Ciri-Ciri Penerbit Indie Terpercaya dan Berkualitas yang Harus Anda Pilih!

Sabtu, 27 Februari 2021

Ciri-ciri penerbit indie terpercaya

Ciri-ciri penerbit indie terpercaya - Ingin menerbitkan buku Solo? Colek saya di sini 


empunyai buku yang dituliskan sendiri menjadi cita-cita hampir semua penulis. Namun, langkah menuju ke sana tidak mudah. Selain harus banyak berlatih menulis lebih baik, menembus penerbit mayor merupakan proses panjang. 

Saya pernah memiliki pengalaman bagaimana ditolak penerbit mayor dikarenakan tema yang saya angkat sudah sangat familiar. Namun, ditolak tidak membuat saya menyerah. Saya maju terus dengan berdiskusi dengan editor lewat email. 

"Sebaiknya tema yang Mbak Malica ambil lebih spesifik ya. Biar nanti kami pertimbangkan lagi nanti. Oh ya, jangan lupa pikirkan juga marketing bukunya, " jelas mbak editor.

Yup. Pengalaman ditolak mengajarkan saya banyak hal sebelum maju lagi mengirimkan naskah ke penerbit mayor. Setidaknya ada beberapa catatan, yakni:
  • Tema populer tapi unik 
  • Penulis memiliki attitude yang baik di dunia digital
  • Aktif bermedia sosial
  • Mampu menganalisa pangsa pasar penjualan buku
  • Ikut mempromosikan buku
  • Naskah rapi
  • Judul Menarik dan bikin penasaran

Dari beberapa poin di atas, saya butuh mempelajarinya lagi sebelum maju kembali menawarkan naskah ke penerbit mayor. Tidak menyerah meski ditolak. Hanya menunggu waktu yang tepat. Hehe

Tetapi bagaimana jika buku impian ini ingin diterbitkan lebih cepat, namun hasil naskahnya juga berkualitas dan terpercaya? 

Jawabannya, penerbit indie bisa menjadi pilihan Anda untuk menerbitkan buku. Namun satu pesan saya, Anda harus tahu ciri-ciri penerbit indie berkualitas dan terpercaya.

Alasan Memilih Penerbit Indie Terpercaya


Ciri-ciri penerbit indie berkualitas

Penerbit indie memang dapat menjadi batu loncatan bagi Anda yang ingin menerbitkan buku tanpa ribet. Prosesnya cukup cepat dan ringkas. Keuntungan yang diperoleh bisa lebih dari yang penulis dapatkan dari penerbit mayor jika pemasarannya bagus. Tidak jarang, buku yang bagus akhirnya dipinang oleh penerbit mayor untuk diterbitkan.

Tetapi mengapa harus mengetahui alasan menerbitkan buku di penerbit indie terpercaya terlebih dahulu? Ini dia beberapa alasannya!

1. Menjaga Naskah dari Plagarisme


Bukan menjadi rahasia kalau dalam sektor apa saja mungkin ada plagiat. Apalagi sebuah tulisan diyakini mempunyai pembacanya sendiri. 

Di dunia ini banyak orang yang ingin memperoleh kesuksesan dengan instan sehingga rela melakukan apa saja. Jasa penerbitan menjadi sasaran empuk untuk melakukannya. 

Anda biasanya menyerahkan naskah utuh kepada penerbit yang dipercaya untuk bantu dicetak. Naskah bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Nah, menghindari ini sebaiknya pastikan bahwa saat diterbitkan di penerbit indie sekalipun, naskah Anda aman dari plagiat, ya. 


2. Menghasilkan Buku yang Berkualitas


Naskah yang masuk ke  penerbit indie memang dipastikan dapat terbit. Namun, bukan berarti penerbit menerima begitu saja semua naskah yang masuk. 

Mereka seharusnya tetap memperoleh standar dan editor sendiri. Naskah yang masuk harus memenuhi kriteria tersebut. Penulis juga harus siap memperbaiki tulisan agar sesuai persyaratan dan menghasilkan buku yang bagus.

