Woman's Story

Serba-serbi kehidupan di mata Malica

5 ZODIAC YANG OVER PROTECTIVE

Kamis, 12 Desember 2019

Setiap pasangan memiliki cara yang berbeda-beda untuk melindungi pasangannya. Ada yang menanyakan sosial media, selalu meminta share location, atau mungkin ada yang lebih terbilang cuek kepada pasangannya. 

Kaum adam zodiak Virgo adalah salah satunya yang terbilang protektif terhadap pasangannya. Memang melindungi pasangan adalah sikap yang tidak salah, tapi jika memang terlalu berlebihan, terkadang membuat pasangannya menjadi gerah.

Ada 5 zodiac yang masuk di ranking teratas sebagai zodiac yang memiliki tingkat protektif sangat tinggi. Menurutmu siapa saja mereka? Yuk, coba cek di bawah ini!

1. Scorpio (23 Oktober-21 November)

Sumber Foto : pinterest.com

Zodiak terprotektif pertama adalah Scorpio yang memiliki watak keras, begitu pula terhadap pasangan mereka. Mereka adalah sosok yang to the point dan kerap melarang banyak hal untuk melindungi pasangannya. Namun, kadang itu membuat pasangannya merasa terbatasi gerak – geriknya dan bisa jadi menganggapnya terlalu dikendalikan. Jika perasaan ingin melindungimu semakin berlebihan, tidak menutup kemungkinan pasanganmu menyerah dengan sikapmu. Ya, kan. 


2. Taurus (20 April-20 Mei)


Sumber Foto : pinterest.com

Di ranking kedua adalah pria dengan zodiac Taurus yang juga terbilang protektif terhadap pasangannya. Mereka kerapkali melakukan perlindungan secara berlebihan kepada pasangannya dan membuat pasangannya merasa tidak nyaman. Di satu sisi, kadang mereka secara tidak sadar menghakimi pasangannya untuk memastikan keadaannya. Sebenarnya, tujuan para pria Taurus adalah untuk menjaga privasi dan keamanan pasangannya saja.

3. Cancer (21 Juni- 22 Juli)


Sumber Foto : pinterest.com

Pria Cancer tidak akan mau jika orang lain yang tidak dikenalnya mendekati pasangannya. Mereka takut terjadi suatu hal yang tidak diinginkan dan cenderung melakukan penjagaan ketat. Mereka bisa jadi sangat cerewet untuk untuk memastikan siapa saja yang ada di lingkaran pasangannya. Kadang, ini membuat pasangannya menjadi tidak nyaman dan jika tidak diteruskan, bisa jadi membuat pasangannya ingin mengakhiri hubungan.

4. Libra (23 September- 22 Oktober)


sumber foto: pinterest.com

Para pria Libra adalah sosok yang sopan dan santun dalam menjalin hubungan dengan pasangannya. Libra paham bahwa tidak semua orang di luar linkungannya adalah orang yang baik. Mereka tidak mau hal buruk terjadi pada pasangannya. Itu kenapa, mereka sangat melindungi pasangan atau teman terdekatnya dari hal yang tidak diinginkan. Walaupun, perhatian itu seringkali disalahartikan oleh pasangannya dan membuatnya gerah. 

5. Virgo (23 Agustus-22 September)


Sumber foto: pinterest.com

Peringkat terakhir adalah zodiac Virgo yang menganggap bahwa menjaga pasangan adalah suatu hal yang tidak bisa diabaikan. Mereka selalu mencoba memastikan pasangannya dalam keadaan baik – baik saja untuk menunjukkan rasa cintanya. Sayangnya, Virgo kadang melakukan caranya dengan cara yang kurang tepat dan membuat pasangannya salah tangkap. Jika ini masih terlalu berlebihan, tidak menutup kemungkinan akan sering terjadi salah paham di antara pasangan ini.

Jadi, bagaimana, masih ingin bersama dengan mereka yang memiliki 5 zodiac di atas?

Boleh jadi memiliki pasangan seperti itu sangat menyenangkan jika dapat saling bernegosiasi antar pasangan, Begitu, jadi jangan lupa untuk saling menjaga komunikasi dengan pasangan, ya.

Nah,untuk lebih lengkapnya soal zodiak dan seputar pasangan, kamu bisa cek aja di sini https://www.cekaja.com/info/karakter-zodiak-virgo/

WASPADAI ANTIBIOTIK BUKAN OBAT DEWA, KENALI DENGAN BIJAK, YUK!

Sabtu, 07 Desember 2019


"Antibiotik itu bukan obat dewa. Dikit-dikit anak flu atau demam, langsung deh dikasih antibiotik. Padahal. Demam dan flu bisa disembuhkan hanya dengan konsumsi makanan bergizi dan istrirahat yang cukup."

Begitulah prolog yang dibuka oleh para dokter muda ahli kesehatan anak saat memainkan peran dalam drama komedi yang bertajuk "Antibiotik bukan obat dewa." Drama yang cukup berkesan dengan para pemain yang kocak tetapi bisa memberikan pesan moral yang jelas pada audiens.

Tampilan drama tentang bijak dalam penggunaan antibiotik yang diperankan oleh ahli kesehatan anak

Dewasa ini, antibiotik memang kerap dianggap obat dewa oleh kalangan masyarakat. Apa pun sakitnya, solusi pengobatan adalah antibiotik. 

Padahal sejatinya tidak semua penyakit membutuhkan antibiotik untuk sembuh. Dengan istirahat cukup, pola makan sehat, serta selalu berpikir positif, penyakit yang diderita seseorang bisa juga sembuh. Dan perlu diketahui, antibiotik hanya dibutuhkan oleh penderita yang penyakitnya disebabkan oleh bakteri jahat. Sementara penyakit yang disebabkan oleh virus seperti pilek, batuk, dan demam pengobatannya tidak membutuhkan antibiotik sama sekali. 

Dr. Joni Wahyuhadi, dr. SpBS K. selaku Direktur utama RSUD Dr.Soetomo pada saat sambutan juga menyampaikan, bahwa masyarakat kita sudah salah kaprah dalam penggunaan antibiotik. Di mana dampak dari penggunaan yang kurang tepat ini, justru menjadi masalah terbesar dalam kesehatan, yang mana bakteri bisa jadi kebal terhadap antibiotik atau disebut juga bakteri resisten. 

Dr. Joni Wahyuhadi, dr. SpBS K. memberikan sambutan tentang penting dan bahayanya Antibiotik 

APA ITU ANTIBIOTIK? 

Antibiotik adalah obat atau bahan kimia yang dapat mematikan atau menghambat bakteri. Bentuk dari antibiotik ini bisa berupa kapsul, kaplet, tablet, sirup, supposituria, dan injeksi. Antibiotik pada umumnya dihasilkan dari sumber alam. 

Pada tahun 1928, saat pertama kali antibiotik ditemukan oleh Alexander Fleming, kemudian diteliti dan mulai diproduksi pada tahun 1940-an. Banyak ditemukan jenis antibiotik. Akan tetapi pada tahun 1980, ternyata tidak adanya penemuan antibiotik baru. 

