Mengenal ROI, Indikator Penting sebelum Investasi

Jumat, 14 Januari 2022

Investasi menjadi langkah terbaik yang bisa diambil untuk mendapatkan kemapanan finansial di masa depan. Banyak sekali instrumen atau aset investasi yang saat ini bisa Anda gunakan.



Tentunya harus ada beberapa pertimbangan penting sebelum memutuskan langkah investasi yang tepat. ROI menjadi salah satu indikator penting yang harus Anda perhatikan saat ingin mulai berinvestasi.


Mengenal ROI, Apakah Itu?


ROI itu sendiri merupakan kependekan dari Return on Investment. Dari sini Anda bisa tahu bahwa ROI merupakan laba dari investasi yang Anda lakukan. ROI inilah yang menjadi tujuan Anda dalam melakukan investasi. Bisa dikatakan pula bahwa ROI ini merupakan imbal hasil dari sebuah aset yang sudah Anda investasikan.


Dari pengertian ini maka jelas sudah bahwa ROI akan menjadi indikator penting yang harus dipikirkan saat akan mulai berinvestasi. Tentu saja Anda berharap investasi yang Anda lakukan bisa mendatangkan untung besar, bukan? Oleh sebab itu ROI akan menjadi indikator penting yang bisa membantu Anda untuk mengukur efisiensi dari sebuah pilihan investasi. 


Perhitungan ROI


Dalam proses perhitungannya, ada dua faktor yang akan memberikan pengaruh. Dua faktor tersebut adalah operating assets dan profit margin. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai dua faktor ini:


1. Turnover dari Operating Assets


Faktor pertama yang berpengaruh adalah turnover dari operating assets atau yang bisa disebut juga sebagai tingkat perputaran aktiva operasi. Aktiva yang akan dihitung di sini berguna dalam kegiatan operasional. Sebut saja contohnya adalah uang, bangunan, peralatan, sampai aset yang tidak berwujud seperti hak paten. 


Jadi bisa dipahami bahwa turnover dari operating assets adalah kecepatan berputarnya operating assets di dalam sebuah periode waktu tertentu. Ini akan berpengaruh pada nilai fundamental sebuah perusahaan dan bisa menjadi landasan dalam berinvestasi. Perputaran operating assets yang baik artinya memberi nilai positif pada keputusan investasi.


2. Profit Margin


Faktor kedua adalah profit margin atau besarnya keuntungan operasi yang ditampilkan dalam bentuk persentase. Profit margin ini juga meliputi jumlah penjualan bersih. Selain itu profit margin juga bisa dipakai untuk mengukur keuntungan sebuah perusahaan. 


ROI ini memiliki banyak sekali fungsi dalam sebuah perusahaan. ROI bisa juga dipakai sebagai standar untuk mengukur keberhasilan sebuah proyek. Jika nilai ROI positif maka langkah investasi bisa dilanjutkan karena memiliki prospek yang baik. 


Cara memasang Alexa Traffic Rank pada Google Chrome

Kamis, 13 Januari 2022

 

Memasang Alexa traffic Rank pada Google Chrome merupakan hal yang tidak terlalu sulit. Ekstensi website satu ini memang cukup populer di kalangan webmaster, blogger maupun periklanan dalam jaringan internet. Anda dapat mengetahui peringkat pengunjung pada website yang Anda miliki dengan tools ini dengan cukup akurat.



Hampir mirip dengan Google Analytic, Alexa Traffic Rank sendiri memiliki algoritma yang mampu memilah data dan informasi yang kemudian diolah menjadi data ranking website dengan akurat. Terlebih jika Anda memasang coding ekstensi ini pada website yang Anda miliki. 


Meski begitu masih banyak yang menganggap bahwa tools ini masih kurang bagus. Memang ada pula beberapa kekurangan yang dimiliki Alexa tetapi hal tersebut tidak mengurangi fungsi berguna lainnya, dimana fungsi itu cukup dapat membantu dalam mengoptimasi website Anda. Terlebih penggunaannya mudah dan pemasangannya pun ta perlu waktu yang lama.


