Menjaga Kekayaan Laut Indonesia di Tengah Pandemi

Sabtu, 04 Juli 2020


Hamparan pasir terbentang luas. Birunya lautan berhadapan sejajar dengan warna biru langit yang begitu indah dipandang. Ditambah pemandangan gugusan bukit karst berdiri kokoh di tengah-tengah lautan, Seolah menjadikannya primadona di antara kekayaan di Indonesia. Apalagi saat  mata tertuju pada pepohonan yang mengelilingi lautan, tiupan angin yang menerpa wajah begitu menyejukkan. 

Keindahan laut di Indonesia memang tidak diragukan lagi. Saya selalu jatuh hati setiap kali berkunjung ke wisata pantai yang ada di Indonesia. Seperti bulan februari lalu, saya nggak menyangka bisa menjejakkan kaki di pantai Gili Trawangan Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dari kota Mataram, saya dan teman-teman berangkat menggunakan sepeda motor. Sementara dari pelabuhan Bangsal menuju ke pulau Gili Trawangan, saya beramai-ramai naik canoe

Seru sekali rasanya. Tak menyangka kekayaan laut Indonesia yang seringkali diunggulkan di layar kaca, atau bahkan menjadi salah satu wisata pantai favorit dan digemari di Lombok, memang keindahannya begitu menakjubkan. 

Sesampainya di Gili Trawangan, pemandangan crowded lalu-lalang para wisatawan asing cukup membludak. Sepertinya saya dan rombongan salah hari. Karena week day, jadi wajar saja jika area pantai dipenuhi oleh para turis. 

Awalnya saya sangat nyaman memandangi keelokan laut lepas, yang di bagian pinggir lautnya di kelilingi oleh perahu maupun speed boat. Ada juga beberapa turis yang berjemur, serta bermain snorkeling dan diving. Namun, di sisi lain beberapa sampah bekas camilan atau snack yang menemani para pengunjung bersantai ria di pinggiran pantai sedikit  berserakan. Sekilas sangat merusak pemandangan. 

HAL-HAL YANG MERUSAK EKOSISTEM LAUT


Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas wilayah perairannya jauh lebih luas dari daratan. Perbandingannya 3,1 juta km2  dibanding daratan yang luasnya hanya 1,9 km2.  Artinya bisa disimpulkan bahwa kehidupan manusia sangat erat hubungannya dengan laut. 

Pernah berpikir nggak ketika harga ikan yang dijual di pasaran harganya menurun?

Biasanya kasus harga turun ini dipengaruhi oleh hasil tangkapan ikan melimpah dan memang pada musimnya. Sebaliknya, ketika harga ikan mulai melonjak naik, maka ikan yang ditangkap oleh nelayan mulai berkurang. 

Nah, inilah yang saya maksud dengan hubungan manusia dan laut itu sangat erat. Bahkan, kalau bisa manusia dan ekosistem laut bisa disebut simbiosis mutualisme. Jadi sudah selayaknya keduanya saling membantu agar kelestarian ekosistem laut terjaga. 

Sayangnya, tidak sedikit orang yang sadar akan hal tersebut. Sebagian dari kita masih sering terlupa, bahkan mungkin tanpa sadar merusak ekosistem laut dengan melakukan kesalahan yang remeh. Berikut  hal-hal yang dapat merusak ekosistem laut yang harus kita ketahui bersama.

  • Membuang Sampah Sembarangan di Pantai
  • Menangkap ikan menggunakan bahan peledak, racun, serta jaring yang menyebabkan kerusakan terumbu karang
  • Membuang limbah ke laut
  • Penambangan pasir pantai yang dilakukan manusia untuk dijadikan bahan bangunan
  • Laju abrasi yang meningkat tinggi
  • Pemanasan global
  • Membuang sampah ke sungai


Akibat kurangnya kesadaran diri dari rakyat setempat maupun wisatawan yang berkunjung. Hal-hal remeh seperti di atas terabaikan. Namun memberi dampak yang cukup besar. Sangat disayangkan bukan? lantas, bagaimana keadaan laut saat ini setelah terserang oleh pagebluk yang bernama Pandemi? 

WABAH PANDEMI CORONA DAN DAMPAK POSITIFNYA PADA LAUT


Pagebluk Pandemi Covid 19 ini memang membawa banyak perubahan. Hampir 3 bulan berjalan, yang namanya virus corona tak kunjung ada solusi yang tepat untuk menyelesaikannya. Justru semakin hari korbannya bertambah. Dilansir dari media pikiranrakyat.com terdapat 64.958 orang yang positif terdampak virus ini. 

Makanya, pantas saja dari pihak pemerintah memberlakukan aturan agar tetap di rumah saja. Alasannya jelas, yaitu virus yang menakutkan ini cara penularannya melalui sentuhan. Sehingga tingkat menularnya lebih tinggi. 

Sekilas virus ini memberikan banyak dampak negatif pada masyarakat, karena ruang gerak mereka seolah terbatas. Transportasi di daerah mulai sepi. Dan tidak disangka ternyata dampaknya pada perekonomian sangat signifikan. 

Tak heran jika beberapa perusahaan gulung tikar. Tak hanya itu saja, dari beberapa berita di televisi serta artikel-artikel yang tersebar di media online, beberapa daerah yang mata pencahariannya 100%  mengandalkan hasil dari sektor wisata juga mengalami penurunan. Bahkan dikatakan nggak turun lagi melainkan banyak tempat wisata yang ditutup. 

Tentu saja dari proses penutupan tempat wisata ini, khususnya wisata pantai ternyata banyak memberikan dampak positif. Penjelasan dampak positif ini diperkuat oleh dua narasumber di bidangnya saat acara talkshow online Ruang Publik Serial Perubahan Iklim "Menjaga Laut di Tengah Pandemi" oleh Prof. Muhammad Zainuri, Guru Besar Kelautan Universitas Diponegoro, Semarang. Ada juga Githa Anathasia, Pengelola Kampung Wisata Arborek dan CEO Arborek Dive Shop Raja Ampat. 

Menurut Profesor Zainuri, tragedi pandemi yang sebenarnya sudah ada sejak bulan Januari akhir di tahun 2020 telah memberikan kesempatan untuk laut beristirahat. Sehingga tak heran jika saat ini Anda berkunjung ke laut, Anda akan mendapati jumlah ikan lebih banyak dan beraneka ragam jenisnya. Selain itu, ikan dan biota-biota laut lainnya mengalami proses tumbuh dengan cepat. 

Pasalnya, dampak positif tersebut dikarenakan tidak adanya aksi manusia yang merusak ekosistem laut seperti biasanya. Diperkuat lagi dari pernyataan Ghita Anatashia yang bercerita tentang keadaan laut di Raja Ampat. Di mana pagebluk Pandemi telah memberikan kesempatan pada terumbu karang dan fauna di laut untuk beristirahat selama covid-19. 

Mereka bisa berkembang biak secara optimal karena tidak ada wisatawan yang melakukan aktivitas diving dan snorkeling. Laut pun menjadi bersih sehingga beberapa Hiu mulai bermain-main ke daratan. 

Tidak hanya itu, dampak positif lainnya juga dijelaskan bahwa masyarakat mulai belajar menghidupi dirinya sendiri dari hari ke hari. Mereka yang biasanya mengandalkan penghasilan dari homestay, kini mulai mengubah haluan menjadi nelayan kembali. Ada juga yang mulai berkebun, memancing ikan untuk dijual kembali, serta keakraban  masyarakat lebih kental dibanding sebelumnya. Bahkan yang paling menarik, Pandemi memaksa masyarakat di daerah Ghita Anastasia untuk lebih kreatif lagi, misalnya membuat ketrampilan untuk dijual.

LAUT HARUS MENDAPATKAN PERHATIAN YANG LAYAK 


Menurut peneliti dari Universitas Washington dalam tulisannya jurnal science menyatakan laut merupakan obyek yang terdampak oleh perubahan iklim. Oleh karenanya, laut patut memdapatkan perhatian yang layak. Sebagaimana laut banyak menyimpan kekayaan sumber daya alam, maka sudah sepantasnya laut diperhatikan. 

Kenapa demikian? 