Hal ini disebabkan oleh biaya penelitian mahal, sementara waktu produksi dan pemasarannya hanya dalam waktu singkat sehingga antibiotik mengalami resistensi atau tidak dapat mematikan bakteri.

Pernyataan di atas diperkuat oleh Dominicus Husada,dr. SpAK, Narasumber kedua dalam acara Pekan Kewaspadaan Antibiotik Dunia, Saat ini abtibiotik dalam bahaya. Era semakin maju, akan tetapi sudah hampir 30 tahun lebih tidak ada persediaan antibiotika yang benar-benar baru. 


Jadi, terjawab sudah kebingungan tentang antibiotik yang dari tahun ke tahun tetap sama, ya. Lantas, sebenarnya kapan kita membutuhkan mengonsumsi antibiotik? Apakah ada efek samping jika  mengonsumsinya berlebihan?

MENGAPA PERLU MENGONSUMSI ANTIBIOTIK? ADAKAH DAMPAK BAHAYANYA? 


Sebelum seminar dibuka, Ibu Mariatul Qibtiyah Ssi,SpFRS, Apt selaku pemandu acara menayangkan sebuah video yang cukup membuat para audiens yang hadir berpikir keras. Video sederhana tentang penting dan tidaknya antibiotik dikonsumsi oleh tubuh. 


Bahwasanya, antibiotik menjadi penting dikonsumsi apabila kekebalan tubuh tidak mampu melawan bakteri. Tugas dari antibiotik adalah mematikan bakteri patogen dalam jumlah banyak tersebut.

Namun Anda juga perlu tahu, Antibiotik memang berguna untuk proses penyembuhan. Asal digunakan sesuai porsinya dan sesuai anjuran dari dokter. Yang menjadikan antibiotik berbahaya adalah karena hal berikut : Pemakaian yang tidak sesuai, tidak ada indikasi, terlalu lama, terlalu banyak, atau terlalu sedikit akan menyebabkan bakteri menjadi resisten atau kebal. 

Nah, dari tadi saya membicarakan bakteri, bakteri resisten, juga virus. Namun saya terlupa, jika tidak semua paham apa fungsi dan bahayanya dari ketiga istilah tersebut. 

APA BEDA BAKTERI DAN VIRUS? 


Bakteri adalah makhluk hidup terkecil bersel tunggal, berukuran 0,5-5 mikron sampai 100 kali lebih besar daripada virus. Memiliki kemampuan berkembang biak dengan sangat cepat (setiap 20-60 menit). Habitat dan tempat hidup ada di mana-mana, seperti di tanah, air, udara, hewan, tanaman, atau manusia. 

Sebagai tambahan ilmu pengetahuan, ternyata dalam tubuh manusia ditinggali 90 triliun bakteri, termasuk bakteri baik (Normal flora) maupun bakteri jahat. Di mana keduanya memiliki manfaat masing-masing.

Sumber foto : SocialTextJurnal.com

Bakteri Baik bermanfaat untuk:
  • Membantu Mencerna makanan dalam usus
  • Memproduksi komponen vitamin B dan K 
  • Stimulasi dan meningkatkan kekebalan tubuh
  • Meghambat perkembangan bakteri jahat

Bakteri Jahat bersifat merugikan yang lebih banyak didapatkan dari luar tubuh dan mengakibatkan infeksi sehingga memicu timbulnya penyakit. Beberapa jenis bakteri jahat, antara lain: E.coli, Staphylcoccus SP, Streptococcus sp, Klebsiella pneumonia, Pseudomonas sp, Acinetobacter sp, Bacteriodes sp. 

Darimana bakteri jahat berasal? 
  • Melalui air yang terkontaminasi
  • Melalui makanan
  • Kontak seksual yang dapat menyebarkan bakteri sipilis,gonore, dan klamidia
  • Melakukan kontak langsung dengan binatang
  • Dll.

Setelah memahami tentang bakteri, saatnya Anda juga tahu sebenarnya apa itu virus?


Virus merupakan mikroorganisme yang tidak dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop biasa, berukuran 20-400 nanometer. Jika dibandingkan dengan bakteri, maka virus diumpamakan sebesar bola sepak dan bakteri sebesar bus kota. Sama halnya dengan bakteri, virus juga bisa menguntungkan dan merugikan.

Disebut virus menguntungkan karena virus masuk ke dalam tubuh manusia tidak memberikan pengaruh efek samping dan merugikan. Virus akan berperan dalam pelemahan bakteri, melawan racun (sebagai antioksidan),membuat vaksin, serta manfaat lain dalam dunia kedokteran.

Sumber foto: Dictio community

Sementara virus yang merugikan tersebut akan memberikan dampak kerusakan pada organ tubuh manusia serta mengakibatkan fatal bagi kesehatan manusia. Dalam hal ini diambil contoh virus yang mengakibatkan penyakit kronis, yaitu hepatitis B, kanker hati, dan HIV yang cenderung merusak kekebalan tubuh manusia.

MENGENAL BAKTERI RESISTEN 


Saat ini seluruh negara mengkawatirkan peningkatan munculnya bakteri resisten, dengan dampak meningkatnya morbiditas dan mortalitas. WHO 2013 melaporkan 700.000 kematian akibat komplikasi bakteri resisten pertahun. Dan diperkirakan pada 2050, angka kematian mampu mencapai 10.000.000 akibat bakteri resisten, dan 8.200.000 akibat kanker.

Sementara biaya yang dibutuhkan untuk mengatasi bakteri resisten sendiri pada kisaran USD 100 Triliun. Melihat pernyataan ini, rasanya bakteri resisten akan menjadi ancaman kesehatan terbesar masa kini.

Lantas, apa sih Bakteri Resisten itu?


Sumber foto: Sindonews.com

Bakteri resisten adalah bakteri yang muncul akibat perubahan mutasi genetic. Terjadi secara natural dan menjadikan tubuh kebal terhadap antibiotik. Hal ini disebabkan akibat penggunaan antibiotik yang tidak tepat.

Contoh sederhana, Anda menggunakan antibiotik saat sebenarnya tidak butuh untuk mengonsumsinya. Seperti ketika Anda terserang flu biasa atau terkena infeksi virus. Tetapi justru Anda menggunakannya tanpa melalui resep dokter pula.

Jika dibiarkan saja, tidak menutup kemungkinan bakteri resisten ini akan menjadi ancaman besar terhadap kesehatan manusia. Bahkan, risiko dari bakteri resisten ini akan memunculkan bakteri lain yang lebih berbahaya, yaitu multi resisten atau pan resisten atau sering disebut Super bugs, yang mana tidak bisa dimatikan oleh semua jenis antibiotik.

Jadi, penyebab dari menyebarnya bakteri resisten yang mengancam ini, sebenarnya pada diri masing-masing. Ibaratnya Anda membiarkan kran air mengalir terus tanpa digunakan. Begitu juga dengan penggunaan antibiotik berlebihan yang sebenarnya tidaklah penting untuk tubuh. Jika dianalogikan begini: makin sering makan antibiotik, maka semakin banyak bakteri resisten. Dan pastinya turut mempercepat proses resitensi antibiotik, ya.

