Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Sewa Tempat Usaha

Rabu, 15 Januari 2020

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam memulai sebuah usaha adalah menentukan tempat usaha. Dapat berupa toko, rumah pribadi, kios, dan lainnya tergantung jenis usaha yang dimiliki Lokasi yang strategis akan sangat mempengaruhi pemasaran dan menentukan laris/tidaknya produk atau jasa yang dijual. 

Anda bisa menggunakan rumah pribadi untuk memulai usaha, namun tidak ada salahnya coba memilih tempat usaha disewakan bila memiliki modal yang cukup besar. 

Ada berbagai jenis bangunan yang biasa digunakan dalam usaha tergantung besar-kecilnya bangunan tersebut. Mari baca ulasan berikut ini.

1. Stand

Jenis tempat usaha ini biasanya berbentuk booth atau gerobak. Bersifat fleksibel, semi permanen, dan mudah dibongkar pasang. Stand biasanya ada saat pameran atau festival, namun bisa juga dibuka di pinggir jalan, misalnya stand makanan. 

2. Kios

Kios bersifat permanen dan ukurannya lebih kecil daripada toko. Umumnya kios dikelola oleh pihak ketiga seperti pasar atau mall. Kios-kios kemudian disewakan dan diberi fasilitas seperti air dan listrik.

3. Toko

Toko merupakan bangunan permanen, ukurannya bervariasi mulai dari kecil hingga besar, tergantung jenis produk yang dijual. Memiliki fasilitas lengkap seperti listrik, air, kamar kecil bahkan gudang.

4. Warung, cafe, dan restoran


Warung identik dengan tempat berjualan makanan, ukurannya juga bervariasi. Ada warung pinggir jalan, hingga warung besar. Cafe umumnya adalah tempat berkumpul untuk minum kopi. Ukuran bangunannya pun bervariasi. Sedangkan restoran merupakan tempat makan dengan konsep khusus, didesain mewah dan menjual makanan yang sedikit mahal.

5. Ruko


Ruko adalah rumah toko. Bangunan ini digunakan oleh setiap jenis usaha karena sifatnya yang permanen dan menyatu dengan rumah. Umumnya, ruko berbentuk bangunan bertingkat dua hingga lebih. Pada bagian bawah digunakan sebagai sedangkan pada bagian atas dijadikan tempat tinggal.

6. Gudang 


Ini diperuntukkan menyimpan stok barang-barang atau produk yang belum terjual. Umumnya bersifat permanen dan bentuknya besar serta luas. Ada gudang yang terpisah dengan toko utama. Namun ada juga gudang yang menyatu dengan bangunan toko.

Berdasarkan ulasan di atas, salah satu bangunan yang menjadi favorit untuk digunakan sebagai tempat usaha adalah ruko. 

Tempat usaha makanan seperti warung, kafe, restoran hingga menjual bunga, peralatan tukang, bahan bangunan, atau toserba dapat menggunakan ruko. 

Kelebihan ruko adalah lebih fleksibel dalam mengatur waktu operasional usaha. Kedua, kamu bisa meminimalisir modal karena dua fungsi ruko sekaligus, dimana bisa menjadi  tempat tinggal dan tempat usaha karena dalam satu tempat yang sama. Ketiga,  lebih maksimal mengawasi usaha seperti pengawasan barang, stok, penjualan dan hal yang berhubungan dengan usaha. Terakhir, keluarga tetap dapat diawasi karena berada dalam satu lingkungan.

Anda memutuskan untuk menyewa ruko sebagai tempat usaha, maka ada baiknya menanyakan beberapa hal berikut pada pihak penyewa ruko.

1.Legalitas bangunan harus jelas

Tanyakan pada pihak penyewa apakah ruko tersebut dibangun sesuai dengan fungsinya sebagai ruang usaha. Jangan sampai kamu merugi bila ada masalah dengan ruko yang telah disewa.

2. Apakah keamanan dan fasilitas yang ada di ruko tersebut terjamin? 

Apakah ruko berada di kawasan yang tidak rawan tindak kejahatan atau dari bencana alam seperti banjir? Lalu apa saja fasilitas yang diberikan, misalnya air, listrik, dapur, kamar mandi, lahan parkir, keamanan bangunan dari gempa dan hal yang berkenaan dengan ruko tersebut?

3. Lokasi ruko sangat menentukan pangsa pasar dan penjualan usaha Anda

Apakah lokasi tersebut ramai dikunjungi atau tidak? Cari tahu apakah ada kompetitor dengan jenis usaha yang sama dengan milikmu, dan kunjungi ruko yang ingin di sewa secara berkala untuk melihat seberapa banyak orang yang mengunjungi atau melintasi tempat tersebut.

4. Jangan lupa menanyakan waktu sewa 

Umumnya ruko disewa selama satu tahun. Namun ada pula yang diberi waktu sewa 3 bulan dengan pembayaran sewa di awal bulan. Hal ini perlu diperhatikan karena masuk dalam modal usahamu.

5. Harga sewa menjadi hal yang sangat penting untuk dibicarakan


Bila perlu, Anda bisa melakukan negosiasi pada penyewa ruko. Harga ruko juga tergantung pada lokasi ruko. Semakin ramai kawasan tersebut, maka semakin tinggi pula harga sewanya.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha di sekitar kota Jakarta, disarankan untuk melakukan pencarian melalui teman, mitra usaha atau pencarian di internet. 

Ada banyak situs sewa ruko di Jakarta yang bisa kamu jelajahi, diantaranya www.tempat-usaha.com yang menyediakan berbagai bangunan untuk segala jenis usaha. 

Melalui situs ini, Anda bisa mencari ruko atau tempat usaha lainnya. Situs ini dilengkapi dengan alamat bangunan, kelebihan dan kondisi bangunan, spesifikasi bangunan, fasilitas yang diberikan, harga sewa, dan kontak person dari penyewa bangunan usaha. Penyedia layanan juga memberi gambar bangunan agar kamu mudah melihat kondisi bangunan sebelum melakukan pengecekan langsung. 
1 komentar on "Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Sewa Tempat Usaha"

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9