Apa Itu Insecure dan Cara Mengenali Pribadi Insecure

Kamis, 15 Oktober 2020
Cara mengenali pribadi insecure


Belakangan, apa itu insecure sering diperbincangkan. Bahkan seringkali juga kata insecure disisipkan dalam kosa kata yang diucapkan oleh generasi milenial. 


Konon kata ini diucap ketika perasaan cemas, ragu, tidak percaya diri, hingga takut menghampiri. 


Orang yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi pun pada kondisi tertentu juga akan mengalaminya, misal merasa pekerjaan yang dilakukan tidak maksimal, merasa tidak berguna, hingga fisik yang tidak enak dipandang. 


Apakah insecure normal? 


Normal, kok! Namun, yang perlu dipahami, insecure yang berlebihan dan dibiarkan lama-lama bisa menghambat potensi diri. Berhubungan dengan orang over insecure pun juga akan merepotkan karena akan memberikan dampak negatif.


Sebenarnya, apa itu insecure?


Insecure merupakan istilah yang mendeskripsikan perasaan tidak aman yang membuat seseorang merasa gelisah, takut, malu, dan tidak percaya diri. 


Insecure tidak muncul dengan sendirinya. Penyebab insecure bisa berasal dari luar atau dalam diri sendiri. Contoh penyebab dari luar adalah perlakuan over protective, sementara penyebab dari dalam adalah perasaan takut gagal.


Penting untuk Dibaca: 7 Cara Mengatasi Insecure Pada diri Sendiri


Cara Mengenali Pribadi Insecure


Sebagai makhluk sosial yang senantiasa berinteraksi, insecure akan menjadi penghambat untuk bisa tampil sebagai diri sendiri dan menghambat aktivitas sehari-hari. Lebih dari itu, insecure yang berlebih akan memengaruhi mental. Berikut ini adalah cara mengenali pribadi insecure.


Merasa Rendah Diri


Orang insecure terlalu fokus mengeluhkan kekurangan yang dimiliki dan sering merasa understimate dengan kemampuannya. 


Akibatnya, mudah mempermasalahkan hal-hal sederhana yang seharusnya tidak perlu dipusingkan. Tidak jarang orang insecure butuh pengakuan dan pujian untuk menutupi perasaan rendah dirinya. Contoh, ‘rambutku bagus, kan’ atau ‘penampilan aku tadi bagus, kan’.


Merendahkan Orang Lain


Untuk mentupi kekurangan diri dan mencari perhatian, tanpa disadari orang insecure akan merendahkan orang lain. 


Tujuannya adalah agar terlihat lebih dan mempunyai nilai plus yang bisa dibanggakan. Ini sebagai bentuk pembuktian bahwa ada yang lebih buruk dari dia. Tidak jarang, orang insecure akan melontarkan kalimat negatif yang menjatuhkan dan membuat malu orang lain.


Mudah Tersinggung dan Marah


Bukan tanpa alasan, ini terjadi karena orang insecure terlalu mendengar orang lain tanpa mencari tahu siapa subjek dari pembicaraan karena mereka mengira bahwa setiap orang sedang membicarakan dirinya. Orang insecure terlalu sensitif sehingga mudah tersinggung dan marah. 


Suka Membandingkan Diri Sendiri dan Orang Lain


Pernahkah berpikir jika media sosial membuat seseorang menjadi pribadi yang insecure? 


Di media sosial seseorang lebih suka menampilkan versi terbaik dari dirinya dan orang insecure akan membandingkan dirinya dengan orang lain. Perasaan ‘Kok, aku tidak seperti dia, ya’ pun sering muncul. Pada akhirnya, ini akan membuat terpuruk dan timbul perasaan iri. 


Kita tidak pernah tahu bagian lain dari kehidupan seseorang, baik di dunia nyata atau hasil sharing di media sosial. Untuk itu, tidak perlu repot-repot membandingkan kehidupan dengan orang lain agar tidak menjadi pribadi insecure. 


Insecure bisa dikategorikan sebagai masalah yang berhubungan dengan kejiwaan. Terlebih, jika sudah diluar batas normal dan menimbulk an perasaan tidak aman. 


Insecure tidak bisa dihilangkan dalam waktu yang singkat dan dapat terulang kembali. Namun, setidaknya ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengurangi frekuensi dan level insecure.


Hargai Diri Sendiri


Penghargaan tidak hanya datang melalui pujian dari orang lain, baik dari pasangan, keluarga, maupun atasan. Tidak juga harus berupa materi. 


Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghargai apa yang ada pada diri sendiri. Sulit? Pasti. Namun, bukan berarti mengeluh, menyalahkan diri sendiri, hingga marah pada Tuhan. Dengan menghargai diri sendiri, rasa percaya diri, kecemasan, dan rasa takut yang berlebih akan dapat diatasi.


Menulis Kata-Kata Positif  Di Tempat yang Sering Dilihat


Apakah kamu termasuk orang yang percaya dengan kekuatan kata-kata? Kata-kata positif yang sering dilihat, diucap, dan dipikirkan bisa menjadi do’a yang mampu mengubah perilaku seseorang dan juga masuk ke pikiran bawah sadar. 


Kamu bisa menulis kata-kata tersebut dalam jurnal, dinding kamar, meja kerja, bahkan sebagai wallpaper handphone dan laptop. Semakin sering membaca kata-kata tersebut, secara perlahan pikiran akan terbentuk sesuai dengan kata-kata.


Menjaga Kebersihan Diri


Sehat berawal dari pola hidup bersih yang diterapkan dalam gaya hidup. Tidak hanya sehat secara fisik, tapi juga sehat secara mental. 


Dengan menjaga kebersihan diri, maka akan membantu mengatasi insecure yang muncul. Kebersihan diri menimbulkan rasa nyaman dan percaya diri. Karena itu, penting menjaga kebersihan diri mulai dari hal paling sederhana, seperti mengatasi bau badan dan keringat yang berlebih. 


Masalah bau badan yang muncul akibat ketiak yang bau, bisa membuat kamu insecure dan menjadi masalah juga bagi orang yang berada disekeliling. 


Untuk itu, kamu bisa menggunakan Rexona Antibacterial Defense Deodorant Spray yang akan memberikan 10x perlindungan antibakteri yang menyebabkan bau badan.


Insecure bukanlah masalah tanpa solusi. Ketika mengerti apa itu insecure dan tahu juga tipe orang penyebab insecure, maka kamu akan berusaha untuk mengatasinya. Selain itu, insecure bukan sesuatu yang harus ditakuti secara berlebih.


Software HR Indonesia: Membina Hubungan yang Baik dengan Tenaga Kerja

Sabtu, 10 Oktober 2020

Software HR Indonesia untuk Karyawan

 

Semua produksi perusahaan dipengaruhi oleh kinerja karyawannya. Maka dari itulah mengapa perusahaan harus membina hubungan yang baik dengan karyawan.  

HRD sebagai barisan terdepan dalam pengelolaan karyawan pun harus berperan aktif untuk mengelola jumlah karyawan yang banyak, walau jumlah tim HRD sendiri tergolong sedikit. 

Software HR Indonesia yang dapat membantu kinerja HRD untuk mengelola jumlah karyawan yang tergolong banyak.

Kenapa Hubungan Karyawan itu Penting?


Software HR Indonesia terpercaya


Aset perusahaan yang paling berharga adalah karyawannya. Keberhasilan perusahaan akan bergantung pada cara kerjanya dalam membina hubungan dengan karyawan.

Jika karyawan sering terlibat dan termotivasi, karyawan akan berusaha keras untuk memenuhi harapan dan tujuan perusahaan. Hubungan karyawan yang baik adalah kunci sukses bagi perusahaan mana pun terlepas dari ukuran perusahaan dan jumlah karyawan.

Hubungan positif antara perusahaan dan karyawan mengarah pada motivasi dan keterlibatan karyawan yang lebih tinggi. 

Saat karyawan bahagia, mereka  bekerja lebih produktif. Berarti kualitas produk dari output perusahaan pun akan terjaga dan  pelanggan puas dengan pelayanan perusahaan. 

Hubungan yang sehat di antara karyawan tidak hanya menguntungkan karyawan dan pelanggan, tetapi juga bagi seluruh organisasi. 

HRD harus memberikan contoh yang baik dalam hal hubungan karyawan. Sebagai pihak yang sering berhubungan dengan karyawan, HRD  dapat membantu membangun budaya perusahaan yang positif dan yang mendorong hubungan karyawan yang baik. 

HRD juga dapat membantu karyawan dalam hal mediasi dan penyelesaian ketika terjadi konflik antara karyawan. Pengurangan konflik akan membantu karyawan berkonsentrasi pada pekerjaan. Lingkungan kerja yang menyenangkan dan produktif akan berpengaruh pada loyalitas. 

Perusahaan yang memiliki karyawan dengan tingkat loyalitas tinggi dapat mengurangi jumlah karyawan resign tiap tahunnya. 

Membina Hubungan Karyawan dengan Memanfaatkan Software HR Indonesia 


Sayangnya, jumlah karyawan yang banyak tersebut menjadi tantangan bagi HR untuk menunaikan tugas hariannya. 

Ada kalanya seorang staf HRD melakukan kekeliruan dalam pengelolaan karyawan seperti salah menghitung gaji, reimbursement yang terlambat, dan lain-lain.Kekeliruan ini jika dibiarkan dapat menghambat kinerja HRD dan akhirnya membuat hubungan antara karyawan dan perusahaan menjadi tidak lancar. 


Berinvestasi dengan menggunakan Software HR Indonesia dapat menjadi pilihan utama untuk mengelola SDM demi hubungan dengan karyawan yang harmonis. 

Mengapa Software HR Indonesia dari LinovHR bisa membantu meningkatkan kualitas hubungan karyawan dengan perusahaan? Sistem dalam software mampu memproses dan mengotomatisasi kinerja HRD yang berkaitan dengan administrasi karyawan seperti penggajian, approval cuti, pencairan reimbursement, dan lain-lain.  

