Kepoin X-TEN, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Selasa, 22 Maret 2022

Jangan tahunya asal pakai, perempuan juga perlu paham cara merawat motor matic, salah satunya dengan mencari rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia agar kendaraan melaju cepat tanpa kendala.


Rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia

Tak dimungkiri, stigma perempuan dianggap lemah jika urusannya menyangkut otomatif masih mengakar dalam pikiran masyarakat.  Padahal, anggapan tersebut juga belum tentu benar. 


Lagipula, otomotif merupakan ilmu nyata yang bisa dipelajari. Jelas tidak ada beda antara perempuan dan laki-laki. Kalaupun ada perbedaan, kemungkinan laki-laki lebih expert urusan perawatan motor, sedangkan perempuan cukup lemah, Karena tidak mau ribet. 


Akan tetapi jika dikaji ulang bukan berarti perempuan tidak paham kan?


Setidaknya, urusan mengganti atau memilih oli terbaik untuk kendaraannya sendiri, perempuan akan memilih yang berkualitas, contohnya Oli X-Ten.


Nah, sebelum membahas tentang Oli, saya ingin lebih mendalami kenapa motor matic sejauh ini menjadi primadona? Adakah sejarah sebelumnya?


Munculnya Motor Matic di Indonesia


Pertanyaan mengenai siapa yang menciptakan motor matic muncul apabila membahas sejarahnya. Skuter matic pertama kali dibuat oleh Arthur Gibson dan Joseph merkel, tepatnya pada tahun 1915. 


Skuter matic awal ini bernama autoped yang dipakai oleh masyarakat New York Amerika Serikat sebelum akhirnya menyebar ke Brooklyn, Queens dan Manhattan.


Oli motor matic X-Ten

Bagi yang belum tahu, autoped ini merupakan skuter anak-anak yang memiliki mesin dengan tenaga 155 cc, berpendingin udara, juga mampu melaju dengan kecepatan maksimal 48 km/jam. 


Lalu seiring berkembangnya zaman dan sesuai dengan kebutuhan mobilitas, produsen otomotif mengubah autoped menjadi skuter yang dilengkapi dengan tempat duduk dan bagasi penyimpanan barang. 


Jadi, Ini Lho Motor Matic Pertama Di Indonesia 


Banyak yang belum tahu mengenai kapan motor matic masuk Indonesia. Ternyata, motor matic pertama di Indonesia masuk sejak tahun 1962. Di masa tersebut, Honda yang merupakan produsen otomotif terkenal Jepang, memperkenalkan skuter matic ini yang disebut sebagai "honda sayur".


Lalu, motor matic apa saja yang hadir setelahnya? Pada tahun 1991, Piaggio lewat PT Danmotor Vespa Indonesia meluncurkan matic varian Corsa. 


Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia


Vespa jenis Corsa ini sangat digemari anak muda di waktu itu, karena memberikan kemudahan dan praktis untuk dikendarai. Bisa dibilang ini menjadi pelopor matic pertama di Indonesia.


Di tahun 2000, produsen asal Taiwan yaitu Kymco, meluncurkan Jetmatic Trend 125. Salah satu gebrakannya, yaitu promosi touring Jakarta Bali 100 jam nonstop dan mencetak rekor Muri. Bentuk motornya telah menjadi inspirasi skuter matic di tahun-tahun setelahnya. Dapat dibilang, kymco menjadi pelopor motor matic kedua di Indonesia.


Dua tahun setelah Kymco, Yamaha meluncurkan motor matic Nouvo yang dikenal sebagai "motor lele". Skuter matic ini memiliki mesin yang terbilang tangguh dan tidak rewel. Setelah Yamaha Nouvo diminati dan dicintai masyarakat, mulailah produsen lainnya semakin gencar membuat varian motor scooter matic. 


Keunggulan Motor Matic


Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

Semakin tingginya mobilitas masyarakat serta kemacetan di kota-kota besar membuat motor matic semakin banyak peminatnya. Ini tidak mengherankan, karena motor jenis ini punya beberapa keunggulan seperti berikut:


1. Nyaman Dikendarai


Motor matic adalah jenis yang bisa memberikan kenyamanan dalam berkendara. Dalam penggunaannya, tidak usah repot-repot menginjak gigi atau tarik kopling. Jadi, saat berada di situasi jalanan macet tidak akan membuat capek. Selain itu, bagi para pemula juga mudah dikendarai.


