Woman's Story

Serba-serbi kehidupan di mata Malica

MILIKI LAPTOP IDAMAN DAN 2222 HADIAH SPEKTAKULER DI ACER DAY 2019

Sabtu, 20 Juli 2019
Laptop gaming idaman

Seiring kemajuan teknologi yang berkembang pesat, ingin memiliki laptop idaman untuk menunjang karir lebih gemilang bukanlah sekadar impian. Banyak brand baru muncul menawarkan berbagai jenis laptop mulai dari harga termurah hingga paling mahal. Tapi bagaimana dengan kualitasnya?

Mungkin inilah yang  menjadi landasan utama kenapa Acer Indonesia kembali memberi gebrakan spektakuler dengan produk terbarunya di empat kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Jogja, Bandung, dan Surabaya.

Jumat, 18 Juli 2019, tepatnya di hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya, saya beserta teman-teman dari berbagai media, resmi diundang oleh Acer Indonesia untuk ikut menyemarakkan acara Acer day 2019. Acara meriah persembahan Acer Indonesia sebagai wujud apresiasi penuh kepada para pelanggannya. 

Tak hanya itu, sekilas dari campaign Acer Day 2019 #Xtrafun dan #Xtracool cukup membuat orang kepo. Apa kejutan dari Acer Indonesia kali ini? 

Laptop idaman 2019
"Menandai hadirnya Acer selama 20 tahun di Indonesia, ini merupakan momen yang tepat bagi kami untuk kembali berbagi keseruan di Acer Day dengan beragam penawaran dan kejutan untuk pelanggan. Sebagai wujud apresiasi kami kepada pelanggan melalui Acer Day, pelanggan bisa memiliki laptop idaman dengan penawaran terbaik sekaligus berkesempatan memenangkan 2222 fun prize, mulai dari wisata Korea, laptop tipis swift 3 hingga headset gaming predator. Semuanya hanya bisa didapatkan selama periode Acer Day berlangsung," jelas Herbet Ang, Presiden Direktur Acer Indonesia. 
Wow ... Amazing!

Ternyata Acer Indonesia bukan hanya berinovasi pada produk barunya, tetapi juga memberikan apresiasi pada pelanggannya. Sebuah peluang bagus yang tidak boleh dilewatkan, bukan? Nah, penasaran apa saja penawaran menarik Acer Day 2019?

PROMO KAGET MENGGIURKAN


Dalam rangka 20 tahun anniversary Acer Indonesia, Herbert Ang selaku presiden direktur membuka pemaparan dengan menunjukkan angka cantik 2222. Nah, kira-kira apakah itu?

Saya dibuat penasaran dengan angka cantik tersebut. Faktanya memang bukan sekadar angka biasa, tetapi 2222 memiliki makna luar biasa bagi Acer Indonesia. Angka 2222 adalah bukti Acer Indonesia sebagai brand teknologi yang dipercaya pelanggan karena berhasil nangkring dalam beberapa awards bergengsi, yaitu selama 12 tahun berturut-turut menjadi Top Brand Award dan 11 tahun mendapat penghargaan Indonesia Customer Service Awards (ICSA).

Selain itu, angka 2222 ini diartikan sebagai program acer point reward yang menawarkan promo spektakuler dengan hadiah utama trip wisata ke Korea serta beberapa laptop idaman. Di antaranya :

  • ConceptD untuk Para Kreator
Laptop gaming idaman

Siapa yang tidak terpesona dengan penampakan conceptD dari Acer Indonesia. Sebagai blogger, jujur saya sangat tertarik. ConceptD adalah lini terbaru laptop idaman 2019 yang dirancang dengan tampilan processor mobile intel core serta graphic card yang mumpuni. Didesain khusus untuk kalangan kreatif dengan aplikasi kreatif tanpa hambatan.

ConceptD juga diproses tanpa suara setenang 40 DB, akurasi warna lebih tinggi dengan 100% Adobe RGB color gamut dan dukungan Delta E<1,5 yang menjamin output memukau serta ketajaman gambar yang amat baik. Tak heran jika ConceptD ini dibanderol dengan harga cukup tinggi sesuai dengan kualitasnya.

  • Swift 3 Stylish Abis
Laptop gaming idaman

Bagi Anda penyuka desain laptop stylish, Swift 3 bisa jadi incaran berikutnya, ya. Laptop terobosan baru dari Acer Indonesia ini merupakan lini laptop tipis dan tampilan memikat.

Swift 3 hadir dalam tiga varian, yaitu Swift 3 Air, Swift 3 Infinity,  dan Swift 3 Acer Day Edition.  Di mana selama periode Acer Day 2019 ini, untuk pembelian swift 3 mendapat cashback setengah juta rupiah.

Belum cukup puas memberi cashback setengah juta, Acer Indonesia juga memanjakan pelanggannya yang membeli Swift 3 ini akan mendapat hadiah satu unit printer Canon PIXMA. Duh, menggiurkan sekali, kan?

  • Nitro 5 dan Nitro 7 Laptop Gaming Idaman

Laptop gaming idaman
Acer Netro 5

Apakah Anda seorang gamer? Ingin punya laptop gaming idaman? Pastikan Nitro 5 dan Nitro 7 menjadi pilihan Anda. Kedua laptop ini didesain khusus untuk para gamers dengan berbagai jenis varian processor dan kartu grafis.

The best in class begitu sebutan untuk Netro 5 karena dari segi performa dan harga sangatlah relevan. Bagi Anda yang menginginkan Netro 5 sebagai laptop idaman 2019, tak perlu khawatir. Sebab, ada tawaran harga spesial mulai dari 11 juta, ditambah cashback hingga Rp. 1 juta dan gratis Nitro Mouse, lho. Menggiurkan sekali!

Laptop idaman 2019
Acer Netro 7
Sementara untuk Netro 7 juga tak kalah menarik. Meski sama-sama dihadirkan untuk para gamers, dilihat dari segi desain Nitro 7 memiliki ukuran tipis, ringan dan berbahan metal. Selain itu, Nitro 7 ini juga menghadirkan visual gaming yang cepat dan bebas blur dengan dukungan refresh rate 144 Hz response time 3 ms.

  • Swift 7 Super Keren

Laptop gaming idaman

Ajib banget! batin saya. Saat masuk dari pintu utama menuju ruangan, mata saya langsung tertuju pada laptop di pojok ruangan. Berwarna putih, tipis, dan super ringan. Saya katakan super ringan karena swift 7 ini bisa dipegang dengan jari jempol dan telunjuk saja. Berdasarkan informasi yang saya dapat, Swift 7 2019 ini punya ketebalan kurang dari 1 cm (9,95 mm), berat tidak sampai 1 kg(890 gram) dan screen-to-body ration 92%.

Walaupun secara tampilan swift 7 ini tampak berukuran 12 inc, tapi untuk keluasan layar setara dengan layar 14 inc. Wow ... banget, kan?

Tak hanya itu saja sih, kekaguman saya semakin bertambah pada swift 7 yang super keren ini bukan hanya pada tampilan ringannya saja, tetapi fitur keren super lengkap serta mengusung sistem fanless sehingga lebih nyaman dipakai setiap waktu.

Lantas, bagaimana cara mendapat promo laptop idaman super keren di atas?

Pada Acer day 2019 ini memang banyak penawaran istimewa dan menggiurkan. Untuk itu bagi pelanggan yang membeli produk Acer selama periode 18 Juli sampai 30 September 2019 harap melakukan registrasi melalui website Acer Day di www.acerid.com/acer-day. 

Setelah itu pelanggan bisa mengikuti challenge online untuk memenangkan ribuan hadiah super keren yang ditawarkan oleh Acer Indonesia. Dan untuk kemeriahan acara Acer Day 2019, pelanggan bisa banget ikut memeriahkan dengan memasang hastag #AcerDay2019 di media sosial Acer Indonesia.

Yuk, tunggu apalagi. Kesempatan mendapat laptop idaman dan trip Korea gratis beserta 2222 hadiah super keren Acer Day 2019 nggak bakal diadakan dua kali,lho. Jangan sampai ketinggalan, ya!   













KAMU YANG GAGAL SBMPTN, BERSYUKURLAH! SETIDAKNYA KAMU BISA MEMPERTIMBANGKAN LEBIH MATANG 7 HAL INI

Rabu, 17 Juli 2019

Gagal lolos sbmptn

Ketika tiba hari pengumuman SBMPTN, pasti muncul perasaan bercampur aduk antara was-was, takut kecewa, dan lainnya. 

