Woman's Story

Serba-serbi kehidupan di mata Malica

15 Peluang Kerja dari Rumah yang Nggak Bikin Mati Gaya Saat Coronavirus Melanda. Cari Tahu, Yuk!

Senin, 23 Maret 2020
peluang kerja rumahan

Akhir-akhir ini, seluruh dunia dibuat heboh dengan hadirnya virus Corona atau Covid-19. Virus yang bermula di kota Wuhan ini, ternyata tidak hanya membuat banyak orang harus waspada. Tetapi juga mengundang kepanikan berlebih yang kerap bikin pikiran down

Tak hanya itu saja, Virus Corona juga bikin orang mati gaya jika menyangkut pekerjaan. Sebagian dari kita sempat berpikir tidak bisa memanfaatkan peluang kerja dari rumah selama pandemik covid-19 belum ditemukan solusinya. Padahal jika dikaji kembali, saat ini kita sudah hidup di era digital yang dari hari ke hari semakin ngetren. Jadi perihal pekerjaan, bukankah bisa dikerjakan dari rumah?

Memang sih tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah, seperti pedagang kaki lima misalnya. Tetapi tidak lantas membuat Anda pesimis apalagi mati gaya, kan?

Saya pribadi adalah mantan pekerja offline. Namun karena sebuah pilihan, saya pun memutuskan bekerja dari rumah dengan menjadi tenaga freelancer. Hal ini tidak hanya memudahkan saya sebagai seorang single parent dengan dua anak yang masih balita dalam menghemat waktu, tetapi juga menantang saya untuk terus produktif. 

Nah, berikut bocoran peluang kerja dari rumah yang patut Anda coba segera. Dan tidak hanya berlaku selama virus corona sedang booming. Namun Anda bisa menjadikan pekerjaan secara online ini sebagai profesi jangka panjang, lho. 

1. Content Writer


Peluang kerja dari rumah


Sebelum ada kebijakan work from home akibat virus corona. Sebenarnya sejak tahun 2017, saya sudah memanfaatkan peluang kerja online dari rumah dengan menjadi seorang content writer. Sebuah profesi menulis dengan membuat tulisan artikel untuk sebuah website. 

Nah, bagi Anda yang hobi menulis, saya sangat menyarankan untuk menekuni profesi sebagai content writer ini. Meski gaji yang ditawarkan tidak banyak, yaitu sekitar 20 ribu hingga 25 ribu tiap artikel. Tetapi seiring dengan banyaknya jam terbang menulis, kualitas Anda tidak akan diragukan lagi. Juga tidak menutup kemungkinan jika gaji di atas akan naik. Pokoknya, nikmati saja. Proses menulis akan menjawabnya.

Baca juga : Resep Single Parent Tangguh dan Produktif dari Rumah

2. Penulis Buku


peluang kerja online dari rumah
www.unsplash.com

Anda yang memiliki kemampuan sangat baik dalam menulis. Tidak ada salahnya untuk mencoba menulis buku. Dimana gagasan Anda nantinya akan diterbitkan oleh penerbit, dan bisa dinikmati banyak orang.

Namun, ada kalanya menjadi penulis buku harus sabar. Butuh proses panjang dalam menghasilkan sebuah karya yang layak baca sehingga Anda harus benar-benar mumpuni. 

Nah, menjadi penulis buku ini pun memiliki banyak jalan. Jika ingin karya yang diterbitkan tanpa biaya dan tembus penerbit besar, maka mulailah uji nyali untuk mengajukan naskah ke penerbit mayor sekelas Gramedia, Elexmedia, Bentang Pustaka, Penerbit Andi, dan lain-lain. 

Yang perlu diingat, untuk nangkring di penerbit besar tersebut Anda butuh proses cukup panjang, sebab naskah yang masuk harus melalui seleksi terlebih dahulu. 

Akan tetapi jika Anda ingin karyanya cepat dinikmati pembaca tanpa antre naskah, Anda bisa mencoba menerbitkan secara indie publishing. Yang jadi pertanyaan, lebih menguntungkan yang mana? 

Keduanya sama menguntungkan. Hanya saja berbeda proses. Pun menjadi penulis buku ini apabila karyanya tembus ratusan hingga ribuan eksempler. Tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan penghasilan yang menggiurkan. Mau coba? 

3. Bloger


Peluang kerja dari rumah
www.pinterest.com

Masih seputar menulis, ya. Tetapi kali ini tentang peluang kerja rumahan yang cukup ngehits. Walaupun sebenarnya profesi sebagai bloger ini sudah lama muncul, akan tetapi berkembangnya era digital membuat peluang menjadi bloger semakin diminati. 

Dengan menjadi bloger, Anda bisa berpenghasilan dari menekuni sebuah blog. Rata-rata pekerjaan seorang bloger bisa didapatkan melalui iklan Google Adsense, tawaran content placement, guest post, endorse, review produk maupun jasa, juga sebagai influencer di media sosial. Nah, berniat untuk mencoba? 

4. Resensor 


Peluang bekerja di rumah
www.pinterest.com

Untuk peluang pekerjaan satu ini bisa dibilang tidak mudah mendapatkannya. Sebab, Anda harus bersaing dengan beberapa resensor lainnya agar karya bisa diterbitkan di media cetak sekelas Koran Jakarta, Lampung Post, dan lain sebagainya. Meski demikian, Anda tetap bisa mencobanya. Siapa tahu nih, karya yang Anda kirim berkali-kali menemukan jodoh media cetak yang sesuai. 

5. Ghost Writer 


peluang kerja dari rumah 2018
www.pinterest.com

Peluang bekerja di rumah dengan mengambil profesi sebagai ghost writer bisa menjadi pilihan yang tepat, jika kemampuan menulis Anda tak diragukan lagi. 

Sebab profesi menulis ini cukup menjanjikan, tetapi juga banyak tantangan. Ghost writer bisa dibayar jutaan hingga puluhan juta hanya membuat satu karya buku. Akan tetapi, gaji yang diberikan bergantung pada kualitas tulisan serta penulisnya, ya. 

Apalagi untuk menjaga kepercayaan klien bahwa nanti karya tersebut akan menjadi tulisan layak jual, maka ghost writer harus memiliki bukti portofolio yang tidak sedikit alias buku yang pernah dia tulis berjumlah banyak. 

Oh ya, emang ghost writer apaan? Disebut ghost writer tersebab posisi penulis di sini sering tidak disebutkan di bagian cover buku setelah karya resmi diterbitkan. Karena posisi seorang ghost writer di sini hanya membantu menuliskan sebuah karya, sementara nama pengarang adalah seseorang yang menyewa jasa ghost writer disebut.

Selain itu, Ghost Writer harus melakukan perjanjian khusus dengan si penggagas ide, yaitu pengarang. Bahwa nanti karya yang sudah ditulis oleh GW ini memang berdasarkan pemikiran pengarang dan juga gaya tuturan pengarang. 

6. Copywriter


peluang kerja dari rumah 2019
www.unsplash.com

Anda jago membuat iklan? Profesi sebagai copywriter ini cukup memiliki peluang besar akhir-akhir ini. Dengan banyaknya pengusaha online yang menekuni dunia bisnis secara online, tentu mereka membutuhkan tulisan iklan yang menjual. Nah, di sinilah kesempatan Anda untuk membuktikan bahwa Anda mampu menjadi seorang copywriter Andal. Copywriter yang mampu meramu tulisan iklan, tapi orang yang baca iklannya berasa tidak diiklanin. 