Mungkin selama ini beberapa dari kita memandang laut hanya bisa menjadi pendukung perekonomian. Tetapi faktanya, laut bisa menjadi tempat mencari inspirasi, tempat untuk melepas masalah, mendapat kesenangan, serta tempat budaya. Maka dari itu, upaya menjaga laut harus digalakkan. 

Dalam hal ini, kita bisa mencontoh beberapa tindakan yang dilakukan di Kampung wisata Arborek, yaitu dengan cara sebagai berikut: 

  1. Menciptakan peluang usaha pada masyarakat yang tinggal di sekitar pantai tanpa harus merusak ekosistem laut
  2. Membatasi keluar masuknya kapal 
  3. Melakukan kontrol pada pembatasan kendaraan dan wisatawan yang masuk demi menjaga laut agar tidak mengalami kerusakan
  4. Penanaman mangrove di sekitar pesisir pantai
  5. Pelatihan edukasi tentang diving dan snorkeling
  6. Antara pemerintah dan masyarakat harus memiliki visi dan misi yang sama agar lebih mudah bekerjasama


Tentunya bukan rahasia lagi jika sebuah tujuan akan tercapai apabila antara satu orang dengan orang lainnya bisa bekerjasama. 

Nah, hal ini juga berlaku pada kita, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai. Yang mana pantai tersebut ternyata menjadi sumber mata pencaharian. Untuk itu, baik masyarakatnya maupun pihak pemerintah daerah setempat harus saling bekerjasama dan memiliki kesadaran diri demi terciptanya lingkungan laut yang asri. 

Saya sudah berbagi pengalaman soal perubahan iklim. Anda juga bisa berbagi dengan mengikuti lomba blog “Perubahan Iklim” yang diselenggarakan KBR (Kantor Berita Radio) dan Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN). Syaratnya, bisa Anda lihat di sini.

7 Sosok Single Mom Inspiratif yang Luar Biasa!

Rabu, 01 Juli 2020
Single mom tangguh dan mandiri

7 Sosok Single Mom Inspiratif yang Luar Biasa- Menjadi seorang single mom atau ibu tunggal bukanlah hal yang mudah. Kehilangan suami tercinta karena meninggal atau perceraian adalah hal yang tidak bisa diduga. 

Seorang ibu tetaplah wanita tegar yang harus selalu kuat dan siap menjadi tempat bersandar bagi anak-anak mereka. Begitu banyak pesan moral dan pembelajaran dari kisah inspiratif single mom yang bisa kita ambil. Betapa mereka terus berusaha untuk membahagiakan sang buah hati hingga terkadang lupa dengan diri sendiri.

Berikut saya rangkum 7 orang sosok single mom inspiratif yang kisahnya mampu membuat kita mengerti bahwa kebahagiaan bisa diciptakan tanpa harus bergantung dengan orang lain. 

Beberapa dari artis ibukota, adapula wanita-wanita yang sukses dari bisnis sendiri dan juga 4 wanita penulis buku The Single Moms. Yuk, kita simak!

Ririn Ekawati


Cara menjadi ibu tunggal tangguh
nakita.id

Ririn, sapaan akrabnya merupakan seorang single mom yang saat ini memiliki dua orang anak perempuan Jasmine (16 thn) dan Catleya (3 tahun). 

Meski tanpa seorang suami, Ririn tetap bekerja dan juga tidak pernah terlewatkan dengan masa pertumbuhan anak-anaknya. 

Pasca bercerai dengan sang suami, Ririn tetap berhubungan baik demi perkembangan Jasmine.

Sebuah pukulan berat harus dia alami setelah menikah kembali dan dikaruniai anak keduanya, Catleya. Saat sang anak berusia 6 bulan sang suami tutup usia dan itu menjadikan Ririn depresi hingga mempengaruhi ASI-nya. Dengan dukungan dari banyak pihak, wanita ini terus berusaha untuk tegar dan kuat.

Kini, wanita yang mendapat gelar the millennial mama of the month edisi juni 2020 dari sebuah website parenting itu akhirnya bangkit. 

Ia mampu menjadi sosok single mom tangguh untuk kedua buah hatinya. Aktris ini juga tak ragu membagikan cerita dan kisah perjuangannya selama ini di akun sosial media yang ia miliki. Begitu banyak pesan dan cara bangkit single mom dari keterpurukan yang dapat kita ambil untuk pelajaran hidup, seperti salah satu di bawah ini:

“Ibu adalah malaikat tak bersayap. Menjadi seorang ibu adalah anugerah terindah yang Allah berikan. Tidak mudah menjalani peran sebagai ibu karena butuh kekuatan, perjuangan, tanggung jawab. Menjadi ibu adalah proses belajar tanpa batas. Setiap ibu di dunia ini punya cerita dan perjuangan masing-masing, seperti aku yang menjadi single mom, semua harus lebih ekstra. Ekstra sabar, ekstra kuat, ekstra tanggung jawab.”

Desi Ratnasari


Tips mengatur finansial untuk single mom
CewekBanget.ID

Wanita yang pernah menjadi Aktris dan model papan atas di tahun 90-an ini juga menjadi seorang single mom tangguh untuk putri semata wayangnya. 

Meski kini ia telah banting setir menjadi seorang anggota legislatif, ia tak pernah lupa akan kisah perjalanan kesuksesannya dahulu. 

Setelah 8 tahun menjanda Desi memilih untuk terus menjadi seorang single mom tangguh untuk sang buah hati. Ia pun mampu membuktikan dapat menjadi sosok single mom bahagia yang juga sukses dalam karier politik yang begitu cemerlang.

Any Farida


Rahasia menjadi single mom bahagia
m.brilio.net

Any adalah salah seorang sosok single mom tangguh lain yang berasal dari Manggar, Sumatera Selatan. 

Untuk menghidupi ketiga buah hatinya ia harus rela keliling berjualan roti hingga harus ke daerah yang cukup jauh. Berbagai cobaan dan rintangan sering ia alami, seperti ban motor yang pecah di tengah hutan, roti bawaannya jatuh, tidur dan makan tidak teratur, dan lain sebagainya.

Namun, atas kerja keras dan kegigihan yang ia miliki, usahanya berkembang pesat dan kini ia memiliki karyawan dan kendaraan roda 4 yang lebih memadai. 

Ia berhasil membuktikan bahwa seorang single mom bisa berdiri di atas kaki sendiri. Menjadi single mom bukan aib yang harus mendapat gunjingan dan stigma negatif. Kisah Any dapat memberi jawaban bahwa seorang single mom juga bisa bahagia.


Empat Wanita Hebat Penulis Buku “The Single Moms”


Pekerjaan untuk single mom
mommiesdaily.com

Mereka adalah Budiana Indrastuti, Mia Amalia, Rani Rachmani Moediarta, dan Ainun Chomsun. Keempat single Mom tangguh ini menjadi sosok inspirasi yang akhirnya diminta oleh sebuah penerbit mayor untuk menuliskan kisah inspirasi mereka.

Dalam buku ini keempatnya menceritakan dan menunjukkan bahwa single mom bukan aib. Siapa pun menginginkan sebuah keluarga yang bahagia dan harmonis. 

Menjadi single mom bukan pilihan hidup wanita mana pun. Mereka berhasil mengungkap dan menghapuskan stereotip miring tentang seorang single mom. 

Budiana Indrastuti, juga mengangkat pembahasan bahwa janda bukanlah orang terhina yang harus dicurigai. Para single mom ini justru sangat tangguh dan mereka berhak bahagia.

"Bu, kenapa harus hati-hati sama janda? Hati-hati tuh sama teroris!." Tulisnya dalam buku berjudul “The Single Mom” itu

Lain pula dengan Mia Amalia.Demi buah hatinya ia rela menjadi freelancer sehingga bisa membuatnya nyaman tetap bekerja sebagai single mom

Meskipun dicap “nekat” oleh teman-temannya, ia berhasil tampil sebagai single mom tangguh.

Rani Rachmani Moediarta dan Ainun Chomsun juga sukses menjadi single mom bahagia. 

Meski berat, mereka mampu melewati semuanya. Menjadi sosok ayah dan ibu sekaligus demi membahagiakan si buah hati. 

“Menjadi single parent tidak selalu sedih dan merana. Justru setiap pencapaian walaupun kecil terasa sangat berarti karena aku kerjakan sendirian.” Tulis Ainun dalam kisah inspirasinya.