"Duh, Aku lolos nggak ya?"
"Gimana hasil nilaiku? Deg-degan, eeuy."
"Kalau aku gagal SBMPTN, mau kuliah di mana lagi?"

Tak dimungkiri jika SBMPTN merupakan jalan yang paling banyak dipilih untuk bisa masuk ke PTN pilihan dengan jurusan yang diidamkan.

Namun, semuanya tahu bahwa ajang ini teramat kejam hingga hanya orang paling beruntunglah, yang dapat memenangkannya. 

Ketika muncul ucapan selamat di panel pengumuman, bahagia pun membuncah di dalam dada. Namun, bagaimana jika yang keluar tulisan “Mohon Maaf”?

Penantian panjang selama berbulan-bulan pun seketika sia-sia. Harapan yang sudah terpanjat luluh lantak, mengakibatkan kesedihan yang teramat dalam. 

Hei kamu, jika kamu membaca tulisan ini, ketahuilah dirimu sebenarnya beruntung. Mengapa?

Gagal memang menyakitkan, kamu boleh bersedih. Tapi cukup sedetik saja


Gagal lolos sbmptn

Kegagalan yang kamu dapatkan pasti menggoreskan kekecewaan yang teramat dalam. Air mata pun bisa saja muncul dari matamu, karena tidak ada lagi yang menurutmu patut diperjuangkan. Kamu boleh, kok, bersedih. Itu normal karena kamu manusia yang memiliki perasaan. Namun, sedihnya sedetik saja. 

Lho, belum puas dong, nangisnya? 

Iya, dong! Karena setiap detik yang kamu buang untuk menyesal sebenarnya bisa kamu isi dengan kegiatan yang produktif. Kamu harus bisa menerima kenyataan bahwa SBMPTN memang bukan rezekimu. 

Ingatlah, Allah pasti akan menempatkanmu di tempat yang terbaik. Bisa saja gagal daftar SBMPTN pada jurusan atau kampus yang kamu pilih sekarang tidak akan cocok denganmu. 

Kecewa yang timbul di dalam dada, justru akan mendewasakanmu. Jangan menyalahkan dirimu karena kegagalan ini. Ketika kamu berhasil menerima kenyataan, jalan yang baru pun akan terbentang lebar di luar sana.

Kuliah di universitas swasta? Tidak masalah!


Gagal di sbmptn

Sudah lega? Sudah ikhlas? Nah, saatnya mempertimbangkan untuk kuliah di universitas swasta.

Setelah gagal lolos SBMPTN, orang tuamu mungkin tidak ingin kamu berhenti setahun sehingga memintamu untuk kuliah. Yang paling penting, jika kamu sudah mantap dengan jurusanmu, tidak masalah jika kamu memilih kampus swasta.

Bahkan terkadang kampus swasta pun memiliki akreditasi yang lebih tinggi daripada kampus negeri di kotamu.

Yang perlu kamu lakukan adalah cek akreditasi kampus dan jangan ragu untuk mengambil jurusan tersebut jika memang akreditasinya baik. Pilihlah kampus swasta yang sesuai denganmu. Jangan lupa meminta restu orang tua, ya!

Memilih gap year? Justru ini adalah pilihan yang bijak


Gagal daftar sbmptn

Jika kamu masih bingung ingin lanjut ke mana, memilih untuk berhenti setahun adalah pilihan bijak. Dengan berhenti setahun, akan banyak hal yang bisa kamu lakukan sekaligus sembari mencari jati diri.

Kamu bisa mempertimbangkan segala sesuatu dan melakukan hal-hal yang tidak sempat kamu lakukan saat masih bersekolah.

Banyak, kok, kegiatan yang bisa kamu kerjakan. Misal bekerja, menjadi volunteer, mengikuti kursus, atau mencoba menjelajah alam. Lakukanlah semuanya dengan senang hati.

Kamu memiliki kesempatan yang panjang untuk memantapkan jurusan kuliah


Meratapi nasib lantaran gagal di SBMPTN bukanlah hal yang bakal bikin hidupmu lebih baik. Cobalah untuk bangkit dan berpikir tentang kesempatan.

Nah, gap year bisa menjadi solusinya.  Siapa tahu dengan nunda kuliah (gap year) bisa membantumu untuk memantapkan jurusan kuliah jika kamu memang berencana untuk berkuliah di tahun selanjutnya.

Ketahuilah, banyak sekali kasus salah jurusan yang membuat mahasiswa menjadi malas saat menjalani kuliah.

Hal ini karena faktor waktu yang sedikit untuk mempertimbangkan jurusan apa yang akan diambil nanti. Kebanyakan remaja tidak mempersiapkan jurusan kuliahnya sedini mungkin, sehingga menjelang kelulusan mereka kelabakan mencari jurusan kuliah, bahkan asal mengambil jurusan.

Nah, ini berbahaya. Dengan berhenti setahun, kamu memiliki banyak sekali waktu untuk memutuskan jurusan yang tepat untukmu. Kamu bisa riset lebih banyak dan berjuang lebih keras lagi untuk dapat menggapai jurusan tersebut.

Baca: https://www.zenius.net/blog/19372/gap-year

Bekerja sembari mencari relasi bisa dilakukan untuk mengisi waktu senggang


Gagal di sbmptn

Daripada nganggur di rumah saat gap year, kamu bisa memanfaatkan ijazah sekolahmu untuk mencari pekerjaan. Di sini kamu akan mendapat penghasilan dan membeli segala hal yang kamu inginkan. Kamu pun bisa sembari menabung untuk biaya kuliah yang tidak murah.

Tahukah, bekerja akan melatih mentalmu menjadi lebih kuat, lebih tangguh, karena dunia kerja itu keras. Kamu akan memahami betapa sulitnya mencari uang dan mungkin saja kebiasaan borosmu akan hilang setelah kamu bekerja.

Tersedia satu tahun untuk mempersiapkan diri mengikuti SBMPTN tahun depan


Gagal di sbmptn

Jika kamu menargetkan ingin mencoba SBMPTN tahun depan, kamu bisa mempersiapkan diri lebih lama dengan belajar selama setahun. Kamu memiliki banyak waktu untuk berlatih, mencoba soal-soal baru, dan mengevaluasi jawaban-jawabanmu.

Cobalah pergi ke perpustakaan untuk meminjam bank soal SBMPTN, atau mengunduhnya dari internet. Kerjakanlah dengan sungguh-sungguh.

Hal ini akan membuatmu terbiasa dengan soal SBMPTN sehingga kamu tidak akan kesulitan lagi saat kelak mengikutinya tahun depan.

Masih banyak jalan menuju impianmu, jadi janganlah putus asa.

Nah, karena banyaknya cara untuk meraih cita-citamu, kamu pun harus optimis terus bahwa tanpa lolos SBMPTN tahun ini pun, kamu bisa menggapai impianmu. Yang terpenting adalah maksimalkan usaha dan doa. Sehingga kelak, hasil tidak akan mengkhianati prosesmu.

Kamu terlalu tangguh untuk terpuruk hanya karena tidak lolos SBMPTN. Banyak jalan menuju Roma, karena itu berjuanglah!

Setelah membaca ini, mulailah berpikir bahwa gagal SBMPTN bukah akhir hidupmu, bukan?

Kamu juga harus percaya pada dirimu bahwa bukan dirimulah penyebab tidak lolosnya  SBMPTN tahun ini.

Teruslah berjuang dan mengembangkan diri sesuai passion dan jangan menyerah!

Masa depan indah menunggumu di depan sana. Semangat! 

YUK, BUNGKAR KULKASMU! BAHAN-BAHAN SEDERHANA INI BISA JADI MASKER ALAMI UNTUK WAJAH CANTIK BERSERI

Selasa, 16 Juli 2019
Masker wajah cantik alami

Berbagai macam produk perawatan kulit kini menjamur di pasaran. Mulai dari harga terjangkau hingga harga setinggi langit, semuanya menawarkan produk yang sama-sama bertujuan untuk mempercantik kulit. Masker wajah pun kini menjadi sesuatu yang digemari oleh wanita zaman sekarang. Tren kecantikan Korea membuat kepopuleran masker instan seperti sheet mask semakin meningkat. Para wanita pun semakin menyukai jenis masker yang satu ini karena penggunaannya yang amatlah praktis.