Bahayanya lagi, bakteri yang sudah terlanjur kebal pada antibiotik akan menimbulkan potensi berikut :

  • Memperbesar risiko komplikasi Bakteri
  • Biaya pengobatan akan semakin mahal
  • Menghambat pengendalian penyakit menular 
  • Menghambat proses tindakan medis pada masyarakat 
Untuk pencegahan supaya terhindar dari resistensi antibiotik adalah dengan mencegah infeksi itu sendiri. Hal ini bisa dilakukan sesuai pemaparan dari  Dominicus Husada,dr. SpA (K) berikut ini: 

  • Pola hidup sehat
  • Hindari orang sakit 
  • Upayakan jangan sakit (Tidak sakit, tidak perlu minum obat)
  • Imunisasi
Jadi, semisal masih ada ibu-ibu mengatakan,"Anak saya batuk pileknya nggak sembuh kalau nggak diberi amoksilin."

Maka yang perlu diobati adalah pikiran ibunya, ya. So, Mari kita lebih bijak menggunakan antibiotik!

BAGAIMANA AGAR KITA TERHINDAR DARI INFEKSI? 

Seminar yang mengusung tema Masa depan Antibiotik seluruhnya ada pada tangan kita ini bisa saya bilang lebih dari kata Menarik.

Undangan blogger Lamongan

Bagaimana tidak, saya standby di lokasi sejak pukul 08.00 WIB dan seminar berlangsung kurang lebih 4 jam tidak terbesit sama sekali kata bosan. Dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu-ibu fatayat dan muslimat, pelaku kesehatan, juga blogger sangatlah antusias menyimak setiap pemaparan yang diberikan oleh para pemateri.

Hingga waktunya pemateri ketiga, Bapak Arief Bachtiar selaku Dept. Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi RSUD Dr. Soetomo menyampaikan materi tentang Bagaimana agar kita terhindar dari infeksi? tidaklah jauh berbeda antusiasnya. Pembawaannya yang kocak dan rendah hati membuat para penonton menyimak dengan seksama. Seolah-olah ketinggalan materi dari Pak Arief ini pasti bikin nyesek tak terkira.

Arief Bachtiar memaparkan tentang bagaimana terhindar dari Infeksi

"Mengapa orang bisa sakit?" begitu kalimat pembukannya.

Pada dasarnya, tubuh manusia telah dilengkapi dengan sistem kekebalan tubuh, seperti pada kulit, otot, permukaan mukosa mulut, mata, usus, maupun dalam aliran darah. Yang mana secara umum disebut antibodi, berupa kelompok sel darah putih, zat anti bakteri dan virus.

Sistem dalam tubuh pun dibagi menjadi dua, antara lain sistem immunitas innate yang akan mengenali dan mematikan bakteri atau virus. Kedua, sistem immunitas adaptif yang melawan bakteri dan virus yang sudah dikenal oleh tubuh, yang akan membentuk zat antibodi terhadap bakteri dan virus itu sendiri.

Nah, orang bisa sakit apabila bakteri dan virus yang masuk dalam jumlah banyak, sementara imunitas tidak dalam keadaan baik. Sehingga orang bisa saja jatuh sakit.

Selain itu, penyebab paling umum orang sakit adalah dari pikiran. Sebelumnya juga sudah dijelaskan oleh Dr. Joni Wahyuhadi, SpBS (K) bahwa Yang bisa membunuh sel kanker adalah ketahanan tubuh. Dan yang menyebabkan ketahanan tubuh lemah adalah stress dan banyak pikiran. Maka buatlah kondisi nyaman dan senang agar tidak mudah terserang penyakit. 

Jadi kesimpulannya, mencegah penyakit bisa dimulai dengan membuat pikiran tenang. Selain itu, Pak Arief juga menjelaskan ada 4 poin untuk proses pencegahan dengan meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain:

  • Gizi seimbang
  • Olahraga
  • Istirahat cukup
  • Rekreasi
Sementara untuk menghindari infeksi menular, ada beberapa tips dari Pak Arief yang bisa Anda praktikkan.

  • Meminimalisir kontak dengan orang sakit
  • Menggunakan antibiotik dengan bijak
  • Membiasakan cuci tangan secara rutin dengan sabun setelah melakukan aktivitas apa pun
  • Memastikan keadaan rumah tetap bersih dan Ventilasi terpenuhi 
  • Memenuhi jadwal vaksinasi untuk anak

Dan acara seminar pada hari Sabtu, 30 November 2019 ditutup dengan tanya jawab bersama ketiga narasumber, yakni Hari Paraton, dr. SpOGK, Dr. Joni Wahyuhadi, SpBS (K), dan Bapak Arief Bachtiar. Tak lama disusul dengan penampilan-penampilan para dokter muda yang ikut menyemarakkan Pekan Kewaspadaan Antibiotik Dunia.

Penyerahan Doorprize
Foto bersama setelah acara seminar selesai

Hiburan dari Band Sripik, para dokter muda ahli bedah syaraf

Kesimpulan penggunaan antibiotik secara benar dan bijak 


  1. Antibiotik hanya untuk penyakit infeksi yang disebabkan bakteri
  2. Penyakit Infeksi karena virus tidak memerlukan antibiotik
  3. Pembelian antibiotik harus menggunakan resep dokter (Tidak boleh membeli antibiotik tanpa resep dokter)
  4. Tidak mengulang pembelian antibiotik menggunakan copy-resep
  5. Tidak boleh menyimpan antibiotik sisa
  6. Tidak boleh memberikan antibiotik sisa pada orang lain
  7. Tidak menggunakan antibiotik untuk mencegah penyakit. 
Semoga bermanfaat, ya ^_^

PENTINGKAH MEMILIKI ASURANSI KESEHATAN?


Yang namanya sakit, siapa pun tak mampu memprediksi. Baik tua maupun muda, bahkan anak baru lahir pun tidak menutup kemungkinan bisa sakit. 

Inilah alasan kenapa menjaga kesehatan itu penting. Karena penyakit bisa menyerang kapan saja dan di mana saja. Ibaratnya seperti si Jailangkung yang cukup fenomenal dengan jargonnya: datang tak dijemput, pulang tak diantar. Begitulah penyakit. 

Tujuh bulan yang lalu, saya mengalaminya. Lebih tepatnya anak sulung saya yang tiba-tiba saja terserang penyakit serius. Padahal sebelumnya tidak terlihat tanda-tanda berbahaya. 

Hanya saja, nafsu makan dia berkurang. semakin hari tubuhnya malah kurus. Kemudian, dia juga gampang demam. Nah, karena saya termasuk orang tua yang tidak gampang memberikan anak obat saat sakit, alternatifnya konsumsi obat herbal menjadi solusi yang tepat. Dan seperti biasa, setelah beberapa kali sulung minum obat herbal, perlahan kondisinya membaik. 

Namun, siapa yang menyangka, jika kondisinya yang sudah mulai pulih tidak bertahan lama. Justru saya menemukan benjolan kecil di bagian leher. Duh, saya mendadak panik sendiri. Tetapi saya pantang menampakkan kepanikan tersebut di depan anak. Jadi ya, simpan saja sendiri. Hiks


Sumber foto : pinterest.com

Nah, saat rasa khawatir menyeruak pikiran, saya pun memutuskan untuk membawa sulung ke dokter spesialis anak di salah satu rumah sakit Lamongan keesokan harinya. Tetapi sebelum itu, saya mencoba cari tahu dari beberapa teman online yang kebetulan  berprofesi sebagai seorang dokter dan ahli kesehatan. Saya bercerita pada mereka mengenai tanda-tanda yang dialami oleh sulung. Dan kemungkinan sulung terkena TB kelenjar. Namun agar lebih pasti hasilnya, uji lab sangat disarankan.