7. Web Developer


peluang bisnis kerja dari rumah
www.pinterest.com

Sebenarnya menciptakan peluang bisnis kerja dari rumah itu tidaklah sulit. Modal yang Anda butuhkan hanyalah keahlian, laptop, dan data internet. Jika ketiga modal ini sudah Anda miliki, selanjutnya adalah memperluas networking. Kemudian tahap lanjutan adalah action secara konsisten. Seperti profesi web developer ini. Salah satu profesi yang bisa dikerjakan sangat nyaman secara online. Bahkan gaji yang diterima di rumah, web developer bisa mengaturnya sendiri. Kok bisa?  

Mengambil hikmah dari cerita seorang teman yang ahli di bidang internet telekomunikasi. Bahwa seiring dengan perkembangan dunia digital, tidak sedikit para pebisnis memanfaatkan website sebagai toko online, landing page, maupun blog personal untuk memperluas networking bisnis. Di sinilah seorang web developer mulai bekerja membantu menemukan solusi para pebisnis, yaitu membantu bagaimana membuat blog sekaligus cara optimasi web dengan benar. 


8. Marketing Online 


peluang usaha bekerja dari rumah
www.unsplash.com

Marketing online adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang mana lebih mudah dijangkau konsumen secara tepat waktu dan relevan. Jadi untuk peluang kerja satu ini sebenarnya tidak terlalu sulit. 

Intinya, Anda hanya membutuhkan modal data internet, mampu mengolah konten dengan sangat cerdas sehingga iklan yang ditawarkan terasa lebih ngalir dan menghipnotis pelanggan, memiliki sosial media, dan paham tentang teknik SEO. 

Sementara untuk peluang usaha bekerja dari rumah di bidang marketing online ini, di antaranya adalah admin media sosial, endorser, buzzer, influencer, graphic desainer, affiliater, marketer, dropshipper, account manager, dan lain-lain. 

Nah untuk menjalani profesi marketing online memang tidak mudah, tapi Anda boleh mencobanya.  Yang terpenting, Anda menjadi pribadi yang luwes ketika melakukan penawaran di media sosial. Meracik kalimat dengan sangat elegan, sehingga iklan yang dibuat nggak garing dan monoton. Tertarik?

9. Editor Lepas


peluang bekerja dari rumah
www.unsplash.com

Bagi Anda yang hobi menyalin, memeriksa, memperbarui, serta mengatur konten dengan menarik sesuai kaidah bahasa Indonesia, maka menjadi Editor lepas adalah pilihan yang tepat sekali. Seiring melambungnya dunia literasi saat ini, Editor lepas merupakan salah satu profesi yang cukup digemari dan menjanjikan. 

Berdasarkan survey, Editor lepas bisa bekerja dari rumah dengan penawaran gaji yang cukup memuaskan. Tapi ingat, untuk menekuni profesi Editor lepas ini, biasanya sebagai langkah awal diberlakukan sistem magang untuk pemula. 

10. Vlogger


peluang kerja dari rumah 2020
www.freepik.com

Apakah Anda adalah seorang yang kreatif dan pintar dalam membuat video secara online? Misal, Anda mampu membuat tips hobi fashion tapi bisa belanja yang low budget tanpa bikin dompet kering.

Anda bisa membuat tips dan trik tentang fashion dan belanja tadi dikemas dengan video unik yang cukup mengundang banyak subscriber. Dipastikan profesi vlogger ini menjadi peluang kerja dari rumah dengan gaji menggiurkan.

Tugas Anda sebagai vlogger hanya memiliki akun channel youtube, mengisi video dengan konten yang menarik, konsisten, dan bagikanlah ke media sosial. Yup, hingga akhirnya menjadi seleb vlogger layaknya artis, pun tidak sekadar impian.

11. Penjual Online


peluang kerja rumahan
www.argiaacademy.com

Tidak sedikit  ibu rumah tangga yang tadinya berkarir di luar rumah memutuskan menjadi full time mom dengan berjualan secara online. Mereka  berbisnis disela kesibukan mengurus keluarga. Dan bisnis yang dijalani pun cukup beragam, seperti bisnis fashion, kuliner, produk kesehatan dan kecantikan, buku edukasi, accesoris, agen travel, dan masih banyak lagi. Intinya menjadi penjual online harus kuat mental serta membangun branding demi dapur terus mengepul. 

12. Translator atau Penerjemah


peluang bekerja di rumah
www.unsplash.com

Jika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing atau bahasa lokal daerah, maka pekerjaan sebagai penerjemah bisa dijadikan profesi yang ditekuni. 

Di luar sana, banyak peluang kerja di bidang ini, hanya disayangkan cukup minim informasi. Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang ini, jangan segan berburu job secara online. Carilah informasi melalui google dengan sumber terpercaya. Dan pastikan, Anda tidak takut untuk mencoba. 

13. Gamer


peluang kerja dari rumah 2020
www.pinterest.com

Rata-rata dari kita menganggap bermain game memberikan dampak negatif pada pelaku gamer. Padahal, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. 

Setelah saya mengikut event blogger 2019 tahun lalu tentang launching sebuah produk elektronik. Ternyata, laptop khusus untuk pelaku gamer ada tipe khusus. Dan konon bisa menghasilkan uang dari sana. 

Untuk pelaku gamers sendiri, peminat terbanyak masih diduduki oleh generasi milineal. Tapi meski demikian, bukan berarti mereka kecanduan ngegame ya. Akan tetapi, mereka menjadikan game sebagai sebuah profesi. Intinya, teknologi akan bermanfaat jika berada di tangan yang tepat. 

14. Tutor Online 


peluang usaha bekerja dari rumah
www.thinkingforlearning.com

Sudah banyak bermunculan ruang belajar online yang bisa diikuti oleh anak-anak di rumah. Mereka tidak perlu pergi ke luar hanya untuk menerima materi pelajaran. 

Saat ini, pelaku tutor online cukup menjadi pekerjaan yang cukup digandrungi, apalagi setelah mewabahnya virus Corona. Semua akses pembelajaran di sekolah diberhentikan sementara waktu. Akan tetapi selama belajar di rumah, Anak-anak belajar online bersama guru. 

Nah, inilah sebenarnya kesempatan Anda untuk mencari lowongan sebagai Tutor Online. Tidak hanya menyenangkan, tetapi kreativitas Anda sebagai seorang pendidik pun akan meningkat. 

15. Animator 


peluang bekerja dari rumah
www.pinterest.com

Apabila Anda memiliki keahlian dalam mendesain sebuah gambar artistik dan kreatif, lalu menciptakannya ke dalam animasi video, gambar, game atau jenis media lainnya. Maka Anda bisa mengambil peluang kerja dari rumah dengan menjadi animator freelance. Konon, di  luar negeri, profesi ini sangat digemari dan bisa mendapatkan  income antara 25 hingga 160 dollar, lho. 

Nah, demikianlah peluang kerja dari rumah yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Di atas adalah sebagian kerja online yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil analisa pengalaman teman.

Jadi sebenarnya masih banyak peluang yang bisa dikerjakan dari rumah yang pastinya nggak bakalan bikin Anda mati gaya saat Corona Virus melanda. 

Namun yang harus diingat, dalam menjalankan work from home agar tetap menyenangkan dan menjadi profesi di masa depan, tentunya Anda harus memiliki target yang jelas, perencanaan matang, komitmen, serta disiplin tinggi pada diri sendiri. Nah, sudahkah Anda siap? 