Namun sayangnya, harga masker alami untuk wajah cantik yang instan tidaklah murah. Per satu kemasan, biasanya memakan biaya sekitar sepuluh hingga dua puluh ribu. Harga tersebut pasti termasuk mahal terutama untuk remaja yang masih bersekolah. 

Nah, daripada cemberut karena gagal membeli masker Korea impianmu, bagaimana jika kamu bongkar-bongkar kulkasmu? Percayalah di sana akan banyak sekali bahan yang bisa kamu gunakan untuk masker wajahmu!

Madu yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Campuran Masker Apa Saja


masker wajah alami kulit cantik

Madu adalah bahan campuran masker yang paling sering digunakan. Kamu bisa membuat masker wajah alami kulit cantik dari berbagai bahan apa pun dengan tambahan madu, sesuka hatimu. Manfaat madu untuk kulitmu adalah untuk melembabkan dan mencerahkan kulit yang kusam. Selain itu, madu bisa memerahkan bibir dan membuat pipimu merona. 

Cara menggunakannya mudah sekali. Kamu tinggal menghaluskan bahan utama dan campurkan dengan madu. Mulai dari pisang, pepaya, tomat, ampas kopi, gula, hingga outmeal, stroberi, dan buah-buah lainnya, madu bisa menjadi campuran yang cocok untuk segala jenis maskermu.

Tepung Beras dan Air Mawar, Cerahkan Kulit Gelapmu


masker wajah alami kulit cantik

Selain madu, bahan lain yang bisa kamu campurkan di setiap maskermu adalah air mawar. Air mawar bisa ditemui di toko dan dapat menjadi pencampur yang baik dalam maskermu.

Nah, kombinasikan air mawar ini dengan tepung beras. Tepung beras yang teksturnya seperti itu dapat menjadi sebuah krim masker wajah cantik alami yang sempurna bila dicampur air mawar. 

Kegunaan tepung beras adalah dapat membuat kulitmu menjadi lebih cerah. Kamu pun bisa menambahkan campuran lain seperti madu atau bubuk kunyit.

Jadi, untuk mendapatkan kulit berseri bukan sekadar mimpi!

Baca: https://www.alodokter.com/menjaga-kesehatan-kulit-dengan-perawatan-yang-benar-tiap-hari

Ampas Kopi dan Madu Untuk Mengupas Kulit Mati


Masker alami untuk wajah cantik

Jangan buru-buru buang ampas kopi setelah kamu minum. Ampas kopi bisa dijadikan masker alami untuk wajah cantikmu, lho. Ampas kopi berperan sebagai exfoliator alami untuk kulitmu.

Campurkan madu dalam ampas kopi dan oleskan di bagian muka. Pijat wajah perlahan dan lembut dengan serbuk ampas kopi untuk mengangkat sel kulit mati yang masih terdapat pada kulitmu.

Sama Seperti Madu, Putih Telur pun Bisa Dikombinasikan dengan Apa Saja


Masker alami untuk wajah cantik

Ada lagi bahan yang bisa digunakan untuk campuran banyak masker, yakni putih telur. Putih telur membuat kulitmu menjadi lebih kenyal dan terhindar dari penuaan dini. Mencampurkan putih telur dan madu dalam bahan utama maskermu akan dapat menambah khasiat dari masker yang kamu gunakan.

Namun, masker yang bisa dipadukan dengan putih telur ini sebaiknya masker yang berbahan utama buah dan sayuran. Kamu akan merasakan kulitmu menjadi lebih kencang setelah menggunakan masker dengan campuran putih telur ini.

Baca: https://m.beautynesia.id/24748/article/ternyata-begini-cara-yang-benar-memakai-putih-telur-sebagai-masker-wajah-ladies

Gunakan Eye Sleeping Pack dengan Kantung Teh, Sendok, dan Mentimun


Masker alami untuk wajah cantik

Selain masker, kamu perlu mengatasi mata lelahmu dengan eye pack alami seperti kantung teh.

Kantung teh? Memang bisa? Bisa dong. Setelah kamu gunakan, jangan langsung buang kantung tehmu. Masukkan dalam kulkas hingga dingin. Pemakaian masker sederhana dengan kantung teh ini bisa digunakan untuk menyegarkan matamu.

Selain itu, mentimun bisa juga menjadi andalan. Irisan mentimun sudah banyak diketahui dapat menghilangkan mata panda.

Ada lagi bahan lainnya, yakni sendok. Cukup masukkan sendok dalam kulkas dan rasakan sensasinya.

Cara menggunakan eye sleeping pack alami tersebut mudah, kok. Cukup tempelkan pada mata hingga dinginnya menghilang dan rasakan mata lelahmu pun kini telah pergi.

Minyak Zaitun dan Pepaya untuk Melembabkan Kulit


Masker wajah cantik alami

Minyak zaitun dikenal lama berkhasiat untuk kulit. Begitu pula pepaya. Pepaya memiliki banyak sekali khasiat untuk wajah, mulai dari melembabkan, mencerahkan, hingga menunda penuaan dini.

Hancurkan pepaya dan tambahkan minyak zaitun secukupnya. Oleskan pada wajah dan biarkan tiga puluh menit. Jika tidak memiliki minyak zaitun, kamu bisa menggunakan madu.

Lidah Buaya dan Jeruk Nipis, Bisa Ditambah Bahan Lainnya

masker wajah alami kulit cantik

Jenis bahan lainnya yang memiliki banyak sekali khasiat adalah lidah buaya. Kamu bisa mengkreasikan masker lidah buaya dengan kombinasi bahan lainnya, seperti jeruk nipis, madu, dan putih telur.

Caranya, ambil gel lidah buaya dan campurkan ke semua bahan yang telah dipersiapkan. Untuk menambah efek menenangkan, simpan masker di kulkas terlebih dahulu dan gunakan saat dingin. Masker ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kulitmu.

Itu dia kreasi masker alami yang bisa kamu gunakan supaya kulitmu menjadi cerah dan bercahaya. Kamu pun bisa mengombinasikan bahan-bahan lain dan bereksperimen dengan masker yang lain.

Gunakan 7 masker alami untuk wajah cantikmu selama tiga puluh menit setiap dua kali seminggu. Pastikan wajah dalam kondisi bersih saat menggunakannya. Jika sedang berjerawat, jangan gunakan scrub. Selalu bilas wajah dengan air hangat untuk membersihkan sisa masker yang ada. Setelah itu, tutup pori-pori dengan es batu atau toner. Semangat menggapai kulit cantik!

MULAI DARI SENDOK HINGGA ES BATU, INILAH 7 TRIK CANTIK ALAMI DAN MURAH UNTUK WANITA MILLENIALS

Minggu, 14 Juli 2019

Cantik, memang sebuah kata yang selalu diimpikan oleh banyak wanita. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, semua wanita pasti senang jika definisi cantik melekat pada dirinya. 

Nah, dalam menuju kata cantik tersebut, tak jarang wanita suka melakukan segala cara—mulai dari pergi ke salon rutin dengan biaya yang tidak mungkin murah, membeli skincare rutin, hingga melakukan hal ekstrim seperti operasi plastik. Padahal, untuk menjadi cantik kita bisa memanfaatkan segala hal yang disediakan oleh alam. Memiliki kulit cantik alami yang glowing dan cerah tidak harus membeli produk kecantikan mahal. 

Apalagi jika kamu masih di usia sekolah, tentu saja uang saku yang terbatas tidak memungkinkanmu untuk membeli skincare dengan harga yang terlampau tinggi.

Bahan-bahan dari alamlah yang harus kamu manfaatkan, guys!

Dengan harga yang murah bahkan gratis, jika kamu menanam sendiri bahan-bahan di bawah ini tentunya, kamu dapat tampil cantik alami dan awet muda hanya dengan menggunakan make up sebatas bedak bayi. Kulit yang kinclong pasti impian banyak wanita, kan?

Nah, yuk simak daily routine skincare alami di bawah ini!

Lidah Buaya, Sejuta Tanaman Banyak Manfaat untuk Kulitmu



Tahukah kamu, bahwa tanaman berduri ini memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan kulit?

Khasiatnya banyak sekali untuk kulit, bahkan cantik alami dengan bahan alami, seperti lidah buaya ini bisa menghilangkan bekas luka yang mengganggu. Jerawat dan bopeng pun bisa kamu atasi dengan mudah.

