Mengenal Magic Eden, Fitur dan Cara Penggunaannya

Minggu, 17 Desember 2023


Perkembangan pasar Non Fungible Token atau NFT mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan membawa efek yang baik pada berbagai industri kreatif. Peningkatan transaksi dengan pembayaran menggunakan mata uang digital turut mendorong pertumbuhan NFT. Salah satu pasar NFT yang banyak dipilih karena berbagai keunggulan adalah Magic Eden

Kehadiran marketplace untuk pasar NFT ini menambah kemudahan dalam bertransaksi saham dan memberi potensi cuan yang semakin maksimal untuk investor. Apalagi NFT kini semakin fleksibel sehingga semakin banyak orang yang memilihnya sebagai cara pembayaran yang mudah, aman dan cepat. 

Apa itu Magic Eden?

Magic Eden merupakan satu dari sekian marketplace khusus NFT didirikan pada bulan September 2021 lalu. Pendiri dari marketplace ini adalah orang-orang yang berpengalaman di dunia digital dan media sosial. Mereka adalah Sidney Zhang (Uber Eats), Jack Lu (FTX), Zhuoxun Yindan (Coinbase), dan Zhuojie Zhou (Facebook) yang sangat menguasai kripto. 

Marketplace yang menggunakan teknologi blockchain Solana ini bertujuan melakukan revolusi penggunaan media digital dengan metaserve yang lebih imersif, dapat berinteraksi dengan berbagai lanskap, karakter dan pengalaman menggunakan virtual yang beraneka ragam. 

Berbeda dengan jenis lainnya, pengguna Magic Eden tidak hanya bisa bertransaksi pada aset digital saja, tetapi juga bermain game, belanja, bersosialisasi, dan membuat konten. Banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan ini menjadi daya tarik dalam dunia virtual. 

Dalam prakteknya, Magic Eden dijalankan dengan teknologi blockchain yang bisa dimanfaatkan untuk memastikan kepemilikannya. Pengguna bisa memanfaatkan untuk membuat aset digital dan bukan sekadar dunia virtual, tetapi platform inovatif untuk mendukung kreativitas pemilik.

Sebagai marketplace, Magic Eden berkolaborasi dengan platform OpenSea guna memperluas jangkauan dari pengguna. Dalam prakteknya, digitalisasi aset dikombinasikan dengan diversifikasi teknologi blockchain untuk membuka peluang tanpa batas. 

Kegunaan Magic Eden

Magic Eden merupakan tempat bagi kolektor dan pecinta NFT untuk berinteraksi, menukar dan menjelajah karya digital dalam blockchain Solana. Fungsi Magic Eden sebagai penyedia tempat untuk memperdagangkan, membeli, dan menjual NFT secara bebas. Agar bisa bertransaksi, NFT yang dimiliki harus terdaftar dan mendapat persetujuan sehingga bisa dijual. 

Pengguna akan lebih mudah membuat desain, melihat model apa yang sedang trend, menyaring NFT berdasarkan karakteristik tertentu untuk mempermudah pencarian desain yang diinginkan dengan menggunakan filter atribut.

Pengguna akan sangat terbantu dalam menentukan langkah investasi untuk memaksimalkan keuntungan dengan memanfaatkan data pada halaman statistic. Halaman statistic ini bersifat komprehensif dan mencakup informasi tentang total tawaran NFT, persentase volume, harga, dan nilai minimum dari aset. 

Fitur dalam Magic Eden

Keunggulan Magic Eden menjadi alasan kenapa semakin banyak yang memilihnya. Pengguna bisa melampirkan banyak gambar atau GIF ke satu NFT. Fitur lainnya yang tidak kalah penting adalah dukungan untuk koleksi NFT yang diterbitkan di berbagai blockchain, termasuk Solana, Ethereum, dan Polygon. 

Pengguna juga dapat menjelajahi beragam proyek dan koleksi NFT dari ekosistem blockchain yang berbeda. NFT ini dapat menampilkan beragam koleksi unik, seperti DeGods, Solana Monkey Business, Crypto Kitties, dan lainnya. 

Berkat berbagai fitur, termasuk Launchpad, dukungan komunitas, dan biaya yang terjangkau berperan dalam mendorong kemajuan platform ini. Dalam platform ini pengguna dapat menyimpan NFT yang diperoleh dalam dompet digital dengan aman.

Pengguna lebih mudah melakukan penawaran atau penjualan dengan mencantumkan NFT dan membuat penawaran di Magic Eden secara gratis. Sedangkan Magic Eden sendiri hanya mengenakan biaya 2% pada setiap transaksi, lebih rendah dari platform sejenis.

Cara Kerja Magic Eden

Magic Eden mempunyai Produk utama berupa platform pasar sekunder. Agar bisa memasukkan NFT, membutuhkan akun dan persetujuan, baru kemudian dapat melakukan berbagai transaksi. 

Terdapat banyak kemudahan yang dapat dinikmati jika memilih Magic Eden karena fiturnya yang beragam, desain kekinian. Selain itu terdapat atribut untuk memudahkan pengguna dalam menemukan NFT yang diinginkan secara lebih cepat karena dapat disaring berdasarkan karakteristik. 

Pengguna bisa mendapatkan manfaat secara maksimal karena pada halaman statistik komprehensif yang menampilkan informasi mengenai setiap tawaran total NFT, persentase volume, harga, dan nilai minimum. Dengan data tersebut investor bisa memaksimalkan profit.

Kelebihan dan Kekurangan Magic Eden dari Jenis Lain

Keunggulan Magic Eden menjadikan ini sebagai pilihan terbaik bagi siapa saja. Meski demikian juga ada beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki oleh developer. Untuk penyempurnaan tersebut, tim bersikap terbuka dan menerima masukan dari pengguna.

Kelebihan Magic Eden

  • Biaya rendah

  • Platform yang menawarkan kinerja cepat

  • Mempunyai fitur-fitur inovatif

Kekurangan Magic Eden

  • Koleksi terbatas

  • Jumlah curator terbatas 

Magic Eden merupakan jenis NFT baru yang inovatif dan mempunyai banyak fitur unggul yang sangat menguntungkan bagi pengguna untuk berinvestasi dalam bentuk aset kripto.  Anda bisa mendapatkan info crypto terbaru dan mulai berinvestasi crypto secara mudah melalui PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU. 

PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia, termasuk Magic Eden. Aplikasi PINTU fokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto baru dan kasual.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9