Apa Rahasia Single Mom Tangguh dan Tetap Bahagia? 


Menjadi single mom memang bukan perkara mudah. Banyak tantangan yang harus dilalui. Tetapi jangan pernah menyerah karena setiap tantangan memiliki solusi. 

Mungkin di awal menyandang status single mom ini sangatlah berat. Atau bahkan Anda merasa tidak akan kuat. Namun percayalah, ini justru tantangan yang harus ditaklukan, bahkan wajib dibuktikan. 

Saya selalu berbicara pada diri sendiri. Apabila single mom ini berat dijalani, saya selalu mengatakan hal yang sama, dan berulang-ulang di depan kaca bahwa "Single Mom pun berhak bahagia".

Menangislah bila Anda ingin hingga merasa lega. Lalu segera bangkit sebagai contoh sosok yang tegar, kuat dan tangguh bagi anak-anak.

Lantas, apa rahasia menjadi single mom bahagia? 


Pertanyaan di atas itulah yang sering sekali ditanyakan kepada saya. 

Gimana cara saya bangkit?
Kok bisa saya terlihat enjoy menjalani status single mom?

Gimana bisa selalu bahagia di tengah tantangan menjadi single mom yang cukup berat? 

Well, 5 tahun menjadi single mom mungkin cukup memberikan saya banyak pelajaran.  Setidaknya, agar saya tetap bahagia dan tangguh, ada beberapa hal yang dilakukan. Seperti:

  • Ikhlas dan menerima, inilah pilihan hidup saat ini. Jadi, tak perlu disesali, bukan? 
  • Bukan lagi saatnya mengeluh. Menjadi single mom memang bukan pilihan. Tetapi ketika status itu tersemat dalam diri kita, maka saatnya berpikir cerdas, mandiri, dan mengubah kesendirian menjadi keberkahan. 
  • Ingat. Ada amanah yang harus kita jaga. Jika Anda adalah single mom yang memiliki anak. Maka, tetaplah  terlihat bahagia dan kuat di depan anak-anak bagaimanapun keadaannya. Untuk sebuah kebaikan,  berbohong tidak masalah, bukan? 
  • Agar tetap bahagia, maka siasatilah kesendirian. Jangan jadikan kesendirian sebagai siksaan. Atau bahkan menganggap sendiri selalu merana. Ah, tidak juga kok. Dengan melakukan banyak kegiatan positif, menyibukkan diri dengan berbagi, atau mungkin sesekali traveling. Kita bisa menjadi single yang bahagia. 

Tips di atas hanya sebagian cara yang saya lakukan selama ini agar tetap menjadi ibu tangguh dan bahagia buat dua bocah.  

Selebihnya, saya telah merangkumnya dalam sebuah buku. Buku solo pertama saya yang berjudul "Ramuan Bahagia Single Mom" yang insyaAllah segera terbit. 



Berikut bocoran cover dan gambaran isi bukunya.

Buku ramuan bahagia single mom

Di buku tersebut saya tidak hanya bercerita tentang cara bangkit dari keterpurukan menyandang status single mom, suka dan dukanya menjadi ibu tunggal. Tetapi saya juga mencoba ulas tentang cerita para sosok perempuan tangguh dalam islam, kemudian motivasi tetap mandiri dengan berpenghasilan dari rumah, pekerjaan yang cocok untuk single mom, dan masih banyak lagi. 

Di mana tujuan utama saya menulis buku tersebut adalah untuk berbagi dengan para perempuan.  Mereka yang menyandang status single mom atau yang sedang bingung soal jodoh, atau menjadi ibu tangguh untuk anak-anaknya. 

Memang bertema SINGLE MOM,  tetapi saya tidak mengkhususkan buku ini hanya bisa dinikmati single mom. Kalian yang tidak berstatus single mom pun, bisaaaa banget menikmati bacaan sederhana, ringan, dan semoga banyak pelajaran atau hikmah yang dijadikan  pelajaran. 

Ada yang tertarik segera meminang? 

Atau sudah tidak sabar untuk membaca buku solo saya? Hihi

Boleh banget, lho, ikutan pre-ordernya dari sekarang. Mau sharing ringan sama saya juga boleeeeh banget. Kontak di sini aja deh 082231060498. Kali aja kita berjodoh untuk saling berbagi kebaikan, kan? 

Siapa tahu? Hehehe

Dear, teman ... 

Menjadi ibu tunggal memang harus siap mental. Tetapi semoga dengan sepenggal kisah inspiratif single mom di artikel saya ini,  bisa memberi gambaran kepada kita bahwa siapa pun berhak untuk bahagia. 

Semoga pesan-pesan moral dari kisah 7 perempuan versi blog Malica bisa menjadi sebuah penyemangat bagi seluruh single mom di mana saja. Bahwa mereka adalah wanita tangguh yang luar biasa.

Cari Tahu Perbedaan Copywriter dan Content Writer

Selasa, 30 Juni 2020
Content writer adalah orang yang biasanya menulis sebuah artikel atau postingan yang nantinya tulisan itu ditampilkan pada sebuah blog atau website.

Perbedaan  Copywriter dan Content Writer. Saat ini perkembangan media teknologi dan informasi sudah jauh memasuki era digital berbasis jaringan. Dunia bisnis dan ekonomi pun turut bergerak secara daring. 

Hal ini turut membuka banyak peluang bagi para penulis, seperti copywriter dan content writer. Para penulis ini sering membuat tulisan seperti iklan, review maupun endorse.

Mungkin Anda sering melihat iklan-iklan berupa tulisan atau caption yang lewat beberapa kali di beranda media sosial yang Anda miliki. Semua tulisan itu adalah hasil kreatif orang-orang yang disebut content writer atau copy writer. Meski sekilas tampak sama, sebenarnya kedua jenis penulis ini memiliki beberapa perbedaan.

Pengertian Content Writer dan Copywriter


Copywriter adalah orang yang menulis untuk mempengaruhi pembaca melakukan hal yang diinginkan oleh klien.

Content writer adalah orang yang biasanya menulis sebuah artikel atau postingan yang nantinya tulisan itu ditampilkan pada sebuah blog atau website. 

Tulisan itu bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pembacanya mengenai sesuatu seperti produk (review), berita atau informasi menarik lain guna meningkatkan rating blog/website tersebut. 

Copywriter adalah orang yang menulis untuk mempengaruhi pembaca melakukan hal yang diinginkan oleh klien. Biasanya mereka membuat tulisan-tulisan yang dapat mendorong orang untuk membeli sebuah produk atau jasa yang sedang dibahas. Secara singkat copywriter menulis sebuah iklan dengan menggunakan metode storytelling atau soft selling.


Apa Aja Sih, Tugas Seorang Content Writer dan Copywriter?


Jenjang Karir Content Writer


Tugas content writer biasanya membuat tulisan/artikel untuk kebutuhan blog atau web portal. Oleh karena itu, tulisan yang dibuat adalah jenis tulisan yang sedang viral, menarik dan bermanfaat untuk dibaca. Bahkan, tak jarang seorang content writer juga mempelajari tentang SEO atau logaritma pencarian di Google untuk meningkatkan traffic blog/website yang ia pegang.

Sedangkan tugas copywriter biasanya menulis untuk keperluan marketing atau promosi produk dan jasa. Meski tampak lebih mudah, seorang copywriter harus mampu membuat sebuah tulisan yang menarik, dapat membuat orang percaya, dan mau membeli produk/jasa yang ditawarkan. Selain membuat iklan, tulisan yang dibuat oleh copywriter juga ada yang posting pada website, seperti landing page, ulasan produk (review), endorse, dan lain sebagainya.

Trus, Keahlian Apa Aja yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Content Writer dan Copywriter?


Jenjang karir copywriter

Seorang content writer haruslah memiliki keahlian agar dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan. 

Untuk menjadi seorang content writer yang baik, Anda harus dapat menulis dan menyediakan berbagai tipe konten yang unik, menarik dan berkualitas. 

