Perawatan Preventif, Solusi Sakit Gigi Berlubang

Kamis, 04 April 2024

Masalah gigi berlubang, dapat berdampak buruk karena bisa menyebabkan efek samping yang cukup berbahaya. Solusi sakit gigi berlubang yang tepat bisa meminimalkan resiko yang dihadapi oleh pasien. 

Untuk mengatasi masalah gigi berlubang ada beberapa cara tergantung dari kondisinya. Namun sebaiknya melakukan tindakan preventif agar gigi tidak sampai berlubang atau asbes. Namun upaya pencegahan tentu lebih baik sehingga tidak sampai mengalami sakit. 

Penyebab Gigi Berlubang, Apa Saja?

Secara alami gigi seseorang dapat mengalami kerusakan. Hal ini dapat menjadi semakin parah jika tidak melakukan perawatan dengan benar. Beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi berlubang diantaranya adalah:

1. Usia

Dengan semakin bertambahnya usia seseorang, enamel pada gigi akan menipis karena berkurangnya produksi air liur sehingga gigi menjadi keropos dan mudah berlobang. Kondisi ini dapat diminimalkan dengan mengkonsumsi makanan yang cukup mengandung kalsium. 

2. Jenis makanan yang dikonsumsi

Makanan dan minuman yang terlalu manis merupakan sumber penyakit, termasuk sakit gigi karena berlubang. Sisa makanan dan minuman yang tertinggal di sela gigi merupakan tempat untuk berkembangnya kuman. Apalagi jika tidak membersihkan gigi dengan benar setelah makan dan minum.

3. Jenis pasta gigi

Pemilihan pasta gigi yang kurang tepat dapat menyebabkan gigi berlobang. Sebaiknya memilih jenis pasta gigi yang cukup mengandung fluoride, bahan yang dapat menutup lubang kecil pada gigi. 

4. Mengidap gangguan makanan

Pada orang yang mengalami gangguan makan seperti pengidap bulimia dan anoreksia, asam lambung akan naik, bahkan sampai ke mulut. Akibatnya rongga mulut mempunyai keasaman yang tinggi. Ini bisa memicu kerusakan gigi, termasuk gigi berlubang. 

5. Menderita asam lambung

Asam lambung yang naik menyebabkan kondisi mulut tidak sehat sehingga menjadi tempat untuk berkembangnya kuman. Apabila tidak membersihkan area mulut dengan benar, maka kuman tersebut dapat bersarang dan menyebabkan gigi menjadi berlubang. 

Perawatan Preventif pada Gigi Berlubang

Tindakan preventif atau pencegahan merupakan upaya tepat untuk menghindari masalah gigi berlubang. Upaya ini pun cukup mudah dilakukan sehingga Anda tidak perlu menunggu sampai terjadi gangguan dan kerusakan pada gigi. Tindakan preventif yang dapat dilakukan diantaranya adalah: 

1. Menyikat gigi dengan benar

Menyikat gigi dengan benar merupakan aktivitas harian yang penting untuk menjaga kesehatan gigi. Pastikan tidak ada sisa makanan yang tersisa dan masuk ke celah gigi karena bisa menjadi tempat berkembangnya kuman.

Gunakan sikat dengan bulu lembut dan gerakan menyikat yang benar untuk menghilangkan kotoran tanpa merusak lapisan gigi tersebut. 

2. Diet makanan

Diet atau membatasi konsumsi jenis makanan tertentu dapat membantu memberikan kondisi yang sehat pada rongga mulut sehingga gigi tetap kuat. Hindari makanan konsumsi makanan manis secara berlebih sebab bisa merusak lapisan gigi. 

3. Membersihkan karang gigi

Karang gigi merupakan tumpukan kotoran yang mengeras dan menempel pada gigi. Kotoran ini dapat merusak lapisan gigi sekaligus menjadi tempat bakteri penyebab bau mulut yang juga dapat menyebabkan gigi berlubang.

