Serunya Menikmati Fasilitas Malaysia Healthcare Sambil Berwisata

Jumat, 05 Februari 2021
Fasilitas Malaysia healthcare


Jobs Fill Your Pocket, Adventure fill your Soul”. (Pekerjaan mengisi sakumu, petualangan mengisi jiwamu.

 

Ada yang sepakat, jika traveling tak sekadar menghamburkan uang belaka? 

Lebih dari itu, traveling atau melakukan petualangan dengan melihat alam luar bisa bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Setelah berjibaku dengan banyak pekerjaan yang kadangkala membuat Anda stres. Maka traveling dengan menghirup udara segar bisa menjadi solusi yang tepat. Namun sayang, masa pandemi masih juga belum berhenti. Jadi, untuk saat ini sebaiknya menahan diri dulu sampai keadaan benar-benar pulih, ya.

Jujur, saya sendiri juga sudah capek di rumah. Ingin rasanya pergi jalan-jalan dan membuang semua beban sambil traveling. Yang bikin kangen traveling ke tempat cagar budaya nih. Berlibur sambil berburu konten sejarah.


Nah, Saking kangennya berpetualang, saya pun membuka kembali album kenangan saat traveling ke Semarang tahun 2019 lalu, tepatnya bulan november. Padahal cuma  ngelihatin foto di salah satu Curug doang. Tapi rasanya rindu traveling sudah terobati. 


Layanan dan fasilitas Malaysia healthcare


Oh ya, ngomongin soal traveling, ternyata melakukan perjalanan itu bisa banget loh sembari berwisata kesehatan. Jadi Anda tetap bisa menikmati perjalanan wisata dengan aman sekaligus menjaga kesehatan. Emang bisa? Di mana?

Bisa banget dong. Anda bisa berkenalan dengan program wisata kesehatan dengan menghadirkan fasilitas Malaysia Health care berkualitas. Dijamin, perjalanan Anda akan sangat produktif dan sehat. 


Malaysia Health Care: Medical Tourism Terbaik di Dunia


Salah satu karunia terbesar yang diharapkan dalam hidup adalah kesehatan, baik itu kesehatan jasmani maupun rohani. Maka, tidak heran jika akhirnya banyak yang peduli dengan kesehatan sejak usia muda, mulai dari menjaga pola hidup sehat, melakukan olahraga secara teratur, serta tidak ketinggalan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin (medical check up).

Nah, berbicara tentang medical check up, seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang yang melakukannya sambil berwisata atau yang dikenal dengan medical tourism. Salah satu negara yang ramai menjadi tujuannya adalah Malaysia.

Anda pasti tahu, kan, jika Malaysia merupakan negara yang mendapat ranking pertama sebagai medical tourism mengalahkan beberapa negara yang servis kesehatannya juga terkenal bagus di dunia?

Misal saja seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, dan Dubai. Bahkan, pada tahun 2018 dinobatkan sebagai top medical tourism destination dengan jumlah pasien mencapai 1.2 juta orang per tahun, sebuah peningkatan sebesar 14% jika dibandingkan pada tahun 2017.

Dalam bidang medical tourism atau travel, Malaysia juga sudah pernah mendapatkan penghargaan, yaitu:
  • International Medical Travel Journal (IMJT) Medical Travel Awards “Destination of The Year” pada tahun 2017 – 2018
  • IMJT “Health and Medical Tourism Cluster of The Year” pada tahun 2017 – 2018
  • Asia Pasicif Healtcare and Medical Toursm Awards pada tahun 2017 – 2019
  • World’s Best Hospitals for Medical Tourist by Medical Travel Quality Alliance (MTQUA)

Tiga hal yang menjadi kunci medical tourism di Malaysia adalah kualitas, kemudahan akses, dan harga yang terjangkau. Maka tidak heran jika Malaysia Health Care diklaim sebagai medical tourism terbaik di dunia. Hmm, penasaran ingin mencobanya?


Tunggu dulu. Sebelum Anda memantapkan hati untuk mencoba layanan medical tourism yang ada di Malaysia tersebut, sebaiknya Anda kenali dulu apa sih sebenarnya maksud dari Berwisata Kesehatan di Malaysia Health Care Travel Council?


