Kenali Gejala dan Penyebab Mata Katarak di Usia Muda

Selasa, 24 Oktober 2023


penyebab katarak di usia muda


Katarak adalah gangguan penglihatan yang sama yang umumnya dialami orang tua. Secara sederhana, gangguan ini adalah perkembangan kondisi tidak tembus cahaya dalam lensa mata, yang mengakibatkan kekeruhan sebagian atau keseluruhan lensa mata. Keruhnya lensa membuat cahaya sulit sampai ke retina, yang menyebabkan penderita kehilangan penglihatan.


Meski umumnya dialami orang-orang tua, katarak juga bisa menyerang orang dengan usia muda. Untuk itu, Anda perlu melakukan berbagai cara merawat kesehatan mata dengan benar.


Anda juga harus mengetahui penyebab mata katarak di usia muda, dengan cara mengenali dan melakukan deteksi gejala katarak sejak dini. Sehingga gangguan yang terjadi pada mata Anda dapat ditangani oleh dokter spesialis lebih cepat. 


Gejala dan Penyebab Mata Katarak di Usia Muda


Usia mulai dari empat puluh hingga enam puluh tahun, adalah usia di mana faktor risiko penyebab katarak muncul. Seiring bertambahnya usia, gangguan pada struktur lensa dan akumulasi pigmen membuat penderita semakin sulit melihat objek di depannya.


Seseorang yang berusia 30 tahun juga dapat mengalami gejala gangguan penglihatan pada beberapa situasi. Kondisi ini dikenal sebagai katarakta awal atau katarakta muda. Untuk itu, identifikasi gejala dan penyebab mata katarak di usia muda, seperti berikut ini.


Gejala Katarak 


Katarak merupakan penyumbang kebutaan di dunia. Beberapa tanda awal penyakit katarak yang dapat Anda identifikasi adalah sebagai berikut ini:

  • Terdapat noda putih meluas dan menutupi lensa mata, sehingga pada akhirnya penderita mengalami distorsi pandangan.

  • Pandangan perlahan menjadi buram, seperti ada asap atau kabut di depan mata.

  • Kesulitan melihat pada malam hari, sehingga membutuhkan cahaya yang lebih terang. 

  • Pandangan terhadap warna terang menjadi lebih buruk, beberapa penderita melihat warna terang berubah jadi menguning.

  • Penderita katarak sangat sensitif terhadap cahaya.

  • Jika melihat objek dengan satu mata saja, maka akan terlihat ganda.


Penyebab Katarak di Usia Muda


Penelitian menunjukkan bahwa Indonesia berkontribusi pada jumlah penderita katarak yang tinggi. Usia adalah faktor risiko yang tidak dapat diubah sebagai penyebab utama katarak.

Namun, jika katarak terjadi di usia muda, maka faktor penyebabnya adalah sebagai berikut:
  • Gangguan Metabolisme 

Gangguan metabolisme seperti diabetes atau hipertensi dapat menyebabkan katarak di usia muda. Jenis katarak yang paling umum adalah kortikal, yaitu penumpukan gula yang disebabkan oleh diabetes yang membentuk awan keruh di lensa mata.

  • Cedera Mata akibat Benda Tumpul

Pada dasarnya, cedera mata bisa dialami siapa saja dan tidak terbatas pada usia muda. Namun, usia muda memiliki risiko lebih besar untuk terkena cedera mata karena aktivitas fisik yang intens. Katarak traumatik muncul ketika benda tumpul merusak struktur lensa mata, menyebabkan kekeruhan yang timbul dengan cepat sehingga terjadi katarak.


Kedua faktor tersebut merupakan penyebab mata katarak di usia muda. Lindungi kesehatan mata Anda dengan pola hidup sehat dan konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi baik untuk mata.


Segera lakukan konsultasi dengan dokter spesialis mata, jika Anda mengidentifikasi gejala katarak seperti di atas. Identifikasi sejak dini mampu membantu mata Anda sehat kembali dan berfungsi seperti semula.


Jika Anda mengalami gangguan mata dengan gejala mata kering, mata berpasir, mata mudah lelah akibat menatap layar gadget terlalu lama, atau iritasi akibat debu dan polusi, hindari mengucek mata. Tangan yang mungkin kotor dapat membuat gangguan mata ringan jadi bertambah parah. Segera cuci tangan Anda dan atasi gangguan mata ringan dengan obat tetes mata Insto Dry Eyes. 


Insto Dry Eyes mampu mengatasi keluhan gejala mata ringan seperti mata perih, berpasir, atau kering. Sediakan selalu obat tetes mata ini di rumah atau di kantor untuk penanganan yang lebih cepat. Simpan juga dalam tas Anda yang akan berguna saat Anda terkena debu atau polusi di perjalanan.




Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9