Proses membersihkan karang gigi sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi yang profesional untuk meminimalkan kerusakan pada proses pembersihan. 

4. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

Fluoride merupakan bahan yang efektif untuk menutup pori kecil yang ada pada gigi. Jika dibiarkan pori-pori tersebut akan membesar dan merusak kesehatan gigi. Dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung cukup fluoride, Anda tidak perlu khawatir tentang gangguan kesehatan dalam rongga mulut.

5. Gunakan obat kumur

Obat kumur dibuat dengan formula yang dapat membunuh kuman jahat dan mempertahankan mikroorganisme yang baik untuk kesehatan. Berkumur dengan obat kumur yang tepat juga bisa membantu menjaga kebersihan gigi sehingga tidak cepat tumbuh karang.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang dengan Tepat

Masalah gigi berlubang tidak bisa dianggap remeh karena dampaknya fatal. Karena itu Anda perlu memilih solusi sakit gigi berlubang yang tepat untuk mengatasinya. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan adalah: 

1. Filling atau tambal

Tambal gigi merupakan salah satu solusi yang tepat dalam mengatasi masalah gigi berlubang. Namun jika prosesnya tidak tepat bisa menyebabkan rasa kurang nyaman, terutama beberapa hari setelah proses penambalan tersebut. bahan untuk menambal bisa berupa porselen, emas, perak, atau komposit

2. Crown

Crown atau pemasangan mahkota gigi akan dilakukan apabila gigi mengalami kerusakan yang parah sehingga tidak dapat ditambal. Bahan untuk membuat crown bisa emas, porselen, resin, porselen fusi logam, atau lainnya.

Dokter akan memasang mahkota gigi palsu pada mahkota gigi yang asli dengan cara melakukan pengikisan untuk membuang bagian yang rusak dan menyisakan sedikit sebagai tumpuan.  

3. Perawatan akar gigi

Apabila kondisi gigi sampai bagian dalam atau pulpa sudah rusak hingga menyebabkan bagian saraf mati, solusinya dengan melakukan perawatan saluran akar.  Jaringan saraf yang busuk akan dibuang dan dilakukan tindakan lanjutan sesuai dengan kondisi gigi. 

4. Cabut gigi 

Untuk kondisi gigi yang sudah sangat parah, tindakan terakhir yang dilakukan adalah dengan mencabutnya. Proses pencabutan gigi biasanya dilakukan saat gigi tidak terasa sakit. Efek dari cabut gigi bisa menyebabkan pergeseran gigi lainnya. untuk mengantisipasi hal ini bisa dengan pemasangan gigi palsu atau implan. 

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang Ampuh dan Aman 

Dalam beberapa kasus, karies gigi atau gigi berlubang biasanya tidak menimbulkan sensasi nyeri. Meskipun demikian, ketidaknyamanan mungkin muncul ketika lubang gigi sudah berkembang dan mulai mengenai saraf. 

Untuk mengurangi rasa sakit tersebut, ada rekomendasi obat untuk meredakan sakit gigi berlubang, yaitu Cooling 5 Plus Orange yang merupakan obat semprot rongga mulut yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit seperti pada saat sakit gigi, radang gusi, dan sakit saat pertumbuhan gigi.

Obat ini mengandung Benzocaine dan Phenol. Phenol berfungsi sebagai antiseptik yang dapat membasmi kuman, sedangkan benzocaine bekerja menghambat sinyal saraf di gigi, gusi dan permukaan rongga mulut. Dengan begitu, rasa sakit pada gigi dan gusi dapat berkurang. 

Selain itu, cara menggunakannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyemprotkannya pada area yang sakit, bila perlu ulangi tiap 3-4 jam. 

Solusi sakit gigi berlubang merupakan tindakan akhir yang dilakukan apabila gigi sudah terlanjur rusak dan jika dibiarkan dapat berdampak buruk pada kesehatan. Upaya pencegahan tentu merupakan langkah yang paling tepat agar gigi tetap sehat.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9