Jadi, jika Anda ingin menghasilkan buku yang berkualitas maka penerbit indie terbaik harus ditemui. Tanyakan, apakah Anda bisa berbincang dengan editornya atau tidak. Penerbit indie terpercaya dan  ramah akan siap menjelaskan prosedur menerbitkan buku secara detail sekalipun Anda tidak memintanya. 

3. Menjamin Terbitnya Buku 


Tentu saja penerbit indie terpercaya akan menjamin terbitnya buku dari naskah yang Anda kirim. Mereka tidak akan menggunakannya untuk keperluan lain atau menjualnya ke pihak ketiga tanpa sepengetahuan. Meski harus melalui editing, naskah dijamin terbit.

4. Memperoleh Pemasaran Maksimal


Buku yang diterbitkan secara independent atau indie memang tidak dicetak dalam jumlah besar, Jumlahnya tergantung pesanan tetapi dapat dicetak berulang-ulang. 

Penulis harus ikut memasarkan bukunya sendiri. Namun penerbit dapat membantu melalui marketing, sosial media, dan website yang dimiliki. Dengan demikian pemasaran lebih maksimal.

Ciri-Ciri Penerbit Indie Terpercaya dan Berkualitas


Berdasarkan beberapa alasan di atas, Anda dapat melihat bahwa memilih penerbit Indie Terpercaya, berkualitas dan memberikan harga sesuatu kantong sangat penting. Apalagi buku ini kelak akan mewakili diri secara pribadi sebagai penulis.

Penerbit indie terpercaya


Nah, agar tidak salah pilih di bawah ini ciri-ciri penerbit indie berkualtas dan terpercaya.


1. Memiliki Identitas Jelas


Ciri pertama penerbit yang amanah adalah identitasnya jelas. Anda dapat mengetahui hal ini dari sosial media dan website. Orang-orang yang bekerja di dalam kepenerbitan juga benar-benar ada dan berpengalaman di bidangnya. 

Transparansi identitas penerbit juga akan menjamin proses naskah yang masuk dan penjualannya kelak. Jika dari awal saja sudah tidak jelas, Anda boleh meragukan legalitas dan keterjaminan naskah yang dikirim. Di dunia digital di mana semua tidak saling mengenal secara fisik, kepercayaan menjadi nomor satu yang harus dimiliki.

2. Pelayanan Memuaskan


Saat Anda akan menerbitkan buku, penerbit adalah produsen yang menjual jasa menerbitkan dan mencetak naskah. Sama dengan bidang lainnya, pelayanan yang memuaskan menjadi ukuran kepuasan. Penulis sebagai konsumen tidak akan nyaman bekerja sama jika pelayanan tidak memuaskan.

Konsumen tentu ingin segala pertanyaan dijawab dan direspon dengan baik dan cepat. Hubungan antara penulis dan penerbit juga terjalin sangat baik. Keduanya saling membutuhkan. Saat proses pengiriman naskah, pre-order, naskah dicetak, sampai pengiriman, penulis mendapat progres.


3. Program Jelas


Penerbit indie terpercaya tidak hanya mencetakkan buku yang masuk dari penulis tetapi juga mempunyai program yang jelas. Program tersebut, misalnya latihan atau kursus yang berhubungan dengan kepenulisan. Ini diperlukan agar meningkatkan skill penulis yang bekerja sama. Selain itu, ada pula event-event yang membantu memasarkan buku, seperti give away.

Program juga menarik orang lain untuk bekerja sama, seperti penulisan antologi. Dari sini bisa muncul penulis-penulis baru yang mungkin berkualitas.

3. Buku-Buku yang Diterbitkan Bagus


Buku-buku yang diterbitkan bagus. Ini dapat Anda lihat dari website, jumlah penjualan, dan membeli salah satu buku. Buku berkualitas yang disebutkan tidak hanya layak dari segi isi, tetapi juga desain dan layout. Ini juga hal yang meningkatkan pemasaran.