Langkah-langkah Memasang Alexa Toolbar pada Mesin Pencari


Dalam hal ini kita akan menggunakan Google Chrome, tetapi cara ini juga bisa tidak jauh berbeda dan bisa diterapkan pada mesin pencari lain yang mungkin sering Anda gunakan.

 

Cara Satu


Langkah pertama: Anda bisa masuk ke website resmi Alexa lalu ketuk pada kotak bertuliskan pasang atau install alexa extension. Nanti akan muncul kotak biru di sudut kanan atas bertuliskan tambah di chrome atau add to chrome. 


Langkah kedua: Setelah itu klik lagi pada kotak yang muncul tambahkan atau add extension maka akan muncul keterangan bahwa tools tersebut sudah terpasang. Hal itu juga ditandai dengan munculnya sebuah ikon huruf a berwarna biru di sudut paling kanan sebelah atas pada Google Chrome.


Cara Dua


Langkah pertama: Buka toolbar Google Chrome lalu ketuk pada tanda titik tiga vertikal yang letaknya di bagian ujung kanan atas layar. Kemudian pilih fitur lainnya, lalu klik ekstensi.


Langkah kedua: Pada web store chrome ketikkan Alexa Traffic Rank, lalu pasang atau tambahkan pada Chrome. Setelah itu proses instalasi akan berlangsung otomatis. Setelah semu selesai maka akan terlihat ikon huruf a berwarna biru di sudut kanan atas Google Chrome Anda.



 




Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan Uang

Sekarang ini banyak ibu rumah tangga yang melakukan pekerjaan sampingan untuk mendapat penghasilan tambahan. Namun, ada juga ibu rumah tangga yang bekerja hanya untuk menyalurkan hobinya. Lapangan pekerjaan ibu rumah tangga yang tersedia juga relatif beragam.


Apalagi kini ibu rumah tangga bisa bekerja secara online hanya bermodalkan internet saja. Kemudahan akses internet dan banyaknya platform digital menjadi salah satu faktornya. 



Lantas, kira-kira apa saja ide pekerjaan ibu rumah tangga yang bisa menghasilkan uang? Yuk, simak artikel ini!


Ide Pekerjaan Sampingan bagi Ibu Rumah Tangga


Untuk Anda para ibu rumah tangga yang sedang mencari pekerjaan sampingan, tidak perlu merasa bingung.. Karena Anda bisa memiliki pekerjaan ibu rumah tangga yang dikerjakan secara online. Tentu saja pekerjaan tersebut bisa menghasilkan uang. 

Nah, berikut ini adalah ide pekerjaan sampingan bagi ibu rumah tangga yang bisa Anda coba.


1. Membuka Toko Online


Ide pekerjaan ibu rumah tangga adalah membuka toko online. Pengelolaannya yang fleksibel dan bisa dikerjakan dari rumah membuat banyak ibu rumah tangga yang tertarik mencobanya.


Pekerjaan sampingan ini cocok untuk Anda yang senang berdagang dan berinteraksi dengan konsumen. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui produk yang akan dijual dan target pasarnya. Hal ini dapat membantu Anda agar lebih mudah saat melakukan promosi dan branding.


2. Reseller


Reseller bisa menjadi pekerjaan sampingan untuk Anda yang ingin jualan online tapi tidak punya produknya. Cara kerja reseller juga sederhana. Anda cukup membeli produk dari supplier untuk dijual kembali.


Ide pekerjaan sampingan ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Apalagi jika Anda termasuk orang yang jeli melihat peluang dan tren di pasaran.


3. Dropshipper 


Selain reseller, Anda juga bisa jadi dropshipper, lho! Jika pada reseller Anda harus membeli produknya dulu, maka cara kerja dropshipper berlaku sebaliknya. Anda bisa menjual produk tanpa harus membeli produk sebagai stok.


Jadi, nantinya produk yang dibeli pelanggan akan langsung dikirim oleh produsen. Eits, tenang saja. Harga jualnya bisa menyesuaikan dengan keinginan Anda kok. Ide pekerjaan sampingan ini sangat minim resiko dan mudah dilakukan. Bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali.