Mengenal Malaysia Healthcare Travel Council (MHCT)


Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu negara yang menjadi tetangga terdekat negara kita, serta masih satu rumpun. Yup, Malaysia. Sudah sejak lama Malaysia menjadi salah satu tujuan destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia. Kabar baiknya, ternyata Malaysia juga memiliki program unggulan di bidang kesehatan, yaitu Malaysia Healthcare Travel Council (MHCT).


Malaysia Healthcare Travel Council (MHCT) merupakan sebuah organisasi yang didirikan oleh kementerian Kesehatan Malaysia yang berdiri pada tahun 2009, serta sudah bekerjasama dengan 69 rumah sakit swasta di Malaysia.


Selain itu, sesuai dengan namanya, MHCT ini juga dipercaya bertanggung jawab mengelola dan memfasilitasi perjalanan kesehatan negara. Melalui program MHCT, pemerintah Malaysia berperan menghubungkan rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta dengan pasien, baik pasien yang datang dari masyarakat Malaysia atau pasien asing yang berasal dari luar Malaysia, yang salah satunya adalah Indonesia. 

 

Fasilitas Malaysia healthcare travel council

Satu hal yang menarik, meski pasien berasal dari luar Malaysia, tapi biaya  yang dibebankan sama dengan biaya berobatnya masyarakat Malaysia. Tidak ada biaya tambahan atau perbedaan fasilitas yang didapat. Intinya, semua pasien mendapatkan fasilitas dan dikenakan biaya yang sama. Uniknya, biaya tersebut relatif lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa biaya negara tetangga yang fasilitasnya sama bagus.

Keunggulan MHCT adalah setiap rumah sakit yang ingin berkolaborasi dengan pemerintah Malaysia wajib memiliki akreditas internasional sehingga memiliki standar internasional. Keren, bukan?


sarana  malaysia healtcare


Oya, fasilitas kesehatan diseluruh rumah sakit Malaysia, termasuk para dokter sudah diatur oleh kebijakan yang cukup ketat oleh pemerintah Malaysia. Dari tahun 1998 Ministry of Heath (MOH) telah membuat Private Healthcare and Facilities Service Act yang wajib dipatuhi oleh semua rumah sakit pemerintah dan swasta tanpa terkecuali. Berikut ini beberapa hal yang wajib dipatuhi:

  • Mengedepankan kenyamanan dan keselamatan pasien
  • Mengenakan biaya perawatan terjangkau dan tidak memberatkan pasien
  • Mekanisme perawatan diatur ketat supaya ruma sakit dan tenaga medis yang bekerja di fasilitas kesehatan bisa melayani pasien dengan maksimal

Satu lagi yang penting, bagi keseluruhan rumah sakit yang telah lolos evaluasi MHCT yang meliputi kualitas standar layanan dan perawatan medis, maka wajib memiliki minimal satu akreditasi layanan kesehatan berskala internasional agar bisa mewakili the best of Malaysia healthcare. 


Layanan dan Fasilitas Malaysia  Healthcare


Setelah memiliki gambaran tentang MHCT, sekarang saatnya Anda tahu apa saja layanan dan fasilitas Malaysia Healtcare. Berikut layanan dan fasilitas yang perlu diperhatikan. Yang mana setelah membaca ini, Anda akan bilang berwisata kesehatan bersama Malaysia Healthcare Travel Councel recommended banget. 


Kelebihan fasilitas Malaysia healthcare

Layanan Malaysia Health care Travel Council

  • Medical Check Up 

Tersedia paket pemeriksaan kesehatan umum untuk berbagai kategori usia. Ada juga check up khusus jantung, kanker, payudara dan lainnya

  • Kardiologi (Jantung) 

Malaysia menjadi rumah sakit rujukan Jantung di kawasan Asia Tenggara terpercaya. Tenaga ahli kesehatan profesional, seperti dokter jantung, ahli bedah jantung, serta didukung oleh alat check up jantung lengkap sekaligus tindakan invasive dan non invasif

  • Program Kehamilan atau Bayi Tabung

Malaysia juga dipercaya sebai rumah sakit terpercaya untuk program kehamilan dan bayi tabung di Asia Tenggara