Untuk kulit cantikmu, lidah buaya bisa berfungsi menjadi pelembab ketika kamu beraktivitas di rumah. Selain itu, kamu bisa menunda penuaan dini dengan mengoleskan lidah buaya ke kulitmu. Rahasia cantik yang sederhana ini tidak banyak diterapkan wanita zaman sekarang, lho.

Untuk menggunakannya amatlah mudah. Ambil lidah buaya secukupnya, lalu kerok dagingnya hingga keluar gel-nya. Lalu, usapkan saja di bagian wajahmu, hindari area mata. Taruh di kulkas terlebih dahulu supaya gel menjadi dingin-dingin nikmat.

Oiya, lidah buaya bisa juga kamu oleskan di bulu mata dan alismu, lho. Dijamin setelah pemakaian rutin, alis dan bulu matamu akan menjadi tebal dan hitam.

Scrub Kopi dan Gula Bisa Menjadi Exfoliator Pengupas Kulit Mati



Exfoliating adalah aktivitas yang sebaiknya dilakukan dua kali seminggu untuk mengelupas kulit mati. Dengan melakukan aktivitas ini, kulitmu akan menjadi lebih cerah.

Nah, bahan exfoliator alami yang bisa kamu gunakan adalah ampas kopi dan gula. Kamu bisa menggunakan salah satu dari kedua bahan tersebut, dicampur dengan madu.

Cara memakainya pun mudah, cukup gosok-gosokkan di wajahmu dengan pelan hingga kulitmu terasa lebih lembut.

Mata Panda? Atasi dengan Timun dan Sendok Dingin



Mata panda pastinya membuatmu merasa tidak pede, ya?

Kamu bisa mengusirnya dengan menggunakan timun yang baru keluar dari kulkas. Jika tidak ada timun, jangan risau. Sendok stainless dingin bisa jadi opsi!

Cukup letakkan dalam kulkas dan gunakan setelah dingin. Kamu akan merasakan matamu yang berat kini menjadi lebih ringan. Selain itu, kantung mata yang mengganggu pun akan hilang seketika.

Air cucian beras jangan dibuang! Banyak khasiatnya


Ingin putih? Jangan buang air cucian yang kamu gunakan untuk mencuci beras! Daripada repot-repot menumbuk beras demi membuat masker, kamu bisa mencuci muka dengan air cucian beras tersebut.

Jika ingin lebih lama menggunakan bahan kecantikan ini, kamu cukup mengendapkannya hingga terdapat endapan putih dan gunakan sebagai masker di wajahmu. Dijamin kulitmu akan lebih cerah setelah pemakaian rutin.

Nah, perawatan cantik alami tanpa bahan kimia tak kalah mengasyikkan, kan?

Es Batu di Kulkas Bisa Menjadi Toner Segar untuk Kulitmu



Ini sebuah trik sederhana, namun tidak banyak yang tahu. Es batu! Bahan sesederhana ini bisa membuat wajah ngantukmu menjadi lebih segar. Setelah cuci muka atau menggunakan masker, kamu bisa mengaplikasikan es batu dingin di wajahmu supaya pori-pori menutup kembali. Lakukan ini dengan rutin. Es batu bisa berfungsi sebagai toner sehingga kulitmu tetap lembab dan segar.

Jangan Lupa Masker Alami Supaya Kulit Tetap Flawless


Untuk menjaga kulit tetap sehat, jangan lupa memakai masker minimal satu kali seminggu. Banyak sekali masker alami yang bisa kamu gunakan. Alpukat, bengkoang, pisang, semua buah bisa kamu gunakan untuk masker wajahmu. Pilih beberapa buah dan campurkan dengan madu atau putih telur. Bisa juga menggunakan air mawar. Lalu, balurkan ke semua area wajahmu. Jangan lupa bilas dengan air hangat.

Terakhir, Minyak Zaitun Sebelum Tidur Wajib Kamu Terapkan


Minyak zaitun memang dikenal memiliki banyak khasiat. Begitu pula untuk kecantikan. Menggunakan minyak zaitun bisa membuat kulitmu perlahan menjadi lebih cerah. Bahkan, jerawat yang menghantuimu pun bakal lari jika kamu usir dengan bahan alami ini.

Namun, karena minyak zaitun akan membuat kulitmu berminyak ketika menggunakannya, alangkah baiknya jika kamu gunakan bahan ini sebelum tidur. Keesokkan paginya, kamu akan merasa kulitmu lebih lembut.

Nah, itu dia 7 tips cantik alami yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Jangan ragu untuk mencoba bahan-bahan alami lainnya. Cantik pun tak perlu mahal. Yuk, hilangkan sifat malas dan bangkitkan semangat untuk mencapai kulit cantikmu (:

HANYA ADA DI MALANG, SATU HARI JELAJAH 7 PANTAI

Kamis, 04 Juli 2019


Mengunjungi pantai, bagi sebagian orang adalah hal yang menyenangkan. Ketika melihat deburan ombak yang berlarian menuju tepian, hati bisa terasa damai. Meski resiko kulit hitam, tapi bagi anak pantai sejati, pasti tidak akan jadi masalah. Kamu juga salah satu dari mereka si pecinta pantai? Tahukah kamu bahwa di Jawa Timur, ada sebuah tempat di mana kamu bisa menjelajah puluhan pantai menawan yang menyejukkan mata?

Di wilayah Malang Raya, tepatnya Malang Selatan, berpuluh-puluh wisata pantai dapat kamu temui dengan mudah. Mulai dari pantai ramai pengunjung hingga pantai yang masih perawan, di mana pantai tersebut masih tersembunyi keberadaannya. Pantai-pantai yang belum terekspos itu seringkali menjadi incaran anak pantai yang ingin menikmati pantai tanpa gangguan dari ramainya pengunjung. Lebih hebatnya lagi, di Malang, banyak sekali pantai yang bisa kamu tuju dalam sehari. 

Contohnya adalah tujuh pantai yang bisa kamu jelajahi dalam waktu satu hari ini. Cukup dengan membayar biaya masuk satu kali, kamu bisa berjalan kaki menyusuri hutan bakau untuk kemudian menikmati pantai yang masih bersih. Penasaran pantai apa saja? Yuk simak lima dari tujuh ulasan pantai di bawah ini!

Pantai Seling Kates



Saat pertama memasuki pintu masuk, maka pantai yang bisa kamu kunjungi terlebih dahulu adalah Pantai Seling Kates. Pantai ini terletak di tengah-tengah, sehingga pantai-pantai berikutnya terletak setelah dan sebelum pantai yang masih bersih ini. Di pantai ini, fasilitas masih belum memadai. Namun, tempat yang sunyi ini dapat menjadi tempat sempurna untukmu berfoto-foto sepuasnya. Ciri khas Pantai Seling Kates adalah adanya bukit berkarang di tengah laut yang memecah ombak. Di pantai ini, dianjurkan untuk tidak berenang.

Pantai Seling Ombo



Berjalan sedikit ke arah timur, kita akan dapat menemui Pantai Seling Kates. Bedanya dengan pantai Seling Ombo, jalan menuju pantai sedikit menjorok dan tidak banyak pepohonan di pantai ini. Pantai Seling Kates juga masih belum tersentuh sehingga tidak banyak sampah di tempat ini. Pasir pantai amatlah lembut. Di pantai ini kita dapat melihat ombak dengan lebih jelas. Sama seperti Pantai Seling Ombo, fasilitas di tempat ini belum terlalu memadai.

Pantai Watu Buceng


Di sebelah Pantai Seling Kates, ada sebuah karang besar yang menjadi batas kedua pantai tersebut. Pantai di balik karang tersebut adalah Pantai Watu Buceng. Di pantai ini, terdapat banyak batuan karang besar yang sangat instragammable. Fotomu pun pasti akan jadi lebih indah dengan berpose di atas karang. Eits, tapi hati-hati! Karang-karang di pantai ini lumayan tajam, lho.

Pantai Banto


Setelah puas menjelajahi pantai di wilayah timur, saatnya menelusuri pantai di bagian barat. Pantai pertama yang akan ditemui setelah melewati Pantai Seling Kates adalah Pantai Bantol. Berbeda dengan pantai sebelumnya, di tempat ini sudah tersedia fasilitas yang memadai seperti toilet dan warung. Pantai Bantol pun aman untuk bermain-main karena ombaknya tidak sebesar pantai di sebelah timur.