Esok harinya saya sampai di rumah sakit dan ngobrol banyak dengan dokter anak. Berdasarkan saran dokter, Sulung harus melalui proses pemeriksaan. Dan pemeriksaan pertama adalah tes darah untuk mengetahui penyakit yang diderita oleh Sulung. Setelah menunggu di ruang tunggu lab selama hampir 4 jam, hasil tesnya pun keluar. Dan saya pun disarankan pergi ke kasir untuk melakukan proses pembayaran.

Wah, seketika mata saya melotot kaget. Biaya uji lab ternyata cukup banyak, ya. Sementara saat itu, saya hanya membawa uang pas-pasan. Eh, tapi bukan masalah uang pas-pasan sih. Jika saja saya memiliki asuransi kesehatan, kayaknya biaya berobat yang dikeluarkan tidaklah banyak. Toh, dokter sudah memberitahu jika proses pengobatan sulung ini kemungkinan akan bertahap. Apabila sulung memang benar terjangkit TB kelenjar, artinya dia harus rutin menjalani pengobatan selama 6 bulan.

TENTANG TUBERCULOSIS LIMFADENITIS




Berdasarkan pusat data informasi Kementerian Kesehatan RI, pada tahun 2016 terdapat 8,8 juta  12 juta jiwa yang terjangkit penyakit TBC. Indonesia termasuk negara kelima yang mengalami kasus insiden setelah India, Cina, Filipina, dan Pakistan.

Dari data ini bisa disimpulkan bahwasanya Indonesia belum memiliki pencegahan yang tepat dalam mengatasi penyakit TBC, karena terbukti penyakit TBC yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosiss ini masih merajalela.

Namun, Indonesia tidak akan diam saja memberi tanggapan soal penyakit ini. Dilansir dari artikel tirto.id bahwasannya Menko PMK menyatakan pemerintah Indonesia berharap 2030 berkomitmen menekan dan menghilangkan penyakit Tuberculosis ini sesuai target the sustainable Development Goals (SDGs).

Penyakit TBC atau TB ini merupakan infeksi ganas kedua setelah HIV sebagai penyebab kematian di dunia.

Mengenai tanda-tanda penyakit TBC ini biasanya dimulai dengan gejala berupa batuk yang berlangsung lama, batuk berdahak hingga berdarah, serta terdapat benjolan di leher atau ketiak.

Nah, jika gejalanya batuk, artinya penyakit TBC ini menyerang paru-paru. Tidak hanya pada paru-paru, tetapi juga bisa menyerang tulang, usus, dan kelenjar. Dan penularannya bisa melalui percikan ludah, batuk, bersin, atau napas sang penderita TBC.

Selain gejala berupa batuk, gejala lain bagi penderita TBC adalah demam, lemas, berat badan turun, tidak nafsu makan, nyeri dada, dan berkeringat di malam hari. Oh ya, penyakit TBC akan menyerang seseorang yang kekebalan tubuhnya rendah. Tentunya tidak pandang usia berapapun. Karena TBC bisa menyerang orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak sekalipun.

CARA PENCEGAHAN PENYAKIT TUBERCULOSIS


Selain tes darah, untuk memastikan apakah sulung benar terjangkit TBC kelenjar, maka si sulung harus melakukan tes patologi anatomi pada leher yang terdapat benjolan tersebut.

Dalam prosesnya, sulung ditidurkan dalam sebuah ruangan. Kemudian dokter melakukan pemeriksaan dengan melakukan biopsy eksisi, yakni mengambil sebagian kecil jaringan untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

Duh, sejujurnya saya sedikit ngilu melihat proses pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter. Saya nggak tega melihat leher si sulung ditusuk-tusuk beberapa kali dengan gerakan cepat untuk mendapatkan sample cairan yang nantinya akan dibawa ke laboratorium. Tetapi bagaimana lagi, inilah proses yang harus dilalui guna memastikan apakah benjolan di leher tersebut benar-benar penyakit TBC kelenjar atau tidak. Dan tahu tidak, berapa biaya yang harus dikeluarkan saat tes patologi anatomi?
Hmmm ... tidak sedikit pastinya. Karena sekali tes tersebut, saya harus merogoh biaya sebesar Rp. 450.000. Bagi saya yang berpenghasilan pas-pasan sebagai guru honorer di sekolah taman kanak-kanak, tentu mengeluarkan uang di atas Rp.100.000 sudah tampak begitu besar. Terlebih saya seorang single mom yang harus benar-benar menekan pengaturan keluarga agar tidak membengkak.

Eits, jangan anggap saya ibu yang perhitungan pada anak ya. Saya pribadi tidak mempermasalahkan soal uang itu, sebab yang paling penting sulung bisa sehat kembali. Hanya saja sedikit menyesal, kenapa saya tidak membuat asuransi kesehatan untuk pencegahan yang tepat  sebelumnya?

Kagetnya lagi, ketika saya kembali ke ruangan dokter anak, beliau memberikan resep obat yang harus dikonsumsi si sulung. Nggak tanggung-tanggung, dokter menyampaikan bahwa sulung harus mengonsumsi OAT (Obat Anti Tuberkulosis) guna bermanfaat sebagai pembasmi kuman TBC itu sendiri. OAT ini wajib dikonsumsi selama 6 bulan pertama sebagai proses pencegahan supaya benjolan pada leher mengecil. Tentunya sesuai anjuran dokter, ya.

Selain konsumsi OAT, sulung juga diberikan vitamin penambah nafsu makan. Sebab berdasarkan perintah dokter, proses penyembuhan TBC salah satunya berat badannya bertambah setiap bulannya.

Kebayang, berapa biaya yang dihabiskan selama 6 bulan? Sebenarnya dari rumah sakit sendiri sudah disediakan OAT dari pemerintah. Hanya saja, tingkat pengobatannya berbeda. Dari sinilah saya berpikir jika asuransi kesehatan sangat penting dimiliki sebelum sakit menyerang.

KENAPA MEMILIKI ASURANSI KESEHATAN ITU PENTING? 



Ketika Anda mengatakan kesehatan itu penting, maka memiliki asuransi kesehatan  adalah salah satu cara untuk mencintai dan melindungi keluarga tercinta. Semua orang tentu tidak ingin sakit. Namun saat penyakit itu datang tiba-tiba, siapa yang mampu menolaknya?

Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda mampu mengelola keuangan lebih baik. Sehingga sewaktu-waktu ada anggota keluarga yang sakit atau mengalami kecelakaan. Asuransi kesehatan ini akan membantu Anda dalam mengurangi pengeluaran yang tak terduga.

Dalam hal ini Sequis Life merupakan asuransi kesehatan yang tepat untuk Anda lirik. Karena Sequis Life akan membantu Anda dalam mempersiapkan biaya kesehatan, seperti biaya rawat inap di rumah sakit serta pilihan produk asuransi lainnya.

