Penyebab Bau Ketiak Wanita dan Cara Mengatasinya

Jumat, 01 Desember 2023


Bau ketiak bisa sangat mengganggu selama Anda berinteraksi dengan orang lain. Masalah ini dapat menyebabkan turunnya rasa percaya diri. Cukup banyak hal yang bisa menjadi penyebab bau ketiak wanita. Dengan mengetahui penyebab tersebut, Anda bisa menghindarinya sehingga tidak akan merasa terganggu. 

Aroma ketiak yang kurang sedap, apalagi dengan ditambah pakaian yang basah karena banyaknya keringat dapat menyebabkan Anda dijauhi oleh teman. Tentu hal ini sangat mengganggu dan perlu segera mendapat solusi. 

Penyebab Bau Ketiak pada wanita

Bau yang muncul dari bagian ketiak dapat dialami oleh pria dan wanita. Hal ini dapat muncul kapan saja, terutama saat Anda menjalankan aktivitas fisik yang berat, stress dan lainnya. menghindari pemicu keringat berlebih yang dapat menyebabkan bau ketiak bisa menjadi solusi terbaik. Karena itu Anda perlu mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab bau ketiak wanita

  1. Keringat berlebihan

Ketiak yang berkeringat dapat menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri penyebab bau tidak enak. Kuman dan bakteri ini berkembang cepat sehingga hanya dalam waktu singkat muncul aroma yang sangat menyengat. 

  1. Pakaian terlalu ketat dan tidak menyerap keringat

Semua bagian kulit, termasuk ketiak harus bebas sehingga pori-pori tidak tertutup. Pori-pori merupakan jalan sirkulasi udara. Jika tertutup, maka akan lembab dan bisa menjadi tempat bersarang kuman, karena itu jangan menggunakan pakaian terlalu ketat agar sirkulasi udara bisa berjalan baik. 

Bahan pakaian juga perlu mendapat perhatian. Katun dan kaos merupakan dua jenis bahan yang bagus digunakan karena dapat menyerap keringat secara cepat. Namun Anda juga harus memperhatikan kelembabannya. Setelah basah karena keringat, sebaiknya Anda segera berganti pakaian. 

  1. Tidak menjaga kebersihan bagian ketiak

Penyebab bau ketiak wanita berikutnya adalah tidak menjaga kebersihan. Pada saat mandi jangan lupa menggosok bagian ini dengan menggunakan sabun sehingga semua kotoran hilang. begitu juga dengan kuman penyebab bau tidak sedap tersebut. 

  1. Salah dalam mencuci pakaian

Kesalahan dalam mencuci pakaian yang menyebabkan tidak bersih sempurna juga dapat menyebabkan bau pada ketiak ketika Anda menggunakannya. agar hal ini tidak terjadi, perhatikan cara mencuci dan penggunaan detergen.

  1. Konsumsi makanan tertentu

Beberapa jenis makanan seperti jengkol, petai dan bawang merah memicu bau tidak sedap yang muncul di bagian ketiak. Hindari makanan tersebut atau Batasi dalam mengkonsumsinya agar ketiak tidak bau. 

  1. Setres

Stres dapat memicu keringat dalam jumlah lebih banyak dari biasanya. Resikonya selain mudah membuat pakaian basah juga menjadi penyebab munculnya bau karena banyak kuman yang berkembang. 

  1. Konsumsi obat tertentu

Selanjutnya yang menyebabkan penyebab bau ketiak adalah karena mengkonsumsi obat tertentu. Kandungan bahan dalam obat tersebut dapat memicu hormon yang meningkatkan perkembangbiakan kuman penyebab bau. 

Cara Mengatasi Bau Ketiak 

Akibat dari munculnya bau ketiak pada wanita sangat mengganggu diri sendiri maupun orang yang ada di dekat Anda karena itu harus segera diatasi. Hal ini dapat menjadi kejadian buruk yang tidak hanya mengurangi rasa percaya diri, tetapi juga mengganggu dalam pergaulan. Ada cukup banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau yang kurang sedap tersebut. 

  1. Mencukur bulu ketiak

Mencukur bulu ketiak bisa membantu sirkulasi udara di area tersebut sehingga tidak ada keringat yang berlebih dan menjadi sarang kuman. Sebaiknya Anda mencukur bulu ketiak secara teratur dengan menggunakan alat cukur dengan pisau berkualitas sehingga semua buku bisa hilang. 

  1. Membersihkan ketiak dengan benar

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah membersihkan ketiak dengan benar. Oleskan sabun dan gosok berulang kali sampai semua daki atau kotoran yang menempel hilang. Anda juga bisa mengecek apakah masih ada sisa bau kurang sedap yang tertinggal. Jika masih, ulangi cara membersihkan yang sudah dilakukan. 

  1. Menggunakan pakaian yang menyerap keringat

Pakaian sangat efektif dalam mencegah bau badan atau bau dari bagian ketiak. Pastikan Anda menggunakan pakaian berukuran sesuai dan terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat, seperti katun dan bahan kaos. 

  1. Batasi konsumsi makanan yang bisa menjadi pemicu

Beberapa makanan pemicu bau kurang sedap perlu Anda hindari agar rasa percaya diri tidak hilang. Sebaiknya hanya memakan jenis makanan tersebut dalam jumlah terbatas dan minum cukup air putih untuk menghilangkan bau yang tertinggal di badan.

  1. Gunakan deodoran

Terakhir, untuk menghilangkan bau badan bisa dengan menggunakan deodoran. Deodoran mengandung bahan yang mampu mengendalikan pertumbuhan bakteri atau kuman penyebab bau badan. 

Dalam menggunakan deodoran pun tidak boleh sembarangan. Agar produk ini dapat bekerja dengan efektif, pastikan permukaan kulit di bagian ketiak dalam keadaan benar-benar bersih dan kering sehingga tidak memicu tumbuhnya kuman dan bakteri. 

Setelah mengetahui beberapa penyebab bau ketiak wanita, Anda bisa mengatasinya sehingga tidak lagi mengalami masalah yang sama. Hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri dalam pergaulan maupun berbagai aktivitas yang dilakukan. 


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9