Cara Hitung Return Reksadana Pasar Uang, Wajib Tahu Sebelum Investasi!

Kamis, 06 Oktober 2022


Berinvestasi menjadi salah satu cara jitu agar memiliki kondisi finansial yang stabil. Sudah semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya berinvestasi sedini mungkin. 


Bagi Anda yang sedang berencana melakukan investasi, Reksadana pasar uang bisa menjadi pilihan menarik.


Sebenarnya ada banyak pilihan investasi Reksadana. Reksadana pasar uang, banyak dipilih karena mampu memberikan imbal hasil atau return yang menggiurkan. 


Sebelum menaruh dana pada investasi Reksadana, setiap investor sebaiknya mempelajari secara serius tentang bagaimana cara investasi yang tepat serta keuntungan dan risiko yang mungkin saja terjadi.


Selain itu, Anda juga bisa memahami tentang bagaimana cara menghitung return investasi. Dalam investasi Reksadana Anda bisa menempatkan dana dalam kurun waktu tertentu. 


Dengan mengetahui jumlah dana yang diinvestasikan serta jangka waktu yang dipilih, Anda bisa memperhitungkan berapa besar keuntungan yang mungkin saja didapatkan.


Keuntungan dan Risiko Investasi Reksadana Pasar Uang


Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara menghitung return yang mungkin saja Anda dapatkan. 


Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui apa saja keuntungan serta risiko yang mungkin terjadi dalam berinvestasi.


Investasi Reksadana pasar uang adalah investasi yang menempatkan dana 100% di pasar uang seperti deposito berjangka, sertifikat Bank Indonesia, dan obligasi. Anda bisa menempatkan dana dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun.


Investasi ini akan cocok bagi Anda yang tidak ingin berinvestasi dalam jangka waktu lama. Reksadana pasar uang juga mampu memberikan imbal hasil yang stabil dengan risiko terbilang rendah.


Investor bisa melakukan investasi secara berkala dengan modal awal yang kecil. Investasi ini sudah diawasi OJK sehingga aman dan membuat investor merasa tenang.


Meskipun demikian Anda tetap harus berhati-hati karena investasi ini memiliki risiko tersendiri. 


Beberapa risiko yang mungkin saja terjadi adalah manajer investasi kurang kompetensi sehingga menyebabkan kerugian.


Anda juga harus berhati-hati dengan risiko penurunan NAB, risiko politik dan ekonomi, risiko gagal bayar, risiko penutupan dan risiko kerugian karena tidak dijamin oleh pemerintah.


Menghitung Return Reksadana Pasar Uang


Sebagai investor, pengetahuan tentang menghitung imbal hasil dari investasi yang dilakukan juga sangatlah penting. 


Dengan mengetahui cara tersebut, Anda bisa memilih produk yang tepat untuk dibeli atau diinvestasikan.


Dalam investasi Reksadana terdapat istilah NAB atau nilai aktiva bersih. NAB adalah harga Reksadana yang Anda miliki dan dapat berubah setiap harinya.


Istilah lain adalah unit penyertaan yang artinya satuan untuk menunjukkan kepemilikan Anda dalam investasi Reksadana. 


Jumlah dari unit penyertaan biasanya sama dan sangat tergantung dengan harga Reksadana atau NAB saat Anda membeli nya.


Investor harus mengetahui waktu investasi terbaik, jumlah unit penyertaan, serta produk yang harus dibeli.


Tanpa mengetahui hal tersebut, Anda tidak akan bisa menghitung keuntungan dari investasi yang dilakukan.


Contoh:

Misalnya saja Anda membeli produk dari perusahaan B tanggal 10 Oktober dengan investasi awal 10 juta rupiah dan harga Reksadana terbaru adalah Rp1.000 per unit.


Jika Anda membeli dengan angka 10 juta maka Anda akan mendapatkan unit pernyataan sebesar:

10.000.000 / Rp1000 = 10.000 unit.


Selanjutnya Anda berencana menjual hasil investasi pada tanggal 10 Desember dan ternyata harga per unitnya mencapai Rp1200. Maka bisa dihitung keuntungannya sebesar:


10.000 unit x harga Rp1200 = Rp12.000.000


Nilai awal investasi Anda adalah sebesar 10 juta rupiah dan pada bulan April, dana yang sudah diinvestasikan menjadi 12 juta rupiah. Total keuntungan Anda bisa dihitung dengan 12.000.000 nilai investasi terakhir – Rp10.000.000 nilai investasi awal = Rp2.000.000 total keuntungan.


Anda juga bisa menghitungnya dalam persentase yaitu 2.000.000 / Rp10.000.000 x 100% = 20%.


Jadi selama Anda berinvestasi, keuntungan Reksadana pasar uang atau return yang didapatkan dari NAB produk investasi adalah 20%.


Investasi Reksadana Pasar Uang Bersama Aplikasi digibank by DBS


Setelah memahami apa saja keuntungan Reksadana pasar uang, risiko, dan cara menghitung return Reksadana, Anda bisa menentukan kapan akan mulai berinvestasi.


Tidak perlu merasa bingung karena investasi terbukti mampu membantu Anda dalam mencapai target finansial.


Anda hanya perlu untuk mempelajari investasi dengan sungguh-sungguh agar bisa memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir risiko. Selain itu, Anda juga perlu untuk memilih tempat terbaik untuk berinvestasi.


Aplikasi digibank by DBS adalah tempat paling tepat bagi para investor untuk berinvestasi Reksadana pasar uang. Anda bisa menikmati lima keunggulan antara lain:


Memilih Reksadana berdasarkan 3 Kategori


Setiap investor bisa memilih berinvestasi pada instrumen yang didasarkan pada tiga kategori yaitu kinerja terbaik, terpopuler, dan yang memiliki scoring terbaik.


Tersedia Lebih dari 50 Produk


Setiap investor berkesempatan untuk memilih produk terbaik. Di sini terdapat sekitar lebih dari 50 produk Reksadana yang bisa Anda pilih.


Pembelian berkala yang fleksibel


Keunggulan berikutnya yaitu Anda bisa melakukan investasi berkala. Investor dapat melakukan investasi setiap bulan secara konsisten. Anda juga bisa menentukan nominal serta tenor sesuai kebutuhan.


Registrasi SID, jual, beli, dan switch hanya dari satu aplikasi


Dari Aplikasi digibank by DBS, Anda sudah bisa melakukan berbagai macam transaksi jual, beli, switch Reksadana, dan melakukan registrasi Single Investor Identification.


Investasi mulai dari Rp100.000


Anda bisa memulai berinvestasi dengan modal kecil yaitu Rp100.000. Hal ini tentu sangat menarik bagi para investor. 


Namun untuk mendapatkan imbal hasil yang optimal, Anda sebaiknya menempatkan dana dengan jumlah yang lebih besar.


Kini Anda sudah memahami apa saja keuntungan dan risiko dari investasi Reksadana pasar uang, serta bagaimana cara menghitung keuntungannya. 


Investasi ini menjadi salah satu yang banyak disukai oleh investor karena tidak harus menunggu waktu lama untuk bisa menikmati imbal hasil. Langsung saja unduh dan instal Aplikasi digibank by DBS, dan nikmati berbagai macam kemudahan investasi yang ditawarkan.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9