Periksa Gigi Anak Yuk!

Selasa, 24 Januari 2023

Menjaga kesehatan gigi sangat penting untuk dilakukan sejak dini. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga perlu mendapatkan perawatan dan pemeriksaan gigi secara rutin. 



Hal tersebut menjadi tanggung jawab orang tua agar kondisi gigi dan mulut si kecil selalu sehat di setiap tahapan usia. Mari kenali apa saja manfaat pemeriksaan gigi anak dan bagaimana tips agar anak mau melakukannya.


Manfaat Periksa Gigi Anak Rutin


Mengapa anak perlu melakukan pemeriksaan gigi secara rutin? 


Banyak yang berpikir bahwa hanya orang-orang dewasa saja yang perlu menjalani pemeriksaan gigi. 


Padahal ada banyak manfaat jika Anda membawa anak rutin periksa gigi ke dokter gigi, salah satunya untuk kesehatan gigi. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat dirasakan:


Mencegah Kerusakan Gigi


Pemeriksaan gigi akan membantu mencegah kerusakan gigi si kecil. Gigi susu pada anak tidak memiliki kekuatan yang sama seperti gigi orang dewasa. 


Gigi susu lebih mudah rusak padahal harus tetap dipertahankan sampai gigi permanen muncul. Itulah mengapa sangat penting untuk dirawat dengan baik.


Jika anak terbiasa memeriksakan gigi secara rutin, maka lebih mudah untuk mendeteksi adanya tanda kerusakan pada gigi. Tanda kerusakan yang ringan bisa langsung diketahui dan diatasi sehingga tidak berkembang lebih parah.


Mengendalikan Proses Pertumbuhan Gigi


Anak-anak mengalami masa pertumbuhan yang sebaiknya memang dikontrol dengan baik. Termasuk pertumbuhan di area gigi dan mulut. 


Gigi geligi anak akan terus mengalami perubahan karena bertumbuh sesuai tahapan usia. Dalam proses pertumbuhan tersebut, ada perubahan yang terjadi di rongga mulut dan sebaiknya memang diawasi serta dikendalikan secara optimal.


Gigi susu pada anak memang akan lepas dan digantikan gigi permanen. Namun bukan berarti pertumbuhan gigi susu tidak harus dikendalikan. 


Justru pertumbuhan gigi susu harus diawasi dengan baik agar bisa memandu gigi permanen tumbuh secara optimal.


Mengedukasi Anak tentang Merawat Gigi


Periksa gigi ke dokter juga akan membantu anak lebih paham tentang cara merawat gigi yang benar. Anak bisa mendapatkan edukasi langsung dari dokter gigi tentang bagaimana cara menyikat gigi yang benar. 


Jika anak sudah terbiasa merawat dan menjaga kebersihan gigi sejak dini, maka akan lebih mudah bagi mereka untuk mendapatkan gigi yang sehat. 


Kebiasaan ini akan dibawa sampai dewasa dan memperkecil risiko kerusakan gigi di masa depan.


Membuat Anak Terbiasa dengan Dokter Gigi


Banyak sekali orang yang takut pergi ke dokter gigi. Mayoritas menganggap dokter gigi itu menyeramkan. Padahal disarankan untuk terbiasa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. 


Jika dibawa periksa gigi ke dokter gigi sejak kecil, maka anak bisa terbiasa dan tidak akan merasa takut dengan dokter gigi. 


Justru mereka merasa dokter gigi sangat membantu merawat dan menjaga kesehatan gigi geligi.


Tips Membawa Anak Periksa Gigi


Memang ada banyak manfaat yang bisa dirasakan jika orang tua rutin membawa anak periksa gigi. Hanya saja tidak semua anak mudah untuk diajak ke dokter gigi. 


Sebagian besar justru merasa takut dan tidak mau ke dokter. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua agar anak mudah dibawa periksa gigi:


Berikan Pengertian


Pertama-tama, berikan dulu pengertian ke anak mengapa harus periksa gigi dan apa saja yang akan dilakukan nanti. 


Jika diberi pengertian, anak pasti bisa paham dan mendapatkan gambaran apa saja yang akan dialami saat ke dokter gigi. Pengertian ini juga bisa membantu mengurangi rasa takut anak.


Sebagai orang tua, usahakan untuk sounding kepada anak mengenai dokter gigi. Bisa juga dengan mengajak anak menonton video edukasi tentang dokter gigi atau membaca buku yang membahas tentang hal tersebut. 


Ada banyak video edukasi, buku anak, dan mainan edukasi yang berhubungan dengan dokter gigi.


Ajak ke Klinik yang Kid-Friendly


Pilihlah klinik gigi yang ramah anak atau kid-friendly. Salah satu sumber ketakutan terbesar anak-anak saat berkunjung ke dokter gigi adalah suasana yang tidak ramah. 


Suasana klinik yang menyeramkan membuat anak-anak semakin merasa takut. Itulah mengapa orang tua sebaiknya memilih klinik yang suasana dan fasilitasnya kid-friendly.


Berikan Reward


Anak pasti merasa senang jika mendapatkan reward. Setelah anak berani periksa ke dokter gigi, coba berikan reward. Tidak perlu barang mahal, berikan reward yang sederhana asalkan disukai si kecil. 


Biasanya dokter gigi menyarankan anak untuk makan dan minum yang dingin-dingin, seperti es krim. Tidak ada salahnya untuk bertanya langsung apa yang anak inginkan setelah periksa ke dokter gigi.


Periksa gigi sangat penting untuk dilakukan sejak dini. Perawatan gigi sejak usia anak-anak begitu penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan gigi sampai dewasa nanti. 


Selain itu pemeriksaan gigi secara rutin juga akan meminimalkan kerusakan pada gigi. Hal ini akan membantu mencegah tindakan yang kompleks karena kerusakan gigi diatasi sedikit demi sedikit. 


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9