2. Bagasi Yang Luas


Keunggulan motor matic yang selanjutnya adalah dari segi bagasi yang lebih luas. Pada beberapa jenis motor, bahkan bisa menampung helm untuk dimasukkan ke dalamnya. Bagasi yang ada bisa dimanfaatkan untuk menaruh berbagai benda ataupun makanan. 


3. Mendukung Teknologi Terbaru


Apabila pengendara lupa membawa powerbank, maka tidak perlu khawatir karena motor matic yang terbaru punya charger handphone. Fitur ini tersedia pada sejumlah merek dan membuatnya semakin disukai oleh masyarakat.


4. Tampilan Yang Lebih Cantik


Tampilan motor matic yang beragam, membuatnya cocok untuk semua kalangan baik itu anak muda maupun orang tua. Hal tersebut membuat para penggunanya cenderung memilih motor matic supaya tetap tampil trendy dan up to date.


5. Lebih Hemat Bahan Bakar


Motor matic punya keunggulan lainnya yaitu lebih hemat bahan bakar. Bahkan, pada sejumlah merek motor ada fitur Eco. Jadi, saat lampu merah atau berhenti beberapa waktu, motor akan mati. Untuk membuatnya menyala kembali tinggal putar gas dan kendaraan langsung bisa melaju.


Kekurangan Motor Matic


Tips Memilih Oli terbaik

Selain memiliki kelebihan, ada juga kekurangan pada jenis motor matic seperti berikut ini :


1. Biaya Perawatan Lebih Mahal


Kelemahan motor matic yang tidak bisa disangkal salah satunya adalah biaya perawatan. Jenis motor ini akan menghabiskan dana lebih banyak untuk perawatannya karena berbagai perlengkapan yang lebih tinggi harganya daripada motor manual.


2. Kurang Cocok Di Medan Terjal


Kekurangan motor matic berikutnya yaitu kurang cocok di Medan terjal, karena roda lebih kecil. Terlebih lagi jika harus melewati tanjakan, jika tidak ada ancang-ancang dahulu, motor matic biasanya cenderung akan terasa berat bahkan mundur.


3. Lebih Sering Service


Kelemahan berikutnya dari motor matic yaitu harus sering melakukan servis atau pengecekan. Hal ini dilakukan agar mencegah resiko pada komponen terutama bagian cvt.


4. Kurang Cocok Membawa Beban Berat


Seperti yang diketahui, motor matic kebanyakan hanya memiliki satu shockbreaker. Ini membuatnya kurang cocok untuk mengangkut beban berat. Di satu sisi, motor manual mempunyai dua shock breaker yang membuatnya lebih tangguh membawa beban berat.


Penjualan Motor Matic Mendominasi Pasar Indonesia


Penjualan motor di awal Tahun 2022 ini juga didominasi oleh skutermatik. Tercatat pada Januari 2022, terjadi peningkatan penjualan motor yang mencapai 443.890 unit. Terjadi kenaikan 12% dibandingkan bulan yang sama di tahun sebelumnya.


Dilansir dari kompas.com pada 15 Februari 2022, segmentasi motor yang paling banyak diminati adalah skuter matic yaitu 88,66%. Selanjutnya, untuk motor bebek dan sport masing-masing sejumlah 5,51% dan 5,83%. 


Fakta Perempuan Suka Naik Motor Matic.  Kenapa?


Ada hal menarik mengapa perempuan lebih menyukai naik motor matic. Alasannya tentu karena lebih praktis. Saat mengendarai motor matic, perempuan tidak perlu oper gigi atau tarik kopling.Jadi, bagi kaum perempuan jauh lebih memudahkan untuk berkendara.


Selain alasan ini, konon pilih matic lebih irit sehingga bikin dompet aman dan digunakan untuk kebutuhan lainnya. 


Adapun alasan lainnya berkendara dengan motor matic membuat wanita tampak keren karena design motor matic lebih stylish


Dan yang paling utama bikin kaum hawa menyukai motor matic membuat penampilan cewek lebih santun dan anggun, lho! 