Misalnya, buku anak dengan cover depan, judul, dan desain yang menarik. Orang tua yang membelikan akan merasa bahwa buku layak mereka beli untuk buah hati. Buah hati diharapkan tertarik untuk membaca dan ada hal positif yang diperoleh.

Nah, mungkin saya bisa mengambil contoh untuk penerbit Indie berkualitas dan terpercaya bisa dilihat dari media sosial mereka. Apakah setiap hari update dunia penerbitan? Atau buku-buku yang diterbitkan?

4. Direkomendasikan oleh Banyak Penulis


Di beberapa media sosial, Anda dapat mengikuti banyak komunitas menulis. Penerbit indie yang bagus akan direkomendasikan oleh banyak penulis. Minimal penulis yang Anda kenal dekat memberi banyak ulasan positif, dari segi: biaya, pelayanan, kualitas desain, dan lain-lain. Rekomendasi membuktikan bahwa penerbit benar-benar sudah legal dan berpengalaman. 


5. Harga Kompetitif dengan Berbagai Pilihan


Harga penerbitan buku biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti: jumlah halaman, kertas yang digunakan, editing dan layout, desain cover, dan jumlah cetak. Ciri-ciri penerbit indie berkualitas dan terpercaya selanjutnya adalah  yang berkualitas dapat memberikan harya yang cukup kompetitif, mengingat penulis membiayai sendiri bukunya.

Untuk memudahkan, beberapa penerbit mempunyai beberapa harga paket yang ditawarkan; mulai dari buku ber-ISBN dan tidak, editing dan tidak, hingga lamanya waktu pemasaran pada website. Ada penerbit yang menawarkan paket mulai dari cetak 2 eksemplar biaya lain-lain. Ada pula yang tidak meminta biaya lain-lain tetapi minimal cetak 30 eksemplar.

Anda harus jeli dalam membandingkan harga dan memilih paket sesuai kebutuhan.
Buku yang Diterbitkan dengan Layout, Editing, dan mempunyai ISBN.

ISBN merupakan singkatan dari Internasional Standar Book Number, tanda bahwa buku telah diakui kepenerbitan dan penulisannya. 

Di Indonesia, buku dengan ISBN terdaftar di Perpustakaan Nasional. Kepengurusannya mudah dan tidak berbiaya tetapi tidak dapat dilakukan perorangan dan sembarang perusahaan. Hanya perusahaan yang mempunyai legalitas di bidangnya yang dapat melakukan. Itu sebabnya sebelum Anda memilih penerbit indie harus mengetahui terlebih dahulu identitasnya.

Selain sebagai penerbit indie ber-ISBN, seharusnya juga mempunyai layouter, editor, dan desainer cover sendiri. Ini juga perlu karena kebanyakan penulis, kecuali self editing tidak dapat melakukannya. Apalagi khusus untuk layout dan desain, tidak hanya pengetahuan tentang buku yang diperlukan tetapi juga jiwa seni. Dengan demikian, buku yang dihasilkan menarik buat konsumen untuk membelinya.

Kesimpulan 


Menjadi penulis harus cerdas. Jangan hanya karena bermimpi ingin menerbitkan buku, lantas Anda tidak cukup selektif dalam menerbitkan karya. 

Alangkah baiknya, bijaklah sebelum bertindak. Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum menerbitkan buku ke penerbit mayor maupun indie. 

Karena buku ibarat anak. Semasa kecil anak akan dididik dengan sangat baik. Orang tua mempersiapkan beberapa hal agar anak tumbuh sesuai harapan dan membawa manfaat untuk dirinya dan orang lain. 

Buku pun demikian. Tentu ingin membuat karya yang bermanfaat dan bisa dinikmati banyak orang, Anda harus menulis dengan baik, bukan? 