Nah, berikut 5 keahlian content writer yang harus dimiliki dan senantiasa diasah setiap waktu:

  • Keahlian content writer dalam mengenal pembaca agar tulisan yang dibuat sesuai dengan target tujuan. Pembaca pun ikut tertarik untuk membagikan tulisan itu kepada orang lain.
  • Keahlian content writer dalam mengajak pembacanya berkomunikasi secara tidak langsung melalui tulisannya. Hal tersebut bisa juga dengan menulis pertanyaan dan jawabannya, atau menggunakan kalimat-kalimat sapaan.
  • Keahlian content writer dalam menghasilkan berbagai jenis tulisan/artikel yang beragam. Maka, sering-seringlah membaca buku, berita, dan memperluas ilmu pengetahuan.
  • Keahlian content writer dalam meneliti atau melakukan riset dan benar-benar menyajikan tulisan yang kaya akan pengetahuan yang luas sesuai segmen atau jenis tulisannya. Untuk itu, seorang content writer juga harus memahami dengan benar apa yang ia tulis.
  • Keahlian content writer dalam membuat artikel yang menarik pembaca dan membuat mereka rela menghabiskan waktu untuk membaca tulisan tersebut.
  • Keahlian content writer harus bisa menulis dengan teknik SEO. Dengan memahami skill SEO akan menjadi nilai plus. Dan pastinya bisa meningkatkan traffik bagus di mesin pencari. 

Saat ini permintaan pasar terhadap tenaga copywriter cukup tinggi. Pekerjaan ini sangat menjanjikan jika mau ditekuni, apalagi Anda dapat mengerjakannya di mana saja dan kapan saja. 

Jika Anda tertarik menjalani profesi menjadi seorang copywriter atau saat ini sudah menjalani pekerjaan tersebut dan ingin melatih diri, inilah beberapa keahlian copywriter yang wajib dimiliki:

  • Keahlian copywriter dalam memahami pola pikir pembaca sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik dan tepat.
  • Keahlian copywriter dalam melakukan riset/penelitian. Tulisan tanpa “isi” akan terasa kosong dan tidak bermanfaat, untuk itu diperlukan sebuah riset yang mendalam.
  • Keahlian copywriter dalam bercerita dengan bahasa pembaca (mudah dipahami dan bisa menggerakkan hati pembaca)
  • Keahlian copywriter dalam menulis dengan empati (tidak ragu menuangkan perasaan) dalam tulisan sehingga pembaca seolah turut mengalami hal tersebut dan menggerakkan hati mereka.
  • Keahlian copywriter dalam mendaur ulang ide lama agar selalu segar/baru. 

Bagaimana Membedakan Gaya Tulisan Copywriter dan Content Writer?


Jenjang karir copywriter dan content writer


Meski antara content writer dan copywriter saling berkaitan, tetapi keduanya memiliki gaya tulisan berbeda. Masing-masing memiliki khas dan tujuan. 

Seorang Content Writer identik dengan tulisan panjang, detail, informatif, dan mengedukasi. 

Rata-rata Content Writer harus menulis layaknya jurnalistik yang berpedoman pada 5 W + 1H agar tulisannya tampak padat dan menarik untuk dilirik. 

Akan tetapi perlu diingat, karena tulisan content writer lebih banyak dipublikasikan di sebuah website ataupun blog. Tentunya gaya tulisan juga menyesuaikan dengan medianya, ya.  Terkadang ada tulisan santai tapi informatif. Atau ada juga tulisan padat dan edukatif. 

Dan tahu tidak, tulisan content writer ini juga bisa dipamerkan berbentuk Script untuk acara televisi, video, podcast, dan lainnya. 

Sementara untuk copywriter, gaya tulisan khas dengan tulisan pendek dan persuasif.

Tulisan-tulisan unik copywriter relatif dibaca cepat dan dalam waktu singkat. Hebatnya, tulisan singkat tersebut sangatlah membekas di pikiran pembaca.

Dan biasanya, tulisan copywriter lebih banyak didukung dengan media gambar yang menghipnotis. Seperti di poster, billboard, social media ads, atau katalog produk. 

Pernahkah Anda melihat iklan TV yang brandable banget? 

Atau seringkali penyebutan kalimat pendek secara berulang-ulang tetapi membekas dalam ingatan?

Seperti:

"Apapun makanannya, minumnya ..."

"Orang pintar minum ..."

"Berapa lapis? Ratusan!"

Nah, kalimat pendek tersebut sangat membekas. Jika demikian, maka tugas copywriter telah sukses. 


Jenjang Karir Content Writer dan Copywriter


Keahlian copywriter dan content writer

Pasalnya, jenjang karir content writer belum bisa dipastikan. Tetapi jika Anda mampu melalui prosesnya dengan baik, tidak menutup kemungkinan dari istilah junior akan menjadi senior. 

Mungkin gambaran karir content writer sebagai berikut:

Mula-mula disebut sebagai junior content writer, content writer, senior content writer, content strategist, hingga naik kelas menjadi content director.

Pekerjaan content writer ini juga bisa Anda lamar di perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan tim kreatif dan marketing, lho. 

Sedangkan untuk Copywriter yang tugasnya tidak sekadar menulis, tetapi juga diharuskan memiliki "Seni mempengaruhi" tentunya jenjang karirnya tidak jauh berbeda dengan content writer. 

Jika Anda andal dan mahir memainkan kata yang menjual, maka prospek pekerjaan copywriter akan semakin gemilang. 

Nggak harus kerja secara offline kok. Copywriter juga bisa bekerja secara online. Dan yang paling penting dan harus diingat, semakin banyak bisnis yang berkembang, semakin banyak produk yang dijual. Maka makin banyak pula copywriter yang dibutuhkan. 

Itulah tadi beberapa informasi mengenai perbedaan content writer dan copywriter yang dapat Anda pelajari. Bukan tidak mungkin untuk menjadikan profesi tersebut sebagai mata pencaharian. Semoga informasi ini bermanfaat!





Resep Cireng Nasi Anti Gagal

Jumat, 19 Juni 2020
Selama pandemi rasanya makin produktif di bidang kuliner.  Ada yang begini?

Camilan cireng nasi

Tepat sekali. saya pribadi merasakan keseruan memasak bersama anak-anak selama dua bulan ini. Awalnya sih coba-coba resep di youtube, tapi lama kelamaan bikin ketagihan. Mulai dari nyobain resep camilan ringan, minuman, hingga olahan masakan untuk lauk. Dan hasilnya, sukses dong. Soalnya resep tinggal nyontek aja, kan? Hehehe 

Sebenarnya, pandemi tidak melulu memberikan dampak negatif kepada kita. Jika dilihat dari sisi yang berbeda, selama masa pandemi sejujurnya banyak hal positif yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya memasak tadi.

Baca Juga:

Saya pribadi memang tidak termasuk ibu yang rajin memasak setiap hari. Terkadang saya masih suka membeli lauk di luar. Namun, selama ada aturan tetap di rumah aja, tanpa disadari telah memaksa saya untuk menjalin bounding anak dan ibu lebih dekat lagi. Nah, kedekatan tersebut terjalin saat kami bertiga berada di dapur, salah satunya pada saat mencoba resep cireng nasi yang lagi kekinian itu.

Ngomong-ngomong, kalian sering nggak punya sisa nasi di rumah? 

Biasanya dibikin olahan apa supaya nasi sisa tersebut tidak terbuang sia-sia?

Pasti nasi goreng, ya? Wah, samaan dong! hahaha

Nasi goreng memang selalu menjadi andalan keluarga ketika banyak nasi sisa di rumah. Kalau nggak, biasanya saya suka minta tolong si mbah untuk menyulap nasi sisa tersebut menjadi olahan kerupuk nasi yang renyah.

Tetapi kali ini, saya tergerak untuk mencoba hal baru. Yaitu olahan cireng nasi yang menggoyang lidah. 

Resep cireng nasi gurih

Menariknya, resep cireng nasi ini sangat mudah banget. Bahan-bahan yang digunakan juga sangat terjangkau. Dan serunya lagi, cireng nasi jadi camilan idola anak-anak, lho. 

Anak-anak bilang, cirengnya lembut. Saat digigit nggak kelihatan kalau cirengnya berbahan dasar dari nasi. Apalagi dimakan saat masih panas, wuih, rasanya unik, kenyal, gurih dan crispy daun bawangnya bikin nagih. Penasaran sama resepnya? Yuk, simak! 

