Game Melatih Daya Ingat Anak. Seru dan Menyenangkan!

Senin, 15 November 2021

Bermain game menjadi salah satu aktivitas yang disukai oleh anak-anak. Tak bisa dipungkiri bahwa aktivitas ini sangat menyenangkan dan benar-benar menghilangkan rasa bosan. Faktanya, game memang tidak selalu memberikan dampak buruk bagi anak. Salah satu contohnya adalah game Mahjong Solitaire yang ternyata sangat bagus untuk perkembangan otak si kecil.



Sisi Positif Bermain Game


Di zaman sekarang ini sulit sekali rasanya memisahkan anak dari gadget. 


Apalagi jika anak sudah mengenal game dan bisa mengakses berbagai jenis game lewat gadget tersebut. 


Sebenarnya tak perlu susah-susah memisahkan anak dari gadget dan melarang mereka bermain game. Ada banyak hal positif yang bisa didapatkan dari kebiasaan ini. Apa saja hal positif tersebut?


1. Mengasah Kecerdasan


Bermain game ternyata bisa membantu mengasah kecerdasan otak anak. Tidak hanya belajar, anak juga bisa bertambah cerdas lewat bermain game. 


Sebuah game dibuat dengan konsep tertentu. Pemain nantinya akan diminta untuk menyelesaikan misi tertentu dengan cara yang ia susun sendiri agar bisa menang. Hal inilah yang membuat anak semakin terampil dalam berpikir.


Semakin banyak jenis game yang dimainkan, maka semakin terampil juga otak dalam berpikir. Anak akan menemui banyak jenis konsep permainan dan menemukan lebih banyak strategi yang bisa diterapkan dalam setiap permainan tersebut. 


Game justru akan menjadi cara menyenangkan bagi anak untuk melatih daya pikirnya.


2. Meningkatkan Kreativitas


Banyak orang tua berusaha menghentikan kebiasaan anak dalam bermain game. Padahal di satu sisi game bisa membuat anak jadi semakin kreatif. 


Bertemu dengan banyak jenis game akan meningkatkan kreativitas anak. Mereka bisa mendapatkan banyak inspirasi lewat karakter dan konsep game yang sudah mereka lihat.

 

Pengembangan kreativitas anak bisa dilakukan lewat berbagai cara dan sebaiknya memang dipilih cara yang menyenangkan. 


Melalui game inilah orang tua bisa mendorong anak agar lebih kreatif dan inovatif. Semakin sering eksplorasi game, semakin banyak pula hal-hal menarik yang akan ditemui untuk mendorong kreativitas anak.


3. Menumbuhkan Sportivitas


Game juga bisa menumbuhkan sportivitas pada diri anak. Sikap sportif ini sangat penting untuk ditanamkan kepada anak sejak dini. Sikap ini akan membuat anak menjadi sosok yang bijak dalam menghadapi persaingan di dunia nyata, misalnya di sekolah. Dengan adanya sikap sportivitas ini anak jadi bisa menerima kekalahan dengan lapang dada.


Dalam sebuah game, pasti akan ada menang dan kalah. Jika anak memang tidak bisa menerapkan strategi dan cara bermain yang benar maka ia akan kalah. 


Terbiasa menerima kekalahan seperti ini akan sangat baik bagi mental anak. Sebaliknya, anak juga bisa lebih bijak menerima kemenangan baik di dalam game maupun kehidupan nyata. 


4. Mengasah Daya Ingat


Tahukah Anda bahwa game juga bisa mengasah daya ingat si kecil? Anak memiliki memori yang sangat baik dan hal ini perlu diasah agar semakin bagus seiring ia bertumbuh. 


Game ternyata bisa menjadi media yang baik untuk mengasah daya ingat anak. Ada banyak sekali jenis game yang dimainkan dengan konsep mengasah daya ingat. 


Mahjong Solitaire merupakan contoh game yang paling cocok dimainkan untuk melatih daya ingat si kecil agar semakin tajam. 


Game ini dimainkan dengan cara mencocokkan dua buah gambar dalam tumpukan balok mahjong yang tersusun rapi. Anak akan diajak untuk mengamati sebuah gambar lalu mencocokannya dengan gambar yang lain. Sederhana, namun sangat efektif melatih daya ingat anak.


Tips Main Game agar Anak Tidak Kecanduan


Bermain game sah-sah saja untuk dijadikan kebiasaan anak karena memang ada banyak sisi positif yang bisa dirasakan. Namun, orang tua juga harus menerapkan aturan yang tepat agar anak tidak berlebihan bermain game. Berikut ini adalah beberapa tips main game yang bisa diterapkan para orang tua kepada anaknya:


Seleksi Jenis Game


Pertama, pantau jenis game seperti apa yang dimainkan oleh anak. Memang benar jika ada banyak manfaat dari bermain game namun tidak semua jenis game baik untuk anak. Ada beberapa jenis game yang mengandung unsur kekerasan dan tidak selayaknya dimainkan oleh anak-anak. 


Pilihlah jenis game yang sesuai untuk kategori anak-anak. Pastikan juga bahwa game yang dimainkan bisa mendatangkan manfaat bagi si kecil. Agar bisa memilih jenis game apa yang cocok bagi anak, Anda bisa mencoba memainkannya terlebih dahulu. Dengan memainkan secara langsung maka Anda bisa menilai game tersebut memang layak untuk anak-anak dan bisa bermanfaat atau tidak.


