Manfaat Senam Kegel bagi Wanita dan Cara Melakukannya

Selasa, 17 Agustus 2021

Manfaat senam kegel ini sangat banyak. Maka tak heran jika senam kegel sejak dulu hingga sekarang masih tetap populer di kalangan para wanita, terutama yang sudah menikah.Pertambahan usia, kelebihan berat badan, atau setelah seorang wanita melahirkan, ada hal-hal yang berubah. 


Misalnya, melemahnya otot punggung bawah. Tidak hanya masalah itu saja, senam kegel juga dibutuhkan oleh wanita yang baru saja melakukan operasi di area panggul bawah.



Sebenarnya  olahraga ini bisa dilakukan oleh pria dan wanita, namun lebih dikenal sebagai olahraga kaum wanita, khususnya yang baru saja melakukan persalinan atau operasi di area panggul bawah. Sehingga kadang disebut juga dengan senam pelatihan otot panggul bawah.


Senam ini sangat mudah dan praktis, tidak perlu pakaian khusus dan bisa dilakukan dengan posisi duduk atau berdiri. Tidak membutuhkan waktu khusus dan bisa dilakukan sambil mengerjakan aktivitas lain.


Misalnya saat sedang duduk sambil melakukan pekerjaan di kantor, menonton televisi, atau saat berdiri. Sangat fleksibel dan layak untuk dicoba karena banyak manfaat melakukan senam kegel secara rutin ini.


Baca juga: Ingin Tulang Tetap Sehat saat Tua? Ini Dia Rahasia yang Wajib Kamu Ketahui


Olahraga Wanita yang Banyak Manfaat



Pada prinsipnya kegel merupakan gerakan untuk melatih dan mengencangkan  otot panggul bawah, termasuk otot yang menyokong rahim, kantung kemin, dan usus besar.


Senam ini juga dipercaya bisa memperbaiki kondisi yang dapat menurunkan fungsi otot panggul bawah karena berbagai sebab. Misalnya karena persalinan, operasi, kelebihan berat badan, hingga penuaan.


Memang senam kegel lebih dikenal sebagai olahraganya kaum wanita karena lebih memberikan banyak manfaat untuk kaum hawa, khususnya mereka yang baru saja melakukan persalinan atau operasi di area panggul bawah. 


Selain mengatasi berbagai masalah pada otot panggul bawah, senam kegel juga memberikan manfaat untuk kesehatan organ intim kewanitaan.


Tak hanya itu, masih banyak lagi manfaat senam kegel bagi wanita, antara lain: 


1. Memperbaiki Fungsi Kandung Kemih


Semakin lama seiring bertambahnya usia, otot-otot dasar panggul yang menopang kandung kemih menjadi melemah. 


Urine pun bisa keluar tanpa sengaja saat kita bersin, tertawa, atau batuk. Nah, salah satu cara untuk memperkuat kembali otot-otot ini adalah dengan senam kegel.


2. Mengatasi Keluhan Pada Ibu Hamil


Ibu yang sedang hamil, biasanya mengalami banyak keluhan, seperti nyeri punggung bawah, sembelit, nyeri saat buang air kecil, buang air besar, atau sulit mengendalikan tinja, dan nyeri saat berhubungan seksual. Senam kegel dapat meredakan atau mencegah keluhan-keluhan di atas jika dilakukan secara teratur.


Baca juga: Inilah Cara Berpikir Wanita dan Pria yang Wajib Diketahui


3. Melancarkan Proses Persalinan


Senam kegel dapat membuat otot panggul, jadi lebih kuat dan elastis, membantu memperlancar proses persalinan. 


Biasanya wanita hamil disarankan untuk melakukan latihan kegel, di usia kehamilan 9 bulan. Otot panggul yang kuat akan mempermudah proses persalinan karena jalan lahir bayi lebih lentur dan mudah terbuka. 


Episiotomi atau   pembedahan untuk memperbesar lubang agar bayi lebih mudah keluar tidak terjadi.


4. Mempercepat Pemulihan Vagina Setelah Melahirkan


Terkadang dalam proses persalinan dilakukan episiotomi yang membuat vagina menjadi lebih lebar. 


Namun, berangsur-angsur akan kembali normal dan pulih dengan sendirinya. Untuk membantu  mempercepat proses pemulihan vagina, melakukan senam kegel secara rutin sangat dianjurkan.


Secara teori, senam kegel akan melancarkan aliran darah ke vagina. Darah akan membawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk meregenerasi sel dan jaringan vagina  yang rusak karena episiotomi.


5. Mengencangkan Vagina


Lakukan senam kegel secara rutin agar vagina lebih kencang dan otot dasar panggul yang mengelilinginya pun tetap kuat. 


Bertambahnya usia wanita dan persalinan dapat membuat vagina menjadi sedikit lebih longgar. Senam kegel juga dapat mencegah turunnya rahim.


Baca juga: Pentingkah Memiliki Asuransi Kesehatan?


Cara Melakukan Senam Kegel dengan Benar

 

Senam kegel ini bisa dilakukan mandiri di rumah. Gerakannya  mudah dan sederhana. Namun butuh konsentrasi ketiks melakukannya, terutama bagi pemula. Harus berlatih dengan hati-hati untuk melakukan gerakannya dengan benar. 


Berikut adalah panduan cara melakukan senam kegel yang benar:


  • Kencangkan dan tahan otot panggul bagian bawah selama 3 detik. Cara mengetahui bagian otot panggul bawah  dengan mencoba membayangkan sedang menahan urine saat hendak buang air kecil. Otot untuk menahan air seni itulah yang disebut otot panggul bawah.
  • Setelah 3 detik, lemaskan otot panggul bawah kembali.
  • Tetaplah bernapas dengan santai selama mengencangkan otot panggul bawah dan jangan mengencangkan otot perut, paha, dan pantat. 
  • Ulangi lagi gerakan nomer 1 hingga 10 kali.
  • Atur napas dan lakukan dalam keadaan rileks. 
  • Bila sudah terbiasa melakukan senam kegel, durasinya bisa ditingkatkan menjadi 5-10 detik.
  • Lakukan senam kegel secara rutin setiap hari, 4-6 kali sehari. 

Jika dilakukan secara rutin dan benar, manfaat senam kegel dapat dirasakan dalam 3-6 minggu. Otot panggul menjadi lebih kuat dan sehat.

Oh, ya, setelah melakukan senam kegel, kamu pastinya berkeringat. Agar keringat tidak menganggu kenyamanan, sebaiknya segeralah membersihkan diri. 

Nah, setelah tubuh bersih, kamu bisa menggunakan produk deodorant dari Dove Sensitive Deodorant untuk menunjang kepercayaan diri.


Dove Sensitive Deodorant ini sangat direkomendasikan karena diracik dari bahan-bahan berkualitas, seperti kandungan parfumnya hanya 0%, alkohol, paraben, serta 1/4 Dove moisturizing cream yang berfungsi melembutkan.


Dove juga aman dipakai siapa saja. Mulai dari remaja, ibu hamil, ibu menyusui bahkan perempuan yang melakukan treatment waxing juga sangat disarankan. 


Sebab Dove Sensitive Deodorant terbukti aman tanpa memberikan efek samping pada penggunanya, misal saja alergi, iritasi, serta sangat efektif mengurangi keringan setelah aktivitas berolahraga seharian.


Nah, kamu wajib coba, ya! 




Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9