Pantai Kedung Celeng


Nah, selanjutnya, ada Pantai Kedung Celeng. Pantai ini adalah yang terakhir yang akan diulas di sini. Seusai puas bermain di Pantai Bantol, kita bisa melanjutkan perjalanan melewati hutan bakau menuju Pantai Kedung Celeng. Pengalaman melewati tanah berlumpur dengan lubang-lubang yang dipenuhi kepiting pasti akan menjadi sesuatu yang baru untukmu. Di sepanjang jalan menembus ujung hutan, tak jarang kamu akan menemukan kepiting kecil bercangkang merah yang sedang bersembunyi. Jangan mengganggu mereka jika kamu tak ingin diganggu, ya!

Jika melanjutkan perjalanan terus ke barat, kita akan menemukan Pantai Weden Ombo dan Pantai Pulo Doro yang menawan. Namun, karena hari sudah mulai sore, perjalanan pun terpaksa dihentikan. Meskipun begitu, tujuh pantai menakjubkan ini tetap wajib menjadi destinasi wisatamu selanjutnya. Jangan ragu untuk mengeksplor keindahan tersembunyi ini, ya!

PANTAI KUTANG, SURGA TERSEMBUNYI YANG MASIH PERAWAN

Sabtu, 29 Juni 2019



Namanya unik, ya! kok bisa Pantai Kutang? Adakah sejarah yang mendasari nama tersebut?

Sebelum acara liburan lebaran kemarin, sebenarnya saya sudah pernah jalan ke Pantai Kutang ini bersama ayahnya anak-anak. Dulu banget sih, sekitar tahun 2009 silam kalau nggak lupa.

Waktu itu, kami berkunjung ke Pantai Kutang dalam rangka penelitian untuk bahan skripsi ayahnya anak-anak yang berhubungan dengan budidaya ikan Kerapu. Dulunya, lokasi Pantai Kutang Lamongan ini ramai dengan budidaya Ikan Kerapu yang menjadi sumber pencaharian rata-rata penduduk di desa Labuhan, tepatnya kecamatan Berondong, kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Angka penjualannya tidak bisa dibilang murah karena hasil dari budidaya ikan Kerapu ini akan dijual ke luar negeri. Jadi bisa dibayangkan bukan budidaya Ikan Kerapu sangat menjanjikan kala itu. Namun lain halnya sekarang, entah menurun atau meningkat penjualan ikan Kerapu  di desa tersebut, saya pun tidak begitu paham. Kelihatannya sih ikan Kerapu tetap menjadi primadona, mungkin hanya saja tidak setenar dulu di masa kejayaan.

Kini justru yang lebih kondang dari desa Labuhan ini adalah hadirnya Pantai Kutang Lamongan. Nama yang terbilang cukup unik ini ternyata mampu mengundang rasa penasaran banyak orang.

Terletak di kawasan pesisir pantai utara pulau jawa, pantai ini terbilang memiliki ombak yang kecil. Jadi sangat aman sekali untuk berlayar. Selain itu, pantai Kutang juga menyajikan panorama yang cukup menganggumkan. Bukan hanya menawarkan spot keren untuk berfoto ria, tetapi juga sangat indah untuk acara pre-wedding dan liburan santai keluarga. Dengan background lautan yang biru dan indah, dijamin bakal bikin kamu ketagihan untuk berkunjung kembali ke sini, lho!

Lantas, kenapa bisa dinamakan Pantai Kutang? 


Konon berdasarkan sejarah dan cerita para penduduk di sana, entah benar atau tidak, Pantai Kutang Lamongan ini dulunya sebagai tempat nongkrong pasangan muda-mudi. Dan setelah beranjak pulang, mereka akan meninggalkan jejak pakaian dalam wanita atau bra di pantai. Inilah menjadi salah satu sebab pantainya menjadi kotor, tidak  terawat, dan kumuh. Sebab, pakaian dalam tersebut tak jarang akan tersangkut di pohon mangrove di tepi pantai atau berserakan di pinggiran pantai.

Pemandangan pantai yang harusnya enak dilihat tapi justru membuat risih, akhirnya beberapa warga sekitar berinisiatif membersihkan pantai tersebut dari sampah dan pakaian dalam wanita yang terbuang sembarangan. Tak lama kemudian, nama Pantai Kutang Lamongan ini melambung dengan cepat. Dari sinilah awal permulaan penamaan Pantai Kutang Lamongan.

Meski terdengar cukup aneh dari panggilan nama tempat, Pantai Kutang menawarkan beberapa spot keren yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Antara lain:

Pesona Panorama Laut 

www.malicaahmad.com


Pertama kali sampai di Pantai Kutang Lamongan ini, saya dan keluarga langsung disambut oleh pemandangan laut lepas terbentang luas. Cukup gersang karena di sekitar pantai tidak di kelilingi oleh pepohonan. Tampak beberapa warung berjejer di bagian pintu masuk, tempat parkir, dan aneka penjual camilan. Tapi ketika kamu berjalan lebih jauh, sudah tentu akan disambut oleh keindahan pantai yang teramat menakjubkan. Pokoknya, pesona keindahan pantainya tak terbantahkan.

Geladak Kayu



Tak heran jika Pantai Kutang Lamongan ini cepat popular di kalangan nusantara. Ada jembatan kayu yang dibangun cukup panjang sebagai penghubung jalan dari lokasi parkir menuju ke Pantai. Jadi sebelum melihat keindahan Pantai Kutang sebenarnya, kamu akan dimanjakan oleh sensasi jalan-jalan di atas jembatan dengan angin sepoi-sepoi. Kamu juga mengambil foto bersama pasangan atau keluarga dengan spot keren yang tak kalah intagramable dengan background lautan lepas yang tenang, langit biru, dan pemandangan hutan mangrove yang rimbun.

Hutan Mangrove Mengelilingi Pantai





Pantai Kutang Lamongan merupakan salah satu pantai yang memiliki pemandangan cukup eksotis karena di area sekitar pantai di kelilingi oleh hutan mangrove. Pemandangan laut yang cukup asri dan memanjakan mata. Selain itu, adanya hutan mangrove di pantai ini menjadi nilai lebih dengan jenis pantai lainnya di sekitar Lamongan. Sebab background hutan bakau yang lebat dan memukau kerap dijadikan spot kece untuk berfoto.

Ayunan


IG : @Lamongantourism
Spot keren lainnya yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Pantai Kutang Lamongan adalah ayunan di pinggir pantai yang terhubung langsung dengan pemandangan laut lepas. Sangat cocok sebagai tempat bermain anak-anak karena keadaan laut cukup tenang.

Selain itu, ada lagi ayunan lain yang tergantung di pohon mangrove. Terlihat menarik  jika keadaan air laut sedang surut, maka kamu akan dihadapkan langsung dengan keindahan bebatuan pasir, batuan karang yang biasa tertutup oleh air, serta view pantai yang memesona.


Surabaya. tribunnews.com

Senja di Pantai Kutang



IG : @Lamongantourism

Tak dipungkiri, terlihat banyak pengunjung yang datang di sore hari. Sebab ketika sore hari, mereka bisa menikmati langsung keindahan matahari yang mulai tenggelam di peraduan di ujung laut. Semburat warna jingga akan menambah rasa kekagumanmu akan pesona pantai Kutang. Bisa juga dijadikan spot kece saat berfoto dengan latar sunset yang membuat siapa pun tak ingin melewatkan.

Pasir Putih Eksostis



IG : @rakyatlokal

Jangan lewatkan untuk bermain pasir putih saat kamu berkunjung ke Pantai Kutang Lamongan. Berjemur atau duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati tekstur pasir putih yang halus akan melengkapi serunya liburanmu, lho!

Bagaimana? Ternyata banyak surga tersembunyi di pantai Kutang yang terbilang masih perawan, bukan?  Segera berkunjung ke sini, ya. Akses menuju pantai ini cukup mudah kok.  Tidak ada jalan yang berliku dan penuh bebatuan lagi. Hanya saja jalan menuju pantai cukup membingungkan dan kurang strategis karena berada di dalam perkampungan warga.

Untuk harga tiket masuk pun dibanderol cukup murah, yaitu Rp. 2000/ orang. Jadi kamu nggak perlu menguras kantong jika ingin segera berkunjung ke sini.

Kemungkinan saya, anak-anak dan kerabat lainnya akan berkunjung kembali pada liburan tahun depan. Sebab, ombak pantai yang cukup tenang cocok sekali menjadi tempat berenang yang mengasyikkan. Selama berada di sana hampir 4 jam, saya membiarkan anak-anak bermain air sesuka hati. sampai-sampai mereka nagih tak ingin berhenti.