Jika Anda sudah berusaha dan ingin mengajukan ke penerbit mayor. Tetapi akhirnya ditolak. Saran saya, jangan menyerah. Bukan karena tulisan tidak bagus. Mungkin, tema yang Anda ambil belum cocok dengan penerbit mayor. 

Solusinya, memilih menerbitkan buku di penerbit indie terpercaya dan kualitasnya terjamin. Anda bisa mempraktikkan beberapa tips yang saya infokan di atas, ya. 

Tetapi jika Anda membutuhkan konsultasi terkait kepenulisan sebelum menerbitkan buku atau ingin belajar sekaligus membutuhkan bimbingan sebelum menulis buku, Anda bisa menghubungi saya di sini

Anda tidak hanya akan dibantu bagaimana menulis, tetapi juga akan diberikan wawasan dalam memilih sebuah penerbit idaman. Selamat mencoba!
11 komentar on "Ciri-Ciri Penerbit Indie Terpercaya dan Berkualitas yang Harus Anda Pilih!"
  1. Daebaakk mba Malicaa

    Energi, kreativitas, semangat dan renjana kamu sungguh luar biyasaa

    Kerenn khanmaenn.
    BarokAllah ya mba

    BalasHapus
  2. Tergiur deh kalau liat saat ini banyak penerbit2 indie yang bisa menerbitkan buku2 bagus. Tergiur buat nyetak buku solo, tapi kok ya belom PD. Hahaha.. Makasih infonya, Mba. Bermanfaat untuk saya dan semoga bisa ikut nerbitin buku nih. Hiehehe~

    BalasHapus
  3. Memang harus jeli ya memilih penerbit indie. Kalau saya memilih aman gabung di komunitas aja mbak hehehe. Belum berani nulis solo terus mengajukan ke penerbit, masih harus banyak belajar. Makasih tipsnya ya, sangat berguna kalau suatu saat pengin mencoba menulis buku sendiri dan diterbitkan.

    BalasHapus
  4. Tips ini patut dicatat. Tapi saya udah gak minat lagi nerbit buku indie. Sekali tertipu, sekali terbit, tapi covernya salah. Ujung2nya cetak ulang di daerah sendiri, baru jadi buku. Terima kasih infornadinya Mbak Malica.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah sekarang semakin banyak penerbit indie yang berkualitas ya mbak, salah satunya Dandellion ini. Jadi semakin banyak wadah untuk yang mau nerbitin buku tapi ditolak terus sama penerbita mayor wkkw. Aku sendiri pengennya tahun ini terbit buku solo.. tapi entahlah, udah bulan ketiga belum mulai nulis juga.

    BalasHapus
  6. Wah thanks mba Malica. Jujur saya nggak banyak pengetahuan tentang dunia penerbitan. Baca ini pengetahuan jadi bertambah

    BalasHapus
  7. Terima kasih inspirasinya mam.... Aku sedang belajar untuk bikin buku antologi. Sepertinya Dandelion Publisher bisa dipertimbangkan ya

    BalasHapus
  8. Penyemangat sekali...kak.
    Sungguhan menerbitkan buku ini bagaikan mau melahirkan anak yaa..
    Penuh kesungguhan dalam berkarya dan mewujudkannya.

    BalasHapus
  9. Poin nomor satu itu memang mengerikan ya Mbak. Selalu ada aja orang yang melakukan plagiarisme. 😔 Pernah diceritain teman soal ini. Kepercayaan dan kredibilitas itu emang penting.

    BalasHapus
  10. Note mba, karya saya jga beberapa kali di tolak sama penerbit besar tp pantang semangat akhirnya pake penerbit indie terpercaya

    BalasHapus
  11. Dandelion Publisher ini sudah cukup familiar karena banyak teman penulis yang menerbitkan bukunya lewat penerbit indie satu ini. Terima kasih tipsnya, Mbak. Saya belum berencana menerbitkan buku sendiri tapi kalau suatu saat nanti berubah pikiran, tips ini bakal saya praktikkan.

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9