Serba-serbi kehidupan di mata Malica

SI PAHIT PERIA YANG KAYA MANFAAT

Minggu, 29 Oktober 2017


Ketika mendengar nama pare disebut, apa yang terlintas di benak Anda? Sayuran yang rasanya pahit dan siapapun enggan memakannya. Betul?

Pare atau nama lainnya adalah peria memang sayuran yang rasa pahitnya sering kali membuat mayoritas orang menolak untuk memakannya. Tapi tahukah Anda, ternyata di balik pahitnya sayuran pare ini banyak menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah sebagai antioksidan.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam sayuran pare ini juga banyak di antaranya :

- Kalori
Kalori yang terdapat pada sayuran pahit ini cukup rendah. Dalam satu porsi pare yang Anda makan hanya menyediakan 17 kalori

- Vitamin C
Vitamin C merupakan vitamin yang sangat baik, yang mana dalam satu porsi 100 gram pare terdapat 84 mg yang setara dengan 140% Angka kecukupan gizi ( AKG )

- Folat

- Vitamin B

- Mineral
Sayuran yang terkenal pahit ini banyak mengandung kalium, fosfor, zinc, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, serta mengandung kalsium.

Nah, itulah beberapa kandungan yang ada pada sayuran pare. Selain itu, pare juga dapat diolah menjadi berbagai masakan. Misalnya : Tumis pare ikan teri, acar pare, dan jus pare. 

Dan bagi Anda penggemar si Peria wajib tahu caranya memasak agar tidak terlalu pahit rasanya.

Saya bagi tips sedikit ya tentang sayuran pahit ini. Silahkan di simak!

* Cara menghilangkan rasa pahit pada sayuran pare

1. Iris pare tipis-tipis dan hilangkan bijinya. Kemudian masukkan garam secukupnya.

2. Lalu remas pare beserta garam yang sudah tercampur hingga mengeluarkan air.

3. Setelah diremas rata, kemudian cuci sampai bersih dan hilang rasa asinnya.

4. Panaskan air sampai mendidih dan masukkan pare yang sudah dicuci bersih. Kalau sudah setengah matang, silahkan diangkat dan tiriskan.

5. Pare siap dimasak.

Well,  beberapa cara di atas adalah kebiasaan yang saya lakukan untuk menghilangkan rasa pahit pada sayuran pare. Meskipun rasa pahitnya tidak hilang total, setidaknya pahitnya nggak begitu menyengat.

Oke, lanjut ya...

Setelah Anda tahu apa saja kandungan yang ada pada sayuran pare plus cara menghilangkan rasa pahitnya, kini giliran saya bahas tentang manfaat pare untuk kesehatan dan kecantikan. Apa sajakah itu?

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Pare dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Caranya adalah dengan merebus daun atau buah pare hingga mendidih. Lalu minumlah, guna untuk melawan infeksi.

2. Gangguan Pernapasan
Bukan hanya sebagai antioksidan tetapi juga pare ini bisa mengobati asma, flu, batuk dll.

3. Tonik Liver
Untuk penyembuhan pada penyakit liver, sayuran pare ini dibikin jus. Sehari cukup konsumsi satu gelas saja secara rutin

4. Diabetes
Konon katanya, penyebab dari penyakit diabetes ini adalah ketidakmampuan sel untuk menyerap gula dalam darah karena produksi insulin yang tidak cukup memadai atau karena resistensi insulin. Sedangkan pare mampu mengendalikan dan menyerap kadar gula yang berlebihan. 

5. Menjaga kesehatan Jantung
Sering mengonsumsi pare terbukti bisa menjaga kesehatan jantung. Karena pare ini bisa mengurangi kadar kolesterol jahat yang berpotensi menyumbat dinding arteri. 

6. Kanker
Ketika Anda gemar memakan pare, secara tidak sadar Anda telah melakukan pencegahan pada sel-sel kanker agar tidak tumbuh pada tubuh Anda. 

Pare memang rasanya pahit. Tapi dibalik rasa pahitnya itu bisa untuk mengobati berbagai macam penyakit. Karenanya, jika sayuran ini tidak langka di kota atau desa Anda, sebaiknya Anda belajar untuk mengonsumsinya agar badan tetap sehat. 

Sedangkan manfaat pare pada kecantikan adalah sebagai berikut : 

1. Mencegah Masalah Kulit
Permasalahan yang timbul pada kulit seperti jerawat, alergi, infeksi kulit adalah salah satunya dari makanan yang Anda makan. Jika kulit Anda mendapatkan nutrisi yang tepat kemungkinan masalah kulit kecil sekali terjadi. Nah, asyiknya dengan rutin mengonsumsi pare secara rutin dapat membantu kesehatan kulit Anda. Karena pare ini adalah pembersih darah alami. 

2. Anti Penuaan
Seperti penjelasan sebelumnya, sayuran pare mengandung vitamin C yang sangat baik. Oleh karena itu, pare ini bisa mencegah kulit keriput dan memperlambat proses penuaan. 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai si paria yang pahit tapi memiliki segudang manfaat. Namun, perlu diketahui juga bahwa pare memang sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Tetapi sayuran pare ini sangat tidak disarankan untuk wanita yang sedang hamil. Kenapa? Senyawa  pencahar dari pare begitu tinggu yang mana dapat menyebabkan kontraksi prematur, perdarahan, bahkan keguguran. 

Semoga bermanfaat ^__^
4 komentar on "SI PAHIT PERIA YANG KAYA MANFAAT"
  1. Wow ada anti penuaan ... bagus neh

    BalasHapus
  2. waaauu.. walaupun pahit, tapi sungguh banyak manfaatnya.. saya suka saya sukaa

    BalasHapus
  3. Bner bgt mba. Peria bnyak skali manfaat utk kshatannya. Tp sayangnya saya ga suka peria T_T

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9