Nyalakan Semangat membaca di TBM Bintang Brilliant

Sabtu, 13 Agustus 2022

Buku tidak dibuat untuk hiasan. Tapi tidak ada barang lain yang melengkapi perabot rumah yang begitu indah selain buku. 


Mungkin kalimat bijak di atas, yang entah siapa penciptanya. Sangat cocok saya sematkan pada salah satu teman blogger yang saat ini sedang berjuang membangun taman bacaan masyarakat di desanya, yakni TBM Bintang Brilliant.



Adalah munasya.com nama beken blognya. Saya mengenal beliau dua tahun lalu di awal-awal saya ngeblog. Bertemu dengan beliau pun tanpa disengaja. Karena waktu itu, kami sedang mengikuti acara undangan liputan blogger di Surabaya.


Pertama kali bertemu, bisa dibilang beliau cukup ramah. Dan karena keramahan beliau ini, saya pun merasa cocok untuk berbincang sekaligus jalan bareng keluar jika ada acara-acara blogger selanjutnya di Lamongan. 


Mengagumi Mbak Muna menjadi hal yang patut saya syukuri. Karena darinya saya jadi banyak belajar artinya makna ‘sabar’.


Bagaimana tidak, Mbak Muna yang saya kenal lebih banyak diam daripada bicara, ternyata beliau memiliki banyak anak didik sekitar puluhan jumlahnya di TBM Bintang Brilliant. Yang pasti, karakter anak-anak tersebut pun berbeda-beda.


Mungkin ada anak yang aktif, pendiam, hiperaktif dan lainnya. Tetapi beliau penuh kesabaran menghadapi mereka semua.


Bahkan kesabarannya pun patut saya acungi jempol berkali-kali. Sekalipun rumah yang beliau tempati seringkali dilanda kebanjiran, namun semangat anak-anak TBM Bintang Brilliant tak pernah surut untuk membaca.


Walaupun Hujan, tak Menyurutkan Niat untuk Datang 


TBM Bintang Brilliant


Pernah beliau mengeluh di grup blogger Lamongan dengan kondisi TBM yang bisa dikatakan belum layak jika datang hujan deras. 


Bukan mengeluhkan karena atap rumah yang kebocoran atau almari dan buku-buku yang mendadak basah. Melainkan, beliau mengeluh kenapa anak-anak tetap datang ke TBM?


Sementara kondisi di TBM sangat tidak kondusif untuk kegiatan membaca maupun mendongeng bersama. 


Namun ketika ditanya demikian, kurcaci-kurcaci kecil yang selalu menyalakan lentera gemar membaca itu pun menjawab,”Selagi hujannya tidak deras, tetap aman saja kok mbak. Jadi kami tetap datang.”


Hingga, aturan yang sudah ditetapkan Mbak Muna terkait “Jangan datang ke TBM apabila terjadi hujan” sepertinya tidak berlaku lagi.


Nah, jika sudah begini, Mbak Muna sebagai pengelola mau nggak mau tetap harus membuka pintu rumahnya untuk mereka, supaya kedatangan mereka tidak sia-sia. Terenyuh banget melihat perjuangan beliau.


Januari Berseri dengan Mengukir Prestasi


Tak hanya kegigihan sang founder dalam mengelola TBM Bintang Brilliant yang sudah berdiri 11 tahun lamanya. 


Tetapi karena kurcaci-kurcaci kecil yang gemar membaca di TBM tersebut, dengan niat menambah wawasan juga turut mengantarkan TBM Bintang Brilliant,  yang terletak di desa Pucangro, kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan, ini mampu mengukir prestasi.


Tepatnya 9 januari 2022, sekitar 23 anak TBM Bintang Brilliant mengikuti lomba literasi numerasi, lomba sains, lomba Bahasa inggris di Plaza Lamongan. 


Kenapa Mbak Muna mengikutsertakan mereka untuk ikut berlomba tingkat kabupaten?


Biar nggak jago kandang saja. Mereka perlu berkompetisi di luar untuk menambah pengalaman, sekaligus keberanian,” ungkapnya.


Dan ternyata, usaha mereka tak sia-sia jauh-jauh datang dari desa menuju kota. Dari 400an total peserta lomba, alhamdulilah ada 6 anak di antara 23 anak dari TBM Bintang Brilliant yang mendapatkan tropi juara.