Motor Matic Melaju Cepat Dengan Oli Yang Tepat


Motor matic memang berbeda dengan jenis motor manual. Oleh karena itu, oli yang digunakan juga pastinya berbeda dan wajib olinya tahan lama. 


Jangan sampai Anda menggunakan oli yang salah atau tidak sesuai untuk motor matic. Jika terlalu kental atau terlalu encer, maka tarikan akan terasa berat dan bisa merusak komponen dalam mesin. 


Nah, Oli X-Ten bisa jadi pilihan yang tepat karena bikin mesin kendaraan performanya lebih gesit. Dan jangan lupa, supaya lajunya cepat lakukan penggantian oli setiap pemakaian 1000 km. Sedangkan untuk pergantian oli transmisi motor, Anda bisa menggantinya ketika motor sudah mencapai 5000 km


Kenapa Oli Penting Untuk Mesin Motor Matic?


Oli merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah kendaraan baik itu mobil maupun motor. Termasuk dalam hal ini motor matic supaya entengnya tahan lama. Oli sangat penting untuk membuat komponen di dalam mesin terlindungi dari gesekan berlebihan yang bisa membuat panas. 


Jika kualitas oli jelek, sudah tidak layak pakai, atau bahkan habis, suhu di dalam mesin bisa sangat panas karena gesekan berlebihan. 


Dan apabila terus dibiarkan, maka komponen di dalamnya bisa patah, memuai, bahkan harus turun mesin. Kalau sudah terjadi, maka biaya perbaikannya akan sangat mahal. 


Tips Memilih Oli Motor Matic Berkualitas


Jika anda merupakan pengguna motor matic, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencari oli yang berkualitas dan bisa bikin mesin tahan lama. Berikut caranya:


1. Pilih Yang Sesuai Dengan Rutinitas


Kalau anda sering melewati lalu lintas padat dan membuat motor sering berhenti, maka perlu memiliki oli yang terkandung zat aditif di dalamnya. Motor yang lebih sering berhenti, biasanya mesinnya cenderung lebih cepat panas. Dengan adanya zat aditif akan mampu mengurangi tingkat kepanasan mesin motor. 


2. Pilih Kekentalan Yang Sesuai


Berikutnya, pilih oli terbaik untuk motor matic yang kekentalannya sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan.


Alasannya, motor matic berbeda dengan motor manual yang tentu memerlukan masing-masing kekentalannya yang tepat. Ada baiknya anda mencari oleh mesin dengan kekentalan API SL (Standart American Petroleum Institute) L yang sangat baik untuk motor matic.


3. Pilih Oli Yang Berkualitas


Sekarang ini memang ada banyak sekali produsen oli di pasaran. Namun, anda harus berhati-hati juga karena banyak juga oli palsu. 


Sebaiknya, Anda membeli di outlet resmi karena keahliannya akan lebih terjamin. Pilih oli yang mempunyai sertifikat jaso dan api. Adanya sertifikat api berarti telah mengalami pengujian di American petroleum institute serta banyak digunakan di negara Eropa. 


Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik Di Indonesia


Banyak pertanyaan saat memilih oli yang bagus untuk motor matic apa ? 


Sejujurnya ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Pemilihan oli motor yang tepat akan membuat umur mesin lebih lama. Sehingga, kondisinya tetap dalam keadaan terjaga dan jika ingin dijual kembali harganya tetap tinggi. 


X-Ten, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik Di Indonesia


Salah satu yang paling bagus saat ini adalah X-Ten, rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia. Anda yang menggunakan produk ini berarti melakukan pilihan tepat untuk motor supaya terlindungi dengan baik. Gesekan akan lebih terminimalisir dan mesin jadi lebih awet.


Ada sejumlah keunggulan X-Ten sebagai oli motor matic terbaik yaitu sebagai berikut :


Lebih Tahan Lama


X-Ten menjadi oli motor matic yang bagus untuk jarak jauh karena komposisi bahan pelumas yang ada di dalamnya mengandung ester. Bahkan, masa pakai oli bisa hingga 5000 km. Pada jenis oli lain biasanya hanya mampu menempuh antara 2000-2500 km. 


Tarikan Lebih Ringan


Keunggulan berikutnya yaitu tarikan akan lebih ringan. Dengan demikian, anda dapat mengendarai dengan lebih leluasa. Entengnya tarikan bisa tetap dirasakan bahkan hingga lebih dari 15000 km.