5 LANGKAH CERDAS SEBELUM SEWA RUMAH IDEAL

Senin, 09 Maret 2020

Langkah Cerdas Sebelum  Sewa Rumah yang Ideal - Ingin memiliki hunian nyaman permanen tapi terkendala modal? Solusi cerdas, Anda bisa mengawalinya dengan sewa rumah. Meski kenyataannya, mencari rumah yang disewakan sesuai impian itu melelahkan dan penuh dengan rintangan. Misalnya kasus yang seringkali dihadapi adalah tentang ketidakcocokan terhadap kondisi rumah, harga terlalu tinggi, lokasi tidak strategis, dan beberapa hal yang membuat ragu. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena setiap masalah, pasti ada solusi yang tepat. Begitupun dengan menemukan sewa rumah yang Anda impikan. Sebaiknya, jangan terlalu terburu-buru. Penting bagi Anda untuk melakukan beberapa persiapan supaya proses sewa rumah berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. 

Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak ingin menyesal kemudian hari dalam hal sewa rumah, penting juga Anda mengetahui beberapa tips bagaimana menyewa rumah yang benar demi mendapatkan hunian yang nyaman, serta terhindar dari masalah di kemudian hari. 

  1. Harga Terjangkau Sesuai Kemampuan



Pertama kali yang perlu Anda lakukan adalah menghitung berapa budget yang dimiliki untuk menyewa rumah sesuai harapan. Bila perlu sesuai dengan kemampuan Anda. Nggak perlu terlalu ngoyo demi mendapatkan rumah impian, sementara budget yang dikeluarkan modal berutang, ya.

Untuk prosesnya, memilih rumah sewa itu memiliki sistem per bulan maupun per tahun. Nah, Anda bisa melakukan negoisasi dengan pemilik rumah tentang sistem pembayaran disesuaikan dengan kondisi finansial Anda. 

2. Survei Rumah Itu Penting


Harga harus sesuai dengan kualitas. Jangan sampai kebalik, ya. Jangan sampai Anda menginginkan rumah sewa mewah dengan fasilitas lengkap, sementara budget keuangan yang Anda keluakan pas-pasan. Tentu hal tersebut sangat jarang ada. 

Jadi, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah survey keadaan rumah terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya dengan bertanya kepada orang-orang di sekitar rumah yang akan disewa tersebut. 

Adapun beberapa hal yang wajib Anda tanyakan adalah tentang bagaimana keadaan lingkungannya, bagaimana sistem sewa rumah, serta fasilitas apa saja yang akan didapatkan. Nah, jika hal tersebut sudah Anda lakukan, langkah selanjutnya adalah memantapkan niat. 

3. Selaraskan Antara Lokasi Rumah dengan Kebutuhan


Perlu diingat, hindari menyewa rumah hanya karena desain arsitektur rumah bagus. Karena hal utama yang dijadikan pertimbangan untuk memutuskan menyewa rumah adalah dilihat dari segi lokasinya. Kira-kira, sudahkah lokasi rumah menyesuaikan dengan aktivitas yang Anda lakukan? Misal, jarak ke kantor, kampus, maupun tempat sekolah anak cukup strategis dan mudah dalam mencari transportasi umum. 

4. Periksa Kelayakan Rumah dengan Teliti


Jika Anda sudah menemukan rumah sewa yang nyaman dan klik di hati. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memeriksa dengan teliti, apakah rumah tersebut layak untuk ditempati? 

Anda bisa memeriksa bagian-bagian rumah, mulai dari tampilan arsitektur, kondisi interior rumah, maupun kondisi air lancar atau tidak. Kenapa? 

Sebab, hal-hal di atas bisa meminimalisir kesalahpahaman sekaligus penyesalan di kemudian hari. Jadi ketika Anda meneliti kondisi rumah sebelum menyewanya, lalu ketika ada atap bocor, kran air rusak, atau jendela rusak. Maka Anda bisa mendiskusikaannya dengan pemilik rumah sebelum menandatangani kontrak. 


5. Pahami dan Cermati Isi Surat Kontrak Rumah 


Dalam menyewa rumah juga sangat penting bersikap profesional, yaitu mintalah surat perjanjian kontrak resmi sewa rumah pada pemilik rumah. 

Nah, apabila Anda sudah mendapatkan surat kontrak resmi tersebut, maka pahami dan cermati poin-poin apa saja yang sudah tertulis dalam surat kontrak sewa rumah. 

Jika ada poin yang tidak dipahami, Anda punya hak untuk bertanya. Tentu, tujuannya selain agar menempati hunian nyaman tanpa masalah, baik Anda maupun pemilik rumah tidak merasa dirugikan di kemudian hari. 

Bagaimana, keren sekali bukan tipsnya? Anda bisa mempraktikkannya sebelum memutuskan untuk sewa rumah, ya. Tak lain tujuannya supaya penyewa rumah nyaman, pemilik rumah pun senang. Oh ya, untuk referensi sewa rumah, Anda bisa kunjungi situs www.sewarumah.net sebagai bahan pertimbangan yang matang dalam memilih rumah yang akan disewakan. 

Atau mungkin Anda tertarik memiliki hunian nyaman di sekitar daerah Bintaro? Kabarnya, Bintaro merupakan kawasan pencarian perumahan dengan harga terjangkau. 

Sewa rumah di Bintaro juga kerap dilengkapi fasilitas yang menunjang kehidupan sehari-hari, seperti fasilitas kesehatan, pendidikan, perbelanjaan, dan pusat hiburan yang tidak sedikit. Wah, pasti sangat menyenangkan bukan? Yuk, selamat berburu hunian nyaman yang menjadi impian ya! 

SENSASI MANDI PARFUM PAKE VITALIS PERFURMED MOISTURIZING BODY WASH

Selasa, 03 Maret 2020

Pernahkah berpikir jika mandi bukanlah sekadar aktivitas biasa? 

Saya termasuk salah satu orang yang menganggap mandi merupakan suatu aktivitas yang sekadarnya saja. Sekadarnya yang dimaksud di sini adalah mandi hanya menjadi rutinitas yang bermanfaat untuk menyegarkan tubuh dan membersihkan kotoran yang menempel di badan. Namun nyatanya saya salah. 

Tahukah, berdasarkan beberapa penelitian menjelaskan jika mandi bisa meningkatkan kesehatan fisik maupun mental. Beberapa penelitian menunjukkan mandi memiliki banyak khasiat yang patut disyukuri, antara lain: 
  • Dengan berendam selama 10 menit di dalam air hangat sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung
  • Penderita diabetes juga sangat disarankan untuk berendam di air hangat karena sangat membantu menurunkan gula darah sekitar 13 %
  • Melakukan terapi mandi air hangat dengan mencampurkan minyak aroma terapi seperti lavender, peppermint, atau lemon selama 10-20 menit bisa meredakan flu dan sakit kepala
  • Merendam kaki dalam air dingin bisa membantu mengatasi masalah insomnia
  • Mandi dengan air dingin bisa membantu sistem saraf yang tahan terhadap stress karena secara tidak langsung tubuh akan beradaptasi dengan memberitahu otak untuk menghadapi stress
  • Mandi air dingin secara teratur akan sangat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih yang mana bisa mempercepat metabolisme dan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit
  • Air dingin bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi dalam tubuh

Nah, jika mandi memiliki banyak manfaat seperti di atas, bagaimana jika aktivitas mandi ditunjang dengan pemakaian body wash yang aroma wanginya layaknya parfum? 

Saya yakin, Anda pastinya akan berlama-lama di kamar mandi. Apalagi wanita ya, tidak heran akan menghabiskan banyak waktu di kamar mandi dengan mandi parfum yang nggak bikin kulit kering. 

Yang jadi pertanyaan adalah apakah ada jenis body wash yang cocok untuk semua kulit dan wanginya tahan lama? 