Internet cepat


Hal ini tentunya menjadi kebanggan sendiri bagi sang founder, anak-anak juga orang tua. Ternyata dengan gemar membaca, mereka mampu membuka cakrawala bahkan menembus batas, seperti tak menghiraukan jauh dekatnya lokasi, juga mahal dan murahnya transportasi.


Salut!


Tour Literasi Majapahit Akhir Tahun 2021


Jangan salah, TBM Bintang Brilliant ini tak hanya mengunggulkan gemar membaca di dalam kampung saja. Mbak Muna acapkali mengajak mereka melakukan tour literasi.




Tujuannya, tentu ingin mengenalkan mereka akan sejarah kerajaan di masa lampau. Jadi seenggaknya anak-anak TBM tidak sekadar mendengar cerita dari buku saja akan menakjubkannya kerajaan Majapahit di zaman dulu.


Dari tour Literasi yang datang ke lokasi langsung pun akan lebih memperkaya pengetahuan mereka tentang sejarah.


Ya, mbak Muna mengajak anak-anak tersebut menyasar lokasi bekas Kerajaan Majapahit yang berada di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.


Di sana sembari jalan-jalan yang lebih dinamai dengan istilah 'Tour Literasi' anak-anak pun diedukasi tentang cagar budaya masa lampau, serta sejarah kerajaan.


Rasanya, melihat aktivitas anak-anak TBM Bintang Brilliant, saya jadi penasaran kira-kira apa sih yang dilakukan oleh si founder? Kok bisa anak-anak tersebut sekali keluar kandang langsung dapat juara? 


Juga aktivitas TBM pun cukup kreatif jika dibanding dengan TBM kebanyakan yang ada di Lamongan.


Lantas, apa yang dilakukan Mbak Muna?

 

Tak Henti-hentinya Asah Skill Demi Kemahiran Kurcaci Kecil 


Tak heran jika anak TBM Brilliant Bintang mendapat juara. Dari Mbak Muna sendiri pun, dia selalu bersemangat menuntut ilmu demi taman baca yang beliau kelola bisa naik kelas.


Yang saya tahu, beliau selalu memanfaatkan akses internet cepat demi mencari info pelatihan khusus Taman Baca. 


Dan beberapa bulan ini, saya juga cukup gencar melihat beliau update status di WhatsApp tentang kisah Mbak Muna yang mengikuti Pelatihan bertajuk “Sinergi Pegiat literasi untuk kejayaan Lamongan.” 




Tak hanya itu saja, berkat internet cepat dari IndiHome di rumahnya, beliau juga mengikuti pelatihan Pendidik di sekolah Internasional Green School Bali 4 tahun lalu. Selain dua pelatihan di atas, menimba ilmu lainnya terkait TBM pun tak pernah beliau lewatkan.


Nah, ketika melihat kegigihan beliau memperjuangkan TBM yang dikelolanya tersebut, saya tak heran jika Mbak Muna mampu membawa terbang kurcaci-kurcaci kecil yang ada di taman baca Bintang Brilliant untuk melebarkan sayap lebih jauh lagi di dunia literasi. 


Pun, tidak menutup kemungkinan untuk bersinergi dengan pihak lain bukan?


Bersinergi Membuka Pintu Rezeki


Lagi-lagi perlu mengucapkan syukur dengan perkembangan era digital yang mampu membuka jalan. Internet cepat dari Telkom Group ini benar-benar membantu kesejahteraan TBM Bintang Brilliant.


Ungkap mbak Muna, peran indiHome cukup banyak. Selain akses buku digital untuk memperkaya bacaan anak-anak. Beliau juga acapkali mengunggah aktivitas anak-anak ke media sosial.


Kadang agar tidak membuat aktivitas di TBM membosankan, Mbak Muna juga mengajak anak-anak mengenal platform mentimeter, profors dan quizizz.com untuk memperkaya pengetahuan dan belajar yang asyik.


Tentu semua itu dilakukan karena visi dan misi dari TBM Bintang brilliant ini adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga berkeinginan anak yang datang bisa cerdas, pintar dan menjadi bintang dalam berbagai bidang utamanya pendidikan dan keterampilan.


Dan siapa yang menyangka, banyak hal luar biasa yang didapatkan selain beberapa hal seperti di atas. Yakni karena internet cepat bisa mempertemukan dengan orang-orang baik yang berkenan menyumbangkan buku secara gratis.