Karena semua proses terotomatisasi, maka tidak ada lagi kesalahan dari proses administrasi HRD. Sehingga HRD mampu memfokuskan diri untuk membina hubungan dengan karyawan dengan berbagai perencanaan strategis. 

Ingin mengenal Software HRD Indonesia dari LinovHR lebih lanjut? Hubungi LinovHR sekarang juga! 

Berani Resign dengan Mengoptimalkan Peluang Ngeblog


Tips Optimalkan penghasilan ngeblog


"Jangan Mengerdilkan Rezeki Sendiri, Carilah Jalan Ninjamu. Berani resign, maka kamu berani keluar dari zona nyaman."

Kalimat pendek tersebut yang membuat saya berani resign. Hingga pada tahun 2019, tepatnya awal September  saya memantapkan hati untuk  menghadap kepala unit kantor dengan membawa surat pengunduran diri mengajar. 

Tangan gemetar, langkah kaki pun terasa berat. Saya berusaha mati-matian menahan air mata supaya tidak menangis di depan kepala unit kantor. Kalau boleh jujur, saya masih berat melepaskan pekerjaan mengajar tersebut. 

Pertama, Hampir 7 tahun saya mengabdi di lembaga bimbingan belajar tersebut. Meski sempat berpindah kantor dari kota Lamongan ke kota Cirebon, tetapi saya merasa semua pengajar di sana adalah keluarga. Ini yang membuat berat hati untuk resign. Seolah-olah saya merasa kehilangan keluarga untuk berbagi keluh-kesah. 

Ketakutan lain yang membuat saya tidak berani resign adalah ketika saya harus memikirkan 'Nanti kerja apa' sementara ada dua anak yang harus saya penuhi kebutuhannya.

Saat itu saya hanya bisa pasrah dan meminta sama Allah. "Kuatkan ya Allah. Semoga ini jalan yang terbaik."
 
Di saat hati merasa bimbang, pikiran bingung tak karuan, meminta pertolongan sama Allah adalah penguat paling ampuh buat diri saya yang sedang dilema. Dan tepat pada hari rabu siang, saya resmi menjadi emak-emak pengangguran. 

Tawaran Datang di Saat yang Tepat


Bagi seorang single mom seperti saya, memutuskan resign harus dipikirkan berulang kali. Apalagi saya tidak memiliki tabungan untuk persiapan bulan-bulan berikutnya.

Saat memutuskan resign, saya hanya mengandalkan uang dari hasil kerja online menjadi content writer di beberapa media online. Fee yang dibayarkan tidak banyak karena per artikel hanya dihargai Rp. 15.000 saja. 

Mungkin orang yang tahu gaji saya sebagai content writer akan berpikir, "Uang 15 ribu per artikel, emang cukup buat jajannya anak setiap hari? Bayar SPP sekolah? SPP mengaji? Belum lagi beli bayar listrik, bayar Air PDAM dan kebutuhan lainnya?"

Tepat sekali. Saya juga berpikir demikian. Namun terkadang hitungan matematika kita, tidaklah sama dengan hitungan matematika Allah. Bisa saja yang kita hitung selama ini berbeda dengan hitungan rezeki dari Allah sehingga saya tidak mau mengerdilkan rezeki sendiri. 

Oleh karena itu, saya harus berpikir positif tentang rezeki. Pelan-pelan, saya mulai menggali skill diri. 

"Kira-kira, saya memiliki skill apa saat ini?"

Kalimat ini yang saya pikirkan setahun lalu. Hingga terbesit untuk fokus dalam satu skill saja, yaitu menulis. Memang menulis bisa menghasilkan uang? 

Awalnya tidak begitu yakin menulis adalah jalan ninja saya untuk mendapatkan uang. Tetapi saya diingatkan kembali oleh pesan seorang mentor di acara Workshop Writerpreneur BEKRAF di Surabaya. Beliau bilang,

"Penamu mampu menembus masa depan. Maka, kamu sisipkan kata-kata yang baik. Selipkan harapan. Dan juga doa saat menulis. Rezeki akan mengikuti."

Saya  mulai merenungi perkataan mentor saya tadi. Lalu saya mencoba memetakan skill menulis yang benar-benar dikuasai. 

Dari 10 profesi menulis, ternyata profesi blogger berada di pilihan pertama. Dan saat itu juga sebuah tawaran datang dari seorang web developer asal Minang.

"Mbak Malica ngeblog aja deh. Nanti saya bantu buat percantik blognya. Mbak fokus isi kontennya aja, ya."

MasyaAllah, sejenak saya tertegun membaca chat dari teman tersebut. Apakah ini jawaban dari semua kegelisahan saya perihal pekerjaan setelah resign? 

Saat itu juga teman developer meyakinkan dengan menceritakan pengalaman dia ngeblog dan bergabung di komunitas blogger Jakarta.

Peluang-peluang ngeblog yang menjanjikan. Saya pun tergiur ingin mengikuti jejaknya. Bahkan saya sempat berpikir, menjadi blogger enak banget kayaknya.  

Dan seketika itu, saya bilang sama dia.

"Aku mau jadi blogger, uda. Mohon bimbingannya, ya."

Tak lama setelah diskusi saya dan web developer tersebut berlangsung,  lahirlah blog lifestyle sederhana www.malicaahmad.com. 

Tips Mengoptimalkan Peluang Blog untuk Blogger Pemula


Tak jarang pertanyaan seperti ini muncul di pesan whatsapp saya.

"Mbak Malica kasih tips ngeblognya dong. Gimana sih jadi blogger pemula yang menghasilkan kayak mbak?"

Saya selalu tersenyum ketika ada yang bertanya tips ngeblog. Jujur, sebagai blogger anyaran yang baru terjun di dunia blog selama 1 tahun. Saya tidak memiliki rahasia khusus agar bisa berpenghasilan dari blog. Saya hanya menerapkan teknik ngeblog sederhana yang sesuai dengan kemampuan saja. 

Sedikit banyak teknik tersebut sudah dilakukan oleh blogger senior. Dan saya menirunya, memodifikasi sesuai skill yang dimiliki dan berani trial dan error sampai berhasil. 

Coba deh disimak. Pasti kalian bakal bilang, "Yah, Cuma gitu aja tipsnya." Hehe

Tips memanfaatkan peluang blog


1. Konten adalah Koentji 


Content is the king. Mantra ini yang saya pegang mulai dari awal ngeblog. 

Sejak memutuskan menjadi blogger, saya membuat jadwal update tulisan. Setidaknya dalam 1 minggu ada 3 konten yang saya posting. 

Kenapa demikian?

Anggaplah Konten tersebut sebagai sarana personal branding. Dari konten tersebut, saya ingin mengenalkan pada teman media sosial saya. Bahwa saat itu saya telah memiliki blog sebagai wadah untuk berbagi. Meski saya tahu, konten yang saya tulis masih receh. Tetapi saya berpikir positif, jika suatu saat konten receh tersebut akan menemukan takdirnya. 

Dan yang terpenting, konten yang saya jadikan kunci personal branding blog, merupakan tulisan yang memang saya kuasai dan khas dengan karakter "Gue banget".


2. Kenalkan Karya Melalui Media Sosial yang Kamu Kuasai


"Media sosialmu mana yang ramai pengunjung?"

Inilah yang saya jadikan patokan untuk mengenalkan blog Malica. Dan media sosial yang akrab dengan branding saya saat itu adalah facebook.  Saya usahakan update di facebook setiap kali ada artikel yang tayang di blog Malica. 

Kenapa facebook? Kenapa nggak pakai media sosial lain? 

Yup. Saya bukanlah blogger multitalenta di bidang optimasi media sosial. Jadi media sosial mana yang benar-benar saya kuasai, itulah yang saya optimalkan dengan maksimal. So, di bagian ini kalian bebas ya.


3. Ilmu adalah Investasi


Banyak yang ingin sukses, tetapi enggan investasi leher ke atas. Ini salah. 

Saat berani resign, saya berjanji pada diri sendiri untuk belajar hal baru yang belum saya kuasai. Dan untuk belajar hal baru ini, mau nggak mau saya harus investasi leher ke atas agar skill mengalami peningkatan. 

Selain alasan di atas, saya juga sadar betul skill ngeblog saya kurang. Ilmu ngeblog saya masih cethek banget.Makanya, saya butuh ilmu agar proses ngeblog lancar.

Sebagai pemula, saya mulai melirik ilmu SEO atau search engine optimization dasar. Saya belajar step by step bagaimana trik membuat artikel bisa menduduki peringkat pertama di laman google. 

Tak hanya SEO yang saya pelajari waktu itu. Sekalipun saya paham cara menulis, tetapi saya belum tahu teknik menulis blog menyenangkan pembaca. Nah, ikutan deh kelas content writing. 

Pokoknya, awal terjun menjadi blogger, saya tidak eman (Kata orang Jawa) untuk investasi ilmu blogging lebih mendalam. 

Dan tak lupa, praktik adalah kunci keberhasilan dari sebuah kelas yang kita ikuti untuk meningkatkan skill. Tanpa praktik, sebanyak apa pun materi yang saya dapatkan di kelas tidak akan berguna. Sepakat, ya! 


4. Memperluas Networking 


Memperluas networking harus dilakukan oleh seorang blogger. Jangan malu mencari partner yang memiliki tujuan sama. Jangan malu bertanya kepada blogger senior yang lebih tahu. 

Menjalin relasi itu penting. Dengan memiliki relasi, kita bisa saling berbagi rezeki. Inipun yang saya yakini selama menjadi blogger setahun ini. 