4. Blogger


Pekerjaan ibu rumah tangga selanjutnya adalah blogger. Peluang pekerjaan sampingan ini cocok untuk Anda yang memiliki hobi menulis. Untuk bisa menjadi blogger yang berpenghasilan, tentunya Anda harus membuat blog dan mendatangkan traffic.


Nah, hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat blog adalah membeli domain. Fungsi domain ini adalah sebagai alamat blog Anda. Jadi, pengunjung bisa mengingat dan mengenal blog Anda melalui domain tersebut.


Meski kini sudah banyak penyedia layanan domain, namun Anda perlu memastikan jika layanan mereka terpercaya. Agar tidak salah pilih, Anda bisa membeli domain di Niagahoster. Layanan domain di Niagahoster dijamin aman, terpercaya, dan pastinya terjangkau.


5. Freelancer 


Ide pekerjaan sampingan yang terakhir adalah freelancer. Kini sudah banyak platform freelancer yang bisa Anda gunakan untuk mendapat penghasilan tambahan. Karena fleksibilitasnya yang tinggi, Anda juga bisa mengambil lebih dari satu pekerjaan sekaligus.


Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan dari freelancer. Anda bisa memulai pekerjaan ini pada bidang yang dikuasai. Misalnya, content writer, voice over, data entry, web designer, dan lainnya.


Itulah lima ide pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga. Jadi, mana nih pekerjaan yang paling menarik untuk Anda coba?


Tips dan Kiat Sukses Bisnis Online Bagi Pemula Melalui Desain Logo Profesional

Minggu, 09 Januari 2022

Salah satu hal yang mempengaruhi kesuksesan bisnis secara tidak langsung adalah desain logo profesional. Seperti yang diketahui, bisnis online mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tidak heran jika banyak pelaku bisnis yang saling bersaing untuk memuaskan kebutuhan para konsumen.



Karena sudah banyak bisnis online yang bertebaran, strateginya pun harus berbeda. Meski kurang lebih hampir sama, tapi Anda bisa menggunakan cara lain untuk bisa menggaet calon konsumen. Tujuannya agar calon konsumen merasa tertarik, apalagi jika brand mempunyai keunikannya tersendiri.


Tips Sukses Bisnis Online Melalui Desain Packaging Produk


Desain brand dan produk yang menarik biasanya akan mempengaruhi keputusan pembelian dari konsumen. Seseorang yang awalnya tidak ingin membeli, bisa saja langsung membelinya tanpa berpikir panjang karena produknya yang unik. Berikut beberapa tips sukses dengan cara memperhatikan desain produk.

  1. Mencari Inspirasi

Tips pertama yang bisa dicoba adalah dengan mencari inspirasi. Sudah banyak sekali berbagai jenis desain yang bisa dipilih untuk produk. Mulai dari wordmark, symbol, abstract mark, mascots, dan masih banyak lagi. Tentunya apa pun jenis yang Anda pilih, pastikan tidak mempunyai kemiripan dengan brand lain.


Atau bisa juga dengan melihat brand serupa dan memodifikasi desainnya agar tampak berbeda. Selain itu, akan lebih baik jika desain yang dibuat mampu menyampaikan visi dan misi brand. Dengan begitu, calon konsumen bisa tahu tentang produk dan mengingatnya dengan mudah saat melihat desain tersebut.

  1. Memahami Dasar Pembuatan Logo

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk membuat desain logo profesional adalah dengan memahami dasar pembuatannya. Ada beberapa prinsip yang harus diketahui sebelum membuat desain produk. Mulai dari prinsip sederhana dan sesuai sampai bisa bertahan lama dan serbaguna.

Prinsip yang sederhana dan sesuai adalah prinsip yang bisa mudah dikenali dan diingat. Meski tampilan desain begitu sederhana, tapi masyarakat bisa mengingatnya dengan mudah. Selain itu, pastikan juga logo yang dibuat sesuai dengan tujuan dari brand atau produk yang dijual.