  • Pemeriksaan dan Pengobatan Kanker 

Menghadirkan dokter onkologi serta fasilitas pengobatan kanker 

  • Ortopedi 

Menghadirkan dokter spesialis masalah tulang dan sendi yang sudah berpengalaman 


Fasilitas Malaysia Health Care


Anda bisa melakukan kesenangan tanpa batas saat berpariwisata kesehatan bersama Malaysia Health Care. Sebab, tidak cukup memuaskan di bagian pelayanan saja. Anda pun akan dimanjakan oleh fasilitas Malaysia Health Care berkualitas Seperti:

  • Teknologi medis terbaru dan canggih sesuai kebutuhan medis
  • Praktisi kesehatan berpengalaman
  • Servis yang ditawarkan beragam
  • Bisa melakukan konsultasi atau meminta rekomendasi perawatan medis berkualitas tanpa biaya alias gratis
  • Fasilitas MHCT terakreditasi yang mampu menjamin keselamatan pasien

Tidak bisa dipungkiri, Malaysia telah menjelma menjadi salah satu negara maju hampir disemua bidang, termasuk kesehatan. Teknologi medis terbaru diserta praktisi kesehatan yang profesional dan berpengalaman adala sebagian dari pelayanan kesehatan berkualitas dan mendunia. Dengan berbagai servis yang ditawarkan serta akses yang mudah, menjadikan liburan ke Malaysia lebih dari sekedar berwisata.


Malaysia Health Care juga berani memberi kepastian, dimana wisatawan kesehatan sudah pasti mendapatkan perawatan apa saja selama di sana, kepastian biaya, serta keramahan dan kenyamanan yang membuat orang sakit bisa menjadi sehat secara mental.


Tentu saja ini semua ditunjang oleh regulasi pemerintah Malaysia yang cukup ketat soal pemenuhan hak kesehatan bagi para pasien, baik yang berasal dari Malaysia atau luar dengan fasilitas berkualitas dan sama tanpa ada perbedaan. Jika ada yang melanggar, pasien berhak untuk melaporkannya, dan pemerintah/MHCT (untuk mitra MHCT) akan bertindak tegas terhadap rumah sakit atau dokter.


Malaysia bukan negara kemarin sore yang melakukan kegiatan medical tourism atau healthcare travel. Jika dihitung, hampir satu dekade melalui MHCT. Nilai plusnya adalah jarak Indonesia – Malaysia yang dapat ditempuh hanya dalam hitungan jam. Ditambah jadwal penerbangan yang beragam dan pilihan kota keberangkatan dan kedatangan yang bervariasi, baik dari Indonesia atau Malaysia dengan biaya yang jauh terjangkau jika dibanding dengan negara lainnya.


Nah, jika Anda tertarik berwisata sambil melakukan medical check up kesehatan atau lainnya, silakan serahkan kepada MHCT. Anda juga bisa kepoin info selengkapnya di website resminya www.malaysiahealthcare.org atau media sosialnya di instagram @medtourismmy.id 






4 komentar on "Serunya Menikmati Fasilitas Malaysia Healthcare Sambil Berwisata"
  1. Awal membaca langsung suka quote yang tertulis. Keren ya layanan kesehatan di Malaysia. Medikal chekup sekalian wisata. Sehat jiwa dapat, sehat raga juga dapat.

    BalasHapus
  2. Malaysia emang udah lama ha jadi rujukan untuk urusan kedehatant nih. Suka banget baca tulisan ini mba. Jadi makin tahu kenapa negaranya upin ipin ini femes banget di antara masyarakat Indo yang oengent berobat sekaligus ngetrip. Ha wong layanannya jempolan gitu je... Recommended pastinya.

    BalasHapus
  3. Asiknya bisa berobat sambil wisata, sayangnya di Indonesia belum bisa seperti itu. Malaysia jadi bisa menarik dua keuntungan.

    BalasHapus
  4. Setuju, Mbak..traveling tidak semata menghamburkan uang. Sehat raga dan pikiran setelahnya adalah tujuan. Seperti misi Malaysia Healthcare ini, kalau berobat atau medical check up sekalian berwisata ke Malaysia pasti akan segar jiwa raga setelahnya

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9