Yuk, jadikan pantai Kutang destinasi wisata berikutnya saat jelajah ke Lamongan, Jawa Timur, guys! Dijamin, liburanmu akan seru dan tak terlupakan.

NGABUBURIT ASYIK NGGAK BIKIN DOMPET KOSONG? IKUTI 5 IDE KEREN INI, YUK!

Minggu, 19 Mei 2019


Hola, Sahabat Malica  

Tak terasa kita sudah menjalani puasa selama 15 hari, ya. Padahal baru beberapa hari yang lalu kita ramai menyambut kedatangan bulan Ramadan penuh berkah ini dengan aneka tradisi-tradisi unik dari berbagai kota, bahkan negara. 

Ah, itulah namanya waktu yang terus berjalan. Bukan dia yang menunggu kita, melainkan kitalah yang harus mengimbanginya. Dan supaya kita nggak menyesal kehilangan momen berharga bersama bulan Ramadan kali ini, nggak ada salahnya dong untuk disiplin waktu lagi. Disiplin dengan to do list yang sudah kita buat, dan lebih taat lagi dalam menjalankannya. 

Nah, kalau sudah bicara soal to do list saat Ramadan gini, saya jadi inget zaman muda dulu. Masa lajang di mana saya masih bebas melakukan apa saja, atau bisa juga dibilang bandel sih. hehehe ... soalnya paling suka sama tantangan.  Nggak ada hujan, nggak ada angin tiba-tiba saya suka ngajakin teman-teman pesantren Mahasiswa ngabuburit asyik dengan berburu takjil di beberapa masjid yang agak jauh dari pondok kami. 

Padahal tuh ya, tempat berburu takjilnya jauh. Tapi saya dan teman bela-belain berangkat jam 3 sore saat matahari masih lumayan terang, sambil bersandal jepit ria dan naik sepeda ontel. Nyampek tempat tujuan terkadang 10 menit sebelum adzan atau kurang dari setengah jam. Yah, maklum sih. Surabaya kan suka macet menjelang berbuka. Hehehe

Kok dibela-belain kayak gitu sih? Berburu takjil kan bisa di masjid dan tempat terdekat aja? 

Ya memang sih. Tapi karena kita suka tantangan, jadi sekalian aja cari perjalanan yang cukup menantang. Hehehe ... padahal tujuannya ngabuburit asyik itu, saya dan teman cuma pengen menghemat pengeluaran saat Ramadan menjelang lebaran datang, supaya bisa beli baju baru. Makanya numpang berbuka dengan takjil gratisan. Tapi seru, kan? Hahaha 

Tapi kalau sekarang ada yang ngajakin ngabuburit asyik model begitu, nggak yakin saya bakalan nerima dengan senang hati. Apalagi ada anak-anak yang masih menunggu kejutan ibunya selama 30 hari berpuasa ini dengan menu-menu masakan yang menggelitik perut tak kuat menunggu beduk. Hihi .. 

Jadi, saya lebih memilih ngabuburit asyiknya bersama anak di rumah saja deh. Selain bisa menghemat dan nggak bikin dompet emak jebol, ngabuburitnya bisa bermanfaat. 

Kira  kira apa ya itu? Ikuti dan baca 5 ide keren dari saya, yuk! 

1. Nonton Bareng 

Selepas ba'da asar sambil menunggu waktunya berbuka, saya dan anak-anak menghabiskan waktu dengan nonton bareng. Kebetulan pekerjaan memasak sudah kelar, anak-anak sudah rapi, dan saya pun sudah berhenti dari kesibukan menulis. Tapi tetap disambi dengan kerjaan online yang kadang butuh perhatian. Hanya saja, pusat perhatian saya lebih banyak ke anak dan nonton bareng.

Film favorit kami adalah kartun Dodo dan Syamil. Nobar di Youtube sambil menirukan apa saja yang dilakukan Dodo dan Syamil. Mulai dari menyanyi, baca doa, praktik salat dan banyak tingkah polah Dodo dan Syamil yang bikin sulung dan bungsu gemas. 

Tak jarang, mereka juga melempar beberapa pertanyaan dari apa yang sudah dilihat. Akhirnya, terbukalah diskusi seru antara kami bertiga, seperti :

"Bu, Kenapa kalau mau salat kok harus wudu dulu?"
"Bu, kenapa Dodo dan Syamil tidurnya harus dipisah?"
"Bu, kenapa minum kok nggak boleh sambil berdiri?"

Dan beberapa pertanyaan lain yang sempat bikin kami lupa bahwa waktunya berbuka tinggal sebentar lagi. Receh banget, kan? Tapi Insyaallah hemat banget. Hehehe 

2. Membaca

Kata Ngabuburit yang pertama kali diterbitkan oleh Lembaga Basa dan Sastra Sunda (LBBS), adalah memiliki arti ngalantung ngadagoan burit atau bersantai-santai sambil menunggu waktu sore. Waktu sore (Burit) di sini berkisar antara 15.30 sampai 17. 30. Di selang waktu tersebut, saya biasanya menghabiskan waktu untuk mengajak anak-anak membaca buku. 

Yup. Supaya nggak monoton, selain nobar bareng film Dodo dan Syamil agar ngabuburit asyik dan menyenangkan, saya kerap menyelingi aktivitas sore dengan membaca buku. Biasanya sih saya saya yang baca bukunya sambil sedikit-sedikit mendongeng gitu. Nggak banyak kok. Cukup satu cerita saja, itupun kadang nggak sampai habis dan harus dilanjut di hari berikutnya. 

Jadi selama 15 hari puasa berlangsung, kegiatan di rumah bisa dikatakan sangat padat. Tapi justru di sinilah serunya nanti ketika kegiatan ini bisa diterapkan secara konsisten meski bulan Ramadan telah usai. Sebab anak kecil itu lebih nyantol dengan kebiasaan yang dibiasakan secara rutin. Jika sudah terbiasa, tanpa disuruh pun mereka akan memiliki inisiatif untuk melakukannya sendiri. 

3. Ngabuburit dengan Alam 

Ngabuburit dulu yuk! mungkin itulah pesan singkat para muda dan mudi yang disebar melalui pesan whatsapp yang biasa saya temui di pinggiran jalan sawah saat saya pulang mengajar dari bimbel bulan puasa tahun lalu. 

Sehingga dengan kompaknya mereka berbondong-bondong datang ke pinggiran sawah sambil memandangi rawa luas, hamparan padi yang hijau, serta langit biru indah nan cerah. 

Mereka benar-benar memanfaatkan bulan Ramadan ini sebagai momen silaturahmi dengan teman-teman dan sanak kerabat dengan cara yang berbeda, yaitu bersahabat dengan alam yang nampak sangat murah dan menjadikan ngabuburit asyik sekaligus istimewa.  

Dan ketika nanti waktu berbuka sudah tiba, mereka akan kembali ke rumah. Ada juga yang membawa tikar lengkap dengan hidangan buka sederhana untuk dinikmati bersama teman-teman. Seru ya? 

4. Olahraga Ringan 

Siapa bilang puasa nggak bakalan kuat olahraga ringan? 

Guys, mungkin benar jika berpuasa adalah menahan lapar dan haus. Tapi bukan berarti kita nggak boleh bergerak yang katanya justru bikin perut keroncongan, kan? 

Justru dengan berolahraga sambil menunggu waktu berbuka, dijamin deh rasa malas dan perut keroncongan itu nggak bakal lagi terasa. Malahan bikin kita bertambah sehat. Berikut adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan, seperti bersepeda, Yoga, dan jalan santai. 
Yuk, dicoba supaya ngabuburitnya asyik dan menyenangkan, ya!


5. Berkebun

Ingin melakukan ngabuburit lain daripada yang lain? Berkebun saja, yuk! 

Aktivitas berkebun jarang dilakukan banyak orang, apalagi saat bulan puasa seperti ini. mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa rata-rata lebih memilih ngabuburit nongkrong di café, masjid, dan tempat-tempat berburu takjil yang cukup memacu andrenalin. Hehehe

Padahal nih ya, ngabuburit dengan berkebun juga bisa dijadikan cuci mata sekaligus bikin mata sehat, lho. Gimana tidak, dengan melihat tanaman yang tumbuh di depan rumah tampak subur dengan daun-daunnya tampak segar, mata yang melihat pasti sangat terpesona. Ajak si kecil juga boleh kok. Siapa tahu bisa menjadi acara ngabuburit asyik beda dari yang lain.