Bahan-bahan: 

  • 1 mangkok nasi dilumatkan sampai halus. Untuk ukuran berapa takaran nasinya, silakan sesuaikan selera, ya. 
  • 2 batang daun bawang, diiris sampai halus
  • 3 sendok tepung tapioca
  • Air hangat secukupnya

Bumbu Halus: 

  • 3 siung bawang putih
  • 2 cabai rawit merah
  • Garam secukupnya
  • Ketumbar secukupnya
  • Penyedap rasa

Cara Membuat :

  • Campur semua bahan kecuali air. Aduk rata. 
  • Jika sudah rata, masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan sendok
  • Siapkan minyak panas, goreng adonan yang telah disisihkan sampai warnanya kuning atau kecoklatan. 
  • Adonan yang sudah kering dan kecoklatan, angkat kemudian tiriskan. 

Resep cireng nasi crispy

Horay! Cireng nasi ala rumahan yang dibuat dengan penuh cinta siap disajikan, lho. Kalian bisa sajikan dengan saus, sambal, atau saus cuka. Nyummy pokoknya!

Gimana, gampang banget, kan, resep cireng nasi rumahan?

Camilan cireng nasi atau aci digoreng ini memang rasanya unik. Sangat cocok dijadikan makanan favorit buat dicemilin.Apalagi kalau dimakan rame-rame bersama teman, saudara, dan keluarga. Pasti seru!

Ngomong-ngomong, apakah kalian tertarik mencoba camilan sederhana ini? Kuy, praktikkan segera resep cireng nasi di atas, ya. 

Kenapa Traveling Itu Penting?

Selasa, 16 Juni 2020

Traveling? Siapa yang tak kenal kata-kata ini? Membayangkan saja sudah bikin bahagia. Ada sensasi tersendiri saat bisa menyisihkan waktu dan tenaga untuk menjelajahi tempat-tempat dengan beragam kebudayaan dan wisata baru. Bahkan, tak jarang kita rela mengorbankan kocek sedemikian dalam untuk sekadar merasakan sensasi mencicip makanan khas dari kota atau negara lain. 

Tapi, jangan salah! Bukan sekadar buang uang, waktu dan tenaga. Ada berbagai alasan kenapa traveling itu penting, lho! Yuk, kita kupas satu-satu!

1. Sehat Jasmani dan Rohani, All Is Well


Peluang usaha untuk traveler
Freepik.com

Kesehatan adalah hal terpenting yang harus selalu kita jaga. Bukan hanya kesehatan fisik, jiwa atau rohani pun harus terus dalam keadaan sehat. 

Menjaga kesehatan jiwa atau rohani kita tidak bisa diperoleh hanya dengan mengkonsumsi obat, itulah kenapa traveling itu penting, karena salah satu alasannya adalah bisa menyehatkan jiwa atau rohani Anda. 

Hal ini bukan hanya perbincangan atau obrolan di warung kopi semata, tetapi sudah menjadi penelitian ilmiah, di mana jalan-jalan atau melakukan traveling dapat menyehatkan jasmani sekaligus rohani kita. 

Mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang kuat ada jiwa yang sehat. Jargon olahraga dan kesehatan berbahasa latin ini merupakan dalil yang cukup jelas, bukan?

Nah, jika Anda mulai stres, pusing dan mudah bosan dalam setiap aktivitas, cobalah melakukan traveling! All is Well ...

2. Menambah Wawasan dan Jaringan


Alasan penting kenapa harus traveling
Freepik.com

Wawasan dan jaringan tidak akan berkembang jika Anda hanya berada dalam ruangan saja.

Bekerja dari senin hingga akhir pekan, mulai pagi sampai sore. Belum lagi saat harus lembur melakukan pekerjaan tambahan. Bagaikan katak dalam tempurung, hanya mutar-mutar di situ saja dan bertemu dengan orang-orang yang itu-itu juga.

Dengan melakukan traveling bersama ala-ala backpacker atau jalan-jalan menjelajahi dunia luar, Anda akan menemukan pengalaman baru dan berjumpa dengan orang-orang baru. 

Mempelajari banyak kebudayaan,  pola pikir masyarakat lain bahkan mode yang berbeda. Selain wawasan, pertemanan, jaringan jodoh dan rezeki pun akan semakin berkembang.

Bahkan soal kebudayaan ini, Salah satu teman traveller saya sudah membuktikan. Dia jatuh cinta dengan adat Toraja setelah berkunjung ke sana. Dia sampai bolak balik Toraja setiap 3 bulan sekali. Dari acara adat mayat berjalan hingga tinggal di desa adat Landorundun yang terkenal dengan legenda Putri Landorundun.

Nah, yakin Anda nggak mau traveling?

3. Membuka Peluang Baru


Peluang bisnis traveler
Freepik.com

Perjalanan jauh ataupun dekat seringnya mampu mendatangkan sebuah inspirasi dalam hidup. 

Peluang-peluang kebaikan yang dulunya tidak kita lihat akan mulai terkuak. Hal-hal seperti ini sering kita dengar dari para traveler saat pulang dari perjalanan mereka. 

Ada yang pulang bawa bisnis dan kolega baru, peluang usaha keren, bahkan ada yang memutuskan resign dan memulai pekerjaan lain yang lebih menjanjikan seperti penulis blog traveler, pengusaha dan lain sebagainya.

Hidup memang selalu penuh kejutan. Siapa yang tahu, kejutan menggembirakan itu datang dari hasil perjalanan Anda kali ini atau yang akan datang? Seru, bukan?

4. Menjadi Terampil dalam Mengelola Waktu dan Uang. Ah, yang Bener?
 

Manfaat traveling
Freepik.com

Sejauh yang kita ketahui, mereka yang hobi traveling memiliki alokasi dana dan waktu yang sangat efisien. Terutama untuk yang suka solo traveling.

Menyiapkan segala keperluan semua sendiri. Mulai berburu tiket promo dan mengatur jadwal cuti, ke mana saja akan pergi saat sudah berada di kota atau negara tujuan, makan apa dan di mana, mau menginap di tempat seperti apa, semua sudah tertata rapi sedemikian rupa. Bahkan menreka sudah menyusun plan A, B hingga C untuk menghadapi segala kemungkinan terburuk saat melakukan traveling.

Buat Anda yang baru pertama kali memulai aktivitas yang satu ini, pasti akan terkagum-kagum sendiri. Bahwa ternyata, emang manusia itu unik. Ia akan mampu melakukan hal yang dianggap mustahil ketika sudah terjun ke dalamnya. Termasuk traveling, merasa tertantang? Buruan nabung!

5. Bikin Anda Makin Pede


Tips aman solo traveling
Freepik.com

The last but not least, ini adalah alasan yang wajib Anda tahu kenapa traveling itu penting. Apalagi selama ini Anda merasa diri kurang dalam segala hal. Penting banget melihat dan memandang ada apa di luar sana. 

Dalam setiap perjalanan akan ada kisah dan pengalaman menakjubkan yang tidak akan terjadi dua kali, meskipun berulang, sensasinya tidak akan sama dengan yang pertama.

6.Mengajarkan Anda dalam Mengelola Emosi


Manfaat traveling untuk jiwa
Freepik.com
Saat memutuskan traveling, sebaiknya Anda tidak membayangkan sebuah perjalanan yang mulus. Meskipun sebelum berangkat Anda telah merancang itinerary dengan sangat baik. Hanya saja tidak menutup kemungkinan ketika Anda berada di lokasi akan mengalami kendala.

Baik kendala tersebut menyoal pelayanan buruk di penginapan, kehilangan barang bawaan, ataupun tersesat di jalan. Sebaiknya jangan buru-buru stress dan marah-marah. Please, tahan emosi!

Tetaplah tenang, supaya Anda tidak mengalami  tekanan. Bukankah tujuan dari traveling adalah bersenang-senang? Lantas kenapa Anda harus menghabiskan waktu dengan suatu hal yang negatif? Bahagiakan diri Anda saat liburan. Jangan sebaliknya, ya.


7. Mengatasi Rasa Takut


Kenapa traveling itu penting untuk kesehatan
Unsplash.com

Siapa yang menyangka jika traveling memiliki dampak positif yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Anda yang biasanya mengandalkan orang lain dalam menyelesaikan masalah.