Simak, yuk, review sabun mandi yang terbukti bikin saya pengen mandi berkali-kali.

MANDI PARFUM BISA MEMPERBAIKI MOOD YANG AMBYAR



Sebagai seorang blogger sekaligus freelancer, jika sudah dikejar deadline seringkali bikin stres dan mood ambyar (Baca: bad mood). Kalau sudah begini, saya cenderung tidak semangat beraktivitas lagi. Jangankan untuk beraktivitas, terkadang gara-gara stres berat dan bad mood, saya suka malas mandi. Duh, ketahuan aslinya Malica, kan? Malu deh. Semoga nggak malu-maluin aja deh ya. hihihi

Nah, untuk mengatasi masalah seperti di atas, saya biasanya memilih menepi sejenak sembari menyedu kopi hitam di teras rumah. Namun baru-baru ini, saya menemukan cara jitu untuk menghempas stres dan bad mood dengan mudah. Penasaran nggak?

Yes, inilah dia Vitalis perfurmed Moisturizing body wash jawabannya. 


Produk bodywash terpercaya yang konon fungsinya hampir sama dengan parfum. Baru sekali pakai, saya kecanduan dengan keharumannya yang khas dan tidak terlalu menyengat. Enaknya lagi, aroma wanginya bisa awet seharian. Saya pun merasakan lebih rileks dan bahkan jadi lebih semangat menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Bye-Bye bad mood! Hihi 

Karena sudah merasakan dampak dari enaknya bodywash dari vitalis ini, saya pun jadi kepo berat. Kira-kira produk ini sudah lama belum ya hadir? Terus kandungannya apa saja? Kok saya jadi ketagihan pengen mandi terus?

Dan satu lagi, Vitalis biasanya  lebih melekat pada sebuah parfum badan. Tapi kali ini, Vitalis hadir dengan performa baru yang mungkin akan menjadi primadona kaum perempuan deh. 

Dan inilah jawaban dari kekepoan saya sejak memutuskan untuk menjadi pengguna setia Vitalis perfurmed Moisturizing body wash. 

Sebagai salah satu market leader di pasar female fragrance, vitalis tentu saja terus berinovasi. Setelah sukses menjadi salah satu brand unggulan karakter parfum, tak tanggung-tanggung vitalis menhadirkan inovasi baru berupa vitalis body wash yang tetap mengandung aroma parfum di dalamnya.


Jadi ketika Anda mandi nantinya akan merasa seperti dihujani banyak parfum sehingga malas untuk beranjak dari rendaman air hangat maupun dingin. 

Apalagi berdasarkan informasi yang saya baca, pesona vitalis sudah terbukti bahwa aroma parfum yang terkandung di dalam bodywash tersebut mampu membangkitkan semangat, memancarkan kekuatan, serta melembutkan karakter dalam setiap partikel-partikel lembut yang berbaur di udara. 

Sangat disarankan bagi Anda penyuka aktivitas mandi dengan aroma semerbak yang khas dan tahan lama untuk memilih produk vitalis body wash ini sesuai karakter dan kepribadian masing-masing. Kenapa demikian?

Dengan memilih aroma sabun mandi yang cocok dengan karakter kepribadian akan membuat seseorang lebih percaya diri untuk tampil elegan dan berkelas. Tak hanya itu, keharuman sabun mandi tentu akan semakin membuat hari-hari yang dijalani lebih semangat. 

Contohnya saya nih. Sejak produk vitalis hadir di kehidupan saya. Hidup saya semakin berwarna. Dikejar deadline kerjaan? Nggak masalah tuh! Saya happy-happy saja. Badmood? Duh, pada lari entah ke mana.

Dan saya paling suka Vitalis perfurmed Moisturizing body wash warna pink yang dikombinasikan dengan air hangat. Wuih, mantap sekali pokoknya. 

Menariknya, vitalis warna pink selain menyajikan keharuman yang paripurna. Varian satu ini juga bisa mencerahkan kulit. Sebagai brand yang paham akan dunia parfum, saya sangat merekomendasikan vitalis ini sebagai produk bodywash yang wajib Anda coba segera. 

Sebab pada produk terbarunya ini, Vitalis menambahkan high quality moisturizer ke dalam produk body wash agar tidak menyebabkan kulit kering. 

Penasaran dengan varian vitalis lainnya yang lebih ciamik? Kuy, baca ulasan berikutnya ya! 

VARIAN VITALIS MOISTURIZING BODY WASH


Vitalis perfurmed Moisturizing body wash hadir dalam 3 pilihan varian yang menggoda, yaitu White Glow, Fresh Dazzle, dan Soft Beauty. Nah, manakah yang sudah pernah Anda coba?

WHITE GLOW, Jagonya Bikin Kulit Cerah dan Halus



White Glow memberikan manfaat skin brightening yang membuat kulit terlihat lebih cerah dan halus. White Glow atau bodywash yang berwarna pink muda ini menurut saya lebih girly dan soft dibanding varian lainnya. Karena memiliki kandungan licorice extract atau sejenis akar tanaman herbal yang dominan untuk mencerahkan kulit, tak heran setelah seminggu pemakaian kulit saya tampak lebih cerah dan nggak kering lagi. 

Selain memberikan gambaran pada perubahan kulit, aroma wanginya juga sangat kental. Hanya saja cenderung soft dan sangat nyaman untuk dihirup berulang-ulang. Diklaim bahwa white glow mempunyai top note dengan aroma fruity dari perpaduan Cherry dan Raspberry. 

Selain itu, wangi Marshmallow dan Gardenia yang lembut dan elegan, serta dibungkus dengan kombinasi Woody dan Suede yang glamor dan long lasting bikin saya makin cinta dan candu untuk terus memakainya jangka panjang. 

SOFT BEAUTY, Jagonya Bikin Kulit Lembut dan Nyaman 



Selain White Glow yang menggoda, Soft Beauty berwarna ungu ini juga menjadi varian favorit pilihan saya selanjutnya. Keharumannya bikin badan merasakan relaxing yang sempurna. Sejenak Anda bisa melupakan masalah hidup yang kian mendera. Sebab Aroma terapi yang disajikan oleh vitalis perfurmed warna ungu ini sangat khas, tidak menyengat. Inilah yang membuat Anda selalu pede untuk tampil lebih istimewa setiap harinya.  

Diperkaya dengan ekstrak buah alpukat dan vitamin E yang mampu menutrisi kulit sehingga kulit Anda akan terasa lebih lembab. Wangi buah-buahan segar, serta bunga mawar dan violet, dan juga wangi manisnya Tonka Bean Sandalwood pastinya membuat Anda tampil paripurna. 

FREEZE DAZZLE, Memberikan Aroma Elegan dan Segar



Bagi Anda penyuka aroma segar, Vitalis varian Freeze Dazzle atau yang berwarna hijau ini bisa dijadikan pilihan yang tepat. Aroma Fresh Dazzle rasanya fresh banget. berbeda dengan dua varian yang saya jelaskan sebelumnya. Vitalis bodywash warna hijau ini cenderung menawarkan keharuman segar tetapi masih memberikan kesan feminin dan lembut. Wangi Bergamot, Floral Bouquet memberikan kesan elegan. 

Yang paling menarik dari varian vitalis berwarna hijau ini adalah kaya akan antioksidan yang dihasilkan oleh kandungan green tea. Freeze Dazzle juga diperkaya dengan ekstrak Yuzu yang mampu menjaga kulit tampak lebih wangi, bersih, segar, dan terawat. 

MANA YANG PALING DISUKAI?


Well, jika ditanya lebih suka vitalis yang warna apa? Pink, Hijau, atau ungu? 