Sementara prinsip bertahan lama dan serbaguna dibuat sehingga desain produk bisa digunakan dalam waktu yang lama. Salah satu tujuannya adalah tidak menciptakan branding yang berubah-ubah. Selain itu, desain produk sesuai prinsip serbaguna maksudnya adalah bisa digunakan ke dalam berbagai medium.


  1. Memperhatikan Warna pada Produk


Cara membuat desain packaging produk agar bisnis online lebih sukses bisa dilakukan dengan memperhatikan warna. Hal ini karena warna mempunyai peran penting dalam desain logo agar terlihat lebih serasi dan bagus. Dari warna yang disampaikan pada produk, calon konsumen bisa menangkap emosi atau sesuatu yang terkandung dalam desain.


Jadi, penting untuk memilih warna yang sekiranya cocok untuk dipadukan. Selain itu, pastikan warna yang dipilih berkesinambungan dan tidak membuat calon konsumen merasa aneh dengannya.


  1. Membuat Bentuk Kemasan yang Unik


Tips sukses bisnis online melalui desain logo bisa dilakukan dengan membuat bentuk kemasan unik. Hal ini karena bentuk kemasan yang unik biasanya mampu menarik calon konsumen. Meski produk tersebut belum tentu digunakan, tapi mereka tetap membelinya lantaran tertarik dengan kemasan produk.


Kemasan yang unik bisa dibuat dengan bentuknya yang berbeda. Jika kebanyakan produk dibuat dengan bentuk persegi atau kotak, Anda bisa mencoba membuatnya dengan bentuk lain. Misalnya bentuk lingkaran atau segitiga. Namun, sesuaikan juga dengan faktor lainnya, ya.


Selain tips di atas, Anda juga bisa membuat desain packaging produk dengan menggunakan aplikasi atau jasa tertentu. Dengan begitu, tentunya pengeluaran akan lebih hemat dan tidak pusing saat menentukan desain yang cocok untuk produk.


Menggali Bekal Ilmu Masa Depan bersama Universitas Pertamina

Sabtu, 08 Januari 2022

Indonesia memiliki deretan nama universitas yang siap membekali generasi bangsa dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat.


Universitas Pertamina menjadi salah satu pilihan kampus yang bisa Anda jadikan tujuan. Universitas ini menawarkan program studi yang beragam dan kualitas pendidikannya bisa diandalkan. Mari simak lebih jauh tentang kampus yang satu ini!


Universitas Pertamina

Sejarah Universitas Pertamina

Universitas Pertamina atau UP berdiri secara resmi pada tahun 2016 silam. Pendirian universitas ini dilakukan berdasarkan SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan No.60/KPT/I/2016. Tentunya kehadiran UP menambah banyak pilihan universitas yang tersedia di Indonesia.

UP hadir sebagai wujud kontribusi dari PT Pertamina terhadap masyarakat lewat bidang pendidikan tinggi. Universitas ini berdiri dengan semangat untuk menjadi perguruan tinggi berkualitas terbaik di bidang bisnis dan teknologi energi. Pengelolaan universitas dilakukan langsung oleh Pertamina Foundation yang sudah lama berkontribusi besar di kalangan masyarakat.

Mulai dari tahun 2015, Pertamina Foundation sudah lebih banyak berfokus pada dunia pendidikan. Bermula dari pendanaan berbagai jenis program pendidikan, kini Pertamina Foundation telah mendirikan fasilitas perguruan tinggi sendiri. Diberi nama Universitas Pertamina, diharapkan kampus ini bisa memberikan fasilitas pendidikan terbaik bagi masyarakat.

Pilihan Program di Universitas Pertamina

Meskipun masih terbilang sebagai universitas baru, namun universitas ini telah menyediakan banyak pilihan program. UP menawarkan 6 fakultas dan 15 program studi yang bisa dipilih oleh para mahasiswa. Berikut adalah 6 nama fakultas yang tersedia:

  • Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Perencanaan Infrastruktur
  • Fakultas Teknologi Industri
  • Fakultas SAINS dan Ilmu Komputer
  • Fakultas Komunikasi dan Diplomasi

Universitas pertamina


Secara keseluruhan memang program kuliah di UP ini lebih berfokus pada bidang teknologi dan energi. Sesuai dengan penyelenggaranya yakni Pertamina yang juga bergerak di bidang energi. Tak heran jika kampus ini juga dikenal dengan nama kampus energi.