Bagaimana 5 ide di atas? Sangat patut untuk dicoba, bukan? Walaupun ide yang saya tawarkan sangat sederhana, tapi dijamin ngabuburit asyik, seru dan bisa lebih hemat, lho! Nggak perlu khawatir lagi dompet kosong menjelang lebaran, kan? 


MENAHAN DIRI KETIKA RAMADAN DENGAN GERAKAN PUASA MEDIA SOSIAL YUK!

Sabtu, 18 Mei 2019


Ngomongin tentang media sosial akan selalu menarik, ya? Sebab media sosial adalah salah satu hiburan buat emak-emak macam saya. hahaha 

Biasanya sebelum puasa, saya suka mencari hiburan dengan cara aktif di media sosial, terutama facebook. Selain ada kerjaan dari klien untuk nge-buzzer sebuah produk, di facebook seringnya saya menulis curhatan yang dibumbui dengan storytelling namun terselip hikmah. Kadang juga iseng bikin quote receh  dan posting status murah meriah banget tapi entah kok justru mengundang banyak komentar dan like dari teman-teman media sosial. Hihi

Diam-diam saya juga hobi mencari hiburan dengan membuka akun para motivator di instagram, lho, siapa tahu dari sana ada sebuah pembelajaran. Seringnya sih dapat hikmah, alhamdulilah. Hehehe  

Tapi anehnya, setelah stalking akun motivator, entah kenapa akun para gosip-gosip itu juga begitu menggoda. Hati saya nggak kuat iman untuk tidak mengikuti mereka. Meski cuma bisa tertawa sendiri di rumah macam orang gila bermain HP, rasanya tuh udah bahagia banget. Penat karena aktivitas dunia nyata yang cukup melelahkan hilang seketika. Padahal hiburannya receh, kan? 

Tapi jangan ditanya setrikaan dan cucian baju sudah selesai atau belum ya. Soalnya media sosial tuh bikin candu banget. apalagi kalau sudah stalking sana-sini, duh, hampir dua jam-an melototin HP pun nggak bakalan terasa. Yang ini parah banget! Dilarang ditiru, lho, ya. hihii 

Hiburan saya receh, tapi bahagianya nggak ketulungan, lho, Mom. 

Namun, beberapa bulan ini entah kenapa saya agak malas untuk menyentuh media sosial lagi. Dalam sehari bisa dihitung saya update status di FB dan IG, bahkan bisa dibilang tidak sama sekali kecuali ada kerjaan. Seolah-olah media sosial itu bukan lagi sesuatu yang bikin candu buat saya. 

Apalagi masa-masa menjelang pemilu satu bulan yang lalu, wuah, saya hampir menutup akun facebook pribadi gegara media sosial semakin panas. Di mana-mana saling sindir-menyindir, nyinyir, dan apalah itu. Makanya saya memilih mengasingkan diri dengan tidak membuka media sosial dan mengalihkannya dengan membaca buku di daring Perpusnas. 

Ngomongin soal nyinyir atau julid di media sosial sih sebenarnya bebas. Siapa saja bebas mengutarakan perasaan dan pendapat masing-masing. Hanya saja kalau terus-terusan kan bikin energi negatif muncul. 

Tanpa sadar emosi ikut bergejolak, jari ini pun tak kuasa untuk ikutan berkomentar. Meski faktanya saya mati-matian berusaha menahan jari agar tidak kesleo berbicara yang kurang pantas. Tapi tetap saja, bagi saya tidak ada faedahnya memperdebatkan sesuatu yang kenyataannya kita belum tahu dengan pasti. Jadi, solusi terbaik adalah menjauh. Cari aman kerennya. Eh, nggak tahunya keterusan di zona aman. Hihihi

Alhasil, bulan Ramadan ini mentargetkan diri update status berhubungan dengan blog saja.  Kebetulan saya juga ikut #Challengemenulis bersama Indscript ini. Setidaknya postingan saya bisa memberi manfaat. Mengingat bulan ini juga merupakan bulan ramadan penuh berkah dan hikmah, rasanya tidak pantas juga memberi tulisan yang memunculkan aura negatif, bukan?

Jadi, biar terasa bedanya antara bulan suci dengan bulan-bulan sebelumnya, alangkah baiknya kita bersama-sama saling menahan diri ketika Ramadan berlangsung selama 30 hari ke depan dengan melakukan gerakan puasa media sosial.

Puasa media sosial? Apaan tuh? 

Apakah kita harus nonaktif semua media sosial selama sebulan? Nggak posting curhatan di FB? Nggak nulis cuitan di twitter? Nggak ngegosip di Instagram?

Tenang. Bukan itu kok maksud saya mengajak teman-teman semua untuk puasa media sosial. Tetapi lebih pada menahan jari agar kita sedikit menyaring tulisan mana yang pantas untuk dipublish dan tidak di media sosial selama Ramadan. 

Karena sejatinya, pembaca zaman sekarang cerdas. Sedikit saja ada kesalahan dalam menulis sesuatu, sering kali akan mendulang beberapa komentar, baik komentar negatif maupun positif. Meskipun di awal, tak ada niat buruk sekalipun. 

Kesimpulannya, saya hanya ingin mengajak gerakan puasa media sosial yang bertujuan agar kita lebih ektrem lagi dalam menjaga hati selama 30 hari di bulan Ramadan. Kita lebih banyak fokus pada kebaikan, bukan sebaliknya. 

Lantas, bagaimana caranya puasa media sosial untuk menahan diri ketika Ramadan ini?

Adakah tip atau trik jitu yang mampu mengerem jari kita supaya tidak keseleo lagi?

Ada banyak cara kok. Bahkan sangat mudah dipraktikkan. Mau tahu? Kurang lebih begini pengalaman saya saat di zona nyaman beberapa bulan lalu. 

1. Klik tombol rem pada Jempolmu dari Godaan Nyinyir 

Jika kita diminta untuk menahan ucapan, tak jarang beberapa orang akan menasihati dengan istilah "Mulutmu adalah Harimaumu." Begitu juga dengan media sosial yang isinya beragam orang. Sebuah ranah publik yang bisa dilihat siapa saja, dibaca siapa saja, dan ditanggapi siapa saja. 

Untuk itu, agar terhindar dari godaan "Jempolmu adalah harimaumu" sebaiknya sebelum mengunggah tulisan di laman media sosial, kita teliti terlebih dahulu. Apakah tulisan tersebut layak untuk dinikmati banyak orang? Apakah bisa memberi manfaat? Atau justru mengundang komentar julid unfaedah?

Nah, penting sekali memikirkan hal tersebut. Itulah kenapa kita harus memiliki tombol REM pada jempol kita. Sebagaimana fungsi dari rem itu sendiri, yaitu berarti menghentikan, menahan, dan memperlambat sesuatu. 

2. Hindari Perasaan Baper Saat Bercengkrama di Media Sosial

Wajar sekali jika manusia itu baper. Sebab Allah menciptakan hati adalah agar kita terlatih untuk peka dengan sesama. Tapi, memiliki perasaan berlebihan tentang sesuatu apalagi di media sosial, itu juga tidak baik. 

Demi terjaganya hati tetap bersih, menahan diri ketika Ramadan dengan tidak selalu mengandalkan hati dalam menanggapi postingan status teman di media sosial juga sangatlah penting. 

Media sosial adalah sebuah ruang publik. Jelas saja kita akan menemui bermacam-macam orang. Mulai yang kalem, cuek bebek, suka nyinyir, motivator dan lain-lain. Jika zona friendlist kita banyak yang suka nyinyir, kita nggak boleh gampang baper.  Parahnya, gara-gara baper kita membalas dengan cuitan atau status yang mengundang nyinyir juga. Alhasil, jadilah perang komentar maupun status di media sosial. 

Pernahkah berpikir apa manfaat kita baper berlebihan seperti di atas? Rasanya tidak ada manfaat justru mengurangi pahala kita saat bulan puasa.

3. Puasa Menyebar Berita yang Belum Pasti Kebenarannya

Era digital memang banyak bermunculan merek smartphone pintar. Sayangnya, kepintaran smartphone berbanding terbalik dengan penggunanya. Netizen zaman now memang kritis tapi kadang ada juga yang kurang realistis. Tak banyak dari mereka suka menyebar berita dengan membagikan tulisan yang belum teruji kebenarannya. 