Kenapa sih harus Sequis Life? 


  1. Perlindungan kesehatan yang melindungi hingga 85 tahun
  2. Memberikan manfaat kematian karena kecelakaan
  3. Memberikan manfaat tambahan kanker dan serangan jantung
  4. Memberikan manfaat rawat inap dengan perawatan minimum 6 jam
  5. Memberikan manfaat biaya perawatan kesehatan sesuai tagihan dan plan yang diambil
  6. Fasilitas cashless di 500 lebih rumah sakit di Indonesia dan Malaysia
  7. Memberikan pelayanan kesehatan di wilayah Asia Tenggara
  8. Bantuan jasa atas perjalanandan pengobatan darurat
Perlu diketahui, selain 8 keunggulan di atas, Seques Life juga termasuk perusahaan Asuransi yang cukup matang. Pt. Sequis Life didirikan sejak tahun 1984 dan bertahan hingga saat ini dengan pelayanan serta program-program asuransi yang luar biasa.

Produk Asuransi Kesehatan  Terbaik
Sequis Life




Istimewanya, Seques Life juga menawarkan asuransi kesehatan khusus untuk wanita. Di mana tawaran kesehatan ini masih sangat jarang ditemui di Indonesia. Seques Life memang perusahaan lokal, namun fakta di lapangan seques life mampu memasarkan sekitar 400 ribuan polis dalam kurun waktu tersebut.

Yuk, sayangi dan lindungi kesehatan keluarga dengan asuransi kesehatan. Info selengkapnya bisa dipelajari di www.sequis.co.id .id ya!  

4 ALASAN MENGAPA MEMILIH LAPTOP HP SPECTRE X360 SEBAGAI ANDALAN

Kamis, 05 Desember 2019


Membeli laptop baru itu sama artinya kita siap berinvestasi jangka panjang.Untuk itu,  memilih laptop yang tepat untuk mendorong kreativitas harus benar-benar diperhatikan. Sebaiknya, pilihlah laptop yang memang dibutuhkan. Selain itu, tak lupa memperhatikan keunggulan dari fitur-fitur yang dimiliki oleh masing-masing merek laptop tersebut. 




Dalam hal ini saya tertarik mengulik laptop HP Spectre  X360 yang baru saja diluncurkan empat hari yang lalu. Tepatnya, Selasa, 3 Desember 2019. Jadi masih anget banget, guys. Dari tampilan design, HP  sangat  menggiurkan. Saya pastikan saat pandangan pertama saja, Anda bakal terpana habis-habisan. 

Tak heran jika HP selalu berinovasi setiap tahunnya. Menurut kabar, perusahaan HP yang bermarkas di Palo Alto, California, Amerika Serikat merupakan salah satu perusahaan teknologi yang getol meluncurkan produk baru dan tentu dengan berbagai inovasi. Wah, sehebat apa sih HP Spectra x360? Kenapa Anda harus memilihnya? Simak ulasan berikut! 


  1. Desain Premium dan Elegan


Warna hitam yang dibalut warna emas di sisi samping membuat desain yang diusung oleh HP Spectre X360 ini tampat begitu elegan.



Saya terkesima pada pandangan pertama saat mengambil foto untuk lomba Flat Lay Style di instagram. Saat saya mencoba mengangkatnya, ultrabooks ini tipis, ramping, desain nyaris bordeless, dengan rasio screen-to-body sebesar 90%. Pokoknya pasti sangat menunjang profesi saya sebagai seorang blogger sekaligus content creator.


Karena rasa penasaran, saya pun mencoba untuk memencet keyboard pada laptop berukuran 13 inc tersebut. Betapa rasa kagum saya tidak bisa berhenti karena HP Spectra X360 ini memang sangat layak jadi andalan. Keyboard terasa renyah saat ditekan, tentu akan sangat membantu aktivitas mengetik yang nyaman.

2. Performa Menawan 

Pantas saja HP Spectre X360 mampu mendobrak pasar konsumen masa kini. Sebab, konsumen saat ini lebih membutuhkan laptop yang eksklusif dan immersive guna mendukung passion yang sedang digeluti.

Hendri Widjaja selaku Indonesia Chef Operating Officer berkata, "Seri HP Spectre terbaru kami memenuhi kebutuhan konsumen muda yang premium dengan menghadirkan desain indah dan bermakna, selagi menetapkan standar baru untuk performa dan keamanan."




Sekadar informasi, HP Spectre X360 merupakan seri spectre yang didesain di beberaoa sector agar mampu bekerja tanpa batas. Terbukti, seri spectre ini performanya meningkat, bahkan sampai dua kali lipat, lho. Menakjubkan sekali, kan?

Didukung oleh processor Quadcore 10th Gen intel core dengan iris plus graphic menjadikan laptop HP Spectre X360 memiliki kecepatan transfer file hingga tiga kali lipat lebih cepat dibandingkan Wifi.

Tak hanya itu saja yang membuat performa HP terobosan baru ini unggul. HP Spectre X360 juga dilengkapi fitur HP Webcam, tombol on/of mikrofon, juga tersedia fitur pemindahan sidik jari pada papan keyboard, lho.

Sementara untuk storage menggunakan SSD NVMe PCle dengan kapasitas 512GB hingga 16 GB. Processor pun tersedia dalam dua pilihan, yaitu 8 GB dan 16 GB. 
Istimewanya lagi, laptop HP yang tidak dikhususkan untuk para gamers. Ternyata setelah diuji coba dengan mendownload salah satu games. Wuih, hasilnya kenceng juga. Nggak perlu laptop gaming lagi, dong. hehehe


3. Penggunaan Baterai 

Salah satu tips memilih laptop berkualitas itu dibuktikan dengan melihat seberapa lama daya tahan baterai bekerja. Dengan HP Spectre, Anda tak perlu khawatir lagi. Masa pakai baterai hingga 22 jam dengan daya tahan terlama di dunia. Anda. Jadi, ketinggalan charger di rumah pun, nggak bakalan tuh bikin Anda badmood. Yang ada justru Anda akan lebih nyaman membawanya ke mana saja. Sangat sempurna sebagai teman jalan, bukan?


4. Mode Display Fleksible 

Ketahuilah, zaman serba canggih seperti saat ini, laptop tidak lagi sebagai benda yang identik berat dan nggak fleksibel dibawa bepergian. Faktanya, HP Spectre tetap mempertahankan Form Factor Convertible atau 2 in 1 di mana laptop dilengkapi angsel layar yang diputar 360 derajat sehingga bisa diubah menyerupai perangkat tablet.


Setelah membaca ulasan keren tentang HP spectre X360 dan alasan kenapa Anda harus memilih laptop bagus ini, kok semakin mupeng saja ingin membawa pulang laptop keren ini, ya. Apalagi fitur canggihnya sungguh menggoda betapa mulusnya aktivitas saya sebagai blogger nanti jika menggunakan laptop ini di rumah.

Anda juga begitukah? Kuy, segera kepoin aja produk HP terobosan terbaru ini, ya. tersedia dalam warna Nightfall Black dengan aksen copper luxe dan natural silver, disertai dengan gem-cut yang menawan dan mesin potong CNC aluminium ya. Jangan sampai menyesal, lho! 