Saat melakukan solo traveling atau backpacker bersama teman yang belum kenal sebelumnya. Mau tidak mau harus bisa mengatasi rasa takut apabila sewaktu-waktu ada masalah.

Misalnya saja saat traveling, Anda kehilangan uang. Pasti bikin panik, bukan? sementara Anda harus pulang saat itu. Nah, di sinilah saatnya Anda harus mengatasi rasa takut dan panik dalam perjalanan dengan sikap yang tenang.

Yakin, pasti ada solusi. Setidaknya dari melakukan perjalanan ini, Anda dituntun menjadi sosok yang terampil dan pemberi solusi untuk diri sendiri.

Baca juga: Saat Pribadi Ambivert Memutuskan Solo Traveling

8.Mengajarkan Anda Mahir Bernegosiasi


Manfaat traveling untuk Jiwa
Aaronjoelsantos.photoshelter.com

Seorang traveler diwajibkan mampu bernegosiasi. Kenapa? Alasannya sepele, yaitu agar Anda tidak mudah tertipu atau dimanfaatkan. Selain itu, negosiasi juga penting dilakukan supaya apa yang Anda inginkan saat traveling bisa tercapai.

Dan ternyata, dengan seringnya Anda melakukan negosiasi saat traveling. Kebiasaan tersebut akan terbawa di kehidupan sehari-hari. Di mana dampaknya adalah pada orang-orang di sekitar Anda atau para partner kerja akan lebih memahami tentang ide-ide yang Anda sampaikan tersebut.

9. Mendapatkan Inspirasi dan Inovasi


Manfaat traveling


Mereka yang menyukai kegiatan berwisata kebanyakan seseorang yang memiliki ketrampilan, seperti fotografer, pelukis, dan penulis.

Jadi tak heran apabila kegiatan traveling menjadi ajang pencarian inspirasi serta inovasi untuk mengembangkan kemampuan. Karena tak dimungkiri bahwa setiap perjalanan akan menemukan banyak keindahan yang berbeda. Juga pelajaran penuh hikmah.

10.Memahami Pentingnya Mendengarkan


Manfaat traveling untuk kesehatan
www.travelblog.org

Sebagai seorang pelancong yang berkunjung di suatu kota maupun negara, ketrampilan mendengarkan harus benar-benar diperhatikan jika Anda tidak mau tersesat. Ini penting, karena faktanya pelancong tetap membutuhkan orang lain sebagai sumber informasi.

Di lain sisi, seni mendengarkan ini akan mengajarkan Anda untuk menjadi seseorang yang  bisa memahami orang lain. Juga bisa dimanfaatkan untuk membangun sebuah hubungan yang kuat.

Baca juga : Travelers, 7 Hal Ini Wajib Diperhatikan Wanita yang Ingin Solo Traveling


11. Merasa Lebih Bahagia 


Manfaat traveling
Freepik.com

Tanpa disadari, ternyata manfaat dari traveling menjadikan kita lebih bahagia dalam menjalani hidup.

Saat traveling, kita bisa bertemu dengan banyak orang dengan berbagai karakter. Secara tidak langsung inilah yang mengajarkan kita tentang bagaimana memaknai kehidupan dengan cara yang berbeda. Hingga ketika kita mengalami masalah, kita bisa belajar dari orang yang pernah kita temui.

Traveling membuat kita lebih bahagia karena kita bisa mencicipi aneka makanan khas, keindahan tempat yang luar biasa, dan belajar banyak hal dari perjalanan.

12. Memahami Makna Berempati daripada Menghakimi


Manfaat traveling untuk kesehatanq
www.aaronphotography.com

Berpetualang ke tempat baru, bertemu orang baru, dan mecoba memahami kehidupan mereka. Sejatinya membuat kita belajar untuk berempati guna menghindari suatu masalah.

Selain itu, dengan belajar berempati dan tanpa menghakimi. Sesungguhnya kita belajar tentang apa itu loyalitas. Menarik sekali, bukan?

Well, terkadang Anda emang perlu main agak jauh, untuk mengetahui betapa berharganya Anda di mata dunia!

Dengan melakukan traveling, Anda akan merasa lebih bahagia, percaya diri dan semakin optimis menjalani hidup.

So, mau ke mana liburan akhir tahun ini?

5 Jenis Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol

Senin, 15 Juni 2020
Menu makanan untuk penderita kolesterol


Kolesterol, memang merupakan momok bagi setiap orang. Anda yang memang suka makanan berlemak, gorengan atau apa pun yang berlemak tinggi, tentunya berisiko mengidap kolesterol tinggi. 

Kolesterol ini bisa menyebabkan berbagai macam penyakit kardiovaskular, seperti jantung atau stroke. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga asupan makanan agar tidak memiliki kolesterol tinggi. 

Jika memang kolesterol sudah tinggi, maka risiko penyakit-penyakit tersebut dapat menghantui Anda. Bagi Anda yang memang menderita kolesterol tinggi, memang dianjurkan untuk konsumsi obat-obatan yang memang dapat menurunkan kolesterol. 

Baca juga: Pentingkah Memiliki Asuransi Kesehatan? 

Namun, ada juga beberapa makanan untuk penderita kolesterol yang baik untuk dikonsumsi. Tidak hanya sekedar aman saja, namun makanan ini juga dikenal dapat menurunkan kolesterol. 

Makanan Untuk Penderita Kolesterol


Kolesterol yang umumnya kita ketahui ada dua, yaitu kolesterol baik dan juga kolesterol jahat. Kolesterol baik justru bagus untuk kesehatan, sedangkan kolesterol jahat ya memang sesuai dengan namanya. 

Jika memang Anda sering merasa pusing, badan lemas, leher dan punggung terasa pegal dan kaku, tidak ada salahnya untuk segera mengecek kadar kolesterol Anda. 

Jika memang dibawah 180, itu masih normal, jika di atas 180 maka bisa dibilang lumayan tinggi. Maka dari itu, konsumsi lah beberapa makanan ini agar Anda memiliki kolesterol dengan kadar yang seimbang di dalam tubuh. Berikut adalah ulasannya.


1. Kacang-Kacangan


Makanan untuk penderita kolesterol yang pertama adalah kacang-kacangan. Makanan ini memang padat akan nutrisi dan juga lemak. 

Namun, lemak yang tekandung dalam kacang-kacangan ini adalah lemak sehat. Memang tersedia berbagai jenis kacang-kacangan, hampir semuanya juga mengandung  nutrisi yang baik untuk tubuh. Tetapi, jika kita berbicara mengenai kolesterol, maka kacang yang cocok untuk dikonsumsi adalah kacang almond. 

Kacang ini juga sudah terbukti secara medis dapat menurunkan kolesterol jika Anda rajin mengonsumsinya. Dalam waktu 2 minggu, Anda juga sudah dapat merasakan perubahan yang terjadi pada kolesterol Anda. 

Jenis makanan menurunkan kolesterol


Agar dapat beli kacang almond terbaik, Anda dapat membeli produk dari Nutify Indonesia. Tersedia berbagai macam varian rasa kacang almond panggang. Mulai dari yang pedas, manis dan juga asin. 

Anda tenang saja, karena kacang almond yang diolah oleh Nutify Indonesia ini menggunakan bahan-bahan yang asli dan segar tanpa adanya campuran MSG atau bahan kimia lainnya. 

Salah satu variannya adalah Nutify Almond Gourmet Dark Chocolate. Rasa manis dan gurihnya kacang almond berpadu di dalam mulut Anda. Dijamin akan membuat Anda ketagihan!

2. Ikan Berlemak


Yang selanjutnya adalah ikan berlemak. Mungkin, Anda akan sedikit kaget karena ikan berlemak masuk ke dalam jajaran makanan untuk penderita kolesterol. 

Ikan berlemak, seperti ikan makarel, tuna, dan juga ikan salmon, adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat bagus. 

Omega-3 sudah terbukti dapat meningkatkan kolesterol baik atau dalam istilah kedokteran disebut dengan HDL, dan dapat menjaga kesehatan jantung. 

Ikan ini paling sehat untuk dikonsumsi dengan cara mengukus atau merebusnya. Mengonsumsi ikan sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh Anda. 

