Ini Dia Kunci Bisnis Mampu Berdaya Saing Tinggi

Kamis, 02 September 2021

Sebagai pelaku bisnis digital, tentu penting memikirkan bagaimana cara bertahan dan bertumbuh dalam bisnis supaya tidak kalah dengan kompetitor.


Caranya bagaimana?


Caranya adalah dengan mencari sumber daya manusia yang berkualitas. Lalu mendidiknya sesuai dengan kemajuan teknologi yang ada.


Sebab tidak dimungkiri bahwa kunci bisnis mampu bersaing di era digital seperti sekarang adalah dengan memiliki skill teknologi yang mumpuni pula. 



Untuk itu, pelatihan-pelatihan pun harus dilakukan, tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan. Apalagi, di era yang segalanya serba cepat, termasuk ilmu pengetahuan.


Apalagi persaingan bisnis di segala bidang kini terasa semakin ketat. Maka untuk bisa mempertahankan keberlangsungan sebuah bisnis, perusahaan perlu memastikan bahwa SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki sudah bisa dikatakan baik kualitasnya.


Kenapa? Agar sebuah perusahaan dapat mengembangkan eksistensinya ke depan. Maka dari itu, pelatihan dan pengembangan SDM sangat krusial bagi kemajuan perusahaan.


Kendala Bisnis di Masa Pandemi

Pada dasarnya memang butuh pelatihan tatap muka. Namun, pandemi Covid-19 menjadi hambatan untuk melakukan pelatihan-pelatihan SDM seperti yang biasanya dilakukan.


Dimana diberlakukan aturan tidak boleh ada
interaksi secara langsung. Selain itu, aturan lebih ketat untuk mengadakan acara yang mengundang kerumunan, menjadi salah satu kendala meningkatkan skill SDM berkualitas. Padahal, anggaran sudah disiapkan.

Lantas, apa solusi yang tepat untuk meningkatkan kualitas SDM sebuah perusahaan agar mampu bersaing dengan kompetitor?

Pelatihan online adalah jawaban sekaligus solusi yang tepat. Di mana kemajuan teknologi kini sangat memudahkan baik individu maupun kelompok dalam melakukan aktivitas, walaupun tanpa adanya pertemuan tatap muka, pelatihan pun bisa dilakukan secara online dan berjalan lancar.

LMS, Jasa Pelatihan Online Berkualitas


Mengacu pada masalah di atas selama masa pandemi, maka hadirlah yang namanya LMS.

Apa itu LMS atau biasa disebut Learning management System?

Menurut Wikipedia, LMS atau Learning Management System adalah aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan dalam jaringan, program pembelajaran elektronik, dan isi pelatihan. 


LMS kini menjadi alternatif untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran secara digital.


Nah, salah satu LMS di Indonesia yang menyajikan jasa pelatihan online bagi SDM di berbagai perusahaan, dan sudah memiliki track record yang baik dalam menjawab kebutuhan pelatihan karyawan secara digital adalah ruangkerja by Ruangguru


Kenapa ruangkerja by Ruangguru?


Keunggulan LMS Ruangkerja by Ruangguru


Tak diragukan lagi, Ruangkerja by Ruangguru memahami beragam kebutuhan yang berkaitan dengan proses pelatihan perusahaan di era modern.


Selain itu, beberapa fitur dari Ruangkerja by Ruangguru sangat mendukung proses pelatihan sehingga membuat karyawan nyaman mengikuti pelatihan tersebut.


Keunggulan lain dari Ruangkerja dari Ruangguru juga terkait teknologi mobile learning, yang mana menawarkan sistem pembelajaran yang lebih fleksibel, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja ketika karyawan benar-benar tidak sibuk bekerja.


Apakah efektif bagi karyawan? Bukankah jika pelatihan harus ada struktur yang jelas agar tidak ada poin-poin pembelajaran yang terlewat?