BELAJAR TANGGUH DAN INOVATIF DARI TANGAN KREATIF

Sabtu, 30 November 2019

Sejak memutuskan untuk menjadi seorang single parent, perempuan kelahiran Banyuwangi ini justru semakin tangguh.

Tak banyak yang mengira jika usianya saat ini sudah tidak lagi muda. Tetapi percayalah, ia memiliki semangat membara layaknya generasi muda milenial, lho.

Ia adalah perempuan pembelajar. Ia sangat menyukai tantangan. Lihat saja, sesuatu yang remeh mampu disulapnya menjadi hal berharga, tak lain telah menjadi sumber penghasilannya sehari-hari.

Bukan semata-mata ingin membuktikan pada dunia saja, ia mampu berdiri dengan kakinya sendiri meskipun tanpa pendamping di sisinya. Tetapi lebih dari itu, ia ingin bersuara dengan lantang untuk perempuan di luar sana bahwa seorang single parent tidak selamanya memiliki kehidupan terpuruk. Menjadi ibu tunggal bukanlah aib yang harus ditutup sehingga kita malu untuk terus berkarya.

Dewi Maharani atau lebih akrab dipanggil Demar, yang saat ini sedang menekuni bisnis Win's Aneka Cemilan. Cemilan ringan yang khas terbuat dari bahan dasar singkong. Mulanya Dewi hanya ingin berbisnis keripik dari bahan dasar singkong saja. Tetapi justru dari singkong ini lahirlah ide-ide baru yang tidak biasa.


"Saya itu tipe orang yang nggak mau rugi. Meskipun jualan cuma keripik singkong, tapi saya harus memanfaatkan dengan benar bagaimana Singkong satu biji bisa diolah menjadi berbagai camilan," begitu katanya saat acara sharing di salah satu grup whatsApp online.

Akhirnya, Singkong pun disulap menjadi berbagai olahan lezat yang siap disantap. Selain diolah menjadi keripik, singkong disulap Mbak Dewi menjadi perkedel singkong dan kerupuk singkong. Uniknya lagi, daging singkong bisa diberdayakan menjadi pentol kenyal kesukaan saya, lho.




Duh, beneran ya. Dalam satu batang singkong bisa diolah menjadi berbagai jenis menu. Itu tidak cukup mendapat sebutan kreatif saja. Tetapi super-super kreatif bangeeeet deh.

Selain itu, pemanfaatan singkong dengan tidak membuang kulitnya merupakan salah satu bentuk untuk mengatasi limbah kulit singkong. Sebab selama ini, kulit singkong termasuk dalam kategori sampah organik. Sampah yang dapat terdegradasi (Membusuk atau hancur) secara alami. Dan di tangan kreatif Dewi Maharani, Singkong disulap menjadi aneka camilan lezat, sehat, dan bergizi.

Namun, kalian yang membaca artikel saya ini. Jangan buru-buru kagum dengan sosok Dewi Maharani yang saat ini tinggal di Tenggarong,  Kalimantan Timur. Karena usaha kuliner di atas, hanyalah sebagian saja. Tentu ada lagi dong ya usaha Dewi yang lebih menganggumkan?

Dewi bercerita, selain keripik singkong, ia juga memiliki usaha rajut. Dimana ia menerima aneka pesanan rajut, seperti tas rajut, bros rajut, juga kopiah yang diukir dengan nama pemilik, hanyalah berdasarkan permintaan saja. Jadi, Dewi akan memanfaatkan tangan kreatifnya menjadikan rajutan yang luar biasa sesuai pesanan klien. Silakan intip koleksinya di Fanspage Win's Kait Kuit ya.






Meski demikian, bisnis rajut ini tidak berarti belum menjanjikan untuk Dewi. Mungkin saat ini bisnis rajut dilakoninya hanya berdasarkan hobi, kesukaan, serta demi mencukupi kebutuhan finansial belaka.

Namun, jika suatu hari nanti rajut akan membawanya pada sebuah keberuntungan dengan memiliki sebuah toko kreasi unik dan elegan. Siapa yang tahu? Ini hanya sekadar doa dari saya. Semoga tangan kreatif seperti Dewi ini bisa menggapai mimpinya dari arah mana saja.

Semakin kagum dan terpesona dengan sosok Dewi dengan personality yang pembawaannya pantang menyerah. Karena ternyata baru-baru ini, Ia memperluas jaringan bisnis kulinernya dari berbagai olahan makanan rumahan yang dikemas praktis. Saya rasa tak hanya rasanya saja yang enak. Dari segi pemilihan nama, Dewi sudah bisa memikat para pelanggannya.

Adalah Jago Lombok sebagai nama brand kuliner Dewi yang baru. Terdiri dari berbagai olahan masakan, di antaranya nasi goreng ikan asin yang dicampur lalapan pete. Ada juga mie goreng pedas special, nasi goreng pedas special, nasi goreng pedas ayam granat.




Tak lupa, camilan gorengan yang nyaris digemari banyak orang pun Dewi siap antar ke pelanggannya. Ote-ote yang isi dalamnya adalah ayam tumis. Wow ... membayangkan saja saya sudah ngiler. Apalagi saya beneran datang ke Tengarong sambil menyantap masakan Dewi ditemani dengan kopi panas, dan duduk di depan pantai menikmati deburan ombak sekaligus semilir angin sepoi-sepoi.


Nah, kalian ingin berkenalan dengan Dewi Maharani? Atau sekitar Tenggarong ingin memesan alias delivery order makanan kreatif Dewi? Silakan hubungi tangan kreatif ini di nomor berikut : 
Jangan lupa ikuti terus sepak terjang Dewi Maharani di beberapa akun media sosialnya di sini :

Whatsapp 085250555509
Facebook Dewi Maharani
Instagram idemaharani

Two thumbs up buat Dewi Maharani, Ibu tunggal dari anak lelaki semata wayang bernama Wins. Yang kini juga mengikuti tangan kreatif ibunya dengan mulai berbisnis kecil-kecilan jualan bangku di rumah. Sukses terus, ya, Emak Hebat.  

RESEP MENJADI SINGLE PARENT BAHAGIA DAN PRODUKTIF


Betapapun saya ingin kembali ke masa lalu untuk memperbaiki semua kesalahpahaman dalam rumah tangga, pasti akan sia-sia saja.

Pada kenyataannya, saya hidup di masa kini, dan akan melanjutkan mimpi di masa depan. Jadi mengikhlaskan atas semua yang terjadi, serta bersyukur bisa lebih baik saat ini adalah sebuah kunci kebahagiaan.

Saya ingat sekali obrolan dengan teman di salah satu aplikasi online beberapa hari lalu. Dia berkata bahwa saya adalah perempuan yang beruntung. Saya masih bisa bangkit setelah lima tahun lalu sempat terpuruk akibat perpisahan bersama ayahnya anak-anak.

Sementara dia juga memiliki teman, yang tidak jauh berbeda nasibnya dengan saya. Hanya saja sang suami telah dipanggil oleh-Nya ke tempat yang lebih tenang. Hingga saat ini, temannya masih mengalami depresi. Dan sedihnya, dua anak dari temannya tadi dititipkan pada saudara terdekatnya.

