7 Tips Memilih Mobil Bekas yang Aman dan Berkualitas

Sabtu, 02 Juli 2022


Membeli mobil bekas bisa dilakukan dimana saja, bisa langsung ke dealer yang menjual mobil bekas, lewat pemiliknya langsung atau bisa juga lewat aplikasi bengkel  yang juga menyediakan mobil-mobil bekas yang masih bagus.


Yang perlu Anda perhatikan dalam membeli mobil bekas adalah kondisi dari mobil itu sendiri. Di bawah ini Kami berikan tips memilih mobil bekas yang bisa Anda terapkan agar tidak menyesal nantinya.


Tips Memilih Mobil Bekas


Inilah 7 tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih mobil bekas.


1. Pilih Mobil yang Sesuai dengan Budget


Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam tips memilih mobil bekas adalah sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki untuk membeli mobil.


Bila Anda berniat membeli mobil bekas secara kredit maka cicilan mobil tersebut sebaiknya tidak lebih dari 20% dari total penghasilan Anda setiap bulannya.


Karena biasanya membeli mobil bekas butuh perawatan ekstra atau ada komponen yang perlu diganti. Untuk itu Anda perlu sesuaikan antara budget dan mobil yang Anda pilih. 


2. Survey Langsung Sebelum Memilih


Tips memilih mobil bekas selanjutnya adalah survey langsung ke tempat penjualan mobil tersebut.


Hal ini penting dilakukan untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dengan kondisi dan performa yang masih bagus. Anda juga bisa melihat dan mengecek kondisi mobil secara langsung.


3. Cek Kondisi Eksterior Mobil


Tips selanjutnya adalah mengecek kondisi mobil bekas yang ingin Anda beli, adapun bagian atau komponen yang di cek, meliputi:


  • Body Mobil



Pastikan kondisi body mobil tidak dimodifikasi secara berlebihan pada bagian warna, struktur, hingga mesin di dalamnya. Sebaiknya hindari Memilih mobil yang banyak dimodifikasi.


Penting juga untuk cek setiap komponen yang baru diperbaiki atau diganti, karena mungkin saja bekas tabrakan atau lecet akibat kecelakaan.

  • Mesin Mobil



Untuk mengecek kondisi mesin mobil, Anda bisa buka kap mesin dan perhatikan apakah mesin dalam keadaan terawat atau tidak terawat.

Mesin mobil yang tidak terawat biasanya terdapat sisa-sisa debu yang terlihat jelas. 

Anda juga perlu menyalakan mesin selama 5-10 menit lalu buka kap untuk mendengarkan apakah suara mesin terdengar halus, kasar atau tersendat-sendat.

Jika suara mesin terdengar tersendat, maka kemungkinan mesin mobil tidak dapat berfungsi dengan baik. 

  • Aki


Tips memilih mobil bekas lainnya adalah dengan melihat kondisi aki mobil tersebut, pastikan aki dalam keadaan baik dan tidak soak.

Karena Aki merupakan komponen penting yang fungsinya menyuplai daya listrik ke seluruh komponen lainnya yang ada di dalam mobil. 

Aki mobil yang dalam kondisi tidak baik biasanya ditandai dengan suara klakson yang tidak begitu keras dan lampu mobil yang tidak terlalu terang saat dinyalakan. 

  • Suspensi

Eksterior mobil lainnya yang perlu di cek adalah Suspensi. Perlu Anda ketahui suspensi mobil yang tidak baik dapat terlihat dari mobil yang tampak miring. Hal ini biasa dialami mobil bila terlalu sering mengangkat beban yang sangat berat.

Selain itu saat menutup bagasi mobil Anda merasa seperti mobil berayun-ayun. Hal-hal tersebut bisa menandakan bahwa suspensi mobil sedang rusak.

  • Ban Mobil

Bagian eksterior mobil lainnya yang harus diperhatikan adalah ban mobil. Pastikan ban dalam kondisi baik dan mulus serta tidak kempes. Anda bisa mengeceknya dengan cara menjalankannya. 

Bila menemukan ban mobil yang tidak beroperasi baik saat memilih mobil bekas maka sebaiknya pertimbangkan untuk membeli mobil tersebut.

Karena meskipun masalah ban tampak sepele, namun bila dibiarkan akan membahayakan keselamatan, selain itu Anda juga nantinya butuh spooring untuk memperbaikinya.

  • Kampas Rem Mobil

Seluruh bagian rem mobil termasuk rem tangan adalah hal yang paling penting untuk diperiksa cara kerjanya. Bila saat Anda mencoba rem mobil tidak terlalu pakem, bisa saja itu karena kampas rem yang sudah berkurang.

Sehingga Anda perlu cek riwayat perawatan, perbaikan atau penggantian komponen apa saja yang pernah dilakukan.

4. Cek Kelengkapan Interior Mobil

Selain bagian eksterior mobil yang harus Anda cek,  Anda juga harus cek kelengkapan interior mobil.

Ada banyak komponen mobil yang perlu di cek seperti AC, switch lampu, sistem audio, sabuk pengaman, jok, dashboard, plafon, karpet, dan lainnya, pastikan semuanya berfungsi dengan baik dan bisa digunakan dengan nyaman.

5. Cek Performa Mesin

Tips memilih mobil bekas selanjutnya adalah mengecek performa mesin mobil. Mesin adalah komponen paling penting dari sebuah mobil, karena itu Anda harus cek dengan teliti dan memastikan performanya dalam kondisi baik.

Cek apakah oli mengalami kebocoran pada blok mesin atau bagian komponen lainnya. 

Anda juga perlu melakukan test drive bila dealer atau penjual meminta untuk mencoba mobilnya.

Saat test drive perhatikan laju mobil, tarikan gas, rem, transmisi, kaki atau per mobil, untuk mengetahui apakah mobil tersebut masih nyaman atau tidak digunakan. 

7. Pastikan Memiliki Surat-surat yang Lengkap

Salah satu hal yang tak kalah pentingnya dari poin-poin di atas dalam tips memilih mobil bekas adalah kelengkapan surat-surat. Pastikan Anda mendapatkan STNK dan BPKB asli.

Perhatikan juga keaslian dari STNK dan BPKB tersebut dengan tercantum nama asli dari pemilik mobil tersebut. Dengan begitu, akan memudahkan Anda untuk mengurus balik nama atas mobil tersebut. 

Nah, itulah 7 tips memilih mobil bekas agar Anda tidak tertipu. Anda juga bisa percayakan urusan perawatan dan service  mobil Anda lewat Otoklix yang akan menghubungkan Anda dengan lebih dari 2000 bengkel umum se jabodetabek. Lewat Otoklix Anda juga bisa dapatkan GoGoklix, yakni gratis ganti oli by Otoklix selama 1 tahun, yang pastinya akan membuat Anda lebih hemat dalam biaya perawatan mobil. 


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9