Yuk Deteksi Dini dan Terapi Kesehatan Mental Anda

Jumat, 27 Agustus 2021

Tahukah Anda, bahwa kebanyakan orang yang terkena penyakit kesehatan mental baru sadar jika penyakit tersebut sudah sangat parah.




Sama halnya penyakit fisik, jika penyakit tersebut sudah bahaya penyembuhannya pun membutuhkan waktu yang lama hingga bertahun-tahun.


Selain itu penyakit kesehatan mental ini juga sangat mengganggu kehidupan anda, baik pekerjaan, hubungan asmara, hingga interaksi sosial. Sehingga deteksi dini kesehatan mental sangat penting untuk pencegahan. 


Tanda-Tanda Awal Orang yang Terkena Gangguan Kesehatan Mental


Agar anda bisa mendeteksi secara dini gejala penyakit kesehatan mental, sebaiknya kenali tanda-tanda awal orang yang terkena penyakit tersebut. 


Berikut ini tanda-tanda awal hingga yang paling berat gangguan kesehatan mental.


1. Sedih dan Khawatir Berlebihan


Jika anda merasa sedih berkepanjangan dan khawatir yang berlebihan, sebaiknya anda harus memeriksakan kondisi kejiwaan anda. Sebab ini merupakan tanda awal penyakit stress. Depresi, dan lainnya.


2. Sering Merasa Lelah


Tidak hanya dari segi mental anda, sering merasa Lelah meskipun tidak melakukan kegiatan yang berat juga termasuk dalam gejala awal penyakit kesehatan mental.


3. Gampang Marah


Anda lebih cepat marah meskipun untuk hal-hal yang sepele? Anda juga perlu mewaspadainya.


4. Mudah Putus Asa


Mudah putus asa dalam menjalankan setiap aktivitas juga termasuk tanda awal.


5. Traumatik


Banyak kejadian berat yang sulit dilupakan juga bisa menjadi traumatic yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental.


6. Suka Menyendiri


Jika anda merasa suka menyendiri dan sulit berinteraksi social dengan dunia luar, anda juga perlu berhati-hati.


7. Pikiran Ingin Bunuh Diri


Dan gejala yang paling parah yaitu jika anda benar-benar merasa putus asa dan berpikir ingin bunuh diri.


Terapi Akibat gangguan Kesehatan Mental



Bagi keluarga anda yang sedang mengalami masalah gangguan kesehatan mental, anda harus tetap tenang dan jangan sampai dibawa ke dukun atau lainnya. 


Sebaiknya anda menyarankan terapi agar penyakit tidak semakin parah dan bisa mempercepat penyembuhan. 


Berikut ini ada beberapa rekomendasi terapi untuk mempercepat penyembuhan penyakit akibat gangguan kesehatan mental.


Periksa ke Dokter Spesialis Kejiwaan


Penanganan pertama yang wajib anda lakukan jika ada teman atau keluarga terkena ganguan kejiwaan yaitu memeriksakannya ke dokter spesialis kejiwaan. 


Meskipun tidak langsung sembuh biasanya pasien bisa lebih tenang sebab sudah disuntikan obat penenang.

Selain itu, dokter akan mendeteksi jenis penyakit kejiwaan. Apakah depresi, delusi, halusinasi, dan jenis penyakit lainnya. 


Dan sudah seberapa jauh tingkat keparahan penyakit. Jika belum begitu parah penyembuhannya juga bisa lebih cepat.

Selain itu, dokter juga memberikan masukkan kepada keluarga bagaimana penanganan pemberian obat pada pasien.


Dan terapi apa saja yang wajib dijalankan oleh pasien. Pemberian resep obat dan juga rekomendasi psikiater yang tepat. Anda juga harus rajin berkonsultasi ke dokter bagaimana perkembangan kondisi pasien.


Rutin Minum Obat


Memberikan obat kepada orang dengan gangguan kejiwaan pun tidak mudah. Jika ternyata penyakit dirasa cukup parah, anda bisa mencampurkannya ke minuman atau makanan.