Performa Tetap Stabil Di Suhu Tinggi


Meskipun berada pada suhu tinggi, akselerasi akan tetap terjaga dan tidak menurun. Umumnya, pada mesin motor biasa performa mesin akan turun ketika suhunya panas. Namun tidak demikian jika menggunakan oli motor X-Ten.


Lebih Hemat BBM


Dengan kandungan ester di dalamnya, akan membuat gesekan lebih diminimalisir sehingga tidak menimbulkan panas berlebih. Bahan bakar yang diperlukan juga sedikit sehingga akan lebih hemat BBM. 


Jenis Produk Oli Motor X-Ten 


X-Ten merupakan salah satu produk oli terbaik di Indonesia yang berfokus pada ketahanan mesin motor dan mobil. Sehingga kendaraan Anda dapat menjangkau jarak terjauh mencapai 5.000 sampai dengan 15.000 km.

Namun, sebelum membeli, Anda harus memperhatikan jenis oli yang cocok digunakan untuk kendaraan tersebut. Berikut ini jenis oli X Ten untuk motor yang sesuai dengan kendaraan Anda.


1. Oli Mesin Motor


Jenis oli yang satu ini mengandung base oil Ester yang merupakan teknologi dengan tingkatan tertinggi oli saat ini. Mesin motor Anda menjadi tahan lama dengan proses penguapan yang rendah.


2. Oli Gardan


Oli yang satu ini mampu melancarkan pergerakan gear transmisi. Sehingga dapat meminimalisir gesekan antar komponen. Maka dari itu, Anda perlu mengganti oli gardan ini secara teratur agar CVT menjadi tahan lama.


3. Auto Chemicals



Oli jenis ini memiliki cairan high performance additive yang mampu bekerja dalam suhu 100 derajat celcius. Sehingga dapat berfungsi secara efektif untuk membantu kinerja motor mesin Anda semaksimal mungkin.

Selain 3 jenis oli X Ten untuk motor di atas, Anda juga bisa menemukan yang lainnya berdasarkan tipe motor Anda di website official X Ten berikut ini.


Oli motor matic terbaik di Indonesia
Rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia
X-Ten rekomendasi oli tahan lama
X-Ten oli tahan lama
X-Ten oli motor matic terbaik
Oli motor matic terbaik di Indonesia
X-Ten
X-Ten oli motor matic
Oli apa yang cocok untuk motor matic
X-Ten oli motor terbaik di Indonesia


Masing-masing jenis oli motor matic tersebut mempunyai keunggulan tersendiri. Anda dapat melihat kode sae oli mesin motor, dan menyesuaikannya dengan kendaraan matic yang dimiliki. 


Oh ya, untuk memastikan bahwa X-Ten memang patut menjadi rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia, Anda bisa cek kode SAE yang tertulis pada oli. 


SAE adalah asosiasi yang berfungsi menstandarisasi berbagai bidang rancang desain teknik dan manufaktur. Bisa dikatakan bahwa SAE ini adalah standar internasional untuk kekentalan oli.


Tidak hanya menunjukkan kekentalan oli, SAE juga menunjukkan kemampuan oli menjaga kekentalan agar tetap stabil meskipun terkena pengaruh suhu mesin dan lingkungan. 


Testimoni Pengguna Oli X-Ten Tahan Lama


Banyak juga testimoni yang memberikan ulasan positif mengenai oli X-Ten ini karena dinilai punya daya tahan lama. Berikut salah satunya.


"Kandungan Ester yang terdapat di oli X-Ten pada pengujian oleh Motorplus dilakukan sejauh 5000 km. Setelah digunakan nonstop ratusan kilometer, temperatur olinya di kisaran 70 derajat celcius. Padahal, dengan merk lain bisa mencapai hingga 100 derajat Celcius" (Motorplus-online.com).


Kesimpulan


Menggunakan merek X-Ten sebagai rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia adalah pilihan yang bijak. Karena dipastikan mesin lebih terawat, olinya tahan lama, entengnya tahan lama, bikin mesin tahan lama dan motor lebih tahan lama. Performa mesin akan lebih unggul daripada menggunakan oli jenis lain. 



Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9