Rekomendasi Gudeg yang Ada di Yogyakarta

Selasa, 19 Juli 2022

Soal wisata dan kuliner, Yogyakarta selalu menjadi juaranya. Yogyakarta terkenal dengan beragam destinasi wisata yang kental dengan budaya Jawa dan wisata bersejarah, Candi Prambanan adalah salah satunya. 


Tak hanya itu, Yogyakarta terkenal dengan beragam kuliner khas yang legendaris, yang menarik dan tentunya memiliki citarasa yang lezat. Salah satunya adalah Gudeg.

Gudeg merupakan makanan khas dari Yogyakarta yang mengolah nangka muda dan disiram dengan kuah santan dan bumbu rempah yang khas. 

Gudeg bahkan menjadi ikon kuliner Yogyakarta. Jika kamu sedang berkunjung ke Yogyakarta, Gudeg merupakan salah satu kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan.

Rasanya tidak akan lengkap jika berkunjung ke Yogyakarta tanpa mencicipi Gudeg yang legendaris ini. Tertarik untuk mencicipi Gudeg di Yogyakarta? Segera rencanakan liburanmu dengan aplikasi Traveloka. 

Kamu bisa pesan kebutuhan akomodasi liburan kamu mulai dari tiket pesawat dari berbagai maskapai seperti Citilink, dan yang lainnya. Selain itu, kamu juga bisa memesan lewat Traveloka untuk naik Blue Bird saat ke Bandara.


Rekomendasi Gudeg di Yogyakarta

Berikut ini adalah rekomendasi tempat makan Gudeg di Yogyakarta yang legendaris dan terkenal. Simak ulasan selengkapnya!


1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum merupakan salah satu warung makan gudeg yang populer di Yogyakarta. Gudeg Yu Djum memiliki banyak cabang warung makan di Yogyakarta. Gudeg Yu Djum kini menjadi salah satu gudeg paling legendaris di Yogyakarta. 

Kini, pengelolanya sudah mencapai generasi keempat. Citarasa pada gudeg legendaris yang satu ini tentunya lezat dan tetap otentik.

Tak hanya itu, Gudeg Yu Djum juga memiliki rasa yang khas dan memberikan porsi yang lumayan besar. Gudeg Yu Djum juga bisa kamu bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh. Kamu bisa beli dalam kemasan kaleng, besek ataupun kendil.


2. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bu Tekluk atau seringkali dikenal sebagai Gudeg Bromo merupakan warung makan gudeg yang buka di malam hari. Gudeg Bromo ini buka jam 23.00 hingga jam 05.00 di pagi hari. Walaupun buka di tengah malam, warung makan gudeg yang satu ini selalu ramai antrian. 

Gudeg Bromo menyajikan gudeg basah dengan citarasa gudegnya yang khas. Dilengkapi dengan sambal krecek dan berbagai lauk yang bisa kamu pilih. 

Tak heran jika warung makan gudeg yang satu ini selalu ramai oleh pengunjung sekitar Yogyakarta dan juga pendatang dari luar kota.


3. Gudeg Pawon

Selanjutnya, rekomendasi warung makan gudeg di Yogyakarta yang legendaris dan terkenal adalah Gudeg Pawon. Selain memiliki citarasa gudeg yang lezat dan khas, warung makan gudeg yang satu ini juga sangat unik. Sesuai dengan namanya, pawon itu artinya adalah dapur. 

Kamu akan diajak makan langsung di dapur tradisional yang mengepul, di mana gudeg tersebut sedang dimasak. Ini akan menjadi pengalaman unik yang sangat berkesan untuk kamu. 

Biasanya, pembeli rela mengantri demi mendapatkan seporsi gudeg lengkap yang berisi nasi, gudeg, krecek, ayam, baceman tempe tahu, maupun lauk-pauk lainnya, karena Gudeg Pawon ini selalu ramai dikunjungi dan mudah habis dalam waktu yang singkat.


4. Gudeg Mercon Ibu Tinah

Untuk kamu yang senang dengan makanan pedas, kamu bisa mencoba gudeg yang satu ini. Gudeg Mercon Ibu Tinah, merupakan gudeg yang unik dan berbeda dari gudeg-gudeg yang lain. Gudeg memiliki citarasa khas yang manis dan legit di mulut. 

Namun, gudeg yang satu ini memiliki rasa pedas yang menjadi rasa tambahan pada gudeg tersebut.

Gudeg Mercon Ibu Tinah menyajikan gudeg dengan krecek pedas, cabai rawit utuh dan berbagai lauk pauk lainnya. Kamu akan merasakan sensasi manis dan pedas yang berpadu di makanan khas Yogyakarta ini.


5. Gudeg Mbah Lindu

Berbicara soal gudeg yang legendaris di Yogyakarta, kamu wajib untuk berkunjung ke Gudeg Mbah Lindu di dekat Malioboro. 

Konon katanya, warung makan gudegnya sudah berdiri dari zaman penjajahan. Mbah Lindu ini adalah penjual gudeg tertua di Yogyakarta, namun kini Mbah Lindu sudah meninggal dunia. 

Kini, warung makan gudegnya diteruskan oleh anaknya. Gudeg Mbah Lindu memiliki warung makan yang sederhana namun citarasanya tetap lezat dan otentik. 

Gudeg Mbah Lindu biasanya dibungkus oleh daun pincuk, ini yang menambah keunikan dan kelezatan dari campuran gudeg tersebut. Jangan lupa untuk berkunjung ke Gudeg Mbah Lindu jika kamu sedang berkunjung ke Yogyakarta!


6. Gudeg Sagan

Gudeg Sagan merupakan salah satu warung makan gudeg yang tak kalah terkenal dari warung makan gudeg lainnya di Yogyakarta. 

Gudeg Sagan menyajikan gudeg basah yang memiliki citarasa khas dan tentunya lezat dan nikmat. Gudeg Sagan dimasak dengan cara yang tradisional, menggunakan tungku dan kayu bakar. 

Cara masak seperti ini tentunya menjadi khas tersendiri yang masih melekat, dan rasanya yang tetap otentik.

Itu dia 6 gudeg terkenal dan legendaris yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Jogjakarta. Penasaran dengan rasa kuliner khas Yogyakarta yang satu ini?

Segera cek Traveloka sekarang juga untuk mempersiapkan akomodasi liburan kamu ke Yogyakarta!




Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9