Tips Merawat Lansia dengan Hati

Minggu, 29 Oktober 2023


Ada satu perumpamaan yang mengatakan bahwa merawat orang tua yang sudah lanjut usia seperti merawat anak balita. Ini tak lain karena mereka terkadang rewel, butuh perhatian dan kasih sayang yang lebih. Apakah hal tersebut benar?

Pada kenyataannya, orang tua yang sudah memasuki usia senja memang sudah seharusnya kita rawat dengan penuh sayang dan hati yang ikhlas. Ini merupakan bakti kita sebagai anak mengingat mereka telah banyak berkorban dan menghabiskan waktunya untuk merawat kita sedari kecil.

Lantas, apa saja yang bisa kita lalukan agar bisa merawat lansia dengan sepenuh hati? Yuk, temukan tipsnya dalam uraian di bawah ini.

6 Tips untuk Merawat Lansia dengan Hati

Usia lanjut adalah fase kehidupan yang tidak dapat dihindari oleh setiap orang. Pada masa ini, lansia akan mengalami berbagai perubahan fisik, mental, dan sosial. Oleh karena itu, perawatan lansia yang tepat dan penuh kasih sayang sangatlah penting.

Untuk merawat lansia dengan hati berarti memberikan perawatan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan fisik dan psikologisnya. Tetapi juga memberikan perhatian, kasih sayang, dan rasa hormat. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips merawat lansia dengan hati:

1. Selalu berikan perhatian dan kasih sayang

Lansia membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari orang-orang terdekatnya. Luangkan waktu untuk mendengarkan cerita mereka, berbicara dengan mereka, dan memberikan pelukan hangat.

Berikut adalah beberapa contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk memberikan perhatian dan kasih sayang kepada lansia:

  • Mendengarkan cerita mereka dengan penuh perhatian. Lansia sering kali memiliki banyak cerita untuk dibagikan. Luangkan waktu untuk mendengarkan mereka dengan penuh perhatian dan tunjukkan bahwa Anda peduli
  • Berbicara dengan mereka secara teratur. Jangan biarkan lansia merasa sendirian. Luangkan waktu untuk berbicara dengan mereka tentang berbagai hal, seperti keluarga, teman, atau hobi mereka
  • Memberikan pelukan hangat. Sentuhan fisik dapat memberikan kenyamanan dan dukungan kepada lansia.

2. Pahami Kondisi Mereka

Lansia sering mengalami berbagai perubahan fisik dan mental. Pahami kondisi mereka dan berikan dukungan yang mereka butuhkan. Berapa kondisi yang harus Anda pahami terkait merawat lansia yakni:

  • Lansia akan mengalami penurunan fungsi fisik, seperti kekuatan, stamina, dan mobilitas
  •  Lansia mungkin mengalami penurunan memori, konsentrasi, dan pengambilan keputusan.
  • Bukan tak mungkin merasa akan kesepian dan terisolasi
Tentunya, dengan memahami kondisi lansia tersebut, kita dapat memberikan perawatan yang lebih tepat dan efektif.

3. Berikan perawatan yang berkualitas 

Pastikan lansia mendapatkan perawatan yang berkualitas, baik dari segi fisik maupun psikologis. Jika lansia membutuhkan bantuan profesional, jangan ragu untuk mencarinya. Berikut adalah beberapa contoh perawatan yang bisa kita berikan pada lansia:

  • Perawatan fisik yaitu membantu lansia untuk beraktivitas sehari-hari.
  • Perawatan psikologis seperti memberikan dukungan emosional, membantu lansia untuk tetap aktif dan produktif, dan mencegah depresi.
  • Perawatan medis yakni menjaga kesehatan lansia, seperti memeriksakan kesehatan secara rutin dan memberikan obat-obatan jika diperlukan.

4. Jadilah pendengar yang baik

Lansia sering kali memiliki banyak cerita untuk dibagikan. Jadilah pendengar yang baik dan berikan perhatian penuh kepada mereka. Hal yang bisa kita lakukan untuk menjadi pendengar yang baik adalah:

  • Tidak buru-buru memotong pembicaraan mereka.
  • Perhatikan apa yang mereka katakan dan jangan sibuk dengan hal lain.
  • Tunjukkan bahwa kita peduli dan beri mereka anggukan, senyuman, atau kata-kata dukungan.

5. Membantu mereka tetap aktif 

Bantu lansia untuk tetap aktif dan produktif. Ajak mereka melakukan kegiatan yang mereka sukai, seperti berjalan-jalan, berkebun, atau mengikuti kegiatan sosial. Kegiatan fisik seperti ini bisa bermanfaat untuk lansia. Manfaat tersebut berupa:

  • Menjaga kesehatan fisik dan mental
  • Meningkatkan fungsi kognitif
  • Mencegah depresi
  • Meningkatkan kualitas hidup

6. Tak perlu ragu jika ingin meminta bantuan 

Merawat lansia bisa menjadi tugas yang cukup berat. Oleh karenanya, jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga, teman, atau profesional jika benar-benar membutuhkannya.

Inilah tips merawat lansia dengan hati yang bisa kita praktikkan. Merawat mereka bukan hanya tugas kita sebagai anak kepada orang tua, tapi juga sebagai bentuk penghormatan. 

Mereka telah memberikan banyak hal kepada kita, dan kini saatnya kita membalas kebaikan mereka. Meskipun mungkin balasan yang kita berikan tak akan pernah sepadan dengan yang telah mereka berikan dan korbankan untuk kita.

Contoh Tindakan Nyata untuk Merawat Lansia dengan Hati

Apabila tadi adalah tips, maka berikut ini adalah tindakan nyata yang bisa kita lakukan untuk merawat lansia dengan sepenuh hati, yaitu:

  • Membantu mereka melakukan aktivitas rutinnya sehari-hari seperti mandi, berpakaian, hingga makan.
  • Membantunya berjalan, turun-naik tangga, dan membuka tutup botol dan sebagainya
  • Menjaga kesehatan mereka dengan rutin melakukan pemeriksaan terhadap tekanan darah, gula darah, dan kolesterol
  • Membantu lansia untuk tetap aktif dan produktif, seperti mengajak mereka berjalan-jalan, berkebun, atau mengikuti kegiatan sosial.
  • Mendengarnya bercerita dan memberikan dukungan emosional.
  • Membuat lansia merasa dicintai dan dihargai.

Ketika merawat lansia dengan hati, secara tak langsung sudah membantu kita menjadi seorang anak yang berbakti. Oleh karena itu, jangan pernah merasa terbebani dan sebisa mungkin rawat mereka dengan penuh kasih sayang, sabar dan ikhlas seperti mereka sudah merawat kita saat kecil dulu.

Atau jika Anda ingin meningkatkan kualitas hidup lansia di rumah, Anda bisa membawa mereka rutin check up ke Rumah Sakit Rolas Medika. Salah satu rumah sakit ternama berlokasi di Jember, Jawa Timur, yang memiliki program Senior Living yang bisa Anda manfaatkan untuk lansia. 


 

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9