Serba-serbi kehidupan di mata Malica

GROW HAPPY : Pondasi agar Anak Tumbuh Bahagia

Selasa, 24 September 2019


Tahukah, Moms, jika tumbuh kembang anak yang optimal berawal dari pencernaan sehat? 

Dokter spesialis Anak Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K) menjelaskan bahwa pencernaan sehat akan menghasilkan anak sehat dan bahagia. Untuk itu, penting sebagai orang tua memperhatikan kesehatan saluran cerna untuk mendukung tumbuh kembang anak agar optimal. 

Dalam hal ini orang tua bisa memastikan makanan apa saja yang dikonsumsi oleh anak, dan tentunya memiliki gizi seimbang dan mengandung probiotik agar nutrisi dapat terserap dengan baik. 

Salah satu cara agar anak mendapatkan nutrisi baik, menurut dokter Ari di acara “ Grow Happy Parenting” bersama Lactogrow yang bertempat di The Good Dinner, Surabaya.  Pada hari Rabu, 18 September 2019 lalu juga mengatakan dari sekian banyak probiotik, Lactobacillus Reuteri merupakan salah satu jenis yang telah teruji secara klinis aman dan bermanfaat bagi tubuh. 


Apa itu Probiotik? 

Probiotik adalah mikroorganisme hidup bakteri atau jamur yang jika diatur dalam jumlah yang memadai, akan memberikan manfaat kesehatan pada tempat hidupnya. Dalam hal ini organ pencernaan yang seringkali dilewati oleh makanan serta sering terserang penyakit adalah usus dimana setidaknya harus memiliki 85% probiotik. Karena probiotik akan bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas.  

Tak lupa Dokter Ari juga menjelaskan beberapa makanan dan minuman  mengandung probiotik yang memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak. Antara lain tempe, yogurt, kefir, kimchi, kombucha, susu, buah-buahan, daging, sayur, ikat laut dan lainnya. 

Lantas, apa hubungannya pencernaan sehat dengan suasana hati anak?

Anak sehat pasti happy. Sebagai orang tua harus memastikan kesehatan anak ini bisa dilakukan dengan cara mengatur jam tidur berkualitas, gizi sempurna, dan memberi rasa nyaman. Karena anak usia batita dan balita masih sangat rentan pada perubahan menu makanan, maka orang tua harus kreatif. Jangan lupa yang disebut menu kreatif ini salah satunya mengandung probiotik yang mana bisa melalui makanan dan minuman yang difermentasi. 

Dan nyatanya, pemberian probiotik pada makanan atau minuman ini bermanfaat positif bagi kesehatan saluran cerna karena meningkatkan jumlah bakteri baik yang ada pada usus. Nah, jika organ pencernaan sehat maka anak akan tidak mudah terserang penyakit. Dan sistem pencernaan sehat ini memiliki peran penting untuk membuat anak merasa lebih bahagia. 

Contoh sederhana, pernahkah melihat anak yang sedang sakit fisiknya mampu tersenyum dengan lepas? Ataukah anak yang sedang depresi mampu tersenyum bahagia? 

Pada dasarnya kinerja sistem organ pencernaan dan otak memiliki hubungan langsung yang saling terkait. Otak dan organ pencernaan saling terhubung melalui sinyal bernama biokimia atau disebut dengan sistem saraf enteric dan sistem saraf pusat. Hampir serupa dengan otak, usus sebagai organ pencernaan pun menghasilkan senyawa kimia bernama neurotransmitter yang berfungsi menghantarkan sinyal pada sel saraf. Di mana akan membantu mengatur suasana hati anak. 

Nestle Lactogrow merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas yang mengandung lactobacillus reuteri, omega 6, omega 3, minyak ikan, 12 vitamin, dan 7 mineral yang terdiri dalam varian plain, vanilla, dan madu. Diformulasikan secara khusus oleh para ahli di nestle research center, Switzerland, membantu tumbuh kembang si kecil yang bahagia. 




Pramudita Sarastri, Brand Executive Netsle Lactogrow juga mengatakan “Agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, orang tua perlu memenuhi kebutuhan gizi dan membantu mengembangkan kematangan emosi anak.” Dan kebutuhan gizi ini bisa didukung oleh susu Lactogrow ya, mom. 

Yang paling seru saat acara workshop “Grow Happy Parenting” ketika pemateri ketiga, Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC menyampaikan pernyataan gebbrakan yang cukup bikin hati saya merasa “JLEB” banget. Mungkin para peserta lainnya pun demikian. 


Lizi, begitu panggilan akrabnya mengatakan bahwa jika ingin anaknya bahagia, maka orang tuanya harus bahagia terlebih dahulu. Orang tua harus bisa menciptakan rumah yang nyaman agar suasana hati anak selalu bahagia. 

Beberapa tips juga disampaikan oleh psikolog cantik tersebut tentang maximizing Parental Role in Nurturing Children Happiness, antara lain:


  • Memberikan makanan bergizi tepat waktu
  • Waktu bermain dan eksplorasi dengan memberikan feedback pada anak
  • Ekspresi emosi positif yang dilakukan berulang-ulang
  • Cukup waktu tidur 
  • Berikan cinta tanpa syarat (Pelukan, pujian)
  • Antusias saat mendengar (Active listening)

Tak lupa, dalam praktiknya tentang emosi positif ini, Lizi memberikan contoh aktivitas tentang mengajarkan anak pada makna bersyukur yang bisa dilakukan rutin setiap hari. Seperti tanyakan pada anak setiap hari “Ada kabar baik apa?” kemudian orang tua membantu mengekspresikan hal-hal baik yang terjadi dalam kegiatan sehari-hari kepada anak.

Saya sangat bersyukur mengikuti workshop “Grow Happy Parenting” bersama Lactogrow ini. Pastinya banyak ilmu yang saya dapat. Selain itu keseruan di akhir sesi dengan pemateri Elizabeth tersebut membuat acara semakin meriah.

Tak menyangka jika aktivitas MEAL PREP ini akan dilombakan dan kelompok saya ternyata menjadi juara pertama. Bersama kelima blogger Surabaya, saya membuat menu makanan sehat bergizi  yang mencakup vitamin, mineral, protein, probiotik, dll.


Setelah workshop ini pun saya siap menjadi orang tua bahagia dan belajar mendidik dua buah hati saya melalui hari-harinya dengan bahagia.  
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9