Perlu diketahui bahwa semua fakultas dan program studi UP didukung oleh fasilitas tenaga dosen lulusan master dan doktor berkualitas terbaik. Tidak hanya dosen lulusan dalam negeri, UP juga merekrut dosen lulusan universitas luar negeri. Selain itu ada juga 225 tenaga penunjang meliputi dosen tidak tetap, laboran, pustakawan, teknisi, dan lain sebagainya.

Jalur Seleksi dan Beasiswa


Universitas Pertamina menyediakan dua jalur seleksi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Dua jalur seleksi tersebut adalah seleksi berdasarkan nilai rapor dan seleksi dengan ujian masuk atau UM. Keduanya sama-sama memiliki peluang yang besar sehingga calon mahasiswa bisa memilih jalur sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Untuk jalur penerimaan dengan nilai rapor, UP mengadakan dua periode seleksi. Periode pertama di bulan Januari dan periode kedua di bulan Oktober. Sementara itu, untuk jalur penerimaan dengan ujian masuk atau UM akan diselenggarakan secara online. Untuk informasi lebih lanjut dan ter-update bisa dilihat secara langsung melalui website resmi Universitas Pertamina.

Sementara itu bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu bisa mendapatkan program bantuan beasiswa dari UP. Pertamina Foundation sebagai salah satu pihak yang telah lama berkecimpung di bidang sosial tentu tak melupakan masyarakat kurang mampu. Telah disediakan dana beasiswa khusus bagi mahasiswa yang berasal dari golongan ekonomi lemah.

Keunggulan kuliah di Kampus Negeri Pertamina


Sebagai universitas yang belum lama muncul di Indonesia, UP berusaha menghadirkan berbagai kelebihan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh UP kepada masyarakat, khususnya mahasiswa:

  • Kurikulum yang berfokus pada kemampuan berpikir kritis dan kompleks.
  • Lingkungan belajar yang membentuk karakter kuat.
  • Menerapkan sistem belajar bilingual dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. 
  • Didukung oleh tenaga pengajar dari lulusan universitas dalam dan luar negeri terkemuka. 
  • Menyediakan fasilitas pembelajaran berkualitas terbaik demi mendukung kelancaran proses belajar mahasiswa. 

Pada intinya, UP berusaha menyediakan fasilitas pendidikan terbaik bagi mahasiswa. Mulai dari sarana belajar, lingkungan, kurikulum, metode belajar, juga tenaga pengajar yang terlibat. Diharapkan semua lulusan UP bisa memiliki karakter yang baik dan kecerdasan otak yang matang. 

Tujuan Universitas Pertamina


Kampus negeri


Sejak berdiri pada tahun 2016 silam, UP terus berusaha untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik bagi masyarakat. UP memang memiliki tujuan yang begitu besar yakni ingin menjadi salah satu universitas yang masuk ke dalam daftar peringkat terbaik dunia atau top world university. Tentunya untuk mencapai tujuan ini tidaklah mudah apalagi persaingan universitas juga begitu ketat.

Untuk mencapai tujuan tersebut, UP menyusun beberapa strategi. Pertama, UP terlebih dahulu akan mencetak lulusan berdaya saing tinggi yang tentunya bisa bersaing di tingkat internasional. 

Lalu, UP juga akan menghasilkan berbagai jenis produk penelitian dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Universitas ini juga akan terus aktif menyebarkan hasil inovasi kepada masyarakat.

Kehadiran UP diharapkan bisa menjadi solusi kampus negeri yang menyelesaikan masalah pendidikan di Indonesia. Selain bertekad mencerdaskan kehidupan bangsa, UP juga ingin memberikan inovasi terbaik di bidang pendidikan. Kampus energi ini diharapkan akan terus berkembang semakin besar dan menjadi salah satu fasilitas pendidikan terbaik di Indonesia juga dunia.