Sepertinya tiap orang berbeda, ya. Intinya ah beda rasa, beda selera. Selain itu, jika berbicara soal sabun mandi, make up, ataupun skincare seringnya pasti dikaitkan dengan kecocokan kulit. Betul, nggak? 

Nah kalau saya jelas lebih suka vitalis pink atau white glow. Kenapa?

Saya coba urai beberapa ingredient dari vitalis white glow, di antaranya adalah: Aqua, Sodium Laureth Sulfate, Cocamidopropyl, Betaine, Lauric Acid, Myristic Acid, Pottasium Hydroxide, Palmitic Acid, Fragrance, Sodium PCA, Glycol Distearate, Glycerin, Cocamide Methyl MEA, Glycyrrhiza, Glaba Root Extract, Hydrolyzed Milk Protein, Propylene Gycol, Pottasium Chloride, BHT, Tetrasodium EDTA, Etridonic Acid, DMDM  Hydantoin, Sodium Metabisulfite.   

Dari beberapa bahan-bahan vitalis di atas, vitalis WHITE GLOW memiliki kandungan istimewa yang menjadikan varian pink ini favorit saya, yaitu Licorice Extract. Di mana manfaatnya sangat banyak untuk kulit. 

Licorice Extract atau lebih dikenal dengan nama akar kayu manis memang sudah popular sejak dulu. Konon berdasarkan penelitian, selama lebih 35 abad tanaman ini kerap memberikan banyak manfaat dan khasiat. Zat yang terkandung di dalam Licorice adalah glycyrrhizin, yang memiliki tingkat kemanisan 50 kali lebih manis daripada gula. 

Selain itu, manfaatnya untuk kulit juga tidak diragukan lagi. Licorice bisa menghambat proses menghitamnya kulit akibat sengatan sinar matahari. Di sini Licorice sebagai antioksidan yang menghambat proses penuaan dini. Menariknya lagi, ekstrak Licorice memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bisa memberikan kelembaban pada kulit kering. 

Nah, jadi tahu kan kenapa  saya memilih vitalis body wash white glow warna pink? 

Selain kandungannya yang sesuai dengan apa yang saya butuhkan, aroma parfumnya  khas sehingga bikin kepercayaan diri saya meningkat dong. Meski berkumpul dengan banyak orang seharian, kalau sudah mandi pake vitalis body wash perfurmed bikin beraktivitas nyaman banget.

Kalau Anda, pilih yang mana? Bisa kepoin produk vitalis terbaru ya, yaitu Vitalis perfurmed Moisturizing body wash. 


NGEBLOG SUSAH? SIMAK 17 TIPS NGEBLOG UNTUK PEMULA AGAR MENJADI BLOGGER PROFESIONAL

Selasa, 04 Februari 2020
tips ngeblog untuk pemula


Ngeblog susah? Mungkin inilah yang terpikir saat Anda akan memutuskan untuk ngeblog.

Pada dasarnya ngeblog  tidak serumit yang Anda pikirkan. Sebagai blogger pemula, tentu ada banyak hal yang harus dipelajari tentang blog. Mulai hal-hal dasar hingga hal njlimet soal blog.

Namun Anda tak perlu khawatir, apalagi langsung ingin menyerah begitu saja. Ada banyak tips ngeblog untuk pemula yang bisa dipelajari dari mana saja.

Nah, jika sudah mau belajar, percayalah bahwa menjadi blogger itu mengasyikkan. Anda tidak hanya mendapatkan ilmu, tetapi bejibun pengalaman bisa diperoleh dengan mudah.

Bahkan, meraup penghasilan dari profesi menjadi blogger bukan hal yang tidak mungkin terjadi. Tapi, sebelum mencapai semua itu, ada baiknya Anda tahu beberapa hal kira-kira apa saja yang harus dilakukan oleh blogger pemula saat memutuskan untuk ngeblog agar bisa menjadi blogger sukses di kemudian hari.

Nah, di sini saya akan membagikan tips ngeblog untuk blogger pemula pada umumnya. Mungkin, tulisan di internet yang membahas tips ini banyak sekali. Dan di sini saya menuliskan versi saya, tentunya berdasarkan pengalaman saat memutuskan untuk menekuni profesi blogger. Simak, ya!


  1. Menentukan Tujuan Ngeblog 




tips ngeblog dapat duit
Sumber gambar : unsplash.com

Untuk apa Anda ngeblog? 


Inilah tips pertama ngeblog bagi pemula yang harus ditanyakan pada diri sendiri jika ingin menjadi blogger sukses. Jangan sampai nih Anda ngeblog tujuannya hanya ingin ikutan teman.

Yang benar, apakah Anda ngeblog karena ingin menyalurkan hobi? Ingin menghasilkan uang? ataukah ada hal lain yang bisa dijadikan alasan kuat untuk terus ngeblog di kemudian hari.

Nah, ketika Anda sudah tahu apa tujuan dari ngeblog tersebut, saya bisa pastikan Anda akan bisa menjalani dunia blogging ini dengan sepenuh hati. Jika ingin ngeblog bisa menghasilkan uang, maka Anda akan bekerja keras untuk mencapai tujuan tersebut dari sekadar hobi.

Nah, jika blog digunakan sebagai personal branding, tentu Anda harus lebih memviralkan blog yang Anda punya. Layaknya Raditya Dika yang sudah sukses membangun brandingnya dari ngeblog atau Agustinus Wibowo, seorang penulis yang karyanya dibukukan berawal dari tulisan di blog saja.

2. Tentukan Topik Blog Anda



tips ngeblog dapat duit
Sumber gambar : unsplash.com

Menentukan topik blog saya tulis sebagai tips ngeblog bagi pemula diurutan kedua. Kenapa?

Alasannya sederhana sekali. Tidak jarang blogger pemula kebingungan menentukan topik blognya sendiri. Padahal jika dipikir-pikir, bukankah blogger akan lebih mudah menjalani ngeblog jika topik yang akan ditulis dalam blog pribadi disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki?

Yup. Pastikan memilih topik yang benar-benar Anda kuasai. Jika Anda suka memasak, maka topik yang tepat adalah seputar dunia kuliner. Atau bisa juga digabungkan dengan traveling. Sebab, kuliner dan traveling bisa menjadi dua topik yang saling berkaitan.

Misalnya lagi, jika Anda memiliki kemampuan dalam berbagi tips perihal pengasuhan anak, suka duka menjadi orang tua, bagaimana menjadi orang tua sekaligus pasangan yang mendidik untuk anak. Maka, Anda bisa mengambil topik seputar parenting untuk blog Anda.

Dengan memilih topik yang benar-benar dikuasai dan sesuai kemampuan, tentu akan sangat berpengaruh untuk proses kelancaran ngeblog Anda.

Realitanya,  banyak blogger pemula menyerah karena pemilihan topik yang kurang tepat. Acapkali mereka mengeluh karena bingung membuat konten yang sesuai dengan topik blog. Jangan sampai terjadi pada Anda,ya!

3. Pilih Nama Blog yang Mendeskripsikan Siapa Anda



tips sukses ngeblog
Sumber gambar : unsplash.com

Memilih nama blog bisa dikatakan penting. Karena nama blog ini bisa dijadikan personal branding. Anda bisa menggunakan nama asli maupun nama pena dalam pembuatan nama blog. Atau bisa juga nama blog Anda diambil dari topik blog.

Seperti contoh nama blog saya pribadi, yaitu www.malicaahmad.com, kali pertama memakai nama pena tersebut. Saya hanya berpikir soal personal branding.