Jujur, saya tidak bisa membayangkan betapa tersiksanya perempuan itu. Miris sekali. Karena saya merasakan betul, bahwa tak ada perpisahan yang menyisakan bahagia. Baik berpisah karena bercerai maupun meninggal dunia. Keduanya sama-sama menyisakan sakit dan luka.

Namun, hidup itu terus berjalan. Jika kita terus meratapi masa lalu. bukankah diri sendiri yang akan rugi? Sementara orang-orang di sekitar kita, mereka pastinya menginginkan kita bangkit dan bahagia.

Jadi tidak ada salahnya jika kita memberi kesempatan pada diri sendiri untuk meneguk manisnya hidup bersama orang-orang terkasih pada kesempatan kedua. 

DARI LUKA JUSTRU MERENGKUH BAHAGIA


Apa resep saya bangkit dari keterpurukan?


Jawabannya adalah menulis. Tahun 2017 merupakan tahun bersejarah buat saya pribadi. Karena pada tahun tersebut, saya mencoba untuk menyembuhkan luka batin dengan menulis.

Konon, menulis bisa untuk terapi jiwa. Dengan menuliskan semua kegelisahan di hati, kemudian melakukan terapi sobek dan bakar. Dari sinilah saya mulai merasakan ketenangan jiwa. Saya juga lebih menerima takdir dari Allah dengan ikhlas.

Dan siapa yang menyangka bahwa menulis akan membawa jalan keberuntungan pada kehidupan saya pada tahun-tahun berikutnya.

Berawal dari menulis hanya untuk terapi jiwa. Kemudian lama kelamaan menulis membuat saya candu. Hingga akhirnya, saya pun tergiur untuk belajar mengenal dunia menulis lebih dalam lagi.

Di awali dari kecintaannya saya pada menulis artikel. Dari artikel inilah saya memulai karir sebagai seorang content writer. Lambat-laun ketika saya berusaha untuk menekuni profesi sebagai content writer, saya pun mulai mendapatkan penghasilan. Eh, kok semakin nagih saja. hehehe 

Liputan dari Radar Lamongan tentang Perjalanan Menulis saya

Belum puas menguasai artikel saja, saya mulai mencari ilmu menulis lainnya. Saya pernah belajar menulis fiksi. Di dalam tulisan fiksi, saya belajar tentang bagaimana menciptakan karakter tokoh yang kuat, bagaimana membuat cerita yang tidak bolong logika, dan bagaimana membuat tulisan yang membuat penasaran pembaca.

Namun ternyata, seserius apa pun saya belajar di genre tulisan fiksi. Rasanya masih saja ada yang kurang. Rangkaian kalimat demi kalimat menurut saya kurang nendang. Saya juga belum mampu membuat tulisan twist. Akhirnya, saya pun mencoba peruntungan lain dengan belajar menulis anak, dan perlahan-lahan melupakan sejenak mimpi memiliki sebuah novel best seller. Hehehe

Nah, lagi-lagi saya tidak menyangka. Ternyata saya bisa menulis cerita anak,lho, teman. Hehehe

Menulis anak jugalah yang mengenalkan saya tentang siapa itu penerbit mayor. Kok bisa?

Bermula dari beberapa kelas pelatihan menulis anak yang saya ikuti. Yang mana goal dari kelas menulis anak tersebut adalah diterbitkan mayor. Dan naskah saya masuk seleksi mentor, untuk diterbitkan dalam bentuk antologi bersama para penulis lainnya.

Ah, saat itu rasanya seperti mimpi bisa melihat buku antologi saya nangkring cantik di toko buku bareng dengan buku-buku penulis senior yang sudah best seller. Senangnya! 

Buku anak bilingual yang baru saja terbit

Kumpulan cerita rakyat unik dan sarat moral

Sayangnya, keinginan saya menjadi penulis anak tidak bertahan lama. Karena saya kembali pada kecintaan saya akan menulis artikel lagi. Tulisan pertama yang membuat saya jatuh cinta dengan dunia menulis. Hingga Allah pun menunjukkan secercah harapan yang lagi-lagi ada keajaiban di sana.

Tepatnya, saya diundang menjadi salah satu pemateri cagar budaya di Jakarta, dengan membawa bendera komunitas Dandelion Author. Kami bekerja sama dengan Kemendikbud dalam rangka pelestarian cagar budaya Indonesia dengan gerakan literasi. Dihadiri oleh para siswa sekolah Menengah Atas pilihan daera Jabodetabek.

Undangan cagar budaya di Jakarta bersama Kemendikbud dalam rangka memperingati HUT purbakala
Undangan cagar budaya di Museum Kematian Unair Surabaya

Tak lama, undangan sharing tentang menulis, mulai dari online maupun offline mulai menyapa saya yang masih pemula ini. Salah satunya saya pernah diberi kesempatan oleh komunitas menulis online (KMO) yang digawangi oleh Cekgu Tendi Murti untuk berbagi di channel telegram Indonesia Menulis. 

Wah, saya tidak percaya jika menulis yang niat awalnya hanya sebagai terapi jiwa. Ternyata atas izin-Nya membawa perubahan pada hidup saya.

Dan kini, setelah melalui proses panjang dalam menemukan genre tulisan yang disukai. Saya memantapkan hati menjadi seorang blogger sekaligus content creator di website www.malicaahmad.com.

Dunia blogger memberi saya harapan baru. Sebuah harapan sekaligus keyakinan bahwa saya akan bahagia bertubi-tubi jika menekuni profesi satu ini.

Sebagai blogger, saya bisa menambah banyak teman. Menjadi blogger juga kaya pengalaman. Dunia blogging telah menemukan jati diri saya sebenarnya. Diri saya yang lebih suka kebebasan. Diri saya yang lebih suka tantangan dengan berpetualang.

Undangan Blogger pada Seminar Antibiotik di Dr. Soetomo Surabaya

Lantas, kira-kira apa sih resep saya bahagia dan produktif dalam menulis? Meskipun pada kesempatan lain, saya juga aktif  berkomunitas online, serta di dunia nyata saya sebagai pengajar taman kanak-kanak dan tentor dalam bimbingan belajar.

RESEP BAHAGIA IBU TUNGGAL YANG SUPER RECEH


Happy Mom, Happy life. Inilah jargon sakti yang menjadi kunci kebahagiaan saya. Karena saya percaya, bahwa ibu yang bahagia bisa menciptakan suasana rumah yang nyaman.

Pernyataan tersebut pun pernah saya dengar dari salah satu psikolog perempuan bernama Elizabeth pada acara seminar parenting bersama susu Lactogrow. Dia berkata,"jika kecerdasan anak di masa depan, itu tergantung bagaimana kondisi keluarganya. Apakah mereka banyak menciptakan perang di rumah? Sebaliknya,  apakah banyak cinta yang diberikan pada anak?"

Sejak saat itu saya bertekad untuk mengubah gaya saya dalam mendidik anak. Hingga muncullah sosok saya sekarang ini yang cukup berbeda. Lantas, jika ditanya apa resep dari bahagia tersebut? 