Baca juga: Waspada! Antibiotik Bukan Obat Dewa. Kenali dengan Bijak, Yuk! 

3. Olahan Kedelai


Yang selanjutnya adalah olahan kedelai. Makanan seperti oncom, tempe, tahu, dan yang lainnya memang sudah terbukti baik untuk kesehatan jantung. 

Selain itu, beberapa studi juga sudah membuktikan bahwa mengonsumsi olahan kacang kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh Anda dan meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Mengonsumsi sebanyak 25 gram kedelai (setara dengan 10 ons tahu atau setengah cangkir susu kedelai) dalam sehari, terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 5% sampai 6%. Cara ini termasuk ampuh dalam menurunkan kolesterol tinggi. 

4. Oat


Selanjutnya adalah oat. Makanan yang satu ini memang selalu ada dalam setiap rekomendasi makanan sehat. Baik untuk asam lambung, kolesterol, diet menurunkan berat badan dan juga lain-lainnya. 

Fungsi lainnya juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Anda dapat mengonsumsi sereal oat ini setiap kali sarapan. Kandungan beta-klugan, yaitu sejenis serat larut yang ada dalam oatmeal, efektif menurunkan kolesterol. 

Dengan mengonsumsi oatmeal, kadar kolesterol total bisa turun hingga 5%. Sedangkan kolesterol jahat, bisa turun sampai 7%. Selain bermanfaat, oat ini juga nikmat rasanya dan bisa dicampur dengan berbagai macam buah-buahan yang kering dan sehat. 

Baca juga : 8 Cara Diet Mudah dan Sehat

5. Minyak Zaitun


Yang selanjuntya adalah minyak zaitun. Seperti yang kita ketahui, minyak ini juga merupakan minyak yang bisa kita konsumsi secara langsung tanpa harus mengolahnya dalam sebuah makanan tertentu. 

Minyak zaitun merupakan minyak yang kaya akan asam lemak tak jenuh, yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik, dan tentunya dapat menurunkan kolesterol jahat. 

Tidak hanya itu saja, minyak zaitun juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Anda dapat mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 4 sendok makan atau sekitar 60 ml dalam sehari. 

Selain itu, Anda  juga dapat mencampurkan buah zaitun pada salad Anda setiap harinya agar rasanya menjadi lebih nikmat. 

Itulah beberapa makanan untuk penderita kolesterol. Konsumsi setiap hari tidak ada masalah, karena memang sangat baik untuk kesehatan Anda. 

11 Kiat Memilih Pasangan Hidup 2021

Jumat, 12 Juni 2020

Seperti apa calon pasanganku?- Ngomongin soal pasangan kadangkala membuat saya bosan. Tidak cukup sekali atau dua kali ditanya "Kapan Nikah lagi?" dan jelas dong jawabannya tetap sama. Karena memang belum terpikir kapan mau membina rumah tangga baru lagi. Sedangkan menurut orang tua dan beberapa orang terdekat, saya seharusnya sudah menikah lagi.Hiks 

Hmmm...Kebayang rempongnya? Nyesek ya ditanyain terus? Hahaha

Sebenarnya saya sadar betul kenapa mereka menanyakan pertanyaan yang sama berulang-ulang. Tentu saja khawatir, dan bisa juga kasihan melihat saya pontang-panting sendiri. Mulai dari mengurus anak sendiri, urus rumah sendiri, hingga urusan mencari nafkah. Jadi, sangat wajar. 

Namun, adakalanya saya merasa tertekan karena diberondong pertanyaan yang sama, diulang-ulang pula. Sempat berpikir juga, Emang, kalau udah nikah lagi, semua masalah bakal beres gitu?

Ah, nggak juga, kan?

Terus, gimana dong? Kapan nikah? Hahaha 

Sebelum memutuskan menikah untuk kedua kali, setidaknya ada beberapa hal yang harus benar-benar saya perhatikan. Penting banget, lho, buat saya. Secara nih saya bukan gadis lagi, melainkan single parent yang memiliki dua anak. Tentu saja kiat memilih pasangannya jauh berbeda dengan mereka (baca:Jomlo keren) yang sedang berburu pasangan halal.

Setidaknya ada poin penting, yang mungkin tidak masuk dalam kriteria para singlelilah tersebut. Contoh sederhana, misal para single yang masih gadis dan tampan rupawan, penampilan wajah akan menjadi kriteria utama mencari calon pasangan halal. Sedangkan bagi saya, urusan wajah bisa menjadi kriteria nomor terakhir. Jauh bedanya, kan? Hihi

Nah, di artikel ini saya akan sedikit curhat tentang kiat memilih pasangan hidup versi single parent. Tentu saja ulasan sederhana ini cocok dibaca teman-teman single parent yang senasib dan seperjuangan. Tetapi jika kalian  para singlelilah- mau ikutan baca juga, wuah, saya senang banget dong. Yuk, simak. Apa saja sih kiat-kiatnya? 

1. Kenali Diri Sendiri 


Gimana sih karakter Malica? Sifatnya kayak gimana ya?

Tips memilih pasangan hidup
Freepik.com

Yup. Mengenali diri sendiri lebih dalam menjadi poin penting sebelum memutuskan untuk mencari pasangan hidup ideal. Saya harus tahu siapa dan seperti apa diri saya sebenarnya. Bagaimana karakter dan sifat yang ada dalam diri. sehingga dari sini, saya bisa menentukan pria seperti apa yang cocok menjadi imam until jannah. 

Sayangnya, meski yang dianalisa adalah diri sendiri. Ternyata tidak semudah diucapkan. Saya masih saja kesusahan mengenali diri sendiri. Hingga saya pun mencoba trik jitu agar infonya lebih valid. Yaitu, bertanya pada teman, saudara, atau sahabat. Saya meminta mereka memberikan pandangan jujur siapa saya. Dan pastinya dilarang baper dong kalau mereka sudah mengeluarkan pendapat jujur.

Sejatinya, pendapat mereka itu paling manjur. Dari sanalah saya jadi tahu tentang kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Sehingga saya pun bisa memilih siapa pria yang tepat menikah dengan saya nantinya. Pria yang bisa menerima dan menutupi kekurangan saya. Begitupun sebaliknya, saya harus bisa menerima dan menutupi kekurangan yang dimiliki calon pasangan hidup. Seru nggak tuh?


Baca juga: Cara Mengatasi Insecure pada Diri Sendiri


2. Cintai Diri Sendiri  


Memilih pasangan hidup ideal
Freepik.com


Ketika kita sudah menyelesaikan masalah dengan diri sendiri dengan mengenali kekurangan dan kelebihan, proses selanjutnya adalah cintai diri kita sebelum mencintai orang lain. Ini benar, bahkan penting. Karena dengan menyayangi diri sendiri terlebih dulu,  maka orang lain akan lebih paham bagaimana harus menyayangi kita.

Jangan pernah menempatkan diri sendiri sebagai obyek yang boleh disakiti, atau bahkan dibuat terluka hatinya. Kita yang lebih paham dengan diri sendiri, maka, kita harus bisa memperlakukan diri dengan baik. Prioritaskan diri untuk mendapatkan kebahagiaan dari pasangan. Dengan begini kemungkinan calon pasangan kita akan lebih menghargai pasangan.

3. Memantaskan Diri 


Cara mencaru jodoh idaman
Freepik.com
Konon ada yang bilang, jodoh adalah cerminan dari kepribadian kita. Pria yang akan menemani kita dalam suka dan duka, sebenarnya tidak akan jauh-jauh dari gambaran pribadi kita.  Maka, sudah selayaknya untuk memantaskan diri terlebih dahulu untuk menyambut jodoh impian.

4. Temukan Passion

 

Ciri-ciri pasangan idaman


Kenapa saya menikmati masa single selama 5 tahun? Jawabannya adalah karena saya menemukan passion yang tepat. Passion membuat saya benar-benar hidup setelah patah hati. Dengan menggali passion saya ini, semangat hidup lebih terbakar.

Oleh karenanya, dalam proses pencarian jodoh impian yang terakhir, insyAllah.

Saya menginginkan pasangan hidup yang mau mendampingi tujuan yang ingin saya capai. Dia adalah sosok yang akan mendukung apa impian yang saya inginkan.