5. Carilah Mood booster yang Bikin Kamu Semangat Ngeblog


Nah, mood booster adalah sesuatu yang urgensi buat saya. Sebagai blogger pemula, semangat ngeblog saya up dan down. Untuk menyiasati itu, saya sangat perlu mencari mood booster terlebih dahulu agar suasana menjadi good mood. 

Maka, jika kalian memiliki tipikal sama kayak saya, sebaiknya carilah mood booster agar semangat ngeblog tidak meredup begitu saja.


6. Konsisten Itu Penting


Konsisten sebagai penutup tips memanfaatkan peluang blog ala saya. 

Dan tahu nggak, konsisten ini tidaklah mudah. Saya pernah hampir sebulan membiarkan blog Malica dihinggapi sarang laba-laba. Tidak ada tulisan yang diunggah selama 30 hari. 

Nah, di sini saya mengingat kembali apa tujuan ngeblog. Jika saya berani resign dengan mengambil peluang berpenghasilan dari blog, maka saya harus menjaga konsistensi ngeblog.
 
Memang sih, membangun blog hingga menghasilkan cuan itu tidak mudah. Membangun konsisten juga tidaklah gampang. Namun jika saya diam dan bermalas-malasan, saya bakal menjadi blogger yang moddy-an. 

Nggak mau, kan? Sayang banget domain dan hosting yang sudah dibayar!   

Nah, setelah tahu tips dasar ngeblog, pasti kalian penasaran, apa saja sih penghasilan yang didapatkan selama 1 tahun ngeblog secara konsisten? 

Berikut portofolio pemula saya. 

Tips mengoptimalkan peluang blog untuk pemula


Menjadi Blogger Perempuan Berdaya di Tahun 2020 Bersama IIDN dan IM3 Ooredoo


Cara berpenghasilan dari blog

Tahun 2020 mungkin menjadi tahun yang pahit. Hadirnya wabah pandemi di pertengahan tahun, ternyata memporak-porandakan ekonomi di Indonesia. Hal tersebut berdampak juga pada dunia blogging.

Ngeblog tidak seasyik setahun lalu ketika saya memutuskan berani resign. Konsistensi yang saya junjung agar naik kelas menjadi blogger profesional tidaklah cukup. 

Banyak syarat yang harus dipenuhi agar tetap menjadi blogger berdaya dan dilirik oleh sebuah brand untuk ditawari job.

Konten berkualitas memang masih menjadi pertimbangan klien dalam menyewa jasa blogger. Tetapi masa pandemi ini, klien juga berpikir cerdas. Angka DA menjadi syarat utama untuk berburu job blogger. 

Di sini saya mulai gigit jari. Secara nih, DA saya masih kecil dan jauh dari syarat yang diinginkan klien. 

Oleh karena itu, saya sangat beruntung ketika komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis yang digawangi oleh Widyanti Yuliandari, mengadakan webinar  berkolaborasi dengan IM3 Ooredoo dengan tema "Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog."


Tips memanfaatkan peluang blog untuk pemula


Ada 25 materi dalam webinar tersebut. Tetapi dari 25 materi tersebut, saya memilih "Mengenal dan Mengoptimalkan Domain Authority" bersama Irwin Andriyanto. 


Coach satu ini asyik banget dalam penyampaian materi. Padahal sebenarnya materi yang disampaikan cukup berat untuk blogger pemula. 

Nggak hanya berat sih, mumet juga. Tetapi anehnya, ratusan blogger blogger yang hadir menyimak dengan seksama. Masih bisa ketawa-ketiwi. Pertanyaan demi pertanyaan muncul tanpa jeda. 

Menurut Coach Irwin, ada 3 Teknik Optimasi DA dan PA sesuai kriteria MOZ, antara lain: 


1. Struktur Web atau Blog Harus Baik


Struktur web atau blog yang baik menurut parameter Moz adalah blog yang memiliki 3 poin penting ini.

Level Easy 


  • Perhatikan penggunaan judul artikel. Judul artikel harus pas porsinya. Tidak boleh terlalu pendek, tidak juga terlalu panjang. Idealnya, judul yang disukai Moz memiliki panjang 75 karakter saja.
  • Selain panjang karakter judul, usahakan judul tidak hilang atau terdeteksi duplicate title oleh google. So, be creative! 
  • Pastikan heading 1 dalam template blog kamu berjumlah hanya satu saja. Tidak boleh hilang, juga tidak boleh lebih dari satu. 
  • Meta description blog tidak boleh kosong. Wajib ada hukumnya. Dan idealnya, meta description blog berjumlah 150 karakter. 

Level Medium


  • Usahakan menulis artikel yang benar-benar menyelesaikan masalah pembaca. Jangan hanya karena ingin update blog setiap hari, kamu membuat artikel pendek dan tidak bermanfaat. 
  • Pastikan tag meta robot blog kamu sudah terindeks oleh google. Jika belum terindeks, segeralah mendaftarkan blog kamu di google search console.
  • Panjang url artikel disarankan berjumlah 55 karakter
  • Error 4xx atau redirect 4xx harus diatasi segera. Karena jika masalah error tersebut terjadi pada blog kamu, maka akan sangat rugi. Kamu akan kehilangan visitor blog karena alamat blog kamu tidak bisa diakses. Untuk itu, segeralah melaporkan pada penyedia hosting jika masalah tersebut terjadi.  

Level Medium


Level Medium ini khusus untuk blog yang menggunakan platform wordpress. Simak ya apa saja yang menjadi kendala DA/PA tidak naik secara maksimal, antara lain: 

  • Error 5xx
  • Error 4xx
  • Redirect Chain
  • Robot txt no index
  • Robot txt no follow

Jika 5 masalah di atas terjadi pada blog Anda, segeralah perbaiki agar DA bisa meroket. Hehe 


2. SEO on Page


Memahami dan menerapkan SEO on page versi Coach Irwin untuk menaikkan DA ini terbagi menjadi 24 poin, antara lain:

  • Blog dapat diakses oleh search engine
  • Hindari kata kunci yang banyak di judul
  • Hindari menggunakan banyak judul dalam 1 halaman
  • Hanya 1 halaman canonical
  • Masukkan kata kunci dalam halaman setidaknya 1 kali
  • Perhatikan jumlah karakter bukan kata
  • Perhatikan jumlah kalimat pada paragraf
  • Hindari keyword stuffing dalam artikel
  • Menggunakan kata kunci yang general atau target pada judul 
  • Masukkan kata kunci pada Header (H2,H3)
  • Jangan lupa sisipkan eksternal link, meskipun ke sosial media
  • Perhatikan panjang judul artikel
  • Pastikan keyword ada pada url
  • Gunakan statistic url
  • Gunakan karakter yang standar pada url
  • Jangan lupa memberi deskripsi pada artikel
  • Masukkan kata kunci pada deskripsi  
  • Masukkan kata kunci di ALT gambar
  • Jangan keyword stuffing pada url
  • Minimalkan panjang URL
  • Hanya 1 meta description
  • Optimalkan panjang deskripsi
  • Jangan banyak memasukkan link internal
  • Jangan banyak memasukkan link eksternal 


3. Optimasi Off Page


Ada tiga cara optimasi off page untuk menaikkan DA versi Mas Irwin, yaitu: 

  • Rajin share ke medsos 
  • Pahami link building
  • Lakukan apa yang blogger lain lakukan 

Di akhir sesi, Mas Irwin juga berpesan jangan terrfokus pada DA/PA saja.  Itu hanya parameter saja. Masih banyak parameter agensi seperti Ahref (DR),  Alexa rank, Majesti (TF)  dan banyak lagi. 

Tetapi saya bisa simpulkan, jika memang blogger pemula ingin berkompetisi dengan blogger lama, belajar meningkatkan DA/PA itu penting untuk mengoptimalkan peluang blog. 


Sinyal Lancar, Ngeblog Lancar


Dunia blogging erat kaitannya dengan sinyal. Ketika sinyal lancar, ngeblog aman tanpa kendala.

Sayangnya, saya termasuk blogger yang tinggal di desa.  Yang menjadi kendala utama ngeblog adalah susah sinyal. Maka dari itu, saya harus menjadi smart blogger dalam memilih provider internet yang tepat. 

Beruntung, saya bisa ikut webinar IIDN x IM3 Ooredoo. Ternyata saya tidak hanya mendapatkan ilmu ngeblog saja, tetapi solusi dari masalah susah sinyal yang sudah hampir setahun ini bikin nyesek. Saya temukan di sini. Yes, Im3 Ooredoo jawabannya.

Kenapa saya bilang IM3 Ooredoo adalah solusi yang tepat? Ada 7 keunggulan yang saya dapatkan di sini, antara lain: 


1. Bebas online


IM3 Ooredoo memanjakan penggunanya dengan layanan bebas online, sehingga semua orang bisa online dengan akses cepat, terjangkau, dan tanpa khawatir sinyal tersendat. 

2. Paket Freedom Internet


IM3 Ooredoo memberikan layanan freedom internet. Internetan selama 24 jam tidak masalah. Kamu bisa menikmati youtube dengan bebas, streaming aplikasi, nelpon, dan sms sepuasnya. Super hemat pokoknya! 


3. Pulsa Safe 


Kamu nggak perlu khawatir pulsa akan terpotong. Karena IM3 Ooredoo memiliki layanan pulsa safe yang membuat internetan tetap aman dan asyik. 

4. Data Rollover


Takut kuota hangus? Tidak dong! Dengan DATA ROLLOVER bikin internetan nggak dikejar waktu. Sisa kuota bisa digunakan bulan selanjutnya. 


5. Freedom Postpaid 


Ingin internetan bersama teman dan keluarga tanpa lemot dengan budget minimalis? Bisa banget! IM3 Ooredoo memiliki layanan freedom postpaid dengan biaya tetap setiap bulannya. Kamu tetap bisa nelpon, sms, hingga mendapat bonus 4G sepuasnya. 