Tetapkan Batasan Waktu


Meskipun anak diperbolehkan untuk bermain game, namun tetap harus ada batasan waktu yang diterapkan. Main game bisa mendatangkan manfaat asalkan dilakukan dalam batas waktu yang wajar. 


Ingat, semua hal yang berlebihan tidak bagus apalagi untuk kegiatan bermain game seperti ini. Usahakan Anda sebagai orang tua tegas memberikan aturan waktu kepada anak saat mengakses game.


Tentukan kapan saja anak boleh memainkan game. Berikan juga pengertian berapa lama anak boleh bermain game dalam satu hari. 


Tentunya anak hanya diperbolehkan main game ketika mereka sudah menyelesaikan kewajiban atau tugas mereka. Misalnya, berikan anak waktu bermain game selama 30 menit setelah mereka selesai mengerjakan PR atau setelah anak selesai melipat pakaiannya sendiri. 


Berikan Pendampingan


Orang tua juga sangat disarankan untuk mendampingi anak saat bermain game. Sebenarnya tak harus selalu dipantau, sesekali coba dampingi anak ketika mereka memainkan game. 


Ajak anak untuk tetap berkomunikasi saat bermain game. Jika perlu mintalah kesempatan pada anak untuk mencoba game yang sedang dimainkan tersebut.


Mendampingi anak saat bermain game akan membuat orang tua paham game apa yang sebenarnya sedang dimainkan. 


Lalu orang tua juga bisa mengajak komunikasi agar hubungan sosial anak tetap terjaga dengan baik meskipun mereka bermain game. 


Intinya, jangan biarkan anak tenggelam dalam keseruan permainan game tanpa pendampingan khusus.


Berikan Konsekuensi


Komunikasikan aturan bermain game dengan anak agar mereka paham. Selanjutnya berikan konsekuensi jika anak tidak mematuhi aturan tersebut. 


Tentukan konsekuensi apa yang harus ditanggung oleh anak ketika mereka melanggar aturan waktu bermain. Hal ini akan membuat anak lebih disiplin dan dapat menggunakan kesempatan bermain game secara bijak.


Pilihan Game untuk Mengasah Daya Ingat


Saat ini ada banyak sekali pilihan game yang bisa dimainkan oleh anak-anak demi mengasah daya ingat mereka. 


Tentunya orang tua perlu mengetahui jenis-jenis game ini agar bisa memilihkan tipe game yang tepat untuk anak. Selain Mahjong Solitaire, ada juga Circus Adventure, Hidden Kitchen, dan Hidden Princess yang cocok untuk dimainkan. 


Anak-anak bisa juga memainkan Logic Puzzle Games, Card Games, dan Hidden Object Games untuk mengasah kemampuan otak mereka. 


Game-game ini akan menantang pemainnya untuk mengandalkan otak dalam mengingat dan menemukan objek. Konsep game-nya tergolong ringan namun sangat seru untuk dimainkan.


Game tak selamanya memberikan dampak buruk bagi anak. Asalkan ada aturan yang tepat dan batasan yang bijak mengenai penggunaan game, maka tidak masalah. Ajak anak Anda untuk mengenal berbagai jenis game asalkan bisa memberi manfaat dan pemakaiannya dalam batas wajar.


Ajak Anak Bermain Mahjong


Mahjong merupakan salah satu game yang sangat populer. Game ini sudah lama ada dan menjadi favorit banyak orang. Meskipun konsepnya sederhana, namun game yang satu ini terbukti seru dan pastinya sangat bermanfaat. 


Mahjong akan mengajak anak untuk mengingat beragam jenis bentuk dan gambar. Tak hanya melatih daya ingat, game ini juga akan membantu mengasah kepekaan otak.


Lewat game ini, anak akan mengingat beragam jenis bentuk dan gambar kemudian mencari pasangan yang tepat. 


Secara otomatis otak anak juga akan dilatih untuk lebih peka agar bisa menemukan pasangan gambar yang sesuai. Mahjong juga akan melatih anak untuk bersabar karena harus menemukan pasangan gambar yang tepat secara perlahan-lahan.


Saat memainkan game Mahjong, anak akan berusaha mengingat letak balok gambar yang sudah dilihat. Nantinya saat menemukan balok dengan gambar yang sama, anak akan mengulang memorinya kembali. 


Hal ini berlangsung berulang kali selama anak menyelesaikan misi dalam permainan tersebut dan secara otomatis akan membuat daya memori anak semakin tajam.


Meskipun konsep game ini sangat sederhana, namun Mahjong memiliki banyak manfaat. Bahkan disebutkan pula bahwa Mahjong bisa membantu menurunkan risiko depresi. 


Meskipun lebih sering terlihat ceria, ternyata anak-anak juga bisa mengalami depresi. Agar hal tersebut bisa dicegah, ajaklah anak untuk bermain game Mahjong ini.


Mahjong menjadi game favorit banyak orang dan sangat aman dimainkan anak-anak maupun dewasa.


Game ini tidak mengandung unsur kekerasan apapun dan sah-sah saja untuk diakses oleh anak-anak. Akses game Mahjong dapat dilakukan secara gratis kapan saja. Game ini juga memiliki backsound yang menenangkan sehingga bisa memberikan relaksasi bagi anak saat memainkannya. 



Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9