Mungkin ada yang berpikir demikian? Karena kita juga butuh waspada bukan?


Tapi tak perlu khawatir karena ruangkerja menggunakan sistem learning journey. Dengan sistem ini karyawan akan belajar dengan gaya belajar yang terstruktur dan sistematis, sehingga tidak akan kebingungan harus mulai belajar dari mana dan sampai mana. Tentu sangat cocok digunakan oleh karyawan-karyawan yang sangat sibuk.


Ada juga fitur learning plan untuk karyawan. Sebuah fitur yang memang khusus didesign untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis.


Yang pastinya, fitur tersebut sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan para karyawan.

 

Keunggulan lain dari ruangkerja agar tidak monoton dan membosankan para karyawan, maka aplikasi Ruangkerja didesign dengan baik, mudah, enak dilihat, tidak berbelit-belit ketika mengakses pelatihannya. Sehingga dapat dipastikan karyawan akan lebih nyaman dalam belajar.


Tak hanya itu saja, ada yang menarik dari fitur Ruangkerja, yakni fitur kolaborasi.


Fitur kolaborasi berfungsi sebagai forum diskusi yang bertujuan agar para peserta pelatihan mendapat kesempatan berkolaborasi dengan peserta pelatihan lainnya. Bahkan enaknya, peserta dapat bertanya langsung kepada para ahli terkait materi yang mereka pelajari. Sangat efektif dan efisien, kan?


Kemudian, ada juga leaderboard yang bisa memacu peserta pelatihan untuk mendapat nilai setinggi-tingginya, dan peringkat tersebut akan dilihat oleh pimpinannya.


Maka, bukan tidak mungkin, karyawan-karyawan Anda semakin semangat untuk belajar. Setelah itu mereka akan dapat sertifikat.


LMS RuangKerja, Solusi Terbaik Bagi Karyawan Mengembangkan Diri dan Berani Bersaing
 

LMS RuangKerja menawarkan kepada Anda solusi untuk pelatihan karyawan perusahaan yang fleksibel.


Para peserta mendapatkan kemudahan dalam mengakses materi belajar dengan menggunakan beragam perangkat mulai dari handphone atau PC/laptop.


Nah, salah satu bagian terpenting yang menjadi alasan mengapa ruangkerja dipercaya oleh banyak perusahaan menjadi mitra pelatihan online yaitu, ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring, menentukan kelas apa saja yang ingin diberikan, dan memberikan penilaian.

 

Kemudian, peserta dapat memperoleh poin yang bobotnya ditentukan langsung oleh perusahaan apabila peserta telah menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah ditugaskan. Jadi, semuanya bisa dikontrol dengan baik tanpa khawatir pelatihan yang dilakukan berjalan tidak maksimal

 

Oke, secara teknis ruangkerja memang sangat efektif, begitu juga berdasarkan waktu sangat efisien untuk digunakan. Lalu bagaimana terkait harga? Apakah ruangkerja juga mampu menghemat anggaran perusahaan untuk pelatihan para karyawan? 


Jawabannya adalah IYA. Ruangkerja memiliki sistem Cloud-Based, sebuah investasi perusahaan agar lebih hemat. 


Subscription model melalui cloud ruangkerja, akan menghemat investasi perusahaan hingga milyaran rupiah dibandingkan membangun sistem sendiri. Waktu implementasi pun jauh lebih singkat dan hanya butuh 2 minggu saja untuk dapat go live. Dilengkapi SSL Security, konten dan data perusahaan juga akan aman terlindungi di cloud ruangkerja.


Nah, inilah saatnya membantu para karyawan Anda untuk tumbuh, dengan begitu, rencana dan inovasi perusahaan untuk bergerak lebih maju dapat dilakukan dengan bersama-sama dan lebih mudah.


Dengan memercayakan proses pelatihan karyawan melalui ruangkerja, perusahaan Anda akan menghemat waktu, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9