6. Aplikasi Kekinian My IM3


My IM3 adalah aplikasi kekinian yang menawarkan berbagai kemudahan. Di  sini kamu bisa cek pulsa, kuota, isi ulang bonus beli paket data, kelola akun. Bahkan kamu juga bisa mengontrol data dan mendapatkan promo sekaligus penawaran khusus. 


7. Jaringan 4G Plus Kuat


Dengan IM3 Ooredoo kamu nggak khawatir lagi akses internet lemot. Jangkaun 4G Plus membuat akses internet cepat dan makin kuat. 

Dari 7 keunggulan IM3 Ooredoo di atas, tentu membuat saya semakin percaya, bersama IM3 Ooredoo peluang ngeblog bisa dikerjakan secara optimal. 

Tidak berhenti di sini, kamu juga harus tahu jika IM3 Ooredoo  pun meluncurkan beberapa jenis produk baru, salah satu di antaranya adalah IMPreneur. 

IMPreneur merupakan produk terbaru dari IM3 Ooredoo yang bisa menjadi solusi komunikasi sesuai kebutuhan saat ini. Manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah: 

  • Tersedia paket kuota dalam jumlah besar yang bisa dibagikan untuk tim bisnis 
  • Tersedia paket grup share yang terdiri dari 25 orang sehingga akan sangat mendukung kegiatan pemasaran, penjualan, distribusi dan lainnya.
  • Tersedia paket pelanggan prabayar dan pascabayar
  • Layanan sharing Quota bebas nelpon dan kuota sesuai aplikasi yang dibutuhkan     
  • Bisnis Semakin mudah dan lancar dengan IMPreneur 

Apakah Blogger Cocok Menggunakan IMPreneur? 


Jawabannya cocok sekali. Blogger juga bisa dikatakan pebisnis. Profesi blogger merupakan salah satu entrepreneur masa kini. 

Dengan memanfaatkan produk IMPreneur, kegiatan ngeblog jadi mudah menjalin komunikasi dengan para relasi. Blogger tidak perlu takut lagi aktivitas ngeblog tersendat hanya perkara sinyal. Karena IMPreneur  hadir memberikan solusi agar blogger semakin berkembang lebih maju. 

Bagaimana, tertarik mencoba profesi blogger? 
Cara menghasilkan uang dari blog


Teruslah belajar agar menjadi blogger profesional. Kuasai ilmu blogging, lalu praktikkan berulang-ulang. Tidak ada ilmu ngeblog yang bisa dicapai secara instan. Pantang menyerah,  berusaha, ikhtiar, dan berani memanfaatkan peluang ngeblog adalah pencapaian ngeblog yang sangat membahagiakan.

Dan jangan lupa, memilih koneksi internet yang tepat untuk mendukung ngeblog lancar juga tidak boleh dilupakan. Pastikan IM3 Ooredoo menjadi sahabat pendukung yang bikin kamu semakin produktif ngeblog, ya


Peluang dunia blog



Kenali 6 Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Anak

Rabu, 07 Oktober 2020

 

Menjaga kekebalan tubuh anak

Sistem imunitas atau yang lebih dikenal dengan kekebalan tubuh  merupakan pertahanan tubuh menghadapi organisme, virus, dan kuman berbahaya.

Sistem imunitas merupakan hasil kerja sama dari rangkaian sel, jaringan, protein, dan organ tubuh. Pada anak, sistem imunitas yang baik akan mendukung perkembangannya menjadi optimal.

Ketika tubuh anak sehat, itu artinya sistem imunitas sedang bekerja optimal. Sebaliknya, jika anak sedang sakit, sistem imunitas anak sedang menurun.

Banyak hal yang menyebabkan menurunnya sistem imunitas, seperti flu, virus dengue, dan virus Covid-19 seperti saat ini.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menjaga sistem imunitas atau kekebalan tubuh anak?


1. Air Susu Ibu (ASI)


Sistem imunitas pada anak dimulai sebelum anak dilahirkan. Asupan gizi yang dikonsumsi selama ibu hamil juga ikut andil  dalam membentuk sistem imunitas anak. 

Selanjutnya, setelah anak lahir, sistem imunitas diperoleh dari ASI. ASI tidak hanya makanan bagi anak, lebih dari itu ASI mengandung antibodi alami yang bisa menambah imunitas anak. 

Beberapa studi menunjukan jika ASI juga dapat meningkatkan kekuatan otak bayi dan membantu melindungi terhadap berbagai macam penyakit genratif.


2. Real Food Is Good Food


Secara alami, tubuh manusia sudah dibekali sistem imun yang bertugas untuk mendeteksi dan mengeliminasi patogen, seperti virus yang masuk ke dalam tubuh.

Sistem imun ini harus didukung asupan makanan sehat bernutrisi tinggi sehingga dapat meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh anak. 

Kenalkan anak sedini mungkin makanan sehat rumahan dan buah-buahan. Tidak hanya bernutrisi tinggi, namun makanan ini juga terbebas dari kandungan kimia buatan, seperti pengawet, pewarna, penambah rasa, juga pemanis buatan.

Semakin dini anak dikenalkan dengan real food, maka lidah dan feeling-nya terhadap makanan akan semakin terasah. Tentu saja, ini akan berdampak terhadap sistem imunitas disaat kecil hingga dewasa nanti. Anak juga membutuhkan protein yang dapat diperoleh dari daging, telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.


3. Tidur yang Cukup


Bayi berusia di bawah enam bulan membutuhkan waktu tidur sebanyak 20 jam setiap harinya. Sedangkan balita membutuhkan waktu tidur 13 jam setiap harinya.

Lalu, apa yang terjadi jika jam tidur anak kurang? Ternyata ini berpengaruh terhadap sistem imunitas anak.

Jam tidur yang cukup akan membuat sistem imunitas anak terbentuk dengan  baik. Jika anak kesulitan tidur dan memiliki kualitas tidur yang buruk, ada baiknya orang tua mendiskusikannya dengan dokter. Bila cukup tidur dan waktu istirahat anak terpenuhi dengan baik, tubuh akan lebih banyak memproduksi antibodi.


4. Vaksinasi


Meski menuai pro dan kontra, vaksinasi dianggap penting karena dapat melindungi anak dari beberapa penyakit tertentu. Ketika anak mendapat vaksinasi, sistem kekebalan tubuhnya menguat dan antibodi siap melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri asing. Ikuti saran medis mengenai jadwal vaksinasi. Vaksinasi dilakukan sejak anak baru lahir dan terus hingga besar.


5. Minimalkan Pemberian Antibiotik


Yuk, jadi smart mom yang aware terhadap pemberian antibiotik! 

Beberapa penyakit yang terjadi pada anak tidak semuanya diselesaikan dengan pemberian antibiotik, misal flu dan sakit tenggorokan. 

Pemberian antibiotik yang salah  akan menjadi boomerang pada anak yang membuat daya tahan tubuh berkurang. Ini terjadi karena antibiotik dapat membunuh bakteri baik yang dibutuhkan untuk melawan penyakit.

Lagi, ketika tubuh terlalu banyak mendapatkan antibiotik, bakteri akan menjadi resisten dan lebih sulit disembuhkan dengan pengobatan standar.


6. Biarkan Anak Bermain Di Luar Rumah


Bermain di luar rumah tidak hanya membuat tubuh anak aktif bergerak, tapi juga mendapatkan udara segar dan vitamin D alami yang didapat dari sinar matahari. 

Tubuh membutuhkan vitamin D untuk mencegah dan melindungi diri dari berbagai penyakit dan virus. Daripada membiarkan anak terlalu lama menonton televisi dan bermain gadget, lebih baik membiarkan anak bermain bola, sepeda, bermain tanah atau pasir, atau sekedar  berlarian di halaman rumah.

Yang perlu diingat, setelah anak bermain di luar, gunakan produk pembersih tubuh yang bersifat antibakteri yang mampu membantu kinerja sistem imun dalam memproteksi tubuh anak. 

Salah satu rekomendasi yang sudah terpercaya adalah Lifebuoy Total 10 yang dilengkapi dengan Formula Activ Silver+ serta antiseptik alami dari timol. Lifebuoy Total 10 bekerja efektif mendukung sistem imun tubuh anak untuk menghalau virus, kuman, dan pantogen berbahaya dari luar.


Itu tadi 6 cara menjaga menjaga kekebalan tubuh anak. Semoga anak-anak kita senantiasa sehat dan mendapatkan tumbuh kembang yang sempurna.


Cara Menebalkan Rambut dengan Bahan Alami

Minggu, 04 Oktober 2020

Cara menebalkan rambut


"Gimana cara menebalkan rambut, ya, Say. Ini rambutku rontok terus sejak melahirkan anak kedua nih."


Cuplikan curhat saya kepada seorang teman di WAG beberapa hari lalu. Saking putus banget, soalnya rambut rontok saya tak kunjung reda. Justru dari ke hari semakin parah.


"Meski berhijab rambut kamu harus dirawat dengan baik."


Ah, makin tertampar banget dengan pesan teman tersebut. Jujur ya, perempuan mana yang tidak mau mempunyai rambut indah dan menawan? Nggak ada acara rontok pula.


Bahkan, menggunakan jilbab sekali pun, tetap dong pengen memiliki rambut sehat dan indah. 


Akan tetapi pada kenyataannya, tidak semua perempuan bisa dengan mudah memiliki rambut memesona seperti yang didambakan. 


Yang mana permasalahan yang paling sering dihadapi adalah rambut tipis, mudah lepek, terlihat kusam, hingga kerontokan. Bahkan, ada yang menganggap ini lebih horor dari pada film horor. Bener nggak?


Nah, sebenarnya kalau ngomongin soal masalah rambut seperti di atas bukan tanpa alasan. 


Hal ini bisa terjadi karena faktor genetik dan gaya hidup. Kalau urusan genetik, sepertinya tidak bisa diotak-atik lagi, memang sudah bawaan dan pemberian Tuhan. 