Yup, personal branding sebagai seorang penulis. Entah diakui publik atau tidak, tetapi saya sangat menyukai nama itu. Meski ada beberapa teman yang mendengar nama Malica disebut, tak jarang mereka akan ingat lebih dulu dengan iklan kecap dibanding saya. hahaha

Contoh lain nama blog berdasarkan topik blog. Seperti www.mywordsjourney.com merupakan nama blog saya yang berbasis wordpress. Saat membuat nama sederhana itu, saya hanya terpikir bahwa nantinya konten dalam blog tersebut berisi seputar perjalanan atau traveling.

Dan yang paling penting tips memilih nama blog adalah: 
  • Nama blog mudah diingat
  • Nama  blog tidak terlalu panjang
  • Nama blog mudah diucapkan
  • Nama blog unik 
Sederhana sekali, bukan?

4. Memilih Tema Blog yang Gue Banget



tips konsisten ngeblog
Sumber gambar : unsplash.com


Sebagian orang mengatakan tema atau template blog tidak begitu penting diperhatikan. Tapi bagi saya, pemilihan tema ini penting sekali. Sebab,  tema blog tidak jauh-jauh dari cerminan penulisnya.

Berbagai jenis tampilan blog ini banyak sekali. Tetapi saya sarankan pilih tema yang paling mendeskripsikan siapa Anda. Selain itu, jangan terlalu ramai dengan banyak ornamen, sebab tidak semua pembaca menyukai itu.

Namun Anda perlu tahu, karena penasaran biasanya blogger pemula akan merasa ketagihan untuk otak-atik tampilan blog. Nah, saran saya hindari itu ya. Jika Anda fokus pada tampilan, alhasil waktu untuk menulis akan berkurang. Baiknya, atur tampilan cukup sekali. Apabila Anda tidak mampu membuat tampilan yang keren, serahkan saja dengan ahlinya, Web Developer.

5. Mengisi Konten Berkualitas



tips ngeblog lewat hp
Sumber gambar : www.thedrum.com


Saya sendiri belum memahami jenis konten berkualitas dalam sebuah blog itu seperti apa jelasnya. Karena saya juga masih meraba-raba menulis konten bermanfaat di blog personal.

Hanya saja jika disimpulkan dari beberapa artikel yang saya baca, juga saat melakukan blogwalking di beberapa blog teman, dan pernah ikut kelas SEO, kriteria konten berkualitas kurang lebih seperti ini: 
  • Konten atau artikel yang memecahkan masalah dari pengunjung blog
  • Konten lebih menonjol dari konten yang serupa
  • Disimak atau dibaca dalam waktu yang panjang oleh pengunjung
  • Membangkitkan perasaan kagum, terhibur,bahagia, dll
  • Artikel ringan tapi berbobot dengan dukungan sumber data valid
  • Konten positif yang bermanfaat bagi pengunjung

Dari beberapa kriteria konten berkualitas di atas jika diterapkan oleh Anda, percayalah, meski Anda blogger pemula akan sangat mudah mendatangkan visitor pada blog sebagai pengunjung setia yang selalu menunggu update konten menarik dari blog Anda

6. Promosikan Blog Anda 



tips ngeblog bagi pemula
Sumber gambar : www.indonesiana.id


Karena merasa menjadi pemula, lantas Anda akan malu mempromosikan tulisan pada khalayak umum?

Jangan demikian, ya. Sekalipun pemula tetapi konten yang Anda tulis bermanfaat, kenapa tidak dibagikan saja? Karena Anda tidak pernah tahu, pembaca yang mana yang akan berjodoh dengan tulisan yang Anda tulis, bukan?

Jangan bingung mau dipromosikan di mana, karena saat ini sudah banyak media sosial yang bisa menampung tulisan Anda. Misal, facebook, Instagram, twitter, dan media sosial lainnya yang mengundang banyak interaksi.

7. Ubah Blog Gratisan Menjadi Blog Top Level Domain



tips ngeblog bagi pemula

Sumber gambar : pinterest. com


Cara ngeblog bagi pemula agar blog terlihat profesional adalah dengan mengubah blog gratisan menjadi blog berdomain atau kerennya sudah TLD. Apa itu TLD? 

TLD atau top level domain adalah segmen terakhir dari nama domain. Atau bisa juga disebut akhiran dari sebuah domain. Contonhnya domain malicaahmad.com. malicaahmad adalah nama domain, sementara (.com) adalah top level domain. Lebih tercerahkan?

Adapun tentang TLD itu banyak sekali jenisnya, antara lain .co.id, .id, .net, .go.id, .ac.id dan lainnya, yang mana dalam menentukan nama domain TLD ini bisa dipilih sesuai dengan fungsinya masing-masing.


8. Baca, Lalu Praktikkan



tips ngeblog lewat hp

Sumber gambar : unsplash.com


Sebagai seorang pemula, biasanya sebelum terjun akan mencari tahu lebih banyak  informasi tentang ngeblog. Nggak ada yang salah. Yang perlu diperhatikan adalah, sebaiknya setelah membaca banyak informasi, maka harusnya langsung praktik. Jadi jangan sampai kebalik, banyak baca soal ngeblog. eh, praktiknya NIHIL. Sayang sekali, bukan?

9. Hindari Mengukur Statistik Terlalu Dini



tips ngeblog untuk pemula
Sumber gambar : inBlogspot.com

Blogger pemula ingin ramai pengunjung? Boleh!

Tapi ingat, jangan sampai gara-gara ingin ramai pengunjung, hampir setiap hari Anda terobsesi dengan mengecek angka statistik. Terkadang perihal statistic ini bisa menjadi penyemangat, tetapi bisa juga merugikan. Bagaimana tidak, secara tidak sadar waktu Anda akan terbuang dengan mengecek statistic blog berkali-kali.

Padahal jika dihitung selama 5 menit saja Anda nongkrongin statistik. Saat itu Anda sudah bisa menghasilkan setidaknya tiga paragraf tulisan untuk blog. Hehehe

10. Menulislah Sesering Mungkin



tips ngeblog dapat duit

Sumber gambar : unsplash.com

Sebagai blogger pemula, cara ngeblog paling asyik bisa dimulai dengan menulis sesering mungkin. Selain bisa melemaskan jari, mengasah otak, juga bagus untuk statistik blog Anda.

Usahakan dalam seminggu minimal menerbitkan satu atau dua artikel di blog. Lakukan secara konsisten. Tapi apabila Anda bisa menerbitkan tulisan setiap hari, why not? Justru cara inilah paling efektif menjadikan Anda sebagai blogger sukses di kemudian hari.

11. Terimalah Kritikan Dari Tulisan Anda 



tips ngeblog bagi pemula
Sumber gambar : Grid.id

Anda tidak bisa memaksa semua orang menyukai tulisan Anda. untuk itu, menerima kritikan dari pembaca maupun blogger senior, lalu memperbaikinya bisa membuat Anda terus berkembang.

12. Berjejaring dengan Komunitas Blogger



tips ngeblog bagi pemula

Sumber gambar : Nananggunawan.com

Pada prinsipnya, menjadi blogger tidak boleh malu bertanya apalagi malu bergaul. Karena dunia blogging ini adalah dunia yang sangat luas. Siapapun bisa menjadi blogger sukses, bahkan profesional.

Syaratnya, berjejaringlah.

Bangun networking dengan banyak blogger. Salah satu caranya adalah dengan bergabung bersama komunitas blogger.

Bingung komunitas blogger yang mana saja? tak usah bingung. silakan Anda searching di facebook blogger nanti akan menemukan banyak komunitas dengan berbagai jenis sesuai yang Anda butuhkan. 