1. Berpikir Positif

Berpikir positif dalam segala hal itu penting. Karena dengan terus berpikir positif, maka kita akan fokus pada hal-hal yang membawa kebaikan saja. Selain itu, pikiran positif senantiasa akan mengingatkan kita untuk selalu bersyukur. Maka, jangan heran jika dampak dari berpikir positif ini akan membawa kita pada kebahagiaan hidup sebenarnya. 

2. Menentukan Skala Prioritas

Single parent seringkali dipandang sebelah mata. Namun, kita tidak boleh menyerah. Justru dengan pandangan negatif tersebut sudah tugas kita untuk meluruskan. Caranya dengan menentukan skala prioritas yang jelas dan konsisten jika ingin meraih sesuatu. Karena dari skala prioritas ini, saya pribadi menjadi tahu. Apa sih mimpi yang ingin saya raih? 

3. Me Time 

Me time itu penting, sebab me time bisa menjaga kewarasan ibu dari banyaknya aktivitas.

Me time ala saya receh sekali. Duduk di teras depan rumah pada pagi hari. Sambil ditemani segelas minuman herbal sari temulawak yang menyegarkan. Saya menghabiskan waktu dengan membaca buku. Tetapi sebelumnya ada aktivitas rutin yang tidak boleh terlewat.

Yaitu, menghirup dan membuang napas sebagai sarana untuk mengeluarkan energi negatif. 

4. Siapkan Amunisi untuk Menyambut Prestasi

Profesi sebagai blogger kadangkala menuntut saya harus riwa-riwi ke luar kota. Belum lagi kesibukan saya sebagai seorang Content writer, yang harus menyetorkan tulisan tepat sesuai deadline. Alhasil, saya seringkali begadang demi sebuah profesionalitas.

Eh, pagi sampai sore harinya, saya juga harus melaksanakan kewajiban sebagai guru. Dan di rumah, profesi sebagai ibu rumah tangga juga cukup menguras tenaga. Kebayang, betapa saya sangat membutuhkan amunisi untuk tubuh agar tidak gampang sakit, kan?

Dalam hal ini saya memercayakan urusan kesehatan pada herbadrink agar semangat menulis tidak surut. Aktivitas sehari-hari tetap lancar.

Amunisi saya adalah mengonsumsi beberapa jenis minuman herbal  dari herbadrink yang diproduksi oleh PT.Konemik. Di antaranya temulawak dan lidah buaya.


KENAPA TEMULAWAK DAN LIDAH BUAYA?



Termasuk dalam jenis tanaman temu-temuan, temulawak sudah dipercaya sebagai obat tradisional yang kaya manfaat. Mulai dari daun, rimpang, akar dan batangnya, temulawak bisa digunakan untuk terapi kesehatan.

Nah, sebagai seorang blogger dan content writer yang produktif menulis. Menjaga daya tahan tubuh agar tidak gampang sakit itu penting. Apalagi pola hidup saya juga belum begitu sehat, jadi asupan gizi untuk tubuh sangatlah dibutuhkan. 


Herbadrink sari temulawak memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah pati yang membantu melancarkan metabolisme, kandungan serat untuk memulihkan kebugaran tubuh, kurkumin untuk melancarkan proses pencernaan sekaligus antioksidan, dan minyak atsiri untuk meningkatkan fungsi ginjal serta sebagai alat pacu untuk regenerasi sel-sel hati yang mengalami kerusakan akibat pengaruh racun kimia.




Dengan manfaat dan kandungan dari temulawak herbadrink di atas, saya tidak ragu memercayakan masalah kesehatan pada produk herbal andalan satu ini. Rutin mengonsumsinya 3 kali dalam seminggu, temulawak akan bekerja dengan sangat baik dalam tubuh. Antioksidan yang ada pada temulawak mampu menangkal radikal bebas, sehingga tubuh saya sehat meski dengan aktivitas yang cukup padat.

Tak lupa agar temulawak dari herbadrink ini bisa bermanfaat bagi tubuh secara maksimal, saya harus mengimbanginya dengan pola makan yang sehat.

Baru-baru ini memang saya merasakan khasiat temulawak yang luar biasa. Duduk di depan laptop kerap membuat saya lupa makan. Akan tetapi setelah konsumsi sari temulawak yang mengandung kurkuminoid ini nafsu makan meningkat. Saya tidak perlu menunggu lapar seperti biasanya.  

Dampaknya, berat badan dari hari ke hari perlahan mulai bertambah. Ulala...  Senang banget dong.

Selain memercayakan temulawak herbadrink sebagai minuman herbal untuk menjaga kesehatan. Agar tetap bahagia, saya tak lupa mengonsumsi lidah buaya dari herbadrink juga. Lho, kok dicampur-campur? 

Bukan dicampur-campur dong. Saya mengonsumsinya bergiliran sesuai anjuran yang ada.

Nah, apa hubungannya lidah buaya herbadrink dengan kebahagiaan saya? 


Selain memiliki kandungan polifenol yang kaya akan antioksidan. Lidah buaya bermanfaat untuk membasmi bakteri penyebab infeksi agar tidak membuat tubuh kita gampang sakit. Lidah buaya juga sangat cocok untuk menjaga keremajaan kulit. 

Siapa sih, perempuan yang tidak ingin tampil cantik dan tetap awet muda diusia yang sudah mencapai angka 30 tahun? Tentu saya juga pengen banget dong.

Nah, lidah buaya dari herbadrink kaya akan vitamin E dan A yang membantu mencerahkan kulit wajah. Tak hanya itu, lidah buaya yang diolah menjadi serbuk herbadrink ini, di dalamnya mengandung lignin yang bermanfaat untuk melembabkan kulit. Jadi, tipe kulit kering seperti punya saya ini sangat terbantu dengan mengonsumsi lidah buaya herbadrink.



Dengan memiliki wajah cerah dan lembab, tentu saya akan tampak seperti remaja lagi. Meski sebenarnya usia sudah 30 tahun.

Di sinilah letak kebahagiaan saya. Jika dipandang sekilas tampak receh. Bersama produk-produk unggulan dari herbadrink, saya siap bermertamorfosa menjadi lebih sehat dan cantik.

Eh, memang produk herbadrink cuma ada dua macam saja ya?

Jangan salah. Selain temulawak dan lidah buaya, herbadrink juga memiliki rasa sari jahe, beras kencur, kunyit asam sirih, kunyit asam, dan wedang uwuh. Di mana setiap rasa memiliki manfaat berbeda untuk kesehatan.

Seperti rasa sari jahe, bagi kamu yang suka mabuk perjalanan atau sering mual dan masuk angin. Segera memilih sare jahe sebagai obat herbal andalan keluarga. Jahe yang memiliki kandungan anti inflamasi mampu memberikan efek antiemetic (Anti muntah). Yuk, mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

Jika saya bisa sehat dan bahagia dengan produk herbal dari herbadrink, kenapa Anda tidak?

Jangan lupa, resep bahagia dan produktif ala-ala saya segera dipraktikkan, ya. Plus imbangi konsumsi minuman herbal dari herbadrink supaya semakin mantap. 


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba review minuman herbal Herbadrink, dengan mengambil tema "Active Mom".