Sementara untuk faktor gaya hidup ini, sepertinya saya sendiri harus koreksi lagi. Misal, keramas dengan air panas, diet yang salah, cara mengeringkan rambut yang tidak tepat, terlalu sering terkena sinar UV, terlalu jarang atau terlalu sering keramas, dan stres.


Hampir penyebab-penyebab tersebut pernah saya rasakan hingga sekarang. Jadi ya wajar ya kenapa madalah kerontokan rambut tersebut belum juga berakhir. 


Dan parahnya, tanpa saya sadari, saat disisir rambut saya ssmakin tipis. Duh, harus diapain ini?  Di sinilah saya pengen mewek keras banget. 


Untungnya, saya baca beberapa artikel tentang tips mengatasi rambut rontok. Kemudian berlanjut pada tips menebalkan rambut. Alhamdulillah, pas dipraktikkan, penderitaan saya telah berkurang tentang masalah rambut. Hehehe


Nah, ada yang penasaran bagaimana teknik menebalkan rambut? Coba simak tips berikut! 


1. Konsumsi Makanan Kaya Protein dan Antioksidan


Mungkin terdengar agak asing jika masalah rambut dikaitkan dengan makanan. Namun, fakta yang ada mengatakan bahwa rambut yang bagus, tebal, dan berkilau tidak hanya perawatan saja yang penting. Ternyata dengan mencukupi kebutuhan nutrisi makanan juga tak kalah penting.


Joshua Zeichner, MD, Ahli dermatologi asal Mount Sinai Hospital New York mengatakan bahwa nutrisi rambut yang paling dibutuhkan adalah yang mengandung protein keratin. Di mana jenis protein ini bisa Anda dapatkan dalam jenis makanan, seperti gandum, kacang-kacangan, telur dan daging. 


Sementara untuk makanan yang mengandung antioksidan adalah jenis makanan seperti sayur bayam, apel, blueberry, apel, dan tomat. Yang mana ke semuanya itu berfungsi untuk menangkal radikal bebas. 


Anda bisa Mencoba segera. Saat ini pun saya juga mempraktikkan secara bertahap tips menebalkan rambut dengan mencukupi makanan yang mengandung protein dan antioksidan. 


2. Sari Jeruk Sebagai Cara Menebalkan Rambut Paling Mudah


Ternyata jeruk tidak hanya sebagai buah yang memiliki rasa asam, tetapi segar dan kaya manfaat. 


Anda bisa memeras jeruk tersebut, lalu mengambil sarinya saja. kemudian campur dengan madu. Dan langkah selanjutnya adalah menggosokan campuran jeruk dan madu tersebut di kulit kepala secara lembut. Kemudian tunggu beberapa saat, dan bilaslah dengan air sampai bersih.


Jangan lupa, untuk hasil maksimal lakukan treatment menggunakan jeruk campur madu sebagai ritual yang dilakukan selama 3 kali seminggu secara rutin. 


Eh, emang Mbak Malica udah coba? 


Udah dong! Makanya saya bisa bercerita sekarang, kan? Hehehe


3. Cara Menebalkan Rambut dengan Masker Telur


Emang bisa, telur dijadikan masker? 


Sekilas terdengar aneh. Tetapi ketika Anda menambah wawasan dengan membaca, Anda pasti tahu jika masker telur memang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. 


Caranya, campurkan telur di dalam mangkuk. Lalu kocok sampai mengembang. Lalu oleskan pada pada rambut kering   dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, cuci bersih dengan sampo.silakan lakukan perawatan ini sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. 


4. Lidah Buaya, Jagonya Mengatasi Rambut Rontok dan Tipis


Sudah menjadi ilmu turun temurun dari nenek moyang dan sudah ada penelitian ilmiah yang membuktikan jika lidah buaya mempunyai manfaat untuk tubuh dan kesehatan, baik itu untuk kulit dan rambut.

 

Untuk menebalkankan rambut, Anda cukup membelah satu tangkai ludah buaya dan mengusap gelnya secara merata di kulit kepala dan rambut dari pangkal hingga ujung. Lalu, diamkan selama 30 menit sebelum mencucinya. Lakukan secara rutin dan buktikan hasilnya.


5. Minyak Zaitun Kaya Manfaat


Minyak zaitun mengandung berbagai zat dan dibutuhkan untuk kesehatan rambut, seperti vitamin A, C, D, E, K, zat besi, kalsium, dan lainnya. Untuk menebalkan dan membuat rambut terlihat lebih bervolume, oleskan secara rutin minyak zaitun di kepala. 


Anda bisa menggunakan merek minyak zaitun apa saja. Yang terpenting Anda melakukan treatment cara menebalkan rambut secara konsisten, ya. 


6. Konsumsi Vitamin Atasi Rambut Tipis


Selain menggunakan bahan-bahan alami dari luar, rambut juga membutuhkan vitamin dan mineral dari dalam. Rambut tipis dan rontok bisa dipicu karena stres dan membuat hormon di dalam tubuh menjadi tidak stabil. 


Di zaman sekarang ini banyak pilihan untuk vitamin rambut, Anda tinggal menyesuaikan dengan budget. Oya, tetap perhatikan izin BPOM-nya.


Selain mengonsumsi vitamin, makanan seperti kacang-kacangan dipercaya juga dapat memberikan nutrisi untuk rambut sehingga menjadikan folikel rambut lebih cepat menumbuhkan rambut baru.


7. Pilih Sisir yang Sesuai untuk Rambut


Agar rambut terlihat rapi dan tidak berantakan, menyisir rambut menjadi solusi tips menebalkan rambut tanpa ribet. 


Tetapi ternyata, Anda harus ingat jika  tidak boleh asal dalam menggunakan sisir rambut. Penggunaan sisir harus disesuaikan dengan kondisi dan jenis rambut. Sudah begini belum?ayo,biasakan ya! 


8. Pilih Produk yang Bisa Menebalkan Rambut dengan Cara Mudah


Di zaman sekarang ini, tidak sulit menemukan shampo dan kondisioner yang diyakini bisa menebalkan dan membuat rambut bervolume. 


Salah satu yang direkomendasikan adalah rangkaian Dove Volume Nourishment yang mengandung formula canggih Oxyfusion. R


Rangkaian ini mampu memberikan kelembaban alami dan menambah volume ekstra pada rambut hingga 95%. Busa yang lembut dan wanginya  menyegarkan menjadikan rambut tampak rileks dan sehat ternutrisi. 


Gunakan Dove Volume Nourishment Shampoo untuk menambah nutrisi rambut dari akar hingga ke bagian ujung. Lengkapi juga dengan Dove Volume Nourishment Conditioner agar rambut tampak lebih tebal mengembang alami. 


Itu tadi 8 cara yang bisa Anda coba di rumah untuk mendapatkan rambut tebal dan bervolume. Ramah di kantong tanpa perlu ke salon, bukan.

Jangan lupa dicoba dan selamat datang rambut tebal bervolume!



Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Daring

Kamis, 01 Oktober 2020

Kelebihan kekurangan pembelajaran daring


Wabah Covid19 memengaruhi dan mengubah segala aspek dalam kehidupan kita. Yang biasa kerja di kantor, kini harus menerapkan work from home, atau bekerja dari rumah. Tidak terkecuali sekolah anak-anak. 


Sudah beberapa bulan ini mereka melakukan pembelajaran daring dari rumah. Bagi mereka yang menjadi pelaku homeschooling, hal ini tentu tidak terlalu berpengaruh. Berbeda dengan mereka yang selama ini menikmati pembelajaran di ruang kelas bersama guru dan teman-teman.


Sebenarnya, apa pembelajaran daring itu? Apa kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring?


Mungkin tulisan ini sudah sangat terlambat. Tapi tidak masalah, karena tulisan saya kali ini akan menghadirkan solusi bagaimana Anak tetap bahagia selama belajar di rumah, sehingga guru pun semangat mengajar. 


Apa Itu Pembelajaran Daring?


Apa itu pembelajaran daring

Dikutip dari Kompas.com,  Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Plt. PAUD Dikdasmen Kemendikbud), Hamid Muhammad mengatakan masyarakat Indonesia keliru tentang konsep Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 

Banyak yang menyamakan pembelajaran daring dengan pembelajaran jarak jauh. Padahal pada kenyataannya, keduanya adalah dua hal yang sangat berbeda. 

Pembelajaran jarak jauh (juga disebut juga pendidikan jarak jauh) adalah pelatihan yang diberikan kepada peserta atau siswa yang tidak berkumpul bersama di satu tempat secara rutin untuk menerima pelajaran secara langsung dari guru. 

Bahan-bahan ajar dikirimkan atau disediakan untuk para murid yang selanjutnya melaksanakan tugas-tugas yang akan dievaluasi oleh instruktur. 

Dalam kenyataannya, dapat dimungkinkan instruktur dan peserta tersebut terpisah tidak hanya secara geografis namun juga waktu.

Lalu apa itu pembelajaran daring? 

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). 

Pada pembelajaran daring, kelas dilakukan secara interaktif dengan menggunakan bantuan platform Zoom atau Google Meeting. Jadi, tetap ada interaksi antara guru dan murid walau secara virtual. 

Jadi bisa dikatakan bahwa pembelajaran daring sedikit banyak masih bisa melepas kangen bersama teman dan guru, sekalipun hanya tampak sekilas saja.  

Nah, dari sini, saya bisa menarik kesimpulan bahwa sesempurna apa pun materi pembelajaran daring yang disiapkan oleh guru, pastinya tidak bisa lepas dari manfaat dan kerugian pembelajaran daring guru dan siswa itu sendiri. 

Seperti apakah itu? 