Yang lebih menarik, kita akan membangun mimpi yang sama dengan passion yang sama pula. Sehingga kita tidak perlu mengorbankan passion masing-masing hanya demi cinta. Benar nggak nih?


5. Menurunkan Ego Diri


Pasangan hidup adalah


Menikah tidak hanya mengikat dua hati, tetapi juga menyamakan visi dan misi. Jika sudah menikah, pasangan akan menjadi teman berbagi, teman berdiskusi, dan teman bercanda setiap hari.

Maka, demi terciptanya hubungan yang langgeng, penting sekali untuk belajar menurunkan ego diri agar saat menghadapi perbedaan pandangan dengan pasangan tidak memicu pertengkaran. Kita bisa dengan lembut dan santun menyampaikan pendapat, tanpa perlu saling menyudutkan.

Jadi dalam prosesnya, saat ini saya belajar untuk menurunkan ego sendiri, juga belajar mengendalikan emosi yang baik. Tujuannya tak lain agar kelak bisa membangun hubungan cinta bersama pasangan lebih romantis dan dinamis. Pastinya hubungan terjalin dengan sangat menyenangkan. Semoga harapan ini terkabul, ya. hehehe

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Mental Illness


6. Jodoh Seiman


Pasangan hidup adalah
Freepik.com

Pernikahan adalah sebuah perjalanan panjang yang akan dijalani seumur hidup. Jadi, teman yang kita butuhkan sebagai pendamping hidup pun tidak hanya yang bisa menolong dan mendukung, tetapi harus bisa membawa kita dekat dengan Tuhan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa mencari jodoh impian yang seiman juga penting.

Pasangan seiman yang nanti mengajarkan banyak hal sesuai syariat agama yang dianut. Dia mendasari sebuah pernikahan untuk mencari rida-Nya demi merengkuh surga bersama. Alasan lainnya, memiliki jodoh seiman lebih sedikit memicu konflik rumah tangga. 


7. Bibit, Bobot, Bebet


Mengenali calon pendamping hidup


Di jawa, filosofi memilih jodoh masih berpegang teguh pada bibit, bobot, dan bebet.  Bahkan, hal pertama yang ditanyakan ketika ada perempuan dan pria yang menyatakan saling serius, kemudian ingin menikah. Tiga kata ajaib tersebut bakal dikepoin duluan.

Hal ini dipertegas lagi oleh pakar parenting, Ayah Edi, juga menyampaikan bahwa konsep dari filosofi Jawa tersebut mengandung kearifan dan masih menjadi adat istiadat.

Lantas, apa sih yang dimaksud bibit, bobot, dan bebet itu?

Bibit adalah kriteria memilih pasangan dilihat dari asal-usul atau garis keturunan. Bukan berarti calon menantu harus kaya atau berasal dari golongan darah biru, ya. Bibit lebih bermakna pada latar belakang seseorang yang jelas. Dari mana dia berasal, bagaimana sifat dan wataknya, serta tentang didikan orang tua yang tercermin dari perilakunya.

Bobot cenderung pada kualitas diri lahir dan batin. Termasuk keimanan, pendidikan, pekerjaan, kecakapan, serta perilaku calon pasangan. Mungkin terlihat remeh, kenapa sih harus ditanyakan pendidikannya gimana? Ini contoh ya.

Bagi saya, pasangan menikah yang berpendidikan cenderung memiliki tingkat berpikir yang luas. Pikirannya tidak sempit dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, kenapa  penting ditanya tentang pekerjaan? Kok, kelihatan matre sih!

Tentu saja salah jika ada yang berpikir menanyakan apa pekerjaan calon imam rumah tangga dianggap matre. Ketahuilah, tidak semua perempuan seperti itu. bertanya tentang pekerjaan memiliki tujuan, yang tak lain adalah menilai keseriusan calon pasangan yang akan diajak menikah.

Di sisi lain, pekerjaan bisa dijadikan tolok ukur kesanggupan menafkahi keluarga sekaligus siap menjadi imam dalam rumah tangga. Sangat masuk akal, bukan?

Bebet atau cara berpenampilan. Menurut orang  Jawa, melihat cara berbusana bisa dijadikan gambaran dari pribadi orang tersebut. Tapi, untuk penilaian bebet ini tidak terlalu penting banget.

Baca juga: 5 Cara Suami Atasi Istri Baby Blues

8. Keseriusan Calon Pasangan


Kiat memilih pasangan hidup


Karena bukan pernikahan pertama, perihal keseriusan ini pun perlu berhati-hati. Tentu kalian tahu kenapa alasannya, kan? Yang pasti saya tidak ingin mengalami kegagalan kedua kali.

Jadi, bila perlu saya harus menguji keseriusan pasangan. Mulai dari selalu tepati janji, berani bertemu orang tua, rencana masa depan jelas, dan pastinya mau dekat dengan anak-anak, ya.

9. Kenyamanan yang Utama 


Tips memilih pasangan idaman


Kenyamanan adalah kunci indahnya sebuah hubungan pernikahan. Juga salah satu indikasi untuk menemukan pasangan hidup yang tepat.

Maka saya harus memeriksa hati terlebih dahulu semisal ingin menjalin hubungan dengan seorang pria.

Apakah saya merasa cocok dengannya?

Apakah saya nyaman berbincang tentang apa  saja dengannya?

Apakah saya bisa menerima kekurangannya?

Jika hati saya menjawab iya, mungkin bisa saja saya membuka hati kembali, kan? Hehehe

10. Pasangan yang Siap Mendukung


Pasangan hidup adalah


Jangan terlalu terlena dengan yang namanya cinta saat memilih pasangan hidup. Jika boleh saya bilang, cinta bukan syarat utama menuju pernikahan bahagia.

Jadi tidak sepenuhnya benar apabila menikah tanpa cinta tidaklah bahagia. Yang utama adalah mencari pasangan yang siap mendukung apa rencana hidup kita. Di sinilah besar kemungkinan dia adalah calon belahan jiwa.

Yah, meski kita tahu bahwa yang namanya jodoh itu rahasia. Tetapi setidaknya, seseorang yang bisa membuat kita semangat dengan mendukung impian dan cita-cita kita, dan bukan sebaliknya. Mungkin bisa dipertimbangkan lagi, ya.


11. Dengarkan Kata Hati


Tips memilih pasangan hidup idaman

Menentukan siapa pria yang pantas menjadi pasangan hidup kita memang tidak mudah. Oleh karenanya, sangat penting mendengarkan kata hati sebelum memutuskan Saya siap menikah. Jangan pernah memaksa menikah dengan seseorang hanya karena terpaksa atau desakan orang tua. Apalagi jika alasannya karena malu terlalu sering dinyiyirin tetangga atau orang lainnya. 

Ketahuilah, tujuan menikah bukan hanya menyatukan dua hati, dua individu. Selain sebagai salah satu cara menyempurnakan agama. Dengan menikah, kita berniat menguatkan ibadah sebagai benteng untuk menjaga kehormatan diri agar terhindar dari hal-hal yang dilarang agama. Sekaligus, menikah juga menjadi investasi akhirat dengan mendidik anak-anak agar menjadi salih dan salihah. 

Maka, sudah sepantasnya jika kita memilih imam yang mampu membimbing kita. Bertanggung jawab sepenuhnya pada diri kita sebagai pendampingnya untuk mengejar rido Allah bersama-sama, bukan? Jadi, pilih sesuai kata hati. cari yang nyaman di hati dan yakin jika dialah calon belahan jiwa sampai maut memisahkan. 

Teman, menikah bukan sebuah perlombaan. Siapa yang cepat mendapatkan jodohnya, dialah pemenangnya. Sama sekali tidak, ya.

Maka, jangan terlalu pusing jika saat ini jodoh impian belum datang mendekati. Ada baiknya dalam masa penantian menunggu jodoh, kita lebih banyak memberikan peluang pada diri sendiri untuk memperbaiki diri dan memperbanyak ilmu.

Hingga ketika saatnya jodoh itu datang, kita pun siap berjuang bersama membangun rumah tangga impian yang sakinah, mawaddah, dan warrahmah. Nah, semoga 11 kiat memilih pasangan di atas tersebut bermanfaat bagi kalian yang saat ini sedang proses menunggu jodoh yang siap halalin ke bapak dan ibu, ya.