Zambuk, Solusi Tepat Atasi Gigitan Nyamuk pada Anak Tanpa Berbekas

Senin, 30 Agustus 2021

Bukan orang dewasa saja yang bermasalah dengan gigitan nyamuk, anak kecil pun kerap mendapatkan masalah jika mendapat serangan nyamuk. Bahkan kerap meninggalkan bekas atau gatal-gatal yang kadang sulit dihilangkan.




Gigitan  tersebut dapat meninggalkan bekas menghitam dan bisa merusak kecerahan kulit anak-anak. 


Untuk menghilangkannya dibutuhkan waktu yang tidak cepat dan kadang harus membutuhkan obat tertentu agar bekasnya hilang.


Bunda bisa mencoba salep Zambuk sebagai P3K di rumah yang tidak boleh dilewatkan. Zambuk adalah salep berwarna hijau yang diproduksi oleh Bayer Indonesia.


Cara Mengatasi Gigitan Nyamuk pada Anak Tanpa Berbekas


Berbeda dengan orang dewasa, untuk menghapus bekas gigitan nyamuk pada anak-anak harus lebih berhati-hati karena kondisi kulitnya yang lebih sensitif. Agar orang tua tidak merasa bingung, berikut adalah cara mengatasi gigitan nyamuk pada anak tanpa berbekas yang direkomendasikan:


Gunakan Handuk Dingin


Sengatan nyamuk biasanya akan menimbulkan bekas kemerahan dan bengkak. Kulit yang disengat juga akan terasa gatal dan akan meninggalkan bekas apabila digaruk tanpa henti. 


Pasti kasihan sekali jika melihat anak-anak merasakan gatal dan bentol akibat sengatan nyamuk. Untuk meredakannya dan menghapus bekas, bisa dikompres dengan air dingin pada kulit yang digigit nyamuk.


Caranya basahi handuk kecil dengan air suhu dingin, perah dan letakkan di area yang merah. Air dingin menurut penelitian dapat menghilangkan sakit kulit yang sensitif serta menghilangkan gatal-gatal yang sering muncul.


Balurkan Gel Lidah Buaya


Gel lidah buaya terkandung aloesin yang berkhasiat sebagai anti radang. 


Maka dari itu, tanaman ini termasuk bahan yang direkomendasikan sebagai cara mengatasi gigitan nyamuk pada anak tanpa berbekas. 


Apabila anak-anak disengat nyamuk dan merasakan gatal berkepanjangan hingga memerah dapat mengoleskan lidah buaya agar tidak muncul bekas nantinya.


Caranya, kupas lidah buaya dan ambil gelnya sedikit, balur pada kulit yang digigit nyamuk. Diamkan beberapa saat hingga gelnya meresap. Setelah mengering bilas menggunakan air bersih. Jika dilakukan dengan rutin biasanya bekasnya bisa menghilang.


Gunakan Tetesan Air Lemon


Lemon terkenal mengandung vitamin C, tapi buah ini juga mengandung anestesi, anti inflamasi dan disinfektan yang bagus untuk menghilangkan luka serangan nyamuk pada kulit anak-anak. Ruti menggunakannya, bekasnya dapat menghilang beberapa hari ke depan.


Cara mengatasi gigitan nyamuk pada anak tanpa berbekas menggunakan lemon adalah letakkan sepotong buah tersebut pada kulit anak-anak yang terkena serangan nyamuk.


Alternatif lainnya pakai kapas yang telah ditetesi air lemon pada kulit yang gatal. Waktu yang paling tepat menggunakan cara ini adalah sebelum tidur.


Gunakan Produk Lotion Penghilang Gatal dan Bekas



Selain memakai bahan alami, terdapat alternatif lain yang dapat dipakai untuk menghapus rasa sakit, gatal-gatal hingga luka serangan nyamuk. Caranya adalah dengan memakai lotion penghilang gatal yang bernama Zambuk.


Zambuk adalah produk lotion salep dan  dalamnya terkandung camphor, eucalyptus oil,colophony dan  thyme oil. Zat ini berkhasiat menolong menghapus gatal akibat serangan nyamuk dan serangga, lebam, luka terkilir hingga meredakan nyeri.


Cara penggunaan lotion ini adalah oleskan sedikit pada bagian kulit yang disengat nyamuk dan biarkan hingga kering. Perlu diperhatikan bahwa Zambuk adalah obat oles luar yang hanya boleh digunakan untuk mereka yang usia di atas 2 tahun.


Hanya boleh digunakan di area kulit luar serta dilarang untuk menggunakannya di bawah cuping hidung. Meskipun berbentuk lotion, produk ini tetap memiliki efek kurang baik  jika digunakan pada kulit yang rentan atau pada mereka yang memiliki alergi pada kandungan zat yang ada pada produk ini.


Perbedaan Gigitan Nyamuk dan Serangga


Sebagian besar orang bingung membedakan antara serangan nyamuk dan serangga karena gigitan nyamuk dan serangga menimbulkan bekas memerah dan gatal. Bagaimana cara membedakannya? Cek perbedaannya;


Nyamuk


Berbeda layaknya serangan serangga, ciri khas sengatan nyamuk adalah meninggalkan bengkak dan disertai rasa gatal pada kulit.


Bentolnya tidak berwarna merah, tapi sewarna kulit dan bentuknya oval. Meskipun terlihat sepele, serangan nyamuk juga bisa menimbulkan penularan sakit demam berdarah dan malaria.


Semut


Semut yang sering kali menggigit manusia adalah semut merah. Hampir sama dengan serangan nyamuk, digigit semut juga bisa menimbulkan bentol. Namun, rasanya lebih nyeri dan perih. Bahkan bentol tersebut nampak layaknya lepuhan yang isinya cairan dan akan terasa panas dan penih.


Tungau


Sengatan  tungau juga dapat menimbulkan rasa gatal yang sangat parah utamanya pada saat tengah malam. Tidak hanya gatal, juga akan muncul bentol kemerahan dalam jumlah banyak. Untuk mengobatinya harus menggunakan obat tertentu melalui resep dokter atau beli di apotek.


Digigit serangga atau nyamuk memang kerap memberikan  rasa kurang nyaman, gatal dan perih pada kulit. Apalagi pada anak-anak yang memiliki kulit sensitif. 


Dengan adanya rekomendasi cara mengatasi gigitan nyamuk pada anak tanpa berbekas di atas, semoga para orang tua tidak bingung lagi jika mengalami hal demikian. Jangan lupa sedia salep Zambuk di rumah ya.  

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9