Manfaat dan Kerugian Pembelajaran Daring untuk Guru


Kelebihan kekurangan pembelajaran online


Setiap metode pembelajaran pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Termasuk pembelajaran daring. Meski demikian, kita nggak bisa mengatakan pembelajaran daring tidak berhasil. Sebab bisa dibilang selama pandemi ini kita adalah praktisi trial dan error. 

Tidak hanya itu, saya sendiri sebagai praktisi pendidikan juga merasakan skill terpendam mulai terasah. Yang tadinya gaptek akan aplikasi online, seperti zoom dan google meet. Akhirnya selama pandemi, saya semakin paham bagaimana mengaplikasikan 2 aplikasi tersebut.

Nah, berikut manfaat lainnya pembelajaran online untuk guru:

  • Pembelajaran online bisa mengasah skill guru. 
  • Menunjukkan kemampuan guru dalam memanfaatkan media teknologi
  • Menyajikan pembelajaran yang terencana dan efektif
  • Mampu menyatukan persepsi dan konsentrasi anak didik yang saling  berjauhan
  • Menyampaikan pesan untuk menjadi anak yang tangguh mengingat dalam kondisi dimana masyarakat sedang diuji secara fisik dan mental akibat penyebaran Covid-19
  • Mendorong kolaborasi antara orang tua dan pihak sekolah

Jika ada manfaat pembelajaran daring, maka kita juga harus tahu ternyata ada juga kerugian untuk guru selama melakukan aktivitas belajar dari rumah tersebut.

  • Pembelajaran dirasakan kurang efektif karena guru kesulitan menyampaikan materi karena berbagai alas an, termasuk kurangnya kuota.
  • Bagi guru yang berusia muda, mudah saja menggunakan teknologi yang ada. Namun, ini menjadi beban bagi guru yang sudah berusia lanjut. Sebagian dari mereka tidak bisa menggunakan platform yang ada.
  • Tugas yang dierikan pada siswa kadang dikerjakan oleh orang tua, bukan siswanya sendiri. Ini tentu memengaruhi penilaian yang diberikan oleh guru.
  • Tugas guru semakin banyak, karena selain menyiapkan materi ajar, mereka harus membuat berbagai laporan yang harus diserahkan ke dinas pendidikan. 

Nah, untuk menyiasati kejenuhan selama proses pembelajaran online tersebut, saya punya tips mengajar online menyenangkan untuk guru. 

  • Seorang guru tidak boleh stres saat mengajar online. Usahakan hati dan pikiran harus bahagia. 
  • Buatlah pembelajaran daring have fun, dimana guru membagi siswa menjadi kelompok belajar. Tujuan dari pembentukan kelompok ini, tak lain agar belajar-mengajar berjalan lancar. Guru lebih mudah menghandle siswanya.
  • Seringlah sharing bersama guru lainnya untuk mendapatkan pengalaman dan ide segar dalam pembelajaran daring nantinya. 
  • Menghindari rasa jenuh dan bosan siswa, guru bisa menkombinasi model pembelajaran, yaitu sesekali melakukan home visit. Di beberapa daerah yang tidak masuk dalam zona merah,dengan melakukan kunjungan ke rumah siswa bertahap bisa memupuk kedekatan dengan siswa. 

Manfaat dan Kerugian Pembelajaran Daring untuk Siswa


Pembelajaran online di rumah

Tidak hanya guru saja yang merasakan manfaat dan kerugian atas diberlakukannya pembelajaran daring selama masa pademi Covid-19 ini. Para siswa dan orang tuanya pun ikut merasakan. Bahkan, mungkin dilema yang mereka hadapi mungkin lebih banyak. 

Apa saja manfaat pembelajaran daring untuk siswa?


  • Waktu dan tempat lebih efektif. Siswa bisa langsung mengikuti proses belajar dari rumah.
  • Siswa tidak bergantung pada guru, mereka juga bisa belajar melakukan riset sendiri melalui internet.
  • Siswa dilatih untuk lebih menguasai teknologi informasi yang terus berkembang.
  • Menumbuhkan kesadaran pada siswa bahwa gawai bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih produktif dan mencerdaskan, tidak hanya untuk bermain sosial media dan game.

Selain manfaat, ada juga kerugian pembelajaran daring untuk siswa. 

Apa saja kerugian pembelajaran daring untuk siswa?


  • Tidak semua siswa dibekali dengan gawai pribadi. Banyak dari mereka yang masih memakai perangkat milik orang tuanya untuk pembelajaran daring. Sedangkan orang tuanya bekerja dari pagi hingga sore. Ini mengakibatkan siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran daring.
  • Metode pembelajaran daring yang bersifat satu arah membuat kurangnya interaksi antara guru dan siswa, sehingga guru kesulitan mengontrol siswanya.
  • Tingkat pemahaman yang berbeda-beda, tergantung kepada kemampuan si siswa membuat ada saja yang tertinggal dalam memahami materi yang diberikan. 
  • Kurangnya pengawasan dalam melakukan pembelajaran secara daring membuat siswa kadang kehilangan fokus. Dengan adanya kemudahan akses, beberapa siswa cenderung menunda-nunda waktu belajar. Perlu kesadaran diri sendiri agar proses pembelajaran daring menjadi terarah dan mencapai tujuan. 

Di antara sekian banyak kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring, ada baiknya kita terus berusaha meningkatkan kualitas diri. Baik sebagai guru atau orang tua siswa. 

Usaha terbaik kita adalah memenuhi kebutuhan anak selama diperlukan pembelajaran daring agar mereka juga makin semangat dalam belajar hingga tiba saatnya Kembali ke sekolah.

Jangan Jadi Blogger Kalau Kamu Nggak Kuat

Senin, 28 September 2020


Jangan-jadi-blogger

Warning! Tulisan ini tidak untuk menghadirkan kontroversi. Saya menulis ini bertujuan untuk reminder saja. Bukan berarti saya tidak menginginkan Anda untuk menjadi blogger. Toh, saya pribadi juga masih aktif ngeblog, kan?


Tetapi bisa dibilang, untuk menjadi blogger sukses itu nggak mudah. Meski di internet bertebaran tentang tips sukses ngeblog, cara mudah berpenghasilan dari blogger, dan tips-tips lainnya. Nyatanya, untuk mencapai kesuksesan ngeblog itu tidak bisa instan.


“Katanya ngeblog itu bisa ngasilin duit, Mbak.” 


Bisa! Asalkan Anda serius mengerjakannya. Dan tidak mustahil Anda akan menghasilkan uang dari aktivitas ngeblog jika Anda menjadikan blogging sebagai profesi. Tetapi jika niat Anda ngeblog belum kuat. Lalu action hanya asal-asalan, isi konten di blog musiman, ngeblog cuma ikutan teman. Maka, merenunglah dulu sebelum Anda merasa kecewa di depan. Tahu,kan, yang namanya menyesal itu adanya di depan bukan di belakang?


Nah, ketika Anda sudah mengetahui apa niat ngeblog, kini saatnya saya memberitahu kenapa judul artikel ini “Jangan Jadi Blogger Kalau Kamu Nggak Kuat.” Apa alasannya?


1. Membangun Blog itu Menghabiskan Waktu



Seperti saya bilang di awal, bahwa aktivitas ngeblog itu nggak gampang. Saya merasakan bagaimana jungkir baliknya membangun satu blog demi bisa menghasilkan cuan. 


Padahal tahu tidak,  niat awal saya tidak demikian. Saya membuat blog hanya sebagai sarana self-healing. Saya ingin mengabadikan beberapa tulisan saya yang ada di facebook biar nggak tercecer. Namun semakin jauh saya mengenal dunia blogging, ternyata banyak peluang yang bisa saya manfaatkan. Hanya saja, untuk mengambil peluang itu, banyak waktu yang harus saya luangkan. 


Di saat yang lain tidur nyenyak, saya menulis artikel untuk diunggah keesokan harinya. Kadang juga saya otak-atik template blog supaya tampilan semakin menarik. Tidak cukup itu saja, setelah belajar dengan ahli SEO, ternyata ada juga istilah ‘Audit blog’ yang mana tujuannya adalah mengecek sekaligus mengganti koding di blogger.com yang kurang tepat. 


Apa nggak lelah? Sudah pasti. Nggak perlu ditanya apalagi membayangkan emak-emak seperti saya harus ngoprek dalaman blog. Padahal seringnya saya ngoprek bumbu di dapur, kan? Hehe… saya nggak paham pula dengan ilmu pengodingan. Tentu saja bikin saya sempat mual. Haha


Penting untuk dibaca:

 

2. Ngeblog Bikin Pusing


Persaingan dunia blogging semakit sengit. Ini dikarenakan semakin hari skill blogger terasah, sehingga dampaknya banyak klien sebuah brand menyewa jasa blogger untuk mempromosikan produk mereka. 



Di sinilah Anda akan mulai pusing. Tadinya blog yang tujuannya untuk menyalurkan hobi melalui tulisan. Blog yang dibangun untuk self-healing. Tetapi karena melihat peluang bagus di depan, maka Anda pun tergiur menghasilkan cuan dari sana. 


Oleh karenanya ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dan mungkin juga perlu Anda pelajari untuk memikat hati klien. Yaitu tentang bagaimana cara meningkatkan jumlah trafik, menaikkan domain authority (DA) dan page authority (PA), memahami Domain Rating (DR) dan seni copywriting agar tulisannya lebih enak dibaca. Ternyata, untuk mempelajari itu semua nggak hanya butuh banyak waktu, tetapi juga bikin pening. 


3. Selain Memikat Hati Pembaca, Tulisan Kita Harus Menyenangkan Google


Jangan-menjadi-blogger

Awal ngeblog, saya disarankan menulis saja dulu. Nggak perlu memikirkan yang lain. Ini benar sih. Karena dari saran tersebut, saya jadi rajin buat posting tulisan di blog. Tetapi sayangnya, semakin jauh mengenal dunia blogging banyak yang belum saya ketahui. Salah satunya tentang tulisan yang bisa memikat hati google. 