13. Buntu Ide? Maka Temukanlah Ide



tips konsisten ngeblog
Sumber gambar : Pinterest.com


Istilah buntu ide ini sebenarnya tidak seharusnya ada dalam kamus seorang penulis maupun blogger. Karena faktanya, keadaaan di sekitar banyak yang bisa dituliskan.

Contoh, Anda adalah ibu rumah tangga yang memiliki anak suka tatrum saat diajak ke mall. Menariknya, karena Anda suka membaca buku parenting, maka Anda bisa dengan mudah mengatasi anak tatrum tersebut. Nah, kenapa Anda tidak membagikannya dalam tulisan blog? Mudah bukan?

Inilah cara mudah menginspirasi orang lain dari tulisan Anda.

14. Belajar dari Para Master Blogger yang Sudah Senior




tips ngeblog untuk pemula
Sumber gambar : pinterest.com


Ingat, saya meminta untuk belajar pada para blogger senior, bukan meniru lho ya. Takutnya dengan meniru gaya blogger lain, justru akan mematikan ciri khas pribadi Anda. Dan sebaiknya, belajar dari blogger senior ini tidak hanya mendengar apa yang mereka katakan, tetapi langsung mempraktikkan.


15. Jadilah Keren Sesuai Kemampuan



Sumber gambar : dublinsouthcitypartnership. ie

Tidak dimungkiri bahwa blogger pemula memiliki antusias yang tinggi untuk naik kelas. Tapi ingat, untuk naik kelas ini lakukan dengan kemampuan yang dimiliki. Jangan asal ikut sana-sini yang mengakibatkan Anda kehilangan arah. Intinya, jadilah keren sesuai kemampuan jika Anda ingin menjadi blogger pemula yang sukses. Selain itu, carilah keunikan dalam diri Anda yang bisa dijadikan sesuatu yang luar biasa.

16. Optimasi SEO 



tips sukses ngeblog
Sumber gambar : pinterest. com



Setelah melakukan beberapa hal receh tentang tips ngeblog buat pemula agar menjadi blogger sukses, tidak ada salahnya sambil berproses Anda belajar mengenal apa itu optimasi SEO.

SEO atau search engine optimization merupakan sebuah teknik yang dilakukan beberapa blogger agar konten-konten yang ditulis dalam blog mampu bersaing di halaman pertama pencarian google. Apakah mudah?

Bisa dibilang, untuk optimasi SEO ini tidak mudah karena membutuhkan proses yang tidak sebentar. Karena membuat konten nongkrong cantik rangking 1 di goggle butuh kerja keras dan kesabaran. Butuh berkali-kali trial dan error yang mungkin butuh berbulan-bulan baru berhasil. Namun tak perlu khawatir, sekarang mudah saja belajar SEO pada ahlinya karena pakar SEO banyak yang bersedia untuk terjun ke lapangan membagikan ilmunya. Hehehe

17. Monetisasi Blog 



tips ngeblog dapat duit
Sumber gambar : freepik. com



Tips terakhir agar menjadi blogger pemula yang profesional dan sukses, Anda bisa memulainya dengan monetisasi blog. Di kalangan para blogger, monetisasi blog dengan cara memanfaatkan google AdSense masih sangat popular. Tahu kenapa?

Selain sebagai salah satu mesin pencari terbesar di dunia, hingga saat ini Google AdSense masih bertengger sebagai platform yang membayar lebih tinggi. Hanya saja perlu diingat, proses mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari program periklanan ini juga membutuhkan kesabaran dan proses yang cukup panjang.

Itulah kenapa, pemilihan topik blog itu penting. Blog yang memiliki topic unik dan banyak dicari orang bisa dirawat dengan sangat baik agar mendulang trafik tinggi yang nantinya berpengaruh pada penghasilan google AdSense.

Gimana? Perjuangan menjadi seorang blogger dari pemula menuju ke profesional cukup panjang bukan?

Namun Anda jangan cepat menyerah. Jika tips ngeblog buat blogger pemula di atas satu per satu dipraktikkan secara konsisten, bukan hal yang tidak mungkin jika Anda bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari rumah. Selain itu, bisa berkumpul dengan blogger senior bukan lagi menjadi impian saja. Semangat!


SAAT PRIBADI AMBIVERT MEMUTUSKAN SOLO TRAVELING, KIRA-KIRA APA YA YANG BIKIN PERJALANAN SERU DAN ASYIK?

Rabu, 29 Januari 2020
solo traveling ke semarang


Ada yang bilang Solo traveling itu nggak seru dan menyedihkan. Bahkan bisa dibilang membosankan, sebab tak ada teman jalan. Setuju atau tidak? 

Sebagai perempuan yang memiliki tipe kepribadian ambivert, baik Solo traveling maupun rame-rame. Bagi saya tak ada perbedaan yang mencolok. Karena seorang ambivert itu istimewa. Kadangkala ia bisa menjadi seorang introvert, di lain waktu ia juga bisa menjadi ekstrovert. Jadi, Solo traveling tidak menjadi masalah besar baginya.  

Apalagi berbicara soal keseruan dan keasyikan saat traveling, tentu saja tidak bisa disamaratakan. Sebab setiap orang memiliki tujuan traveling yang berbeda-beda. 

Menurut si A, tujuan traveling hanya sekadar bersenang-senang setelah lama terikat dengan kesibukan yang tak ada hentinya. Bahkan cenderung menjenuhkan. Sementara si B berpendapat bahwa tujuan dari traveling bukan sekadar bersenang-senang belaka. Ada sesuatu yang lebih bermakna, yaitu traveling untuk melatih dan menantang diri agar siap menghadapi halangan serta rintangan dalam perjalanan.

Demikian juga saya berpendapat traveling bisa dijadikan ajang silaturahmi dengan orang baru, mencari pengalaman baru, serta sebagai sarana perenungan diri. Intinya sih, judulnya traveling itu harus happy jadi sebisa mungkin menciptakan suasana yang membuat diri Anda senang dan bebas tanpa beban. Setuju?

Dan sejujurnya, saya pun baru pertama kali melakukan Solo traveling ke Solo saat mengikuti acara festival BEKRAF tahun 2019 lalu. Dengan modal nekad serta mengucap bismillah, saya beranikan diri untuk berangkat sendiri ke Solo menggunakan transportasi bus kota patas Surabaya-Solo.

Lantas, apa sih yang menarik dari solo traveling itu? 

  1. Perjalanan Sendiri Mengasah Empati


solo traveling adalah
Sumber gambar : unsplash.com

Kebetulan saya duduk di bangku depan baris kedua. Kenapa memilih di depan?

Saya termasuk perempuan tipe visual. Jadi dengan mengamati rute jalan lewat kaca bus, biasanya saya lebih mudah mengingat. Ketika suatu hari nanti saya harus berkunjung kembali ke Solo, kemungkinan tidak mengalami kebingungan lagi.

Nah, teman duduk saya seorang bapak tua yang usianya kurang lebih di atas 60 tahun. Hebatnya, bapak tersebut duduk sendirian, lho. Beliau membawa setundun pisang, beras 15 kilo, dan buah srikaya untuk dijadikan oleh-oleh buat keluarga di Ngawi. Duh, saya bayangin bagaimana cara beliau membawa barang-barang tersebut. Sementara tubuhnya kurus dan tua. 

Jujur, saya sangat bersimpati saat mulai mencoba percakapan  dengan beliau. Bapak itu asli Ngawi. Sementara di Surabaya, dia mencari nafkah untuk keluarga. Dan ketika saya bertanya, beliau memiliki anak berapa. Ternyata anak bapak itu sudah besar. Bahkan sudah berumah tangga dan tinggal di Madura. Duh, pengen mewek dong saya. setua itu beliau masih bekerja?