Berkat sinergi hingga bisa kenal dengan sosok baik seperti Kang Maman, seorang penulis kondang yang mengirimkan hadiah buku bertubi-tubi februari lalu. Juga ada Bunda Salfa, salah satu blogger Surabaya yang menyumbangkan 85 buku tanpa cuma-cuma.




Korelasi Internet dan Taman Bacaan Masyarakat


Mengapa dibutuhkan koneksi internet cepat yang lancar di fasilitas taman baca masyarakat?


Hal ini disebabkan oleh peran internet yang memang begitu besar bagi kita di era digital seperti sekarang.


Internet akan membantu para pengguna fasilitas taman baca untuk saling berjumpa atau sekadar berdiskusi.


Jalinan komunikasi bisa menjadi sebuah ajang untuk sharing maupun berbagi rekomendasi buku yang seru untuk dibaca.


Selain itu, hal ini juga akan membantu masyarakat untuk memperluas koneksinya lebih jauh lagi.


Adapun beberapa manfaat Internet lainnya untuk taman baca adalah:


  • Mempermudah Akses Informasi
  • Memungkinkan Layanan Digital
  • Memperluas Jangkauan Referensi
  • Mempererat Koneksi Pengguna Taman Baca


Nah, melihat perjuangan Mbak Muna, dan mungkin para pengelola TBM lainnya memiliki semangat berkobar memajukan TBM. Alangkah baiknya, mari bersama-sama wujudkan sifat gemar membaca di tengah masyarakat.


Jadikan lingkungan kita sebagai tempat dimana membaca adalah kegiatan yang menyenangkan.


Jangan lupa, gunakan berbagai fasilitas membaca yang bisa ditemui di sekitar dan pastikan untuk mendukung semua jenis upaya untuk meningkatkan minat baca di tanah air. 






10 komentar on "Nyalakan Semangat membaca di TBM Bintang Brilliant"
  1. Pengen banget dari dulu buat taman baca, Mba. Ya, meskipun belum bisa sampai sana alhamdulillah punya perpustakaan pribadi dulu, ya. Taman baca yang dilengkapi fasilitas internet bisa jadi memberikan kebermanfaatan yang lebih luas.

    BalasHapus
  2. Wah, keren sekali, Mbak Muna. Semoga TBM semakin berkembang dan memajukan dunia literasi di Indonesia...😊😊

    BalasHapus
  3. Luar biasa mba Muna, sangat menginspirasi. Wanita hebat semangat juang yg tinggi

    BalasHapus
  4. Buku adalah pelita. Juga teman baik yang setia. Semangat terus kakaaaaa

    BalasHapus
  5. membacanya aku terharu dengan anak2 yang masih semangan untuk membaca dan memperluaskan pengetahuan mereka. Aku yakin jika di support dengan adanya internet, pasti mereka akan makin semangat dan cerdas. Karena tanpa internet saja mereka tetap ke TBM meski hujan

    BalasHapus
  6. Yuk, Mba, tetap dukung kegiatan membaca di era yang serba visual ini.

    BalasHapus
  7. Mba, asli deh. Aku terinspirasi dengan mba muna ini. Aku ada beberapa buku di rumah dan mainan edukasi lainnya. Juga ada niat ngumpulin anak-anak, bikin kegiatan dan aktivitas bersama di rumah maupun keluar agar mereka tak hanya belajar di sekolah saja. Kalo buka TBM gitu harus di bawah naungan yayasan apa gak sih mba? Apa independen aja yaa....

    BalasHapus
  8. Di Jember, teman-teman FTBM baru bergerak lagi. Kebetulan teman saya yang didapuk jadi ketua. Memang butuh perjuangan ya, Kak untuk hal seperti ini. Untuk membangun semangat membaca di masyarakat.

    BalasHapus
  9. Semangat banget pengurusnya kalau punya para pembaca seantusias adek-adek pembaca setia taman bacaan ini. Semoga semangat membaca di Indonesia jadi meningkat karena program yang Kak Muna jalankan dan kakak2 lainnya di seluruh penjuru nusantara.

    BalasHapus

  10. MasyaAllah ingin sekali berkenalan dengan mba Muna dan dapat inspirasi buka taman baca 😍

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9