pinterest.com

Rata-rata dari kita menganggap bermain game memberikan dampak negatif pada pelaku gamer. Padahal, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. 

Setelah saya mengikut event blogger 2019 tahun lalu tentang launching sebuah produk elektronik. Ternyata, laptop khusus untuk pelaku gamer ada tipe khusus. Dan konon bisa menghasilkan uang dari sana. 

Untuk pelaku gamers sendiri, peminat terbanyak masih diduduki oleh generasi milineal. Tapi meski demikian, bukan berarti mereka kecanduan ngegame ya. Akan tetapi, mereka menjadikan game sebagai sebuah profesi. Intinya, teknologi akan bermanfaat jika berada di tangan yang tepat. 

14. Tutor Online 


peluang usaha bekerja dari rumah
www.thinkingforlearning.com

Sudah banyak bermunculan ruang belajar online yang bisa diikuti oleh anak-anak di rumah. Mereka tidak perlu pergi ke luar hanya untuk menerima materi pelajaran. 

Saat ini, pelaku tutor online cukup menjadi pekerjaan yang cukup digandrungi, apalagi setelah mewabahnya virus Corona. Semua akses pembelajaran di sekolah diberhentikan sementara waktu. Akan tetapi selama belajar di rumah, Anak-anak belajar online bersama guru. 

Nah, inilah sebenarnya kesempatan Anda untuk mencari lowongan sebagai Tutor Online. Tidak hanya menyenangkan, tetapi kreativitas Anda sebagai seorang pendidik pun akan meningkat. 

15. Animator 


peluang bekerja dari rumah
www.pinterest.com

Apabila Anda memiliki keahlian dalam mendesain sebuah gambar artistik dan kreatif, lalu menciptakannya ke dalam animasi video, gambar, game atau jenis media lainnya. Maka Anda bisa mengambil peluang kerja dari rumah dengan menjadi animator freelance. Konon, di  luar negeri, profesi ini sangat digemari dan bisa mendapatkan  income antara 25 hingga 160 dollar, lho. 

Nah, demikianlah peluang kerja dari rumah yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Di atas adalah sebagian kerja online yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil analisa pengalaman teman.

Jadi sebenarnya masih banyak peluang yang bisa dikerjakan dari rumah yang pastinya nggak bakalan bikin Anda mati gaya saat Corona Virus melanda. 

Namun yang harus diingat, dalam menjalankan work from home agar tetap menyenangkan dan menjadi profesi di masa depan, tentunya Anda harus memiliki target yang jelas, perencanaan matang, komitmen, serta disiplin tinggi pada diri sendiri. Nah, sudahkah Anda siap? 



3 komentar on "15 Peluang Kerja dari Rumah yang Nggak Bikin Mati Gaya"
  1. Banyak juga yang bisa dikerjakan dari rumah, jadi menulis bukan hanya sekedar hobby melainkan bisa menambah pundi2 rupiah kita juga

    BalasHapus
  2. Sukaaaaaaa....pake banget.... thanks ide nya mba....😍

    BalasHapus
  3. Yuni tu masih harus berangkat ke kantor setiap hari. Tapi Yuni juga kerja dari rumah dong. Nulis. Nulis apa aja. Terus dishare di blog.

    Btw, Yuni udah bisa lah ya dibilang blogger. Yah, meski masih amatir sih.

    uhuk,,,uhuk,,,

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9