Inilah hikmah dari sebuah perjalanan. Di mana kita tidak sekadar jalan dan bersenang-senang, tetapi kita juga bisa mengambil setiap pelajaran dari kisah seseorang. Sehingga akan membuat kita senantiasa bersyukur, bahwa masih banyak orang yang tidak seberuntung kita hidupnya.

2. Menikmati Interaksi Saat Bertemu Orang Baru


solo traveling ke malang
Sumber gambar : unsplash.com

Karena saya baru pertama kali melakukan perjalanan ke Solo. Alhasil, saya banyak berinteraksi dengan beberapa orang di dalam bus, termasuk pak kernet. Saya banyak mengajukan pertanyaan pada Bapak Kernet perihal jalan serta jam berapa kita akan tiba di Solo. Untungnya Bapak kernetnya baik banget. Jadi sebanyak apa pun pertanyaan yang saya ajukan, beliau selalu memberikan jawaban.

Tak hanya dengan Pak Kernet saya bisa berinteraksi sangat lancar. Saya juga sempat mengobrol dengan salah satu dosen di bangku sebelah. Dia bilang hendak sambang ke ibunya di Solo juga. Kami sempat bertukar cerita perihal pendidikan, menulis, serta perjuangan beliau sampai menjadi dosen di Surabaya.

Nah, di sini jiwa introvert saya lebih dominan. Terbukti obrolan semakin menarik karena topik yang saya bicarakan dengan dosen tersebut sangat nyambung. Sehingga saya betah bercerita apa saja walaupun kami baru saja bertemu beberapa jam yang lalu.


3. Ajang Penemuan Siapa Diri Kita 


solo traveling ke bali
Sumber gambar : https://www.instagram.com/endoputra

Tidak dimungkiri, masalah demi masalah yang datang dalam hidup kerap menjadi beban pikiran dan keruwetan hidup. Parahnya, ada tuh sampai pada level stres dan depresi.

Dengan sejenak melakukan solo traveling, saya bisa bernapas bebas. Tak hanya itu, saya juga mencoba bermuhasabah dan intropeksi.

Perjalanan sendiri juga membuat saya kembali bersemangat menjalani tujuan hidup. Saya seolah diingatkan tentang siapa diri saya sebenarnya, apa tugas saya di dunia, kenapa saya harus bertahan setelah beberapa tahun lalu pernah terpuruk, dan tentang tujuan yang harus diprioritaskan.

Pokoknya, kamu bakalan menemukan jati dirimu saat Solo traveling. Nggak percaya? Coba saja dulu. 

4. Memulihkan Kewarasan


solo traveling ke karimun jawa
Sumber gambar: Shutterstock

Di kejar deadline pekerjaan kadangkala seru. Tetapi ada masanya saya merasa jenuh. Sehingga tanpa disengaja kewarasan pun terganggu. Nah, dengan melakukan solo traveling, semua yang menjadikan jiwa saya tidak waras perlahan memudar.

Solo traveling mengubah mood yang tadinya negatif menjadi positif. Saya pun bisa tersenyum lepas di sepanjang perjalanan yang menghabiskan waktu kurang lebih 6 jam. Tak hanya itu, solo traveling membuat jiwa saya sehat kembali. Seru, kan?

5. Meliarkan Imajinasi 


solo traveling quotes
Sumber gambar :Shutterstock

Percaya atau tidak, pengalaman solo traveling mampu meliarkan imajinasi seorang penulis. Di perjalanan, kok ya masih sempatnya saya berpikir beberapa ide yang akan ditulis di blog sepulang dari Solo. Nah, agar idenya tidak menguap dan hilang begitu saja, saya pun mencoba corat-coret di noted smartphone. Tak butuh waktu lama kok. Cukup 15 menit saja, ide kreatif yang muncul dadakan  itu sudah siap diracik menjadi tulisan berkualitas. Kapan eksekusinya? Nanti dong! hahaha


6. Memandang Dunia Lebih Luas


solo traveling ke bandung
Sumber gambar : Shutterstock

Berbekal ransel di punggung dan muka kucel, perjalanan yang menghabiskan waktu hampir 6 jam itu pun berakhir.

Turun di terminal Tirtonadi Solo seorang diri. Lalu, saya berjalan menelusuri lorong terminal yang cukup sepi. Saya sempat bertanya ke sana-sini di mana toilet. Sebab selain istirahat sejenak, saya juga membersihkan diri. Tak lama, saya pun memesan grab online agar segera sampai di lokasi festival BEKRAF.

Sepanjang perjalanan, saya merenungi bahwasanya yang saya lakukan kurang lebih selama 6 jam itu bukan sekadar perjalanan. Tetapi saya jadi tahu, seperti apa kota Solo, bagaimana masyarakatnya ketika malam hari, bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan orang baru, serta banyak pengetahuan yang belum saya ketahui.

Sejak saat itu, saya meyakini jika dengan traveling, kita bisa menjadi pribadi yang kaya wawasan serta mampu memandang dunia lebih luas lagi.

7. Berani Menghadapi Tantangan


solo traveling abroad
Sumber gambar : Shutterstock

Saat di bus, beberapa teman online tak henti-hentinya menanyakan kabar. Sudah sampai di mana?  Nanti datang jam berapa ke Solo Eh, yakin berani sendiri? Nggak takut nyasar?

Yes. Mereka amat peduli dengan saya. Tapi tahukah, dengan perhatian mereka itu justru saya semakin tertantang untuk berani mandiri. Saya harus berani keluar dari zona nyaman yang melenakan. Hahaha

Jadi,  traveling solo itu memang menegangkan. Tetapi juga mengasyikkan jika kita bisa menikmati momen setiap perjalanan, ya.

8. Menjadi Pribadi Yang Lebih Bebas dan Ceria


solo traveling australia
Sumber gambar : Shutterstock

Sahabat Malica, bukankah tujuan dari traveling adalah untuk bersenang-senang sejenak?

Jadi, manfaatkanlah momen indah tersebut. Yakin deh, Solo traveling ini bakal bikin kamu merasa bebas. Kamu bisa melakukan apa saja sesuai keinginan. Tak ada tuh aturan ini dan itu. hehehe  selfie narsis pun sangat diperbolehkan kok.

Nah, selain kebebasan yang didapatkan saat Solo Traveling, jangan lupa bahwa sepulang dari traveling nanti akan ada banyak perubahan dalam dirimu. Nggak percaya?

Menurut saya pribadi nih, saya tuh seorang perempuan yang menyenangkan saat bergaul dengan teman. (Ngaca depan cermin nih. Hahahaha) yah, meski sesekali tampak Ndeso sih.

Nah, bertambah menyenangkan lagi saat saya merasakan dampak dari solo traveling. Apakah itu? hari-hari saya semakin ceria. Saya juga menjadi pribadi yang lebih ceria dan lebih bersyukur atas karunia yang didapatkan selama ini.

Banyak hal yang akan Anda temukan saat melakukan perjalanan solo traveling. Termasuk tentang sesuatu yang mungkin tidak sesuai rencana, seperti tersesat, ketinggalan kereta, bus, atau bahkan kehilangan barang. Namun, justru di sinilah keseruan melakukan traveling.

Secara tidak langsung kamu dituntut menjadi pribadi yang berani menghadapi tantangan. Di samping itu, kamu akan menjadi seseorang yang lebih dewasa, lebih sabar, serta lebih berhati-hati dalam segala hal. menyenangkan sekali, bukan?

Kuy, traveling bareng saya. Enaknya ke mana ya?