Mulanya berpikir pembaca ‘real’ saya adalah manusia. Tetapi di dunia digital, rekam jejak tulisan kita juga mendapat sorotan dari google. Maksudnya gimana?


Begini, pernahkah teman-teman mendengar istilah SEO? Atau lebih dikenal dengan sebutan search engine optimization?


Ada yang bilang salah satu cara memikat hati google adalah dengan membuat tulisan SEO friendly. Yaitu dengan bermain kata kunci dalam setiap tulisan yang kita posting di blog. Tak hanya kata kunci, tetapi Anda juga perlu memahami tentang struktur  heading yang benar, struktur URL, backlick, dan masih banyak lagi. Namun, ada yang berpendapat lain, bahwa teknik SEO di atas tidak cukup membuat google terpikat dengan tulisan kita dan memilih konten kita berada di page one. 


Dari hasil mendengar diskusi beberapa teman blogger, kriteria tulisan yang bisa memikat hati google bisa saja seperti ini:


  • Artikelnya unik, yaitu artikel yang mengambil sudut pandang berbeda dari jenis artikel lainnya sudah pernah ada. Selain itu, konten memiliki ciri khas, dan mungkin ada kreativitas dalam artikel tersebut yang tidak dimiliki oleh tulisan blogger lain.
  • Artikelnya rajin diupdate berkala. Maksudnya, artikel lama yang sudah pernah kita tulis, sebaiknya kontennya diperbaharui dengan informasi terbaru. Kenapa demikian? Jawabannya simpel. Google suka dengan informasi terupdate. Hanya saja, pendapat ini juga masih menimbulkan kontroversi. Jadi terserah Anda, apakah mau memakai cara ini agar disukai google? Atau justru mengabaikannya. Tidak masalah. 
  • Artikel mengikuti tren. Nah, seperti yang saya bilang di atas bahwa google menyukai sesuatu yang update. Bisa jadi kita yang suka menulis konten dengan mengikuti tren saat ini, google akan melirik. 
  • Google memberi nilai lebih pada artikel yang ditulis berdasarkan sumber terpercaya. Artinya, artikel Anda memang memberikan link keluar pada website yang menampilkan informasi credible. 
  • Artikel engaging. Apaan tuh? Artikel engaging merupakan jenis artikel yang disukai oleh pembaca, dan mereka tergerak untuk membagikan ke media sosial pribadinya tanpa ada paksaan.  


Pertanyaannya sekarang, butuh waktu belajar berapa lama agar google terpikat dengan tulisan kita? Wallahua’lam. Sebab jika kita terlalu memikirkan ini, sementara kita tidak memiliki ‘guru’ untuk belajar. Jelas saja akan menimbulkan kebingungan. Belum lagi jika aktivitas blogger ini hanya sampingan,  duh, bisa dibayangin deh betapa rempongnya optimasi blog. 


Itulah kenapa saya bilang, jangan jadi blogger kalau nggak kuat. Karena terkadang niat kita menjadi blogger yang belum kuat, ternyata membuat kita kehilangan arah. Kita bingung mau melakukan apa supaya menjadi blogger yang menghasilkan uang. Kita ingin seperti yang lain, namun ternyata kemampuan dan waktu tidak bisa diajak kompromi.

 

4. Menulislah dari Hati dan Konsisten Mengisi Blog Pribadi


“Mbak, dari 3 poin di atas aja udah mumet. Gimana mau konsisten isi blognya?”


Nah, timbul pertanyaan baru lagi deh. Bagaimana konsisten isi blog? Apakah harus diisi setiap hari?


Sebelum menjawab konsisten versi saya, coba deh tanya sama diri sendiri dulu sekarang. Kira-kira, Anda sanggup mengisi berapa konten dalam sebulan? Jika Anda hanya sanggup mengisi seminggu 2 konten, maka konsistenlah seperti ini. Jika Anda sanggup mengisi seminggu hanya cukup 1 konten saja. Maka, konsistenlah. 


Sementara konsisten versi saya akan berbeda. Saya bisa bilang, agar mendapatkan trafik bagus, maka Anda harus menulis setiap hari. Entah tulisannya berisi tulisan curhat yang dikemas dengan gaya elegan atau deep konten sekalipun. Di sisi lain saya juga bisa bilang bahwa mengisi blog tidak harus setiap hari. Anda bisa konsisten mengisi postingan 3-4 artikel dalam seminggu dengan artikel berkualitas.


Nah, yang paling penting adalah menulislah dari hati. Menulis karena Anda ingin menulis, bukan karena hal lain. Kalaupun aktivitas menulis Anda di blog karena mendapatkan job, maka tetaplah buat tulisan yang enak dan mencerminkan Anda banget. Ini tidak ditujukan pada job content placement ya. Di mana tugas Anda cukup mengunggah artikel yang sudah ada di blog saja. 


Dari sedikit penjelasan di atas, apakah Anda sudah siap menjadi blogger konsisten?


Kesimpulan


Seperti yang saya bilang di awal jika tulisan ini hanya reminder. Intinya, untuk menjadi seorang blogger, beberapa hal di atas tidak bisa diabaikan. Anda bisa mempraktikkan salah satu dari 4 alasan, atau 2 di antara 4 alasan, atau Anda bisa mempraktikkan semuannya pelan-pelan. 


Menjadi blogger profesional, sukses, atau apa pun, semuanya adalah pilihan. Tetapi tidak bisa dimungkiri memang, jika mendambakan hasil lebih. Maka usaha yang dilakukan pun harus lebih. Perjuangannya tidak asal-asalan. 


Tetapi yang jadi pertanyaan lagi, apakah benar jika ngeblog itu ribet, bikin pusing, atau malah bikin Anda stres?


Kalau jawabannya iya, kenapa data blogger dari tahun ke tahun semakin meningkat?


Nah, mari kita renungkan. Karena  keputusan jangan jadi blogger atau mau jadi blogger,  sepenuhnya adalah pilihan Anda. Be wise!   

  

Indomilk Susu Bubuk, Rahasia Anak Tetap Tinggi, Tangguh, Tanggap Selama Pandemi

Sabtu, 26 September 2020


Indomilk susu bubuk

Indomilk susu bubuk,Rahasia anak tinggi, tangguh, tanggap
- Membaca berita di beberapa portal online membuat hati saya seakan teriris pisau tajam. Sakit sekali saat tahu bahwa pandemi covid telah membunuh sekitar 10.000 anak per bulan yang diakibatkan kekurangan gizi. Di mana perhatian tentang pasokan makanan yang terputus dan perhatian medis yang kurang. 

Di sini saya sangat bersyukur saat melihat dua bocah di rumah tetap sehat selama pandemi. Tumbuh kembangnya juga sangat baik. Bahkan saya melihat kedua anak saya semakin hari semakin tinggi, tangguh dan tanggap. Namun, saya tidak lantas mengabaikan kesehatan mereka sekalipun semua kebutuhan sekaligus gizi anak-anak tetap terjamin dibanding nasib 10.000 anak yang saya sebutkan di atas. 

Sebagai ibu, saya harus lebih ekstra dalam pengasuhan selama pagebluk covid, yang entah kapan akan berakhir. Sebab saya merasakan betul perbedaan cara mengasuh anak sebelum dan sesudah pandemi. Di mana ruang gerak mereka menjadi sangat terbatas sehingga mengakibatkan rasa jenuh, bosan, dan bahkan mungkin psikologinya mengalami stres. 

Bagaimana tidak, saat kondisi normal mereka bisa bermain secara bebas. Sementara saat ini, Arya dan Khanza akses ke luar rumah cukup terbatas. Mungkin hanya pergi sekolah dan mengaji. Itupun tidak setiap hari. Karena dari pihak sekolah dan TPA sendiri juga meminimalisir covid menyerang di desa kami, sekalipun desa kami masuk dalam daftar zona hijau. 

Tetapi tahu tidak, terbatasnya ruang gerak untuk mendorong perkembangan fisik dan motorik mereka yang biasanya ada kegiatan di luar rumah. selain memicu stress anak, ternyata juga menjadi penyebab menurunnya imunitas tubuh. Jika sudah begini, saya sebagai orang tua bakal panik juga, kan? 

Oleh karena itu, agar anak-anak tidak menurun imunitas tubuhnya. Juga agar anak tetap sehat dan senang selama di rumah, saya sebagai ibu harus siap siaga dalam hal apa pun. Termasuk cara mengasuh saya yang harus diperbaiki dari sebelumnya.

Tips Mengasuh Anak Selama Pandemi Agar Tidak Bosan dan Bahagia


Arya dan Khanza kerap mengeluh bosan dan seringkali bertanya kapan pandemi akan berakhir. Di saat seperti ini, sebagai orang tua saya harus tanggap atas keluhan mereka. 

Saya nggak bisa abai atau bahkan diam saja tanpa memberikan solusi. Hingga terbesit beberapa hal sederhana yang bisa saya lakukan agar mereka merasa bahagia selama beraktivitas di rumah aja. 


1. Berbagi Informasi tentang Bahaya Covid 19 dengan Anak


Apa nggak terlalu dini kita mengenalkan anak-anak tentang covid 19? Mungkin dari sebagian dari kita ada yang berpikir demikian. Tetapi sebagai orang tua yang bijak, kita bisa berdiskusi dengan anak tentang covid dengan bahasa yang ringan. 

Apalagi sejak merebaknya wabah covid 19 di Indonesia 4 bulan lalu, banyak penulis anak menulis cerita covid 19 dalam bentuk pictbook, cerita bergambar maupun video. Jadi kita bisa menjelaskan kepada anak-anak dengan buku pendukung tersebut agar lebih mudah menangkap. Tidak sulit, bukan?