Selain itu, pasien juga harus teratur minum obat. Jangan sampai obat tersebut dihentikan meskipun sudah dirasa agak baikan. Sebaiknya tunggu intrusi dari dokter.


Meminta Bantuan Psikiater


Penyebab penyakit gangguan mental ini akibat kondisi jiwa yang terlalu bersedih, gelisah, khawatir, dan lainnya. 


Dan selain minum obat penyembuhan alaminya yaitu dengan berkonsultasi dengan psikiater tentang masalah pribadi pasien. Anda bisa bebas bercerita dan psikiater akan membantu anda untuk sembuh dan menjadi lebih baik.


Meditasi


Pikiran yang berkecamuk yang mengakibatkan stress, depresi, dan lainnya. Agar pikiran anda bisa lebih tenang sebaiknya lakukan meditasi setiap hari.


Dan salah satu aplikasi yang bisa membantu anda untuk meditasi adalah riliv. 


Rajin Beribadah


Selain meditasi, obat jitu menenangkan pikiran adalah dengan rajin beribadah. Anda bisa meningkatkan ibadah anda jika banyak pikiran.


Lakukan juga kegiatan ibadah seperti sholat wajib dan tahajud, membaca al qur’an, mendengarkan ceramah agama, dan lainnya agar anda bisa lebih bersyukur dan tenang.


Berdamai dengan Diri Sendiri


Dengan beribadah dan menjalankan serangkaian terapi, tips jitu lainnya untuk mempercepat kesembuhan yaitu dengan berdamai dengan diri sendiri. 


Anda harus bisa menerima kenyataan bahwa anda sedang sakit dan anda pasti bisa akan sembuh. Dan ikhlas biasanya menjadi kunci utama kesembuhan berbagai penyakit. 


Dan tanamkan pada diri pasien agar tetap semangat dalam menjalani hidup ke depan.


Gemar Berolahraga


Untuk mengurangi rasa tegang, stress, adalah dengan rajin berolahraga. Sebab dengan berolahraga otot dan syaraf bisa kendor. 


Anda bisa mencoba olahraga yang menyenangkan seperti bersepeda, senam, dan lainnya.


Cepat Sembuhkan Kesehatan Mental Anda dengan Bantuan Riliv


Di atas merupakan tanda-tanda awal gangguan kejiwaan. Dan jika anda merasa mengalami gejala tersebut sebaiknya periksakan dan lakukan serangkain terapi untuk mempermudah proses penyembuhannya. 


Jika anda kesulitan terapi atau mencari psikiater, anda bisa menggunakan aplikasi riliv. Di sana menyediakan mediasi dan konsultasi psikiater hanya dengan melalui handphone anda dan bisa berlangganan bulanan atau tahunan.


Kenapa harus Riliv? 




Riliv merupakan aplikasi yang menawarkan konsultasi gratis dengan berbagai permasalahan yang dialami oleh para pasiennya. Misal, konsultasi terkait cinta, karir, pendidikan, keluarga, sosial hingga gangguan psikologi yang cukup berat. 

Enaknya lagi, ketika Anda merasa takut atau malu terbongkar dengan identitas asli, Anda sangat bisa menggunakan nama samaran. 

Anda pun bisa memilih psikolog sesuai dengan kebutuhan dan keluhan. Siap merespon dengan cepat apa pun curhatan Anda, lho. Kurang dari 24 jam, permasalahan Anda akan dipecahkan oleh psikolog dari Riliv. 

Oh ya, dan tak perlu khawatir tentang data diri saat Anda melakukan konsultas dengan psikolog Riliv. Dijamin aman dan setiap transaksi terjadi telah melalui proses verifikasi terlebih dahulu. Menarik, bukan? 

Anda tertarik? Segera kepo saja di sini. Aplikasi meditasi dan konseling No. 1 di Indonesia. 

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9