Nah, di bulan yang penuh ampunan ini, baiknya kita bisa menahan diri ketika Ramadan dengan lebih bijak menanggapi sebuah berita. Bila perlu ketika berita tersebut hendak dibagikan, kita mencari tahu detil kebenarannya. 

Inilah esensi dari puasa media sosial itu sendiri. Sebab, dengan kita membagikan tulisan positif,  amal jariyah yang kita dapat. Sementara membagikan berita yang belum tentu benar alias hoax melainkan dosa jariyah kelak karena akan dimintai pertanggungjawaban. 

4. Tak Perlu Semua Orang Tahu Siapa Dirimu

Puasa yang diambil dari kata 'Shaum' dari Bahasa Arab bermakna menahan diri, mencegah diri, atau menjauhkan diri dari sesuatu. 

Nah, bulan suci penuh hikmah kali ini, tidaklah pantas jika media sosial hanya diisi dengan postingan curhatan yang lebih terkesan ke arah pamer ataupun riya. Contoh : dikit-dikit posting soal berapa surat dalam Al-Quran yang sudah dibaca, pamer sedekah, atau bahkan membagikan berita yang sejatinya tidak penting untuk dikonsumsi publik. 

Sebaiknya, belajarlah menahan diri ketika Ramadan dengan tidak perlu menunjukkan pada semua orang siapa kita, juga bisa dijadikan ajang berpuasa media sosial agar tidak mengundang prasangka bagi banyak orang. Tahan baik-baik jarinya, ya! 

Nah, empat hal di atas adalah poin penting yang harus digaris bawahi saat  bulan Ramadan ini. kita tidak hanya menahan diri ketika Ramadan dari rasa haus dan lapar saja. Menahan lisan dari ucapan yang tidak patut, menahan pikiran dari prasangka buruk, tidak pula menahan jari dari fenomena media sosial yang menggelitik emosi jiwa, tetapi juga menahan hati  agar lebih legowo dan bijak dalam menyikapi sesuatu. 

Jadikan Ramadan ini sebagai ajang perubahan ke arah yang lebih baik, menjadi manusia yang lebih produktif, dan menjadi orang yang senantiasa berpikir positif. Dengan melakukan sesuatu yang perlu dan meninggalkan sesuatu yang tidak penting. 

Semoga kita dimampukan mendapatkan berkah Ramadan ya, teman-teman😊

AGAR ANAK SEMANGAT BERPUASA? YUK, JALAN-JALAN SAAT PUASA DENGAN BERBURU 6 TAKJIL FENOMENAL INI

Jumat, 17 Mei 2019


Hello, Sahabat Malica. 

Tak terasa sudah 12 hari kita menjalani ibadah puasa, ya?

Bagaimana rasanya? 
Sudah istiqomah melakukan amalan-amalan yang ditargetkan? 
Sudah bisa hijrah menjadi pribadi lebih baik lagi? 

Apapun yang sudah direncanakan di bulan penuh berkah ini, semoga bisa menjadi bekal pahala di akhirat nanti. 

Nah, biar puasa makin seru, gimana kalau kita ngajakin si kecil  jalan-jalan saat puasa dengan berburu takjil fenomenal? Pasti seru, dong. Dan saya yakin, anak-anak tentunya semakin semangat lagi berpuasa. Iya, nggak? 

Benar sekali jika ramadan itu dikatakan sebagai bulan penuh berkah. Sebab, bisa kembali bertemu dengan bulan ramadhan saja sudah menghadirkan kebahagiaan tersendiri bagi umat muslim. Selain itu, bulan Ramadan juga kerap dikatakan sebagai bulan penuh rahmat serta bulan yang  asyik untuk jalan-jalan puasa sambil berburu menu takjil lezat yang menggoyang lidah. Betul? 

Makanya jangan heran, saat sore tiba Anda melihat banyak orang jalan-jalan saat puasa mulai dari anak-anak, remaja, bahkan yang tua sekalipun berbondong-bondong berburu menu takjil menjelang berbuka puasa. Aktivitas tersebut hampir sudah menjadi rutinitas melegenda saat momen ramadan tiba.  

Lantas, menu takjil apakah yang sering diburu dan menjadi favorit? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Kolak Pisang 


Cookpad.com

Rasanya tidak afdol jika berbuka puasa tanpa kolak pisang. Menu takjil satu ini memang juara deh. Bukan hanya sebagai santapan lezat yang wajib tersaji di rumah, tetapi juga menjadi menu andalan yang dijual di manapun. 

Kolak pisang ini terbuat dari perpaduan santan, gula merah, potongan pisang dan sedikit ditambahkan daun pandan untuk penyedap rasa. Rasanya tak hanya manis tapi juga gurih, sebab saat dimasak wajib ditambahkan sedikit garam. Sangat pas untuk dinikmati saat berbuka, bukan? Dijamin, anak-anak pasti suka. 

2. Es Blewah


Pinterest.com

Nikmatnya es blewah selalu menggoda mata, terlebih untuk si kecil yang baru saja belajar puasa.  Tampilannya sederhana, namun segarnya sangat pas menjadi pemuas dahaga. 

Maka dari itu, es blewah menjadi salah satu minuman segar yang laris diburu untuk dijadikan menu takjil andalan. Selain rasanya manis dan dibandrol cukup murah, es blewah juga kaya manfaat untuk kesehatan tubuh, lho. 

3. Teh Manis


Cantik.tempo.co

Meski tergolong menu takjil sederhana, teh manis menjadi minuman segar paling popular di bulan ramadan. Bisa disandingkan dengan menu buka puasa jenis apa pun. Baik disajikan saat hangat maupun dingin, teh manis selalu menggoda segarnya. Sangat praktis diminum juga untuk teman si kecil saat jalan-jalan saat puasa bersama Mom dan keluarga. 

4. Es Buah 


Pinterest.com

Siapa sih yang tidak tergoda dengan segarnya es buah?

Bisa dibilang es buah ini menjadi minuman kesukaan sejuta umat, lho. Di luar bulan puasa, es buah ini sudah laris manis terjual. Anehnya, saat bulan puasa justru membludak. Para pemburu takjil seolah tidak mau terlewat dengan pesona es buah yang menggoda tenggorokan.  

Rasa yang manis perpaduan susu kental dan sirup, serta potongan aneka buah-buahan seolah mampu menjadi penghapus dahaga paling maknyus. 

Nah, dijamin jalan-jalan saat puasa dengan es buah ini ada di depan mata si kecil, tentu hari esoknya mereka akan meminta Mom untuk berburu takjil murah meriah ini kembali. Pun, semangat berpuasa akan semakin meningkat. Yah, mesti niat puasa si kecil sedikit banyak karena dia ingin es buah. Hehehe  

5. Kurma 

hwww.winnetnews.com

Perintah tentang makan yang manis-manis saat berbuka sudah begitu melekat di telinga umat muslim. Meski terbilang langka di negara Indonesia, buah kurma tetap menjadi menu takjil yang paling diminati. Tak hanya itu, rasa manis pada buah kurma ternyata mampu mengatasi rasa lemas akibat menahan makan dan minum saat berpuasa, lho! 

Untuk si kecil yang hobi banget makan  menu yang manis-manis, dipastikan pada acara jalan-jalan saat puasa bersama Mom dan keluarga kurma ini dijadikan makanan favoritnya yang harus disantap terlebih dulu. . Apalagi berbuka dengan kurma sudah menjadi budaya di bulan Ramadan. Pasti akan membuat kesan tersendiri untuk si kecil nantinya.

6. Aneka Gorengan

jateng.tribunnews.com

Siapa sih yang nggak suka sama gorengan? Menu takjil ini sudah menjadi primadona, lho. 

Setelah seharian menahan lapar, kebanyakan orang akan mencari camilan ringan untuk mengganjal perut sementara. Dan gorengan menjadi makanan ringan pertama yang siap disantap. Rasanya yang gurih dan bertekstur renyah membuat camilan satu ini sayang untuk dilewatkan. 

Apalagi jika sudah dicocol dengan saus sambal atau cabai rawit, duh, bikin lidah nggak mau berhenti mengunyah, guys! Si kecil pasti lahap banget makannya deh. 

Nah, itulah beberapa menu takjil paling laris dan sering diburu oleh banyak orang ketika sedang jalan-jalan saat puasa atau ngabuburit bersama orang tercinta. 

Kira-kira, dari keenam menu takjil buka puasa di atas, manakah yang menjadi favorit si kecil, Mom?