2. Quality Time Itu Penting Saat Pandemi 


Tak dimungkiri jika selama pandemi banyak ibu rumah tangga yang mengubah perannya sebagai kepala keluarga juga. Meski demikian, sesibuknya kita dalam pekerjaan, demi menjaga psikologi anak supaya terhindar dari stres. Menyediakan quality time itu penting. 

Dan ketika quality time bersama anak berlangsung, kita sebagai orang tua harus benar-benar melepaskan semua yang berhubungan dengan pekerjaan, termasuk menjauhi gadget. 

Jadi, waktu kita memang dikhususkan untuk anak. Di mana saat itu, kita bisa melakukan banyak aktivitas bermanfaat. Nah, biasanya saat quality time bersama anak ini, kami menghabiskan waktu dengan kegiatan memasak dan membaca.

Dan tahu tidak, aktivitas sederhana tersebut membuat kami bertiga semakin dekat. selain itu, perasaan anak dan ibu menjadi tenang dan lebih rileks.


3. Menciptakan Kegiatan positif


Pandemi bisa dikatakan mengakibatkan hubungan antar keluarga dan teman menjadi renggang. Nah, demi menjaga hubungan tetap baik-baik saja, kita bisa mengajak anak berkomunikasi jarak jauh dengan keluarga melalui video. Atau kita juga bisa mengajarkan anak mengirim surat kepada mereka. 

Kegiatan positif lainnya, saya biasanya mengajak Arya dan Khanza bermain sesuatu yang mengasah motorik halusnya. Sehingga anak tetap bahagia meski di rumah aja. 


4. Hindari Makan Nakal, Penuhi Nutrisi Makanan Seimbang


Sebuah penelitian dari Dr. Louise Arvidsson dari University of Gothenburg mengatakan, "Makan-makanan sehat berpengaruh terhadap kebahagiaan dan kesejahteraan anak." 

Dari pernyataan tersebut, kita sebagai orang tua harus bisa menyiapkan makanan bergizi untuk anak selama pandemi ini. Karena saya yakin, tingkat stres anak naik sehingga asupan makanan sehat harus lebih diperhatikan. 

Tidak hanya makanan bergizi yang penting diperhatikan ibu, tetapi minum susu setiap pagi harus mulai dibiasakan selama pandemi. 

Kandungan gizi dalam susu seperti omega 3, protein, dan kalsium turut membantu pertumbuhan dan perkembangan anak,  kekuatan tulang dan gizi, serta kekuatan otot dan kemampuan berpikir. 

Rahasia Anak Tetap Tinggi, Tangguh,Tanggap Selama Pandemi bersama Indomilk Susu Bubuk


Tinggi, tangguh, tanggap bersama indomilk

Seperti kita tahu, menjaga imunitas tubuh anak saat pandemi itu penting. Caranya adalah dengan mulai membiasakan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi, serta nutrisi yang tepat. 

Untuk pola hidup  sehat, kita bisa mengajak anak-anak berjemur tiap pagi hari. Atau berolahraga ringan di sekitar rumah, seperti gowes, lari kecil, bermain bulu tangkis dan lainnya. Tentunya tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada. 

Sementara untuk mengonsumsi makanan bergizi dengan seimbang, kita bisa membiasakan konsumsi sayuran dan buah. Akan lebih baik lagi ditambahkan dengan pemberian nutrisi lengkap. Dan nutrisi lengkap ini bisa didapatkan dalam segelas susu. Dalam hal ini, sebagai ibu bijak saya memilih indomilk susu bubuk. 

Berikut 3 alasan kenapa saya memilih indomilk susu bubuk untuk anak-anak selama pandemi, yaitu:

1. Sejak tahun 1994, Indomilk sudah bersertifikat HALAL dari MUI, departemen kesehatan, dan departemen agama. 

2. Sejak tahun 2017, produk indomilk meraih piagam bintang tiga keamanan pangan dari Badan POM Republik Indonesia sesuai penerapan Manajemen Keamanan pangan berdasarkan sistem HACCP, ISO 22000. 

3. Indomilk sangat peduli dengan kualitas produk, keamanan produk, serta kehalalan produk demi kepuasan pelanggan sehingga tahun 2008 resmi bersertifikat ISO 22000:2005. 

Saya tidak ragu lagi memberikan anak-anak indomilk susu bubuk ini agar tumbuh kembang mereka lebih maksimal. Harapannya, anak pun bisa tumbuh tinggi, tangguh, tanggap di usianya yang masih cemerlang.

Manfaat Susu Bubuk Indomilk Untuk Anak


Indomilk susu bubuk

Saya selalu memperhatikan kandungan dan manfaat sebelum memutuskan memberikan susu tepat untuk anak-anak.

Nah, kebetulan indomilk susu bubuk ini, the best banget manfaatnya. Dan susu inilah yang dibutuhkan oleh anak saya untuk menjaga kekebalan tubuh selama pandemi. 

  1. Membantu anak tumbuh TINGGI secara fisik

Manfaat susu bubuk indomilk

2. TANGGUH menghadapi tantangan apapun

Anak tinggi tangguh Tanggap

3. TANGGAP dalam menyerap semua pelajaran

Manfaat susu bubuk indomilk

Dari tiga poin #tinggitangguhtanggap tersebut ternyata kandungannya mengandung omega 3, sumber protein, dan kalsium tinggi. Masing-masing kandungan pun memiliki keungggulan sebagai berikut: 

  • OMEGA 3 

Omega 3 penting untuk anak di masa pertumbuhannya. Manfaatnya pun sangat banyak, di antaranya memperbaiki gejala gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif (ADHD), mengurangi keparahan asma, memperbaiki kualitas tidur, daya tahan tubuh serta meningkatkan fungsi otak dan mood. 

  • PROTEIN 

Masa anak-anak adalah masa berkembang sehingga membutuhkan sumber protein. Jika protein seringkali kita temui dalam daging, ikan dan biji-bijian. Indomilk susu bubuk ini juga kaya akan protein yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan, memperbaiki jaringan tubuh, memproduksi zat yang diperlukan oleh tubuh, sumber energi serta memperkuat kekebalan tubuh.

  • KALSIUM

Kalsium merupakan kandungan terbanyak yang terdapat pada susu bubuk untuk anak. Manfaatnya antara lain, mengoptimalkan tinggi badan anak, meningkatkan kepadatan tulang, memperkuat sistem imun tubuh, meningkatkan kecerdasan anak dan menjaga sistem kardiovaskular. 

Indomilk Susu Bubuk OptiNutri Menjadi Andalan Keluarga saat Pandemi


manfaat indomilk susu bubuk

Manfaat susu bubuk Indomilk Optinutri dan kualitasnya tidak diragukan lagi. Oleh karenanya, saya merasa beruntung menjadikan susu ini sebagai andalan keluarga saat pandemi. 

indomilk susu bubuk untuk usia berapa dikonsumsi? Mungkin ini pertanyaan Moms selanjutnya setelah mengetahui manfaatnya, bukan? 

Susu bubuk untuk anak seperti indomilk ini bisa dikonsumsi anak-anak yang usianya minimal 5 tahun sampai 12 tahun.

Nah, kebetulan banget saat ini Khanza berusia 5 tahun, dan si kakak 8 tahun. Jadi hemat deh beli susunya cukup 1 kemasan saja. Rasa kesukaan mereka pun sama. 

Dan ngomongin soal susu bubuk andalan keluarga, Indomilk dari dulu sudah menjadi susu favorit. Nggak hanya indomilk susu bubuk saja. Jenis indomilk lainnya emaknya suka minum, lho. Hihi

Selain itu, kualitas susu indomilk  tidak diragukan. Apalagi susu bubuk indomilk optinutri yang kelengkapan gizinya menunjang pertumbuhan si kecil. 

Di sini Arya dan Khanza suka banget ama varian rasa cokelat. Salah satu varian rasa favorit persembahan indomilk susu bubuk anak usia berapa aja, asalkan tidak kurang dari 5 tahun ya. Atau 4 tahun ke bawah. Not recommended. 

Do and Don't Saat Konsumsi Indomilk Susu Bubuk


Indomilk susu bubuk untuk usia Berapa

Indomilk susu bubuk Optinutri ini memang khusus untuk mengoptimalkan pertumbuhan si kecil. Jadi 3 jenis varian rasanya, yaitu instant cokelat, instant plan dan full cream tidak mengandung tambahan gula sehingga anak terhindar dari kerusakan gigi dan obesitas. 

Akan tetapi ada yang lebih penting untuk moms perhatikan, yakni:
  • Pastikan kemasan indomilk susu bubuk Optinutri dalam keadaan baik saat diterima ketika Anda membelinya secara online
  • Simpanlah di tempat yang rapat, sejuk, kering dan bersih saat sudah dibuka
  • Hindari menyimpan susu bubuk di lemari es 
  • Maksimal dikonsumsi 2 minggu setelah kemasan dibuka
  • Hentikan mengonsumsi indomilk susu bubuk apabila telah berubah warna, bau dan rasa

Indomilk Susu Bubuk Bisa Dibeli Di mana? 


Harganya yang ekonomis, tak heran jika Indomilk susu bubuk ini bisa dibeli secara online maupun offline. Moms bisa berburu susu bubuk keren ini di waralaba dan swalayan. Dan jika ingin lebih praktis, Anda bisa mencarinya di beberapa market place langganan. 

Tetapi inget ya, sebelum membeli, hal pertama harus dilihat adalah indomilk susu bubuk untuk usia berapa yang dianjurkan dalam kemasan, Moms harus benar-benar membaca.  

Alhamdulilah saya bersyukur bisa menemukan susu yang cocok untuk Arya dan Khanza di usia emasnya. Indomilk susu bubuk optinutri sangat membantu saya dalam memenuhi nutrisi si kecil di masa pandemi. 

Cukup dengan 2 gelas setiap hari, anak-anak menjadi generasi tinggi, tangguh, tanggap dengan sehat dan bahagia.